Mekari Jurnal
Daftar Isi
10 min read

Peluang Bisnis Baru di Era Revolusi Industri 4.0

Tayang 09 Nov 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Revolusi industri 4.0 lewat digitalisasi di berbagai bidang dapat meningkatkan peluang bisnis. Apa saja bisnis di era 4.0 yang bisa dicoba? Temukan jawabannya di blog Jurnal By Mekari disini!

Revolusi industri 4.0 menciptakan perubahan dan peluang bisnis yang baru.

Hal ini didorong dengan perkembangan penggunaan internet, sehingga banyak pelaku bisnis yang sadar untuk memanfaatkan internet dalam proses berbisnis.

Mau tau apa saja peluang bisnis yang bisa Anda lakukan di era revolusi industri 4.0 ini?

Selain itu, membaca tulisan ini Anda juga akan bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti:

  • Apakah di era industri 4.0 sebuah pemasaran atau pelaku usaha membutuhkan website? lalu website seperti apa yang harus diaplikasikan dalam usahanya? jelaskan!
  • Era revolusi industri 4.0 telah mengubah budaya kerja pegawai dalam perusahaan yang pada awalnya masih menggunakan media kertas beralih ke media apa saja?
  • Memasuki era revolusi industri 4.0 pemasaran mengalami perubahan dari pemasaran konvensional menjadi pemasaran yang lebih banyak mengacu pada apa saja?
  • Sumber-sumber peluang usaha salah satunya adalah peluang dari perubahan yang terjadi. informasi dan komunikasi seperti kemajuan adanya smartphone dan internet sehingga memunculkan peluang usaha seperti toko online adalah perubahan apa?
  • Jelaskan perubahan pemasaran yang akan terjadi di era revolusi industri 4.0 dalam dunia usaha?
  • Jika menyimak perkembangan teknologi dewasa ini maka jenis usaha yang berkembang dengan sangat pesat akan berkaitan dengan keberhasilan dalam mengembangkan hal mendasar yaitu apa saja?
  • Era industri semakin menegaskan kehidupan masyarakat tidak dapat lepas dengan kemajuan teknologi. pada era ini banyak orang yang sibuk dengan urusan pekerjaan. akhirnya, mereka tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja secara langsung. dari ilustrasi tersebut peluang usaha yang dapat dikembangkan pelaku usaha adalah?

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari dapat membantu Anda dalam menentukan strategi bisnis berdasarkan laporan keuangan yang tepat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik tombol atau pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Memanfaatkan Revolusi Industri 4.0 Sebagai Peluang Bisnis

Revolusi industri 4.0 merupakan fase revolusi teknologi yang mengubah cara beraktivitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, dan transformasi dari pengalaman hidup yang sebelumnya.

Prinsip dasar revolusi industri 4.0 adalah menggabungkan mesin, alur kerja, dan sistem dengan menerapkan jaringan cerdas di sepanjang rantai dan proses produksi.

Hal ini bertujuan untuk mengendalikan satu sama lain secara mandiri.

Perkembangan teknologi yang pesat akan mendorong perubahan perilaku masyarakat, dan peningkatan kebutuhan akan mendorong berubahnya dan terciptanya peluang bisnis dan pekerjaan baru.

Penggunaan internet dalam proses berbisnis akan terus mengalami perkembangan.

Mulai dari pertukaran informasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, pemasaran, penjualan, hingga pelayanan pelanggan.

Internet juga akan mendukung komunikasi dan kerja sama global antara karyawan, konsumen, penjual, dan rekan bisnis yang lainnya.

Selain itu, internet juga memungkinkan orang dari suatu organisasi atau lokasi yang berbeda dapat bekerja sama sebagai satu tim virtual untuk mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan memelihara produk atau pelayanan.

Sejarah Singkat Revolusi Industri

Peluang Bisnis Baru di Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri yang pertama terjadi pada abad ke-18, ketika ditemukannya mesin-mesin bertenaga uap.

Dari situ, manusia mulai beralih dari mengandalkan tenaga hewan ke mesin produksi mekanis.

Kemudian, revolusi industri yang kedua berlangsung di sekitar tahun 1870. Pada saat itu, perindustrian dunia beralih ke tenaga listrik yang mampu menciptakan produksi massal.

Selanjutnya, revolusi industri ketiga terjadi di era 1960-an, saat perangkat elektronik mampu menghadirkan otomatisasi produksi.

Kini perindustrian dan manufaktur dunia bersiap untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Istilah tersebut berasal dari sebuah proyek pemerintah Jerman untuk mempromosikan komputerisasi industri manufaktur.

Revolusi industri 4.0 merupakan suatu pengaplikasian kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang berpotensi untuk meningkatkan pendapatan global dan kualitas hidup bagi masyarakat dunia.

Selain itu, AI juga akan menghasilkan harga yang murah dan kompetitif, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, menurunkan biaya transportasi dan komunikasi, meningkatkan efektivitas logistik dan rantai pasokan global, biaya perdagangan akan berkurang, membuka pasar baru, serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga : Jenis-Jenis Bahan Baku dalam Industri

Faktor Pendorong Revolusi Industri 4.0 dan Pengaruhnya dalam Bisnis

Peluang Bisnis Baru di Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 ditandai dengan peningkatan digitalisasi manufaktur yang didorong oleh beberapa faktor di bawah ini:

  1. Peningkatan volume data, kekuatan komputasi, dan konektivitas.
  2. Munculnya analisis, kemampuan, dan kecerdasan bisnis.
  3. Terjadinya bentuk interaksi baru antara manusia dengan mesin.
  4. Perbaikan instruksi transfer digital ke dalam dunia fisik, seperti robotika dan 3D printing.
  5. Aktivitas serba internet atau internet of things.
  6. Mengandalkan keterbukaan informasi dan aksesibilitas.

Bagaimana Bisnis Menghadapi Perubahan di Era 4.0

Peluang Bisnis Baru di Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 terlihat melalui digitalisasi di berbagai bidang yang akan menghubungkan jutaan manusia melalui website, blog pribadi, dan platform berbasis web lainnya.

Sehingga akan meningkatkan peluang bisnis, efisiensi bisnis dan organisasi, serta memperbarui lingkungan hidup melalui manajemen aset yang lebih baik.

Teknologi akan mempermudah manusia untuk mengakses suatu informasi melalui teknologi digital secara bebas dan terkendali.

Kedepannya, perkembangan teknologi akan membentuk masyarakat dunia baru, yaitu masyarakat era digital.

Untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh revolusi industri 4.0, seorang pekerja harus memiliki kemampuan yang tidak dapat dilakukan oleh mesin.

Salah satu contohnya adalah kemampuan untuk memecahkan masalah atau kreativitas, dimana soft skill merupakan kunci utamanya.

Agar dapat menghadapi perubahan pada tahun-tahun mendatang, dibutuhkan para pekerja yang memiliki soft skill seperti pemecahan masalah yang kompleks, pikiran yang kritis, kreativitas, manajemen manusia, berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, berorientasi servis, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.

Soft skill menjadi salah satu faktor yang paling penting untuk dimiliki oleh para pekerja di masa depan.

Seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain, memecahkan masalah, serta aspek kecerdasan emosional lainnya.

6 Peluang Bisnis di Era 4.0

Apa saja peluang bisnis yang ditawarkan dari industri di era 4.0, dan apakah dapat memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat Indonesia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Fintech (Finance Technology)

Peluang bisnis di era revolusi industri 4.0 yang pertama adalah Fintech.

Saat ini, istilah fintech pasti sudah sering terdengar di telinga masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Khususnya di kalangan menengah ke atas yang melihat berbagai peluang bisnis dari urusan finansial.

Para generasi milenial menjadi salah satu target utama dari perusahaan fintech.

Hal tersebut dikarenakan ada banyak perusahaan fintech yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan, salah satu hal yang sebenarnya sulit untuk dilakukan oleh generasi milenial.

Tidak hanya itu, fintech juga memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran di dalam transaksi jual-beli.

Hal inilah yang membuat fintech menjadi salah satu bisnis yang sangat sukses di era revolusi industri 4.0.

Baca juga: 10 Peluang Bisnis IT yang Menguntungkan

Software As a Service (SaaS)

Pada era industri 4.0 nanti, peluang bisnis yang akan banyak digunakan digunakan adalah bisnis pengembangan software as a service.

Dimana Anda membuat dan mengembangkan sebuah software sebagai pihak ketiga yang dapat membantu segala aktivitas usaha lain.

Bentuk penjualannya berupa business-to-business artinya klien utama Anda adalah sama-sama pebisnis.

Contoh bisnis software as a service adalah aplikasi absensi yang merupakan salah satu cara absensi online untuk karyawan, software payroll, software akuntasi, atau software retensi konsumen atau CRM.

Cloud hosting

Cloud adalah salah satu teknik penyimpanan database yang ringan dan sangat mudah diakses.

Pada dasarnya, masyarakat pasti sudah pernah menggunakan cloud tetapi tidak tahu kalau itu adalah cloud.

Sebut saja Google Drive dan Dropbox, kedua cloud yang paling sering digunakan di dalam industri saat ini.

Itulah yang membuat cloud hosting sangat laku di era industri 4.0 saat ini karena sangat berdekatan dengan dunia industri dan proses bisnis.

Baca Juga : 7 Tantangan Menjadi Entrepreneur dalam Menghadapi Era Globalisasi

Bisnis jual-beli online

Bisnis jual-beli secara online semakin menjanjikan di era revolusi industri 4.0.

Promosi yang tidak harus digembar-gemborkan serta tidak perlu menyediakan biaya operasional yang tinggi membuat bisnis jual-beli secara online semakin besar di industri 4.0.

Cara pembayaran yang lebih mudah pun banyak ditawarkan pada saat ini.

Tidak harus selalu pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang.

Namun sistem pembayaran Cash on Delivery, virtual account hingga berbagai pembayaran lewat perusahaan fintech telah membuat bisnis jual-beli online terus berkembang.

Kelola Bisnis Online Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pakai Jurnal untuk Toko Online Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Lebih Mudah!

On-Demand service

Peluang bisnis di era revolusi industri 4.0 yang selanjutnya adalah on-demand service.

Sebenarnya, on-demand service sering digunakan oleh masyarakat, seperti aplikasi transportasi online.

Pada dasarnya on-demand service merupakan sebuah layanan jasa yang hanya muncul di sekitar kita jika kita menginginkannya.

Bisnis yang fleksibel inilah yang membuat on-demand service semakin digemari di era industri 4.0.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Pemasaran dan Konsepnya di Era Digital

Online Marketing

Seiring dengan perubahan kiblat bisnis ke dunia maya, industri pemasaran pun bergeser dari cara-cara yang konvensional ke arah digital.

Kini, online marketing telah dianggap begitu krusial sebagai bagian dari pemasaran sebuah bisnis.

Visibilitas di internet memberikan potensi yang begitu luas kepada calon konsumen sehingga sebuah bisnis akan lebih mudah memasarkan produk mereka.

Peluang tersebut membuat kesempatan untuk membuka ahensi untuk pemasaran digital online marketing terlihat begitu menggiurkan.

Apalagi, banyak perusahaan yang berlomba-lomba mencari strategi terbaik untuk kampanye digital mereka.

Dengan kolaborasi bersama ahensi yang ahli, maka sebuah bisnis akan meraup berbagai keuntungan yang baik untuk pertumbuhan bisnis mereka.

Saat ini dunia sudah memasuki suatu era dimana terjadi otomatisasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik yang mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala hal, komputasi awan, hingga komputasi kognitif.

Dunia industri Indonesia harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia, infrastruktur, teknologi media telekomunikasi, regulasi dari pemerintah yang dapat melindungi industri dalam negeri, serta menggeser orientasi industri dari manufaktur ke sektor jasa.

Beberapa hal penting tersebut wajib dipersiapkan secara matang, karena peluang bisnis di era revolusi industri 4.0 sangat besar.

Revolusi industri 4.0 akan membuka peluang bagi para pelaku bisnis di Indonesia untuk meraih keuntungan yang nilainya dapat mencapai miliaran dolar.

Baca juga: Ini 5 Sektor Bisnis Tahan Krisis saat Pandemi Covid-19

Sebagai salah satu pelaku bisnis, persiapkan bisnis Anda agar mampu bersaing dan berkembang di era 4.0.

Jangan lupa untuk memanfaatkan software akuntansi online untuk memudahkan pengelolaan laporan keuangan bisnis Anda.

Saat laporan keuangan bisnis Anda terkelola dengan baik dan benar, maka Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk urusan keuangan.

Dengan begitu, Anda akan lebih fokus pada rencana pengembangan bisnis.

Daftarkan bisnis Anda pada layanan software akuntansi online Jurnal sekarang.

Dapatkan free trial selama 14 hari, dan rasakan manfaat serta kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Baca Juga : Apa yang Dimaksud Laporan Perubahan Modal

Nah, setelah membaca tulisan ini Anda akan bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti:

  • Apakah di era industri 4.0 sebuah pemasaran atau pelaku usaha membutuhkan website? lalu website seperti apa yang harus diaplikasikan dalam usahanya? jelaskan!
  • Era revolusi industri 4.0 telah mengubah budaya kerja pegawai dalam perusahaan yang pada awalnya masih menggunakan media kertas beralih ke media apa saja?
  • Memasuki era revolusi industri 4.0 pemasaran mengalami perubahan dari pemasaran konvensional menjadi pemasaran yang lebih banyak mengacu pada apa saja?
  • Sumber-sumber peluang usaha salah satunya adalah peluang dari perubahan yang terjadi. informasi dan komunikasi seperti kemajuan adanya smartphone dan internet sehingga memunculkan peluang usaha seperti toko online adalah perubahan apa?
  • Jelaskan perubahan pemasaran yang akan terjadi di era revolusi industri 4.0 dalam dunia usaha?
  • Jika menyimak perkembangan teknologi dewasa ini maka jenis usaha yang berkembang dengan sangat pesat akan berkaitan dengan keberhasilan dalam mengembangkan hal mendasar yaitu apa saja?
  • Era industri semakin menegaskan kehidupan masyarakat tidak dapat lepas dengan kemajuan teknologi. pada era ini banyak orang yang sibuk dengan urusan pekerjaan. akhirnya, mereka tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja secara langsung. dari ilustrasi tersebut peluang usaha yang dapat dikembangkan pelaku usaha adalah?

Semoga informasi aplikasi keuangan online maupun aplikasi ERP ini bisa berguna untuk Anda! Silahkan dibagikan ke sosial media.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal