Daftar Isi
5 min read

Pengertian dan Fungsi Buyer Persona untuk Bisnis

Tayang 08 Jul 2018
Diperbarui 10 Feb 2025

Buyer persona memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan keberhasilan suatu bisnis. Dengan memahami karakteristik, kebutuhan, serta perilaku pelanggan potensial, sebuah perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan efektif.

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia bisnis, tingkat persaingan antar pengusaha pun semakin ketat. Untuk tetap bertahan dan unggul di pasar, para pelaku usaha harus terus berinovasi dalam menerapkan strategi pemasaran guna menarik perhatian serta membangun loyalitas konsumen.

Berbagai metode pemasaran pun diterapkan, mulai dari memanfaatkan media sosial untuk beriklan, menggandeng influencer guna meningkatkan brand awareness, hingga menerapkan strategi berbasis data seperti buyer persona. Dengan pendekatan ini, bisnis dapat lebih memahami siapa target pelanggan mereka, apa yang mereka butuhkan, serta bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka.

Lalu, bagaimana cara kerja buyer persona dalam strategi pemasaran? Dan mengapa banyak bisnis menggunakannya untuk mencapai kesuksesan? Simak informasi berikut mengenai buyer persona untuk memahami calon pelanggan Anda lebih baik.

Pengertian Buyer Persona

Menurut Neil Patel, buyer persona adalah representasi dari pelanggan ideal Anda, termasuk informasi demografi, perilaku, tujuan, dan tantangan mereka.

Singkatnya, buyer persona adalah representasi fiktif dari pelanggan ideal Anda. Tujuannya adalah untuk membantu Anda memahami siapa pelanggan Anda, apa tujuan mereka, tantangan apa yang mereka hadapi, dan bagaimana mereka membuat keputusan pembelian.

Menciptakan buyer persona yang efektif adalah proses yang terstruktur. Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan bisnis Anda dan target pasar yang ingin Anda capai. Selanjutnya, lakukan riset untuk mengumpulkan data tentang calon pelanggan Anda.

Data ini dapat berupa informasi demografi, minat, perilaku pembelian, dan tantangan yang mereka hadapi. Setelah data terkumpul, analisis data terhadap kebutuhan pelanggan, ekspektasi, dan pelayanan yang mereka butuhkan. Namun, pastikan bahwa representasi ini didasarkan pada data dan riset yang telah Anda lakukan. Dengan pendekatan yang terstruktur, Anda dapat menciptakan buyer persona yang kuat dan dapat diandalkan.

Baca juga: 9 Strategi Bisnis untuk Mencapai Keuntungan Usaha Maksimal

Cara Menentukan Buyer Persona untuk Bisnis

menentuakkan buyer persona
Untuk menentukan buyer persona, ada beberapa hal yang harus Anda tentukan dan pikirkan seperti:

a. Data Pribadi

Untuk mengetahui data pribadi buyer persona, dalam bayangan Anda harus mampu menjawab pertanyaan berikut untuk menggambarkan orang tersebut.

  • Siapa konsumen?
  • Apa jenis kelaminnya?
  • Berapa umurnya?
  • Apa pendidikannya?
  • Apakah sudah bekerja dan apa pekerjaannya?
  • Berapa penghasilan yang dia peroleh?
  • Bagaimana statusnya, apakah sudah menikah atau belum?
  • Sudah memiliki anak, jika sudah umur berapa?

b. Tingkah Laku

Gambarkan konsumen terbaik Anda dengan membayangkan sesuai pertanyaan berikut.

  • Apa hobinya?
  • Makanan dan minuman apa yang paling ia sukai?
  • Apa yang ia sukai?
  • Social media apa saja yang ia gunakan?
  • Berapa forum online yang ia ikuti dan apa saja?

c. Kebiasaan Berbelanja

Anda juga perlu membayangkan kebiasaan buyer persona mengenai cara berbelanjanya dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.

  • Bagaimana kebiasaan ia berkomunikasi, melalui telepon, email, atau secara langsung?
  • Bagaimana cara ia mengetahui suatu produk? Melalui iklan, saran dari teman, ataukah melalui internet.
  • Jika melalui internet, bagaimana cara ia mencari informasi tersebut?
  • Apa cara berbelanja yang lebih disukai, secara offline atau online?

Cara menentukan detail dari buyer persona adalah dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas. Jika Anda merasa masih kurang detail, Anda bisa menambahkan sebanyak mungkin informasi yang diketahui karena semakin banyak informasi semakin dekat pula Anda dengan pembeli.

Baca juga: 7 Strategi Bisnis untuk Bersaing di Era Digital

Keuntungan Menggunakan Buyer Persona

fungsi dari menentukan buyer persona yang tepat

Telah disebutkan di atas bahwa buyer persona sangat penting dalam strategi marketing, lalu apa saja fungsinya? Berikut adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki konsumen khayalan tersebut.

a. Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan serta keinginan konsumen terhadap produk yang dijual.

b. Kedua, memahami bagaimana konsumen Anda membuat keputusan pembelian sehingga Anda dapat menargetkan pemasaran dan membuat penjualan yang lebih baik.

c. Selanjutnya, mengembangkan atau membuat produk atau layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga Anda dan mereka sama-sama untung.

d. Menentukan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat mendatangkan banyak konsumen baru.

e. Membuat usaha pemasaran Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis, Simak Tips Ini!

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu buyer persona dan fungsinya, tentu Anda tahu bagaimana kelanjutan bisnis yang Anda jalani. Anda bisa langsung mulai membuat konsumen khayalan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi yang Anda gunakan juga bisa lebih efektif dan efisien dengan adanya konsumen fiktif tersebut.

Jika keberadaan buyer persona bisa diciptakan hanya secara imajinatif, berbeda halnya dengan strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah sebuah tindakan real yang membutuhkan proses, waktu, tenaga, dan biaya.

Perusahaan harus menganggarkan pembiayaan yang tepat untuk strategi pemasaran yang dipilih. Mekari Jurnal software akuntansi online, akan membantu bisnis Anda memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Manfaatkan aplikasi sistem informasi akuntansi dari Mekari Jurnal untuk akselerasi bisnis Anda.

Melalui Mekari Jurnal, dapatkan kemudahan menentukan biaya untuk semua keperluan strategi pemasaran, laporan keuangan maupun pembuatan faktur, dan proses rekonsiliasi bank dengan fitur Cash Link.

Mekari Jurnal juga dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda dengan menggunakan invoice online Indonesia, Anda dapat membuat pencatatan invoice dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
WhatsApp Hubungi Kami