Untuk bisa menjadi seorang pebisnis yang andal, syarat utamanya Anda harus bisa melakukan analisa pasar yang baik dan tepat. Banyak orang yang mengatakan bahwa analisa pasar merupakan salah satu bagian penting dalam manajemen pemasaran. Dengan melakukan analisa pasar yang baik dan tepat, Anda akan lebih bisa memahami keadaan pasar yang sesungguhnya sehingga strategi yang dilakukan untuk memasarkan produk bisnis yang Anda miliki akan berjalan dengan baik, sehingga keuntungan bisnis Anda meningkat.

 

Analisa pasar adalah suatu kegiatan penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah tentang keadaan pasar. Analisa pasar ini menjadi hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang dan juga menjadi dasar dan pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran selanjutnya. Dengan demikian, kesuksesan bisnis akan berpengaruh terhadap seberapa baik dan tepat analisa pasar yang dilakukan.

 

Langkah Analisa Pasar

Ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda ketahui sebelum melakukan analisa pasar agar hasilnya maksimal, berikut daftarnya:

a. Menentukan pasar yang relevan

Dalam melakukan analisa pasar, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami pasarnya terlebih dahulu. Umumnya terdapat banyak jenis produk yang diminati oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Sebagian besar produk yang ada di pasaran memiliki pilihan alternatif lain. contohnya saja dalam bidang transportasi, Garuda Indonesia dan Citilink adalah maskapai penerbangan yang bisa menjadi subtitusi satu sama lainnya. Sedangkan kereta api adalah menjadi pilihan alternatif bidang transportasi pesawat terbang.

b. Menganalisa permintaan primer

Dari contoh pesawat terbang versus kereta api tersebut, Anda bisa melakukan analisa terhadap konsumen tersebut, faktor apa yang menjadikan mereka memilih salah satu transportasi tersebut.

c. Menganalisa permintaan selektif

Dalam hal ini, Anda harus bisa melakukan analisa terhadap konsumen yang loyal terhadap salah satu merek, apa yang menjadi dasarnya.

d. Menetapkan segmen pasar

Jika semua data sudah terkumpul, Anda hanye perlu mengelompokkan konsumen kepada segmen-segmen yang sesuai agar produk yang Anda miliki tidak salah sasaran.

e. Menganalisa persaingan

Anda bisa membandingkan tingkat persaingan terhadap produk yang Anda miliki, agar nantinya produk Anda tidak kalah bersaing saat berada di pasaran. Cari semua kelebihan dan kelemahan dari produk pesaing, kemudian implementasikan kepada produk yang Anda miliki sehingga Anda memiliki produk yang lebih baik daripada pesaing.

f. Identifikasi target potensial

Jika semuanya sudah Anda lakukan, langkah terakhir adalah melakukan identifikasi konsumen yang potensial guna menciptakan konsumen yang puas dan loyal dengan produk yang Anda miliki.

 

Manfaat Analisa Pasar

Perlu diketahui bahwa ada manfaat penting yang didapat setelah melakukan langkah-langkah melakukan analisa pasar, berikut manfaatnya:

a. Mendapatkan konsumen

Dengan melakukan analisa pasar yang benar, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan konsumen. Karena produk yang Anda jual sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

b. Melihat persaingan

Saat Anda membuka bisnis, bisa jadi sudah ada pesaing bisnis yang membuka bisnis sama dengan Anda lebih dahulu. Dengan analisa pasar, Anda bisa mengetahui tentang kelemahan dan kelebihan pesaing dari bisnis Anda, sehingga Anda bisa mengalahkan bisinis yang sudah ada.

c. Memanfaatkan peluang

Salah satu cara memanfaatkan peluang bisnis yang ada adalah dengan membedakan dengan produk yang sudah ada di pasaran. Dengan melakukan analisa pasar, Anda bisa mengetahui peluang apa yang masih jarang persaingannya dan prospek kedepannya baik.

d. Mengurangi risiko

Setiap bisnis pasti ada risikonya masing-masing. Dengan analisa pasar Anda bisa mengurangi risiko yang terjadi mulai dari kegagalan produk hingga risiko gagal bisnis. Tetapi dengan melakukan analisa pasar, risiko tersebut akan berkurang, bahkan bisa Anda hindari.

e. Rencana jangka panjang

Melakukan analisis pasar. Anda akan mengetahui langkah-langkah jangka panjang ke depan untuk menjalankan bisnis. Dengan memiliki rencana bisnis yang baik, Anda tidak akan kebingungan dalam menentukan langkah untuk bisa meraih kesuksesan.

f. Menjadi tren bisnis

Analisa pasar yang dilakukan juga memberikan manfaat bagi bisnis, terutama memunculkan ide-ide baru yang bisa menjadikan bisnis Anda sebagai trend setter pebisnis lainnya. Jika Anda sudah menjadi trend setter, penjualan bisnis Anda akan semakin meningkat pesat.

g. Mendapatkan keuntungan dengan cepat

Manfaat yang terakhir dalam proses analisa pasar adalah mendapatkan keuntungan yang lebih cepat dibanding tanpa melakukan proses analisa pasar.

 

Itulah beberapa pembahasan mengenai pentingnya analisa pasar yang tepat untuk kesuksesan bisnis Anda. Perlu diingat bahwa ada hal penting lain yang berpengaruh dalam kesuksesan suatu bisnis yaitu masalah manajemen keuangan dalam bisnis. Seberapa baik dan tepat analisa pasar yang Anda lakukan tanpa diimbangi dengan manajemen keuangan yang baik, maka hasilnya tidak akan bisa sukses. Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda dalam manajemen keuangan Anda dengan lebih mudah, cepat dan simpel. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari. Untuk info lebih lanjut silahkan Anda klik di sini.