Mekari Jurnal
Daftar Isi

5 Buku Akuntansi Untuk Belajar Keuangan Bisnis (Updated 2024)

Tayang 16 Nov 2023
Diperbarui 29 November 2023

Di dunia yang penuh persaingan seperti saat ini, banyak usaha kecil yang tidak atau belum memiliki biaya untuk merekrut seorang akuntan profesional yang dapat membantu mengelola laporan keuangan.

Namun, di zaman sekarang, informasi atau ilmu bisa didapatkan dari banyak sumber, mulai dari internet hingga buku. Buku akuntansi untuk belajar bisnis adalah salah satu alternatif bacaan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dibaca.

Tentu saja, buku ini akan sangat bermanfaat karena dapat memberi informasi yang akan membantu Anda,  baik pengusaha kecil ataupun para pelaku UKM.

Bagi seorang entrepreneur yang tidak memiliki latar belakang bidang akuntansi, tentunya pengelolaan keuangan bisnis dapat menjadi hal yang menantang.

Kabar baiknya, kini sudah banyak buku akuntansi yang menyediakan informasi lengkap untuk membantu Anda.

Nah, dari sekian banyak buku yang ada, kami sudah merangkum (5) lima rekomendasi buku bertema akuntansi yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis.

1. Accounting Made Simple

Jika Anda belum pernah mempelajari akuntansi sama sekali, maka buku hasil karya Mike Piper ini cocok dijadikan sebagai panduan awal.

Sesuai dengan judulnya Accounting Made Simple memberikan penjelasan tentang akuntansi secara sederhana.

Informasi yang disampaikan oleh Piper benar-benar sederhana dan disertai dengan contoh-contoh relevan yang mampu menguraikan konsep tanpa menggunakan istilah-istilah sulit akuntansi.

Konsep-konsep dasar seperti menyusun dan membaca laporan keuangan, persamaan akuntansi, serta penghitungan rasio finansial yang berbeda dijelaskan dengan ringkas dan jelas oleh Piper.

Buku ini dapat memberi gambaran awal kepada para pemula tentang dunia akuntansi sebelum mendalaminya lebih jauh.

2. Accounting All-in-One for Dummies

Buku satu ini merupakan karya dari kolaborasi sembilan penulis yang ahli dalam bidang akuntansi.

Accounting All-in One for Dummies menyajikan berbagai topik dasar tentang akuntansi, mulai dari debit dan kredit, pencatatan transaksi akuntansi, menyiapkan laporan pemasukan dan neraca bisnis, panduan dalam pengambilan keputusan terkait keuangan, hingga tentang regulasi akuntansi.

Semuanya dijelaskan dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, lengkap dengan beberapa contoh sederhana dan skenario untuk bisnis kecil.

Itulah mengapa buku ini juga cocok dibaca oleh para akuntan profesional dan mahasiswa jurusan akuntansi sebagai referensi akuntansi tambahan.

3. Accounting Handbook (Baron’s Accounting Handbook)

Merupakan hasil kolaborasi empat orang Certified Public Accountant (CPA, yaitu Jae K. Shim, Joel G. Siegel, Nick Dauber, dan Anique A. Qureshi.

Di buku ini dijelaskan dengan lengkap tentang komponen wajib yang harus dipenuhi ketika membuat laporan keuangan.

Selain itu terdapat kamus dari A sampai Z tentang istilah-istilah akuntansi beserta definisi singkatnya yang sangat cocok untuk Anda yang awam tentang akuntansi.

Baca Juga: Cara Membaca Laporan Keuangan yang Baik dan Benar

4. Financial Shenanigans: How to Detect Accounting Gimmicks & Fraud in Financial Reports

Situs Bloomberg pernah menjuluki buku ini sebagai The Sherlock Holmes of Accounting. Ditulis oleh Howars Schilit, Financial Shenanigan banyak membahas tentang hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk mendeteksi kesalahan dalam laporan keuangan.

Dengan begitu, Anda pun bisa mencegah terjadinya kerugian finansial bisnis. Secara garis besar, ada tiga topik utama yang bisa Anda pelajari dari buku ini.

  • Pertama, trik yang biasanya digunakan berbagai perusahaan untuk melebih-lebihkan pendapatan dan keuntungan bisnis.
  • Kedua, teknik-teknik yang biasanya digunakan untuk memanipulasi arus kas.
  • Ketiga, tentang bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut mengelabui investor tentang kondisi keuangan mereka.

Melalui topik-topik tersebut, Anda bisa memiliki pengetahuan yang cukup untuk mendeteksi adanya penipuan atau ketidaksesuaian pada laporan keuangan bisnis.

5. Warren Buffett and the Interpretation of Financial Statements

Buku ini ditulis langsung oleh Mary Buffett, seorang mantan menantu dari Warren Buffett, dan David Clark yang juga merupakan seorang penulis serta rekan bisnis Mary Buffett.

Penulisan buku ini bertujuan untuk wawasan kepada pembaca tentang cara Warren Buffett, salah satu investor terkemuka di dunia, menganalisis dan menginterpretasikan laporan keuangan perusahaan dan dalam membuat keputusan investasi.

Buku ini menjadi ramai diperbincangkan karena memuat konsep-konsep keuangan secara sederhana dan dapat dimengerti bagi pembaca yang mungkin tidak memiliki latar belakang keuangan atau akuntansi yang mendalam.

Terlebih, Warren Buffett telah menjadi ikon dalam dunia investasi, dan minat publik terhadap filosofi dan strateginya sangat tinggi.

Baca Juga: 8 Daftar Buku Wajib yang Harus Dibaca Pengusaha Sukses

Kesimpulan

Anda juga akan memahami pentingnya aplikasi invoice dimana setiap transaksi bisa diproses otomatis dan tercatat dengan sistematis dengan integrasi bank, serta dibuatkan invoicenya langsung. Hal seperti ini akan mencegah adanya kekeliruan pencatatan dan manipulasi data transaksi.

Jika Anda bukan berasal dari latar belakang akuntansi dan ingin mempelajari bidang tersebut, ke-lima buku akuntansi untuk belajar bisnis di atas dapat menjadi panduan awal yang tepat untuk membantu Anda.

Semoga setelah membaca buku-buku tersebut, Anda tidak lagi bingung mengelola pembukuan bisnis Anda. Selamat membaca!

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi yang dapat membantu kamu mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Baik, Saya Akan Konsultasi Gratis dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Dengan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal kamu dapat lebih mudah membuat strategi untuk mengembangkan bisnis.

Melalui aplikasi pembukuan online shop serta fitur laporan keuangan yang disiapkan oleh Mekari Jurnal, kamu bisa membuat strategi secara tepat dan akurat.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal