Standar keamanan ISO/IEC 27001
Tersertifikasi Oleh
Standar keamanan ISO/IEC 27001
Tersertifikasi Oleh
7 min read

Alternatif Aplikasi Brightpearl ERP di Indonesia: Solusi Tepat untuk Bisnis Anda

Tayang
Di tulis oleh: Author Avatar Andhika Pramudya

Highlights
  • Brightpearl ERP merupakan salah satu software yang populer dalam mengelola bisnis ritel dan omnichannel, namun belum sepenuhnya terintegrasi penuh dengan kebutuhan bisnis lokal
  • Menghadirkan dukungan akuntansi komprehensif dan akurat, regulasi pajak lokal ter-update dan otomatis, serta analisis berbasis AI, Mekari Jurnal ERP menawarkan solusi operasional bisnis untuk berbagai skala bisnis dan industri
  • Melalui dukungan ekosistem Mekari yang kuat, Mekari Jurnal dapat menjadi pusat kendali operasional perusahaan end-to-end dalam satu sistem terpadu

Bagi perusahaan yang bergerak dalam industri ritel global, Brightpearl menjadi salah satu aplikasi ERP berbasis cloud yang cukup populer dan digemari untuk diadopsi.

Tidak seperti sistem manajemen pesanan lainnya, Brightpearl saat ini telah bertransformasi menjadi sistem operasi ritel yang dapat menjadi solusi komprehensif akan kebutuhan pelaku bisnis omnichannel dan grosir.

Software ERP ritel ini dapat memberikan fleksibilitas dan skalabilitas melalui dukungan integrasi yang luas dengan marketplace dan e-commerce lainnya.

Namun, apakah adopsi Brightpearl ERP cocok untuk kebutuhan para pelaku bisnis industri ritel yang ada di Indonesia, dengan pertimbangan regulasi, struktur biaya, dukungan implementasinya?

Simak lebih lanjut dalam artikel berikut ini, serta alternatif dari Brightpearl ERP yang lebih relevan dengan pasar Indonesia.

Kenapa Mencari Alternatif?

Brightpearl merupakan software operasional ritel dan grosir omnichannel yang berdiri pada tahun 2007 dan berasal dari Inggris.

Software ini dikembangkan untuk mempercepat dan menyederhanakan alur kerja pemenuhan pesanan yang dibutuhkan bagi perusahaan kecil dan menengah (SMB).

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa bisnis rasakan melalui adanya software ini, yaitu:

  • Menampilkan data riwayat pesanan pelanggan dan interaksinya secara lengkap
  • Menyederhanakan alur kerja pemenuhan pesanan yang kompleks
  • Dukungan otomatisasi penuh untuk berbagai fungsi bisnis ritel
  • Dirancang baik untuk memberikan tampilan antarmuka yang intuitif dan mudah dipahami
  • Menawarkan fleksibilitas dan kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis ritel dan omnichannel

Walaupun begitu, masih terdapat beberapa alasan mengapa bisnis di Indonesia mungkin mencari alternatif sistem ERP lain.

Misalnya, Brightpearl merupakan sistem ERP yang dikembangkan secara spesifik untuk bisnis ritel, omnichannel, dan grosir, sehingga kurang cocok untuk diimplementasikan ke industri lain, seperti manufaktur, jasa, trading, dan perbankan dengan operasional bisnis yang kompleks.

Performa fitur juga terasa menurun pada saat beban pemrosesan yang tinggi, masalah integrasi yang terlalu rumit, serta adanya masalah dalam akurasi akuntansi.

Adanya kebutuhan fitur lokal yang mendukung integrasi lokal, bank Indonesia, dan regulasi standar akuntansi dan perpajakan lokal juga menjadi alasan utama beberapa bisnis mulai mencari alternatif ERP lainnya.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik 2025 untuk Digunakan Perusahaan

Aspek yang Dilihat Dalam Mencari Alternatif Brightpearl ERP yang Cocok

Saat menilai alternatif Brightpearl ERP, Anda dapat fokus pada beberapa aspek penting yang mempengaruhi operasional bisnis sehari-hari.

Perusahaan Indonesia cenderung mengutamakan solusi-solusi berikut sebelum mengambil langkah untuk mengimplementasikan software yang dipilih, yaitu:

  • Kesiapan lokal: terdapat dukungan bahasa Indonesia, kepatuhan pajak, konfigurasi PPN dan SPT
  • Skalabilitas dan modularitas: memfasilitasi bisnis yang sedang bertumbuh dengan ideal dan optimal
  • Integrasi ekosistem luas: dukungan integrasi untuk mengelola bisnis secara menyeluruh, mulai dari marketplace, POS, compliance lokal, dan aplikasi fungsional bisnis lainnya
  • Kebutuhan user experience: tidak semua bisnis cocok dengan tampilan dari Brightpearl, sehingga mereka ingin mencari alternatif dengan tampilan yang lebih sederhana dan simpel bagi non-teknis
  • Dukungan implementasi lokal: perusahaan lebih tertarik untuk mengadopsi sistem buatan lokal, di mana dekat dengan kantor pusat untuk memudahkan kebutuhan konsultan, training, dan layanan aftersales lainnya

Mekari Jurnal Sebagai Solusi Kebutuhan Perusahaan Lokal

Mekari Jurnal hadir sebagai solusi aplikasi ERP modular berbasis cloud khusus pasar Indonesia yang terintegrasi penuh dalam ekosistem Mekari, mulai dari akuntansi, produksi, inventaris, perpajakan, pelaporan, rekonsiliasi, dan operasional bisnis lainnya.

Jurnal menjadi solusi yang paling ideal bagi pemilik bisnis Indonesia karena kesiapan lokal yang matang, baik dari segi bahasa, kepatuhan perpajakan, serta dukungan partner implementasi di Indonesia.

Fitur utama Mekari Jurnal adalah:

1. Manajemen Akuntansi Komprehensif

jurnal umum otomatis

Manajemen akuntansi Mekari Jurnal memastikan setiap transaksi tercatat secara otomatis dan konsisten, baik pencatatan jurnal umum, buku besar, hutang–piutang, depresiasi aset, dan rekonsiliasi saldo tanpa memerlukan proses manual yang melelahkan.

Alur operasional akuntansi yang stabil dan telah mengikuti standar akuntansi Indonesia membantu tim keuangan bekerja lebih tenang dan cepat merampungkan aktivitas harian maupun bulanan.

2. Penyusunan Laporan Keuangan Real-time

Setiap transaksi dari penjualan, pembelian, biaya operasional, hingga pembayaran akan langsung masuk ke sistem dan mengalir membentuk laporan keuangan yang akurat, memberikan visibilitas secara real-time.

Sistem lalu dapat membantu menyusun laporan keuangan yang dibutuhkan bisnis, seperti neraca, laporan laba rugi, arus kas, perubahan ekuitas, hingga laporan penjualan tanpa menunggu akhir bulan dan langsung melihat kondisi terkini perusahaan.

Laporan yang disusun juga telah mengadopsi regulasi pelaporan yang telah berlaku, sehingga dapat menyajikan laporan siap audit dan tanpa perlu proses penyesuaian manual yang memakan waktu.

Baca Juga: Membuat Laporan Keuangan Excel, Download Filenya!

3. Manajemen Persediaan dan Multi-Gudang

manajemen inventori dan gudang mekari jurnal

Fitur manajemen inventori terintegrasi memungkinkan manajemen untuk memantau seluruh perubahan stok, baik penerimaan, pengiriman, maupun transfer antar gudang, secara real-time di seluruh gudang cabang Anda.

Adanya multi-gudang dan multi-level storage meningkatkan fleksibilitas mengelola gudang dengan struktur kompleks, menentukan lokasi penyimpanan sampai ke rak dan bin (row, rack, bin), dan menyusun layout gudang dengan cara yang paling efisien.

Selain itu, terdapat juga dukungan audit stok secara sistematis, di mana laporan stok dapat menyesuaikan dengan struktur penyimpanan fisik yang diterapkan. Mekari Jurnal juga mendukung beberapa laporan lain, seperti laporan perputaran stok dan laporan analisis stok usang (aging).

Nilai persediaan dalam laporan keuangan mencerminkan keadaan fisik dan biaya secara lebih akurat. Dalam menilai valuasi stok, Jurnal memperhitungkan batch, serial number, dan lokasi penyimpanan agar harga pokok persediaan (HPP) menjadi lebih presisi dan realistis.

4. Kepatuhan Pajak

Integrasi Mekari Jurnal and Klikpajak

Mekari Jurnal terintegrasi dengan aplikasi pajak Mekari Klikpajak untuk memungkinkan pembuatan faktur PPN secara langsung dari sistem.

Integrasi API antara Jurnal dan Klikpajak menjamin sinkronisasi data faktur secara real-time. Bila ada pembatalan atau perubahan faktur, sistem dapat melakukan update langsung dan memastikan data fiskal tetap konsisten, mengurangi risiko kesalahan faktur dan mempermudah audit pajak.

5. Pengendalian dan Audit Internal

Sistem workflow persetujuan di Mekari Jurnal memungkinkan pembuatan aturan persetujuan berlapis (multi-role approval) untuk transaksi penting.

Fitur audit trail lengkap dan approval berlapis ini akan mendukung transparansi, sehingga siapa yang membuat, mengubah, atau menyetujui transaksi dapat terdeteksi dan memperkuat integritas data keuangan perusahaan.

Keamanan data juga menjadi aspek krusial dalam sebuah software ERP, Mekari Jurnal telah tersertifikasi ISO 27001, di mana menjamin bahwa transaksi dan data sensitif bisnis terlindungi dengan standar internasional, sekaligus sesuai dengan regulasi lokal.

Baca Juga: Audit Perusahaan Butuh Dokumen Apa Aja? Cek Di Sini!

6. AI Business Assistant

tanya AI Airene

Airene merupakan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang terintegrasi di dalam ekosistem Mekari dan bisa Anda akses melalui Mekari Jurnal ERP untuk membaca laporan laba rugi dan arus kas.

Airene dirancang untuk membantu pemilik bisnis dalam mengambil keputusan lebih cepat dan berbasis data dengan menganalisis data transaksi, arus kas, persediaan, dan performa penjualan yang tercatat di dalam sistem, kemudian menghasilkan insight otomatis berdasarkan tren atau anomali yang ditemukan.

Dengan adanya Airene, pemilik bisnis bisa memiliki asisten dalam menavigasi dan memahami data keuangan Anda dan mengatasi masalah akuntansi terkini.

7. Manajemen Pembelian (Procurement)

Dasbor procurement membantu tim memantau PO yang tertunda dan memberikan visibilitas kepada perusahaan dalam mengelola suplai lebih baik dan menghindari keterlambatan produksi atau pengiriman.

Modul ini juga mendukung fitur pembuatan purchase order otomatis, manajemen RFQ (Request of Quotation) hingga penerimaan barang.

Seluruh proses pembelian juga terintegrasi penuh dengan jurnal akuntansi dan inventori, sehingga ketika barang diterima, stok bertambah dan tagihan vendor tercatat otomatis.

8. Manajemen Invoicing

Mekari Jurnal juga dirancang untuk mempercepat proses pembuatan tagihan dan meningkatkan akurasi transaksi, yang memungkinkan Anda membuat invoice dari pesanan yang sudah ada, mengirimnya melalui email, dan mencatat pembayaran secara otomatis.

Dengan fitur manajemen invoice-faktur ini, perusahaan dapat memantau status pembayaran pelanggan, melihat invoice yang jatuh tempo, dan mengirim pengingat otomatis kepada pelanggan untuk menjaga arus kas dan mengurangi piutang yang bisa menumpuk.

Baca Juga: Mekari Jurnal ERP: Solusi Akuntansi Terkini untuk Enterprise dan Perusahaan Besar

Kesimpulan

Menemukan solusi ERP yang tepat untuk beradaptasi lebih cepat dengan regulasi, ekosistem marketplace, dan integrasi lokal menjadi langkah strategis yang efektif.

Mekari Jurnal ERP hadir menjadi alternatif penyedia ERP yang lebih cocok, lebih terjangkau, dan lebih mudah digunakan oleh tim operasional di Indonesia.

Terlebih, dukungan ekosistem Mekari yang luas dan mendalam menjadi fondasi operasional bisnis berbasis digital yang komprehensif, sehingga manfaatnya dapat terasa untuk jangka panjang.

Melalui Mekari Jurnal ERP, perusahaan dapat mengelola akuntansi dan operasional bisnis secara lebih modern, produktif, serta dengan biaya yang lebih terjangkau.

Jika tertarik, segera hubungi tim kami untuk mendapatkan uji coba gratis selama 7 hari dan penawaran menarik lainnya.

Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Akuntanesia, “Sederhanakan Akuntansi Perusahaan Ritel Anda dengan Mekari Jurnal”.

G2, “Top 10 Brightpearl Alternatives & Competitors”.

Kategori : Technology

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami