Jurnal Enterpreneur

Alasan Kenapa Anda Perlu Memahami Sistem Ekonomi

Apa itu sistem ekonomi? Mungkin Anda sudah mempelajari tentang sistem ekonomi berulang kari sejak Anda di bangku Sekolah Menengah Pertama mungkin hingga Anda duduk di bangku perkuliahan. Memahami sistem ekonomi berarti memahami sebuah keseluruhan kegiatan. Karena pada dasarnya kita bekerja dan terus hidup adalah bagian dari kegiatan ekonomi.

George Stigler (1970), seorang praktisi ekonomi Amerika Serikat mengatakan bahwa masyarakat dipilih untuk mampu memecahkan masalah ekonomi. Pertanyaannya adalah seberapa mampu masyarakat dapat memecahkan masalah perekonomian. Beliau juga mengatakan bahwa memahami sistem ekonomi membutuhkan dua hal; komunikasi dan juga pengetahuan ekonomi secara umum.

Selain apa yang dikatakan oleh George Stigler, berikut kenapa Anda perlu memahami sistem ekonomi.

Sistem Ekonomi Memengaruhi Kegiatan Ekonomi Anda

Salah satu fungsi sistem ekonomi adalah sebagai pendorong aktivitas ekonomi. Mengetahui mengenai sistem ekonomi dan situasi ekonomi adalah hal penting terutama bagi Anda seorang pengusaha. Bagi seorang karyawan, memahami ekonomi dapat menjadi pedoman Anda dalam menentukan pilihan karir, menentukan keputusan Anda dalam memecahkan persoalan perusahaan.

Bagi seorang pebisnis, mengetahui sistem ekonomi dapat menentukan jalannya perusahaan seperti pendistribusian barang atau jasa, pasar yang dituju dan juga bagimana Anda melakukan proses pemasaran.

Seluruh aktivitas bisnis yang berjalan di suatu negara juga dipengaruhi oleh keputusan-keputusan pemerintah terhadap  sistem ekonomi domestik maupun keputusan yang dilakukan oleh pemerintah lain yang disebut dengan sistem ekonomi global.

Membantu Mengawasi Jalannya Pemerintahan

Mengetahui sistem ekonomi juga berarti turut serta dalam membangun negeri dengan mengawasi jalannya pemerintah. Keputusan-keputusan pemerintah terhadap sistem ekonomi memengaruhi bagaimana ekonomi berjalan. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Hal itu sangat memengaruhi apa yang Anda lakukan saat ini.

Dengan Anda mempelajarinya, ketika pemerintah memutuskan aturan yang merugikan bagi masyarakat Indonesia, Anda dapat memberi sanggahan dan tanggapan melalui media massa atau media komunikasi lainnya.

Membangun Peluang

Memberikan motivasi bagi Anda untuk melihat peluang. Misalnya saja sistem ekonomi di Indonesia yang berdasarkan pancasila. Hal tersebut menjadikan peluang bagi beberapa orang salah satunya usaha di bidang sosial.

Selain itu dengan memahami sistem ekonomi, Membantu Anda melihat pasar di luar negara Anda dan menjadikannya pembanding dibukanya peluang Anda dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Kesimpulan

Mempelajari sistem ekonomi berarti mempelajari kehidupan secara keseluruhan. Pada dasarnya seorang manusia melakukan kegiatan ekonomi; bekerja, membuka usaha, belajar semua berpedoman pada sistem ekonomi yang dianut oleh negara dimana Anda tinggal. Mempelajari sistem ekonomi dapat dimulai dengan mempelajari unsur-unsur ekonomi salah satunya mengenai keuangan.

Jurnal, adalah software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam mempelajari keuangan dan mengoptimalkan sistem akuntansi perusahaan. Jika Anda memiliki perusahaan, menggunakan software keuangan dapat membantu Anda mengawasi transaksi keuangan Anda. Coba Jurnal software sekarang, gratis selama 14 hari!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo