Jurnal Enterpreneur

Tujuan Kegiatan Distribusi Yang Penting Untuk Perusahaan

Tujuan kegiatan distribusi mungkin membuat Anda merasa penasaran karena banyaknya kegiatan distribusi di tengah masyarakat yang rupanya semakin berkembang. Distribusi sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari sistem pemasaran yang tentunya menjadi hal penting bagi suatu perusahaan ataupun industri demi melangsungkan aktivitas ekonominya.

Distribusi bahkan juga bisa disebut sebagai suatu usaha atau upaya dari kegiatan pemasaran yang pada akhirnya diharapkan agar dapat memperlancar serta mempermudah proses penyampaian barang atau jasa tepatnya dari pihak produsen ke pihak konsumen. Aktivitas distribusi ini sudah pasti memiliki tujuan kegiatan distribusi tertentu, yakni sebagai berikut.

Menyalurkan barang atau jasa

Salah satu tujuan kegiatan distribusi ialah melakukan proses penyaluran barang atau jasa tepatnya dari pihak produsen ke pihak konsumen. Dalam hal ini sudah diketahui dengan jelas bahwa produsen selaku pihak penghasil barang atau jasa sudah tentu menginginkan adanya proses penyaluran barang atau jasa yang bisa memberikan hasil maksimal.

manajemen logistic

Oleh karena itu proses distribusi turut menjadi hal yang penting di dalam suatu perusahaan. Sebab melalui kegiatan inilah nantinya setiap barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen bisa sampai ke tengah masyarakat dan bahkan bisa laris di pasaran.

Tujuan kegiatan distribusi, pada dasarnya memang barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen hanya bisa sampai di tangan konsumen jika melalui adanya aktivitas penyaluran atau distribusi.

Beberapa produsen kecil mungkin saja melakukan penyaluran barang dan jasa secara mandiri sehingga barang yang dihasilkannya bisa sampai ke konsumen. Barang atau jasa yang baru ini kemudian bisa dikenal secara lebih lagi oleh pihak konsumen sehingga nantinya barang atau jasa tersebut bisa digunakan oleh konsumen dan pada akhirnya konsumen menjadi bergantung pada barang atau jasa tersebut.

Oleh karena itu kegiatan distribusi haruslah lebih diperhatikan agar proses penyampaian atau penyaluran barang dan jasa bisa berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kendala.

Meratakan hasil produksi

Tujuan kegiatan distribusi lainnya pada suatu perusahaan atau industri adalah untuk meratakan hasil produksi. Artinya seluruh hasil produksi harus bisa tersalurkan ke seluruh konsumen secara merata. Pemerataan hasil produksi pada dasarnya bisa dicapai jika memang aktivitas distribusi cenderung dilakukan dengan beberapa metode.

Misalnya saja seperti kegiatan distribusi yang melibatkan banyak pihak mulai dari pihak agen hingga grosir dan sampai kepada pengecer.

Dalam hal ini agen sebagai pihak distributor tangan pertama bisa melakukan pemerataan penyaluran barang dengan memasarkan barang tersebut ke banyak grosir. Bahkan pemerataan kegiatan penyaluran barang ini dilakukan dengan menyalurkan barang pada seluruh grosir yang ada di berbagai daerah. Sedangkan grosir yang menerima barang dari agen bisa menjual barang kepada berbagai pengecer yang tersebar dimana saja.

Pengecer ini biasanya memiliki toko atau tempat jual barang yang seringkali menjadi jajakan bagi para konsumen. Artinya tiap konsumen akan mendapatkan barang yang dibutuhkannya dengan melakukan transaksi pembelian di pengecer.

Jika seluruh konsumen di berbagai wilayah bisa mendapatkan barang di pengecer maka berarti hasil produksi telah tersampaikan ke konsumen secara merata. Pemerataan hasil produksi mungkin bisa dikatakan tidaklah semudah apa yang dibayangkan.

