Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Jenis Tindakan Ekonomi & Cara Mengaplikasikannya dalam Dunia Bisnis

Tayang 27 Aug 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Dalam dunia bisnis, setiap keputusan atau tindakan bisnis yang diambil oleh para pengusaha dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan bisnis tersebut.

Misalnya, keputusan seorang owner untuk tidak melakukan restock barang dagangannya untuk persediaan minggu selanjutnya membuat bisnis tersebut tidak dapat berjalan lancar akibat kekurangan stok barang.

Tidak ada yang bisa memprediksi gejolak dalam dunia bisnis secara akurat. Inilah yang menjadi alasan mengapa setiap keputusan strategis yang diambil oleh pemimpin bisnis memiliki dampak yang luar biasa besarnya terhadap masa depan bisnis tersebut.

Menyadari hal tersebut, para pemimpin bisnis harus terbiasa untuk mempertimbangkan setiap keputusan dan memiliki kemampuan untuk mengeksekusi menjadi tindakan ekonomi yang tepat.

Aplikasi akuntansi Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal.

Tindakan ekonomi adalah suatu tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi suatu kebutuhan fisik untuk mencapai suatu kemakmuran.

Tindakan ekonomi bisa terjadi jika tindakan tersebut dilakukan dengan cara mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil  untuk melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi suatu kebutuhan. Berikut adalah jenis tindakan ekonomi dan cara mengaplikasikannya dalam bisnis.

16 Istilah Ekonomi dan Keuangan Bisnis yang Wajib Anda Ketahui

Tindakan Ekonomi Rasional

Salah satu jenis tindakan ekonomi yang dilandasi atas dasar suatu pilihan yang paling baik dan menguntungkan sehingga dapat meningkatkan kehidupan ekonominya. Kata rasional mempunyai arti pikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal.

Tindakan yang rasional ini diperlukan oleh manusia baik dalam sebuah kehidupan sehari-hari atau dalam melakukan usaha. Pertimbangan yang rasional ini dimulai dari suatu hal yang kecil sampai hal yang besar.

Contoh aplikasi tindakan ekonomi rasional dalam perusahaan adalah dengan menentukan jenis produksi yang tepat agar semua hasil produksi tersebut dapat terjual secara maksimal, menekan biaya produksi secara rasional tanpa mengurangi kualitas produk.

Aplikasi tindakan ekonomi rasional juga menentukan untuk menggunakan tenaga kerja terampil, pemakaian bahan baku dan penolong secara efisien, menentukan sistem distribusi yang tepat, serta melakukan promosi.

Kelola bisnis trading dan distribusi secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya!

Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional yakni salah satu jenis tindakan ekonomi  di mana seseorang atau perusahaan memiliki sebuah perkiraan menguntungkan tanpa memperhitungkan faktor rasional tetapi dalam suatu kenyataannya justru merugikan.

Seseorang maupun perusahaan yang bertindak irasional ini biasanya tidak mempertimbangkan faktor biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan.

Contoh aplikasi dari tindakan ekonomi irasional dalam perusahaan adalah menetapkan harga tinggi terhadap sebuah produk tanpa memperhitungkan kualitas barang, biaya produksi, dan daya beli masyarakat terhadap produk tersebut sehingga pada akhirnya produk tersebut justru mengalami kegagalan di pasaran.

Agar terhindar dari tindakan ekonomi secara irasional, perusahaan perlu memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Misalnya dengan mengelola sektor pembiayaan.

Jika biaya produksi kecil, maka harga jual sebuah barang bisa ditekan lebih rendah daripada pesaingnya di pasaran, sehingga barang tersebut dapat bersaing dalam penjualan dan memiliki kemungkinan untuk mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Untuk memperoleh pengelolaan keuangan yang baik, Anda memerlukan laporan keuangan perusahaan yang sehat dapat digunakan dalam berbagai analisis penjualan dan pengembangan usaha di masa depan.

Software akuntansi online Jurnal adalah sistem akuntansi perusahaan untuk segala keperluan pengelolaan keuangan perusahaan dan membuat keputusan ekonomi secara rasional. Melalui aplikasi pembukuan usaha kecil, Anda bisa mengelola semua catatan transaksi secara otomatis dan terintegrasi ke laporan keuangan.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal