Ingin memulai bisnis dengan modal kecil namun memiliki keuntungan yang besar? Bisnis handmade adalah salah satu ide bisnis yang bisa Anda pilih. Untuk memulai bisnis ini, Anda akan dituntut menjadi lebih kreatif untuk menarik konsumen. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk memulai bisnis handmade.

 

Target Pasar

Banyak orang yang membuat produk handmade terlebih dulu tanpa tahu siapa target yang akan mereka tuju. Padahal, langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis adalah menentukan siapa target pasar yang akan dituju. Dengan menentukan target pasar terlebih dulu, risiko produk tidak laku karena pasar yang sedikit akan berkurang. Menentukan target pasar secara detail sebelum membuat produk adalah kunci perkembangan bisnis. Sebelum menentukan target pasar, Anda harus coba menjawab beberapa pertanyaan seperti siapa pelanggan ideal? Laki-laki atau perempuan? Apa hobi mereka? Berapa usianya? Berapa penghasilannya? Setelah menjawab semua pertanyaan tersebut, tulis jawaban dan bayangkan karakter apa yang sesuai dan apa keinginan mereka?.

 

Produk Handmade

Setelah mengetahui karakter dan keinginan pelanggan, Anda bisa menentukan produk apa yang kira-kira mereka butuhkan dan inginkan. Misalnya, pelanggan Anda adalah seorang perempuan usia 15-25 tahun yang menyukai kegiatan outdoor, Anda dapat membuuat produk handmade aksesoris dengan tema outdoor activity. Setelah menentukan produk, Anda harus melakukan validasi tentang permintaan produk tersebut. Bagaimana caranya? Buatlah contoh produk dalam bentuk gambar ataupun barang jadi, dan lakukan survey tentang produk yang akan Anda jual kepada beberapa orang sesuai karakter yang telah ditentukan. Untuk memudahkan validasi, Anda dapat menanyakan hal tersebut ke orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, dan lain sebagainya.

 

Konsep Branding

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat konsep branding yang tepat bagi target pasar yang telah Anda tentukan. Cobalah mulai membuat logo bisnis dan materi branding lain seperti website, social media. Setelah membuat konsep branding, Anda juga harus memikirkan proses produksi dari produk handmade tersebut. Anda harus mempelajari cara membuatnya sesuai permintaan pasar dan pastikan Anda mempunyai supplier material untuk membuat produk handmade tersebut.

 

Memulai Bisnis

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah memulai bisnis. Di tahap ini, Anda harus melakukan pemasaran secara luas dan informasikan kepada seluruh target pasar, bahwa bisnis Anda telah dibuka. Mulailah pasarkan bisnis kepada teman dekat Anda dan minta mereka untuk merekomendasikan bisnis Anda. Selain itu, cobalah pasarkan bisnis Anda melalui website dan social media seperti Facebook, Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memasarkan bisnis Anda melalui marketplace yang ada di Indonesia.

 

Itulah 4 langkah mudah memulai bisnis handmade. Perlu diingat, bisnis handmade akan bertahan dan berkembang dengan kreativitas yang tinggi. Untuk itu, cobalah terus ikuti perkembangan zaman untuk membuat inovasi baru dalam membuat produk handmade. Selain membuat inovasi, Anda juga harus dapat mengelola keuangan bisnis dengan baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda akan lebih mudah mengembangkan bisnis dengan strategi yang tepat.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun dengan menyediakan data keuangan yang realtime. Dengan Jurnal, Anda juga dapat lebih mudah mengelola bisnis, karena Jurnal memiliki fitur lengkap yang memudahkan Anda dalam kegiatan operasional bisnis seperti menghitung stok barang, menilai penyusutan aset, membuat invoice, penagihan pembayaran, mengelola utang piutang, dan masih banyak lagi. Temukan berbagai fitur Jurnal lainnya di sini dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal.

Author