Terlebih lagi jika produsen masih dalam tingkat mikro seperti UMKM. Namun untuk industri besar biasanya kegiatan distribusi bisa membantu tujuan perusahaan dalam meratakan hasil produksi terutama barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Meningkatkan nilai barang

Adanya kegiatan distribusi yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau industri adalah untuk meningkatkan nilai barang yang akan disalurkan dari produsen ke konsumen. Jika suatu jenis barang yang diproduksi oleh sebuah perusahaan memiliki nilai yang tinggi maka nantinya akan ada keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan atau industri tersebut.

Keuntungan yang utama bisa didapatkan oleh produsen dari nilai barang yang tinggi ialah adanya pemasukan dengan jumlah yang cukup besar sehingga modal bisa kembali dan profit juga bisa didapatkan. Sebab barang yang bernilai tinggi umumnya dapat dijual dengan harga yang juga tinggi sehingga keuntungan produsen akan semakin bertambah banyak atau besar.

Adapun jika ingin keuntungan perusahaan tercatat dengan baik, sebaiknya perusahaan mempertimbangkan penggunaan accounting software yang tepat.

Untuk itu dalam melakukan kegiatan penyaluran barang atau distribusi sebaiknya turut dilakukan beberapa cara untuk bisa meningkatkan nilai barang. Misalnya saja seperti memberikan reward pada pelanggan sehingga pelanggan akan tetap terus memakai barang Anda.

Atau bisa juga Anda memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan setia sehingga keberhasilan perusahaan Anda semakin bisa lebih mudah untuk diraih.

Berbagai upaya dalam tujuan kegiatan distribusi ini akan membuat pelanggan merasa puas baik terhadap produk maupun perusahaan penghasil produk sehingga pelanggan akan terus membeli produk. Disinilah nilai produk bisa dikatakan semakin tinggi karena adanya proses distribusi yang baik disertai dengan adanya berbagai upaya inovatif untuk semakin menarik pelanggan.

Memperlancar proses produksi

Hal lain yang juga turut menjadi tujuan kegiatan distribusi yaitu memperlancar proses produksi yang tentunya selalu dilakukan di sebuah perusahaan. Jika proses distribusi tidak berjalan lancar maka tentunya hasil produksi tidak bisa meningkat. Jika kegiatan produksi tidaklah meningkat maka perusahaan terkait bisa dikatakan tidak berkembang. Artinya jumlah barang yang diproduksi selalu sama dan bahkan terkadang bisa menurun.

Hal seperti ini jika dibiarkan terjadi secara terus-menerus maka bukan tidak mungkin nantinya perusahaan akan mengalami kemunduran karena keuntungan yang semakin menurun. Tentu saja kemunduran perusahaan dan bahkan kondisi bangkrut tidak diinginkan oleh setiap produsen.

Sebaliknya setiap aktivitas produksi selalu diharapkan agar bisa memberikan hasil yang maksimal berupa peningkatan jumlah produksi dan peningkatan profit perusahaan.

Oleh karena itu setiap kegiatan distribusi yang dilakukan oleh produsen diharapkan agar bisa diupayakan semaksimal mungkin agar bisa memberikan hasil yang mencapai target. Jika memang aktivitas distribusi lancar maka nantinya proses produksi juga akan turut lancar.

Sebab dengan semakin banyaknya barang yang tersampaikan ke konsumen maka akan semakin banyak pula barang yang harus diproduksi lagi untuk kemudian disalurkan kepada para konsumen lainnya.

Oleh karena itu kegiatan distribusi yang dijalankan oleh suatu perusahaan tidak boleh sampai terabaikan. Sebab distribusi bisa membantu perusahaan untuk menjalankan proses produksi secara lancar.

Tujuan kegiatan distribusi yang tertera di atas tentunya diharapkan agar bisa dicapai sehingga pada akhirnya tujuan dari aktivitas produksi oleh produsen bisa tercapai. Oleh karena itu sudah seharusnya aktivitas distribusi selalu diperhatikan secara lebih lanjut oleh pihak industri atau perusahaan terkait agar aktivitas tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Aktivitas distribusi yang lancar nantinya bisa membuat perusahaan atau industri yang memproduksi barang bisa mencapai seluruh tujuan yang memang ingin dicapai. Diantaranya adalah keempat tujuan kegiatan distribusi yang telah dibahas di atas dan tentunya menjadi tujuan distribusi bagi semua aktivitas produksi oleh pihak produsen.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo