Saat Anda ingin keluar dari masalah hutang atau ingin meningkatkan kualitas hidup, Anda mungkin mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman yang serba cepat dan dipenuhi dengan persaingan seperti sekarang, kita dituntut agar lebih cerdas dalam memahami situasi untuk bisa memperoleh penghasilan.

 

Bergantung dengan pendidikan dan pasrah dengan nasib tidak akan mengubah keadaan tanpa usaha dan kerja keras Anda sendiri. Cobalah lebih peka melihat peluang yang ada dan manfaatkan  peluang sebagai bisnis yang bisa menambah penghasilan. Apabila Anda berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan, cobalah ide kreatif berikut ini dan sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan Anda.

 

Bisnis Online

Tidak diragukan lagi bahwa bisnis online merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis online dapat dilakukan dengan waktu yang cukup fleksibel, artinya tidak terpaku dengan jam kerja yang teratur. Keunggulan dari bisnis ini yaitu dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan gadget dan koneksi Internet. Anda bisa memulai bisnis online di mana saja, baik melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook ataupun melalui website.

 

Jual Makanan

Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Hal ini dapat menjadi ide bisnis, khususnya bagi ibu rumah tangga. Terlebih lagi, bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak. Salah satu trik untuk menarik perhatian dalam menjalankan bisnis makanan yaitu inovasi rasa dan model makanan yang berbeda. Anda bisa menambahkan variasi dari jenis makanan yang diolah. Ini dapat disesuaikan dengan musim yang ada atau makanan apa saja yang sedang tren di pasaran.

 

Guru Les Privat

Ide lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu menjadi guru les privat. Selain menguntungkan, menjadi guru les privat juga tidak membutuhkan modal. Anda bisa bekerja sama dengan teman untuk membentuk tim les privat. Dengan terus mengandalkan kemampuan yang dimiliki, maka menjadi guru les privat bukanlah hal sulit. Menjadi seorang guru dapat mengasah kemampuan Anda sekaligus berbagi ilmu. Berbagi ilmu tentu sangat menyenangkan karena bisa menjadi ibadah yang tidak pernah terputus. Karena itu, menjadi guru les privat adalah pekerjaan sampingan yang sangat mulia.

 

Jual Kerajinan Dari Barang Bekas

Pernahkah Anda melihat sampah yang berserakan begitu saja? Baik sampah plastik maupun sampah bekas lainnya. Jika Anda mampu melihat peluang, maka sampah-sampah tersebut dapat menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan. Anda dapat mengubah sampah menjadi barang-barang yang memiliki nilai dan bermanfaat. Contohnya seperti tas, hiasan lampu, dompet, dan berbagai kerajinan tangan lainnya. Berjualan dengan menggunakan sampah atau barang bekas tidak membutuhkan modal yang banyak sehingga Anda dapat melakukannya dengan mudah.

 

Menjadi Konsultan di Jurnal

Jika Anda bekerja sebagai admin atau akuntan, atau mungkin sedang kuliah di semester akhir dengan jurusan akuntansi. Ide lain yang bisa Anda pertimbangkan dan memiliki banyak manfaat adalah menjadi konsultan di Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi yang berkomitmen untuk membantu mengelola keuangan bisnis. Dengan proses akuntansi yang baik, pengusaha dapat melihat kondisi keuangannya sehingga bisnis pun lebih mudah berkembang. Namun, banyak pengusaha yang kurang memahami proses akuntansi dan pembukuan.  Dengan bergabung menjadi konsultan Jurnal, Anda bukan hanya mendapatkan penghasilan tambahan, tapi juga bisa membantu sebuah bisnis lebih berkembang hingga memperluas koneksi Anda. Untuk bergabung menjadi konsultan Jurnal, daftarkan diri Anda di sini.

 

Melalui ide-ide kreatif di atas, Anda bisa meningkatkan taraf hidup dan memiliki penghasilan tambahan. Namun perlu diingat bahwa seberapa besar penghasilan Anda tentunya tidak akan pernah sukses tanpa memahami strategi pengelolaan keuangan dengan baik dan benar.

Author