Tindakan ekonomi adalah suatu tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi suatu kebutuhan fisik untuk mencapai suatu kemakmuran. Tindakan ekonomi bisa terjadi jika tindakan tersebut dilakukan dengan cara mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil  untuk melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi suatu kebutuhan. Berikut adalah jenis tindakan ekonomi dan cara mengaplikasikannya dalam bisnis.

 

Tindakan Ekonomi Rasional

Salah satu jenis tindakan ekonomi yang dilandasi atas dasar suatu pilihan yang paling baik dan menguntungkan sehingga dapat meningkatkan kehidupan ekonominya. Kata rasional mempunyai arti pikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Tindakan yang rasional ini diperlukan oleh manusia baik dalam sebuah kehidupan sehari-hari ataupun dalam melakukan usaha. Pertimbangan yang rasional ini dimulai dari suatu hal yang kecil sampai hal yang besar.

 

Contoh aplikasi tindakan ekonomi rasional dalam perusahaan adalah dengan menentukan jenis produksi yang tepat agar semua hasil produksi tersebut dapat terjual secara maksimal, menekan biaya produksi secara rasional tanpa mengurangi kualitas produk, menggunakan tenaga kerja terampil, pemakaian bahan baku dan penolong secara efisien, menentukan sistem distribusi yang tepat, serta melakukan promosi.

 

Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional yakni salah satu jenis tindakan ekonomi  di mana seseorang atau perusahaan memiliki sebuah perkiraan menguntungkan tanpa memperhitungkan faktor rasional tetapi dalam suatu kenyataannya justru merugikan. Seseorang maupun perusahaan yang bertindak irasional ini biasanya tidak mempertimbangkan faktor biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan.

 

Contoh aplikasi dari tindakan ekonomi irasional dalam perusahaan adalah menetapkan harga tinggi terhadap sebuah produk tanpa memperhitungkan kualitas barang, biaya produksi, dan daya beli masyarakat terhadap produk tersebut sehingga pada akhirnya produk tersebut justru mengalami kegagalan di pasaran dan mendatangkan kerugian bagi perusahaan.

 

Agar terhindar dari tindakan ekonomi secara irasional, perusahaan perlu memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Misalnya dengan mengelola sektor pembiayaan. Jika biaya produksi kecil, maka harga jual sebuah barang bisa ditekan lebih rendah daripada pesaingnya di pasaran, sehingga barang tersebut dapat bersaing dalam penjualan dan memiliki kemungkinan untuk mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

 

Untuk memperoleh pengelolaan keuangan yang baik dan laporan keuangan yang sehat agar dapat digunakan dalam berbagai analisis penjualan dan pengembangan usaha di masa depan, perusahaan perlu memiliki sistem akuntansi yang handal.

Jurnal software akuntansi online, adalah sistem akuntansi perusahaan yang bisa Anda gunakan untuk segala keperluan pengelolaan keuangan perusahaan dan membuat keputusan ekonomi secara rasional. Melalui  Jurnal, Anda bisa mengetahui pembiayaan, sisa stok barang, pengelolaan aset, dan pembuatan faktur secara mudah dan profesional. Untuk informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Author