Syarat, Sifat, dan Proses Rekonsiliasi Bilyet Giro

Para pemegang rekening bilyet giro pastinya sudah tidak asing dengan bilyet giro. Salah satu instrumen pembayaran ini sering digunakan untuk melakukan berbagai transaksi yang melibatkan rekening giro.

Bilyet giro atau yang lebih dikenal dengan BG adalah mekanisme pembayaran atau pencairan uang yang berlaku pada rekening giro. Bilyet adalah surat perintah kepada bank penyimpan dana, guna memindahkan dana dalam jumlah tertentu ke rekening lain yang tertulis dalam dokumen bilyet giro.

Bilyet giro memiliki berbagai manfaat yang membuat banyak orang merasa nyaman untuk menggunakannya. Salah satu manfaat bilyet giro adalah keamanan transaksi yang terjamin karena pencairan bilyet giro harus dilakukan oleh penerima bilyet yang dituju. Jika diwakilkan, maka sang wakil harus menunjukkan surat kuasa dalam pencairan bilyet. Selain itu, bilyet giro juga juga memiliki limit yang besar, yaitu Rp. 500 juta Rupiah. Apabila tidak digunakan, jenis pembayaran non tunai ini pun dapat diblokir kapan saja.

Mau tahu apa saja syarat untuk membuat bilyet giro? Mari simak informasi di bawah ini.

Syarat Formal Bilyet Giro

Bank Indonesia (BI) menetapkan syarat dan standar formal penggunaan bilyet giro sebagai alat pembayaran dan transaksi perbankan terkait dengan rekening giro. Standar ini berfungsi untuk melindungi pengguna sekaligus menghindari transaksi yang menjadi bagian dari pencucian uang. Berikut adalah standar formal bilyet giro:

a. Nama dan nomor unik yang digunakan pada bilyet giro.

b. Nama bank atau pihak tertarik.

c. Adanya perintah yang jelas untuk pemindahbukuan dana atau uang dari rekening penarik.

d. Nama dan rincian nomor rekening pemegang bilyet giro.

e. Bank Tujuan.

f. Nominal atau jumlah dana yang dipindahbukukan.

g. Tanggal dan tempat penarikan.

h. Stempel dan tandatangan sesuai dengan kesepakatan dan persyaratan pembukaan rekening.

 

Sifat Bilyet Giro

a. Bilyet giro tidak dapat dibayar tunai dan hanya dapat dilakukan melalui pemindahbukuan.

b. Pembayaran dapat dilakukan pada saat bilyet giro jatuh tempo.

c. Masa berlaku warkat adalah 70 hari dari tanggal pembukaan. Bila tidak dicantumkan tanggal pembukaan, maka tanggal efektif dapat dijadikan sebagai dasar perhitungannya.

d. BG dapat dibatalkan oleh penarik secara sepihak dengan  catatan saldo mencukupi. Pada saat jatuh tempo, bilyet giro tidak dapat dibatalkan apabila saldo tidak cukup  untuk menutupi nilai yang tercantum pada bilyet giro. Pembatalan bilyet giro harus disertai alasan pembatalan.

Rekonsiliasi Bilyet Giro

Ketika Anda menerima pembayaran dalam bentuk bilyet giro dan dana tersebut telah dipindahkan ke bank untuk disimpan dalam jangka waktu cukup lama, bank memanfaatkan uang ini untuk hal yang lainnya. Sebagai imbal balik dari penggunaan uang simpanan giro tersebut, bank memberikan jasa giro kepada Anda. Jumlah jasa giro ini langsung dimasukan ke saldo kas yang ada di bank tanpa sepengetahuan Anda. Akibatnya, pemasukan ini sudah tercatat di kas bank tetapi belum ada di kas internal perusahaan. Untuk mencocokannya, pihak perusahaan harus mencatatnya di kas perusahaan.

 

Proses pencocokan rekening bank dan kas perusahaan ini sering disebut dengan proses rekonsiliasi keuangan atau rekonsiliasi bank. Proses ini biasanya dilakukan di akhir periode, di mana seorang akuntan akan mencocokkan saldo pada bank dan saldo yang tercatat pada transaksi bisnis.

 

Proses rekonsiliasi biasanya bisa menghabiskan banyak waktu, karena seorang akuntan harus mencocokkan transaksi satu per satu. Namun, dengan menggunakan Jurnal, akuntan tidak perlu repot lagi dan dapat menghemat waktu. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda melakukan proses rekonsiliasi dengan mudah dan cepat.

 

Hanya dengan mengaktifkan fitur Direct Feeds yang telah terhubung dengan Jurnal, Anda dapat menggunakan fitur Cash Link dan Cash Mapping untuk melakukan rekonsiliasi keuangan bisnis Anda. Dengan begitu, proses rekonsiliasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan nikmati kemudahan dalam proses rekonsiliasi. Cari tahu berbagai fitur lain dari Jurnal di sini.


PUBLISHED26 Sep 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: