Pengertian Transformasi Bisnis: Tahapan dan Manfaat Terhadap Bisnis

Bisnis Anda dituntut untuk dapat cepat beradaptasi, maka transformasi bisnis dengan dukungan solusi teknologi adalah jawaban atas segala masalah bisnis yang selama ini menghambat hasil bisnis yang optimal. Seperti software akuntansi yang bisa membantu usaha bisnis.

Pengertian Transformasi Bisnis

Transformasi bisnis adalah proses mengubah sistem, proses bisnis, dan teknologi secara menyeluruh untuk mencapai peningkatan yang dapat terukur dalam hal efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pelanggan maupun karyawan.

Mengapa transformasi itu perlu? Dengan definisi ini, maka dapat dikatakan melakukan transformasi pada bisnis bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan.

Hal ini berlaku untuk semua sektor industri. Jika tidak melakukan transformasi, maka Anda harus siap tertinggal dari kompetitor karena Anda menjalani bisnis yang tidak efisien, tidak efektif, dan tidak sesuai dengan keinginan pelanggan.

Tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika perusahaan Anda berniat untuk melakukan transformasi?

Proses menuju tahapan transformasi dapat dilakukan dengan melewati 3 tahap, yaitu rencana, implementasi, dan transformasi.

Pada tahapan “rencana”, Anda melakukan perumusan tentang inovasi baru apa yang ingin diciptakan bisnis Anda saat ini dan di masa depan. Setelah perumusan tentang inovasi sudah selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah memikirkan solusi yang dapat mendukung bisnis Anda mencapai inovasi baru tersebut.

Dalam hal ini, solusi yang dimaksud adalah solusi teknologi yang menjadi bagian strategi bisnis.

Setelah perumusan mengenai inovasi baru sudah didapatkan, solusi teknologi terbaik sudah dipilih, maka selanjutnya Anda harus menetapkan nilai apa yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan solusi teknologi tersebut.

transformasi bisnis adalah

Kedua adalah tahap “implementasi”, inovasi dan strategi teknologi yang sudah direncanakan sebelumnya, kini mulai dicari cara untuk mengimplementasikannya. Mencari vendor penyedia solusi teknologi informasi terbaik adalah proses penting pada tahap ini.

Implementasi teknologi baru pada bisnis tidak bisa dilakukan sembarangan.

Pilihlah perusahaan penyedia solusi teknologi yang sudah berpengalaman dalam mengimplementasikan solusi-solusi teknologi pada perusahaan, dan terbukti solusi yang diberikan memberi dampak yang sangat positif bagi bisnis.

Terakhir, Anda sudah tiba pada proses “transformasi” itu sendiri. Pada tahap ini, Anda sudah benar-benar menerapkan “rencana” dan “implementasi” yang sudah dilakukan sebelumnya. Rencana yang dirancang sudah “Go Live” ke proses operasional bisnis Anda.

Setelah sampai pada tahap ini, penerapan strategi teknologi baru harus selalu dipantau untuk memastikan bahwa nilai bisnis yang didapatkan meningkat secara optimal atau setidaknya sesuai dengan ekspektasi Anda pada tahap “perencanaan.”

Banyak yang harus dipertimbangkan untuk melakukan transformasi demi bisnis yang lebih baik di masa depan. Mengapa transformasi itu perlu? Dengan membaca artikel ini, Anda sudah mendapatkan jawabannya.

Melakukan transformasi adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan nilai bisnis dan menjadi unggul dalam industri. Tentunya, persaingan bisnis akan terus meningkat.

Alasan Mengapa Transformasi Bisnis Penting

Merambahnya transformasi digital dalam dunia bisnis penting untuk diterapkan. Berikut adalah alasan pentingnya transformasi dalam dunia bisnis.

1. Percepatan perubahan

Salah satu manfaat teknologi adalah sebagai alat atau wahana untuk membantu mempercepat pekerjaan manusia. Dengan transformasi bisnis, perusahan dapat meningkatkan laju perubahan digital secara eksponensial.

Pebisnis dapat membawa bisnis ke pasar yang lebih luas, seperti memberikan kemudahan akses melalui internet, hingga memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) untuk meningkatkan produksi bisnis.

2. Kompetisi Digital

Tingginya laju perekonomian membuat perusahaan semakin bersaing untuk meningkatkan performa bisnisnya. Perusahaan yang masih bertahan dalam bisnis konvensional pun harus bersaing dengan perusahaan rintisan berbasis digital (start up).

Untuk itu, transformasi bisnis dapat menjadi solusi untuk meningkatkan performa perusahaan. Perusahaan dapat memanfaatkan model bisnis berbasis digital untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

3. Harapan Pelanggan

Pelanggan mengharapkan pengalaman yang baik di semua aspek perusahaan, untuk itu perusahaan harus memastikan interaksi mereka berjalan lancar dengan pelanggan. Dengan transformasi bisnis, perusahaan dapat memanfaatkan kemudahan akses internet untuk berinteraksi dengan pelanggan.

transformasi bisnis adalah

6 Manfaat Transformation Bisnis Digital Bagi Sebuah Perusahaan

Seluruh karyawan dalam sebuah perusahaan akan terdampak pada transformasi bisnis ini, mulai dari para petinggi, tenaga IT, divisi yang menggunakan software tertentu, dan bahkan konsumen. Meskipun terdapat bermacam-macam divisi dan posisi dalam sebuah perusahaan, mereka semua akan mendapat keuntungan transformasi bisnis. Berikut 6 keuntungannya:

1. Business Insight yang Lebih Kredibel

Transformasi bisnis akan mengubah Anda dalam menjalankan bisnis. Dengan implementasi platform data insight, Anda akan mendapatkan koleksi data-data dan dashboard inti di mana metrik bisnis dengan mudah ditemukan.

Perusahaan bisa menggunakan data-data tersebut untuk meningkatkan dan menunjang banyak inisiatif, seperti product development, marketing, dan customer service.

Untuk para petinggi IT, akan ada real-time analytic yang akan meningkatkan efektivitas dan kepuasan konsumen. Melalui aplikasi data analytic, para petinggi IT, marketing, dan petinggi lainnya bisa dengan efektif menentukan kebijakan bisnis untuk perusahaan.

Man look graphic chart, business analytics concept, big data processing icon, virtual reality interface, server room admin administrator, isometric illustration vector neon dark

2. Melindungi dan Mengontrol Data

Dengan makin maraknya pencurian data, proteksi data menjadi hal yang paling penting untuk banyak perusahaan di era digitial ini.  Dengan teknologi modern yang bisa dipasang baik untuk on-premise dan lingkungan cloud, perusahaan tidak lagi perlu khawatir soal keamanan.

Perusahaan pun akan dengan mudah melindungi baik itu perangkat mereka, atau back-up data jika terjadi bencana dalam bentuk apa pun.

3. Mempermudah Operasional

Jika perusahaan Anda sangat bergantung pada proses atau prosedur yang kompleks, Anda tidak sendirian. Salah satu keuntungan besar dari transformasi bisnis adalah menyederhanakan proses operasional yang ada sehingga menjadi lebih efektif.

Juga penting untuk membangun proses operasional yang baru tersebut dengan tujuan yang jelas. Tanpa tujuan yang jelas, teknologi baru yang dipakai akan tampak berlebihan atau dipaksakan, sehingga jadi kurang efektif.

Contoh Aplikasi yang banyak memudahkan sekaligus mengefisienkan operasional perusahaan antara lain CBAS SLIK OJK (untuk melihat track record keuangan Nasabah), Cloudd Document Management System untuk urusan administrasi dan arsip dan Zimbra Mail & Collaboration yang dapat membantu proses kerja tim di perusahaan Anda.

4. Reinvest

Fokus utama dari transformasi bisnis adalah untuk investasi teknologi yang akan membuat perusahaan maju. Karena tingginya tekanan pasar, banyak perusahaan yang memensiunkan sistem lama. Dengan menukar sistem lama dengan scalable, teknologi berbasis cloud, bisnis Anda berarti ikut mendukung lingkungan kerja yang modern.

Anda sama saja seperti mengeluarkan uang yang lebih sedikit untuk memelihara hardware lawas atau sistem yang ketinggalan zaman, lalu diinvestasikan ke inisiatif-inisiatif baru yang fokus pada konsumen. Dengan reinvest, Anda bisa menciptakan lingkungan kerja modern karena ikut membantu bisnis mencapai keinginan konsumen dengan lebih efisien.

5. Kolaborasi Modern

Teknologi terbaru juga membuat kolaborasi antarkaryawan dalam perusahaan menjadi lebih mudah, sehingga ini menjadi komponen utama dalam transformasi bisnis yang sukses. Bisa membuat karyawan-karyawan bekerja dengan cara ini, juga mengurangi tugas-tugas rumit yang bisa menghambat produktivitas. Cara kerja baru nan dinamis seperti berbagi file via cloud, membuat situs internal, akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

6. Prioritaskan Produktivitas

Platform teknologi berbasis cloud jelas akan meningkatkan efisiensi operasional sebuah perusahaan. Platform seperti ini juga meminimalisir masalah yang bisa menghambat produktivitas, sekaligus membebaskan beban kerja staf IT agar bisa lebih fokus pada proyek yang memiliki prioritas lebih tinggi.

Karyawan juga bisa menjadi lebih produktif karena mereka memiliki pengetahuan baru soal aplikasi-aplikasi modern. Kunci untuk memaksimalkan transformasi bisnis adalah memastikan seluruh karyawan dilatih secara tepat untuk memakai aplikasi bisnis yang baru.

transformasi bisnis adalah

Tantangan Perusahaan Dalam Transformasi Bisnis

Ketika sedang menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk transformasi bisnis, Anda juga perlu dengan proaktif menyiapkan rencana apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya, karena dibutuhkan seluruh unit bisnis untuk ikut serta, proses implementasi transformasi bisnis bisa menjadi rumit, maka itu diperlukan rencana paripurna soal budget sehingga bisa memaksimalkan return on investment (ROI). Maka itu, Anda perlu menyimak tantangan-tantangan apa saja yang bisa terjadi berikut ini:

1. Prioritas Tidak Sejalan

Sebelum sebuah perusahaan melakukan transformasi bisnis, penting untuk seluruh karyawan mengetahui tujuan proyek ini. Jika dari awal prioritas tidak sejalan, ini bisa membuat karyawan atau stakeholder kurang puas atau porsi budget dipangkas. Bahkan menurut survey Mulesoft, 69% terdapat perbedaan antara para petinggi bisnis dengan ahli IT di sebuah perusahaan soal apa yang bisa dicapai oleh transformasi bisnis.

2. Budaya Perusahaan

Budaya bisa menjadi madu atau racun dalam transformasi bisnis. Toxic atau budaya kurang efisien di sebuah perusahaan bisa menjadi penentu keengganan para karyawan untuk mengadopsi teknologi yang baru. Jika ini terjadi, investasi infrastruktur teknologi yang sudah dipasang bisa tidak maksimal.

3. Infrastruktur yang Sudah Ada

Sistem atau infrastruktur IT lawas yang tidak lagi diproduksi oleh vendor bisa menjadi kerikil dalam transformasi bisnis. Banyak perusahaan yang tetap bergantung pada sistem lawas ini karena mereka takut kehilangan uang dan ketidaknyamanan ketika migrasi ke sistem baru.

Namun, jelas lebih mahal jika Anda tetap menggunakan sistem lama ini karena dibutuhkan biaya maintenance dan tingginya pencurian data di masa sekarang.

Ketika melakukan transformasi bisnis, penting untuk melakukan migrasi data ke sistem yang baru, meskipun karyawan membutuhkan waktu untuk adaptasi. Ini akan sangat membantu keamanan dan manajemen data perusahaan.

Apa pun alasan perusahaan Anda migrasi ke transformasi bisnis, baik karena permintaan pasar atau modernisasi, transformasi bisnis sangatlah krusial untuk mengoptimalkan ROI Anda.

Mulai untuk mendapatkan banyak insight bisnis via data, hingga sekadar meningkatkan produktivitas karyawan, ini merupakan hal kunci untuk kemajuan sebuah perusahaan di masa sekarang.

Transformasi Bisnis Makin Lancar dengan Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi online yang juga memiliki fitur aplikasi bisnis untuk menunjang kesuksesan pebisnis. Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengelola dan mengakses data bisnis secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Nikmati kesempatan free trial Jurnal selama 14 hari.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo