Jurnal Enterpreneur

Tips Sukses Membangun Sebuah Usaha Bersama Teman

Siapa yang tidak ingin menjalankan bisnis dengan partner yang klop dalam berbagai hal. Hal inilah yang akhirnya mendorong terciptanya bisnis yang dilakukan bersama seorang teman atau sahabat terdekat. Pasalnya, hubungan dekat yang sudah terjalin dianggap bisa menjadi modal utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Dalam bisnis, Anda membutuhkan seorang partner yang bisa mendukung untuk menjadi lebih baik, dan tidak segan untuk mengingatkan ketika kinerja dan semangat Anda mulai menurun.

Namun demikian, jangan sampai bisnis yang Anda bangun bersama sahabat atau teman dekat justru menjadi bumerang dan menjadikan kalian membenci satu dengan yang lain. Karena sungguh sangat disayangkan apabila hubungan persahabatan yang sudah terjalin lama, justru hancur karena terjadi kesalahpahaman ketika berbisnis dengan teman. Berikut beberapa tips yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk memulai bisnis bersama dengan teman Anda:

1. Pisahkan Masalah Bisnis dan Urusan Pribadi

Pisahkan antara urusan kantor dengan urusan pribadi dengannya seperti membuat batas-batas tertentu. Seperti teman adalah teman dan bisnis adalah bisnis. Hindari membahas bisnis ketika Anda bermain dengannya, kecuali jika sangat mendesak. Serta jangan pernah sungkan untuk menegurnya apabila teman bisnis Anda itu bekerja tidak sebagaimana mestinya dan meninggalkan tanggung jawabnya, begitu pula sebaliknya.

2. Rencanakan pembagian Keuntungan di Awal

Bisnis bareng teman seringkali hancur di tengah jalan akibat pembagian keuntungan yang tidak dibicarakan sejak awal. Lalu, bagaimana cara membagi untung secara berimbang? Masing-masing pihak harus mengenal baik apa itu dividen dan gaji. Disarankan kedua belah pihak memperoleh dividen sesuai besar setoran, begitu pula gaji sesuai porsi pekerjaan. Akan tetapi bisnis yang baru berdiri dianjurkan tak langsung mengambil salah satunya sebelum arus kas berjalan stabil.

3. Samakan visi dan misi terlebih dahulu

Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya harus memiliki sebuah visi dan misi. Pasalnya, visi dan misi yang diemban tersebut yang akan membuat langkah pasti arah sebuah perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda mendirikan bisnis bersama teman maka pastikan terlebih dahulu Anda dan teman Anda memiliki kesamaan visi dan misi. Pasalnya, terkadang teman Anda lebih fokus pada profit dan kemampuan dalam menjual produk yang sangat besar. Sedangkan Anda sendiri justru menginginkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan mengembangkan networking dalam berbisnis. Hal ini tentunya akan berdampak pada bisnis Anda kedepannya.

4. Tetukan pembagian tugas masing-masing

Ada banyak pengusaha yang berbisnis dengan temannya lalu gagal karena prinsip asal eksekusi. Maksudnya adalah mereka langsung buru-buru merealisasikan ide tanpa terlebih dahulu membagi tugas untuk menjalankan bisnis tersebut.meski nantinya akan saling membantu namun pembagian tugas yang jelas sangatlah penting.

“A friendship founded on business is better than a business founded on friendship.”
John D. Rockefeller

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mendirikan usaha bersama teman dekat Anda. Termasuk pertimbangan penggunaan aplikasi akuntansi online. Karena bisa berdampak kepada hubungan pertemanan dan juga keberlangsungan bisnis yang akan Anda jalani. Namun apabila beberapa tips diatas tersebut bisa diterapkan, usaha yang akan Anda bangun bersama teman Anda akan tetap bisa berjalan dengan lancar.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo