6 Jurus Jitu Usaha Fried Chicken Modal Kecil Untung Besar

Usaha makanan termasuk fried chicken atau ayam goreng memang sangat digandrungi oleh pelaku usaha kuliner dalam beberapa tahun belakangan ini. Selain bahan baku mudah didapatkan dan modal yang dibutuhkan cukup terjangkau, bisnis ayam goreng juga memiliki peluang untung sangat menjanjikan.

Akan tetapi, karena tingginya tingkat persaingan dalam bidang usaha fried chicken, maka pelaku usaha membutuhkan persiapan strategi matang supaya bisa menggaet banyak pelanggan. Selain menghadirkan cita rasa lezat, konsep usaha yang dijalankan juga harus memiliki ciri khas.

usaha fried chicken

6 Jurus Jitu Sukses Usaha Fried Chicken

Meskipun bisnis ayam goreng seakan tidak ada matinya. Namun, jangan lupa bahwa jumlah kompetitor yang dihadapi juga sangat banyak. Oleh sebab itulah, Anda harus bisa bermain secara cerdas demi menarik perhatian pangsa pasar dan meningkatkan omset pendapatan.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis fried chicken tapi belum memiliki pengalaman sama sekali, maka tidak perlu khawatir. Kenapa? Sebab di bawah ini akan diulas 9 rahasia jitu berbisnis ayam goreng dengan modal sedikit tapi bisa menghasilkan cuan besar.

  1. Tentukan Konsep Usaha

Sebelum memulai usaha fried chicken, sebaiknya tentukan konsep usaha yang diterapkan terlebih dahulu. Ada beragam jenis konsep bisnis fried chicken yang dapat dijadikan referensi, mulai dari menyajikan menu ayam goreng Wanna Be ala KFC atau MCD, hingga memilih konsep lebih otentik.

Kalau kesulitan memilih konsep usaha, maka bisa menyesuaikan dengan target konsumen dan lokasi gerai. Misalnya, jika ingin membuka gerai di area sekitar kampus, maka pangsa pasarnya adalah mahasiswa yang notabene kaum muda sehingga Anda bisa menghadirkan konsep yang lebih kekinian.

Misalnya, fried chicken one bite dengan aneka pilihan saus kekinian. Salah satu contoh menu yang dapat dipertimbangkan adalah, ayam goreng Korea dengan saus Gochujang. Supaya lebih bervariasi, Anda juga bisa menghadirkan menu sederhana khas Indonesia, seperti ayam geprek.

Agar lebih budget friendly, Anda dapat menawarkan berbagai opsi porsi menu fried chicken yang akan dijadikan andalan. Misalnya, porsi small Rp20.000, porsi medium Rp25.000, dan porsi large Rp30.000. Anda juga bisa memasarkan menu dalam bentuk paket hemat atau combo.

Sementara itu, untuk memperluas jangkauan penjualan. Anda tidak harus fokus mengelola gerai konvensional saja, tapi juga bisa memasarkan produk secara online. Baik melalui sosial media, mendaftarkan bisnis ke Google Maps, hingga daftar mitra dengan GoFood, GrabFood, dan lainnya.

  1. Analisis Usaha

Dalam menjalankan usaha fried chicken, selaku owner, Anda juga harus mengukur peluang keuntungan serta ancaman terhadap bisnis yang dijalankan. Salah satu metode analisis yang dapat diterapkan adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats).

Teknik SWOT memungkinkan Anda menyusun strategi bisnis yang lebih efektif dan efisien dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor, baik internal maupun eksternal.

  1. Survei Supplier Bahan Baku

Meskipun bahan baku untuk usaha fried chicken tergolong mudah didapatkan. Namun, Anda harus tetap selektif dalam memilih supplier. Sebab ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari lokasi supplier, harga bahan baku yang ditawarkan, hingga kualitas ayam yang dijual.

Bagaimanapun juga, harga dan kualitas bahan baku akan sangat menentukan tarif serta cita rasa dari menu ayam goreng yang akan dijual. Dengan memilih supplier yang tepat, Anda bisa memaksimalkan budget operasional dan menghidangkan fried chicken lezat kepada pembeli.

  1. Sistem Operasional Rapi

Salah satu daya tarik usaha fried chicken adalah proses pengolahannya simple dan praktis. Hal tersebut pula yang membuat menu ayam goreng masuk dalam kategori fast food (cepat saji).

Oleh sebab itulah, sebelum mulai menjalankan usaha, Anda perlu menyusun sistem operasional yang rapi dan efektif supaya tidak mengecewakan pelanggan. Mulai dari merencanakan sistem pre-order, layanan pesan antar, ticketing, dan jangan lupa menerapkan standar kebersihan.

Untuk memudahkan pelanggan, Anda bisa menghadirkan berbagai macam metode pemesanan dan pembayaran. Untuk menunjang kegiatan operasional yang lebih terstruktur, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi dengan sistem terintegrasi agar lebih efektif dan otomatis.

  1. Menentukan Harga Menu

Dalam usaha fried chicken, harga menu menyesuaikan dengan ketersediaan dan harga bahan baku serta konsep usaha yang diaplikasikan. Untuk bisnis ayam goreng sederhana, maka bisa menerapkan harga jual standar. Misalnya, ayam geprek level 1 + nasi harga Rp. 15.000 /porsi.

Untuk meningkatkan omset penjualan usaha fried chicken, Anda bisa mengakalinya dengan menawarkan berbagai variasi topping, seperti keju +5k, telur +4k, sosis +3k, kol +2k, tempe +2k, dan seterusnya.

Trik lain yang dapat dijadikan jurus ampuh mendongkrak penjualan adalah membuat menu paket hemat. Misalnya, menggabungkan ayam goreng + nasi, dengan lemon tea, dan kentang goreng. Agar lebih menarik, harga paket hemat sebaiknya dibanderol lebih murah dibandingkan a la carte.

Anda juga bisa menawarkan paket kombo makan berdua atau keluarga. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dapat menikmati menu ayam goreng lezat super komplit dengan harga bersahabat. Tentunya respon positif dari pelanggan akan memberi dampak besar terhadap usaha Anda.

  1. Mempersiapkan Strategi Promosi

Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu kunci sukses usaha fried chicken terletak pada promosi. Di era digital sekarang, Anda bisa dengan mudah mempromosikan bisnis secara online, baik itu melalui sosial media maupun mendaftar di layanan pesan antar populer.

Anda juga dapat memanfaatkan sosial media sebagai sarana branding bisnis ayam goreng yang dijalankan. Caranya mudah, cukup registrasi dengan menggunakan nama usaha. Setelah itu, mulai posting konten menu andalan yang dijual berikut review pembeli dan promo tersedia.

Untuk meramaikan feed sosial media Anda, maka bisa menggunakan strategi promosi ampuh seperti:

  • Beli minimal 100k free 1 porsi chicken wings.
  • Setiap pembelian fried chicken pada malam Minggu akan mendapatkan 1 porsi es teh gratis, khusus makan di tempat.
  • Promo topping hanya 5k untuk telur geprek dan saus keju.

Selain itu, bisa juga dengan mengadakan giveaway yang berpotensi menguntungkan usaha fried chicken Anda. Sedangkan strategi promosi lain yang dapat diterapkan adalah dengan menyediakan voucher diskon pembelian.

Misalnya, untuk lima kali pembelian gratis 1 pc fried chicken tanpa nasi. Manfaatkan aplikasi pengatur keuangan bisnis agar Anda dapat menentukan strategi promosi yang tepat.

Resep Masak Ayam Goreng Gurih dan Lezat

Dalam dunia kuliner, rasa masakan memang menjadi sebuah hal paling essential. Pasalnya, akan sia-sia saja keberhasilan dalam melakukan promosi dan menggaet pembeli, apabila Anda tidak bisa menyuguhkan hidangan dengan rasa lezat yang dapat memanjakan lidah para pembeli.

Sekilas, memasak ayam goreng memang terlihat mudah dan sederhana. Namun, untuk bisa menghadirkan cita rasa lezat dan cocok di lidah semua orang tentu membutuhkan teknik tersendiri.

Bagi Anda yang ingin terjun ke bidang usaha fried chicken, tapi belum begitu berpengalaman dalam mengolah ayam, maka resep masak ayam goreng super lezat dan renyah ini bisa dijadikan referensi:

Bahan-bahan bumbu yang harus dipersiapkan untuk ayam dengan bobot sekitar 1.5 kg:

  • 7 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 2 sdt garam
  • ½ ruas kunyit (dihaluskan)
  • ½ sdt lada bubuk
  • ½ sdt bubuk kaldu ayam

Bahan-bahan tepung:

  • 1 kg tepung terigu protein tinggi
  • 2 sdt bubuk bawang putih
  • 2 sdt vetsin
  • 2 sdt garam
  • 9 gr bubuk kaldu ayam
  • ½ sdt lada bubuk

Bahan-bahan marinasi:

  • 2 ½ liter air putih
  • 1 sdm susu bubuk

Bahan tambahan lain:

  • 3 liter minyak goreng
  • Ayam

Cara memasak ayam goreng:

  • Pertama-tama, potong ayam menjadi beberapa bagian. Setelah itu, cuci bersih kemudian letakkan dalam wadah.
  • Masukkan semua bahan bumbu ayam dalam wadah berisi potongan daging ayam. Oleskan bumbu hingga merata, lalu pijat-pijat daging ayam supaya bumbu meresap.
  • Diamkan selama kurang lebih 3 jam dalam wadah tertutup. Akan lebih baik jika disimpan di freezer sehingga proses marinasi bisa lebih optimal.
  • Sekarang, siapkan bahan-bahan untuk membuat tepung gurih dan krispi.
  • Larutkan susu bubuk menggunakan air hangat, kemudian tambahkan air dingin.
  • Proses penepungan ayam dimulai dengan memasukkan potongan ayam ke dalam wadah berisi tepung.
  • Pastikan seluruh bagian ayam terlapisi oleh tepung.
  • Selanjutnya, masukkan potongan ayam ke dalam air susu bubuk. Rendam sebentar, kemudian tiriskan.
  • Ulangi proses dengan memasukkan kembali potongan ayam kedalam tepung dan lapisi dengan tepung, setelah itu celupkan ke air susu. Proses ini diulangi hingga tiga kali agar bumbu dan rasa semakin meresap, dan ayam goreng menjadi lebih renyah.
  • Panaskan minyak di dalam wajan atau teflon. Untuk penggorengan dengan metode deep fried, maka Anda harus menggunakan minyak goreng cukup banyak.
  • Masukkan ayam ke dalam penggorengan hingga berwarna keemasan, proses menggoreng membutuhkan waktu sekitar 12 menit jika digoreng pada suhu 150 – 160oC. Untuk hasil lebih sempurna, sebaiknya tidak mengaduk-aduk ayam yang sedang digoreng.
  • Setelah ayam goreng matang, segera angkat dan tiriskan.
  • Fried chicken lezat dan renyah siap untuk disajikan kepada para pembeli.

Analisis Modal Usaha Fried Chicken Beserta Keuntungan

Tujuan utama menjalankan usaha tentu saja adalah supaya mendapatkan laba. Oleh sebab itulah, sebelum memulai bisnis ayam goreng, Anda perlu mempertimbangkan dan memperhitungkan segala sesuatunya, termasuk berapa modal yang harus dipersiapkan dan prediksi keuntungan.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berbisnis di bidang kuliner, khususnya fried chicken dengan skala menengah, maka analisis modal di bawah ini dapat dijadikan bahan referensi serta dapat menjawab pertanyaan “berapa modal buka usaha fried chicken?”

  1. Modal untuk Perlengkapan

Berikut adalah jenis-jenis perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka usaha fried chicken beserta kisaran harganya:

Perlengkapan Kuantiti Estimasi Harga
Gerobak atau Etalase 1 unit Rp. 1.000.000
Mesin penggorengan 1 unit Rp. 790.000
Baskom Stainless 40 cm 2 unit Rp. 100.000
Tirisan 1 unit Rp. 30.000
Wajan 1 Unit Rp. 140.000
Spatula 1 unit Rp. 30.000
Talenan 1 unit Rp. 25.000
Cupit makanan 2 unit Rp. 30.000
Pisau 2 unit Rp. 45.000
Alat makan (Piring, sendok, garpu) 15 set Rp. 500.000
Gelas beling 1 lusin Rp. 30.000
Bungkus makanan styrofoam box 2.000 pcs Rp. 1.000.000
Meja + kursi 3 Set Rp. 4.500.000
Banner 1 unit Rp. 100.000
Total Biaya Perlengkapan Rp. 8.320.000

 

  1. Modal Bahan Variabel

Selain modal untuk membeli perlengkapan, Anda juga harus menghitung berapa banyak biaya variabel yang dibutuhkan dalam usaha fried chicken. Di bawah ini adalah jenis-jenis bahan yang dibutuhkan beserta harganya, dan tambahan anggaran operasional lain yang dapat dijadikan acuan:

Bahan Bahan Utama Kuantiti Estimasi Harga
Tepung terigu 250 kg Rp. 2.500.000
Daging ayam 450 kg Rp. 4.500.000
Bumbu-bumbu Rp. 50.000
Minyak goreng 60 liter Rp. 900.000
Beras 300 kg Rp. 3.600.000
Bahan Bahan Tambahan Kuantiti Estimasi Harga
Saus cabai/tomat 100 pack / 500 gr Rp. 600.000
Sambal (cabai, tomat, bawang, dan sebagainya) Rp. 300.000
Tempe 900 pcs Rp. 900.000
Tahu 900 pcs Rp. 459.000
Lalapan (Selada, timun, kemangi) Rp. 300.000
Topping:

Sosis

Nugget

 

30 pack / 1.000 gr

30 pack / 1.000 gr

 

Rp. 1.050.000

Rp. 1.080.000

Biaya Tambahan Kuantiti Estimasi Harga
Gas elpiji tabung 5 kg 5 Rp. 430.000
Listrik 30 hari Rp. 150.000
Air 30 hari Rp. 600.000
Biaya sewa tempat 30 hari Rp. 100.000
Promosi 30 hari Rp. 250.000
Total Biaya Variabel Rp. 15.609.000

 

  1. Estimasi Keuntungan dari Usaha Fried Chicken

Dari perkiraan modal awal, diketahui bahwa untung memulai bisnis fried chicken Anda harus mempersiapkan budget untuk membeli perlengkapan dan persediaan bahan selama 1 bulan.

Modal untuk membeli perlengkapan usaha membutuhkan Rp. 8.320.000 (masa pakai panjang). Sedangkan biaya variabel yang harus dikeluarkan per bulannya adalah sekitar Rp. 15.609.000.

Mengingat estimasi yang dilakukan meliputi 1 bulan (30 hari) masa dagang, maka laba yang bisa dihasilkan dari usaha ayam goreng adalah sebagai berikut:

Harga Fried Chicken Per Porsi Target Penjualan Per Hari Total Pendapatan
Rp. 15.000 – Rp. 25.000 80 porsi Rp. 22.500.000 – Rp. 37.500.000 Per Bulan
Estimasi Modal Awal Rp. 23.929.000
Keuntungan Bersih Up to Rp. 13.571.000

 

Jika Anda mengurangi modal awal pada bulan pertama usaha dibuka, mungkin hasilnya akan minus. Karena biaya yang dikeluarkan untuk membeli perlengkapan memang sangat besar.

Akan tetapi, karena menu tambahan yang disediakan cukup banyak. Hal tersebut dapat ditutupi dengan penjualan makanan lain, seperti tempe, tahu, sosis, nugget, dan sebagainya.

Apabila berhasil mencapai target penjualan, dan semua stock menu tambahan bisa habis dalam waktu 1 bulan, maka Anda akan mendapatkan omzet sangat besar. Bahkan, dengan total modal Rp23.929.000, Anda bisa menghasilkan cuan hingga Rp37.500.000.

Oleh sebab itu, supaya usaha fried chicken Anda bisa menjual sesuai target, maka harus mengerahkan keterampilan ekstra. Terutama dalam merencanakan strategi promosi.

Bayangkan saja, jika pada bulan pertama Anda bisa meraup untung Rp13.571.000 per bulan. Besar kemungkinan kalau bulan berikutnya untung akan semakin besar sebab hanya dikurangi modal variabel. Dengan catatan, jumlah penjualan tetap konsisten, dan kalau bisa semakin meningkat. Catat semua pengeluaran dan pemasukan dengan aplikasi pencatat keuangan dari Mekari Jurnal.

Cara Memulai Usaha Fried Chicken dengan Modal Terbatas

Saat ingin membuka bisnis ayam goreng, tentu modal usaha akan menjadi pertimbangan pertama. Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk memulai bisnis fried chicken, Anda tidak harus terpaku pada modal yang dipaparkan di atas. Sebab usaha ini juga bisa dimulai dengan modal minim.

Lantas, bagaimana memulai usaha fried chicken? Anda bisa berkreasi dengan berjualan fried chicken secara online dengan sistem delivery atau membuka usaha ayam goreng rumahan. Untuk menekan budget pengeluaran membeli perlengkapan, Anda dapat mulai dengan perlengkapan dapur seadanya.

Di era digital sekarang, teknologi membuka peluang sangat besar bagi setiap orang untuk bisa sukses berbisnis meskipun dengan modal pas-pasan. Dalam hal ini, media sosial bisa dijadikan sebagai tempat untuk menjual dagangan Anda supaya bisa dijangkau oleh lebih banyak orang.

usaha fried chicken

Paket Usaha Fried Chicken, Solusi Praktis Membuka Bisnis Ayam Goreng!

Salah satu alternatif pilihan mudah dan cepat untuk memulai bisnis fried chicken meskipun modal pas-pasan adalah dengan membeli paket usaha. Saat ini, ada banyak mitra yang menawarkan paket bisnis fried chicken dengan tarif berbeda-beda, bahkan mulai dari 3 jutaan saja.

Dengan membeli paket usaha, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari fasilitas jualan hingga pelatihan membuat fried chicken sampai mahir. Hanya saja, Anda harus membeli booth sendiri, karena perlengkapan tersebut tidak termasuk dalam paket hemat.

Di bawah ini adalah beberapa fasilitas yang akan didapatkan dari paket usaha modal 3 jutaan:

Banner Display Menu 1 Set
Etalase Kaca 1 Pcs
Lampu Etalase 1 Set
Ayam Potong 3 Ekor
Saringan Minyak Besar 1 Pcs
Saringan Minyak Kecil 1 Pcs
Baskom Besar 1 Pcs
Baskom Kecil 1 Pcs
Ayakan Tepung 1 Pcs
Wajan Stainless Kotak 1 Pcs
Capitan Besar 1 Pcs
Capitan Kecil 1 Pcs
Sodet Stainless 1 Pcs
Kompor + Regulator + Selang 1 Set
Meja Kompor Alumunium 1 Unit
Bumbu Fried Chicken 2 Pack
Bumbu Marinasi 2 Pack
Plastik 1 Pack
Box 50 Pcs
Kertas Nasi 100 Pcs
Bungkus Ayam Coklat 100 Pcs
Cetakan Nasi 1 Pcs
Saus Sambal 4 Pack
Saus Tomat 4 Pack
Termos Es 12.5 Liter 1 Pcs
Minyak Goreng 4 Liter

 

Ingin memulai usaha fried chicken tapi masih ragu? Tenang saja Anda dapat memanfaatkan aplikasi untuk bisnis, sebuah sistem yang mengembangkan usaha Anda dengan mudah dan efisien. Jangan lewatkan aplikasi inventory dari Mekari Jurnal untuk ketahui detail produk di gudang.

Jangan lewatkan keuntungan dengan jutaan rupiah untuk Anda jika bergabung program referral Mekari Jurnal sekarang juga.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo