Dalam digital marketing, ada istilah yang mungkin sudah sangat akrab di telinga Anda, yakni konversi. Konversi dalam pemasaran adalah istilah yang dipakai untuk merujuk pengunjung yang mengambil tindakan lebih lanjut terhadap website atau toko online Anda. Jika diibaratkan toko adalah website Anda, dan pengunjung adalah audiens website Anda maka kita akan tahu bahwa audiens terkadang hanya melihat-lihat dan sebagian lagi melakukan sesuatu yang Anda harapkan, yaitu membeli sesuatu.

Bahkan terkadang frekuensi audiens yang sekadar melihat-lihat jauh lebih besar dibandingkan dengan yang melakukan tindak lanjut jauh lebih besar. Oleh sebab itu meningkatkan konversi dalam digital marketing merupakan hal mendasar yang harus dilakukan untuk meningkatkan laba atas investasi dan pemanfaatan anggaran pemasaran.

Saat menerapkan digital marketing, ada cara tertentu yang perlu diingat untuk membantu Anda meningkatkan konversi. Dengan melakukannya secara konsisten, bukan tidak mungkin peningkatan konversi akan didapatkan secara kontinyu. Apa saja cara tersebut? Berikut Jurnal merangkumnya untuk Anda.

Baca Juga: 4 Cara Efektif Meningkatkan Konversi Penjualan

 

Perbaiki Setiap Elemen Promosi

Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal maka pikirkan dan perbaikilah setiap elemen promosi yang Anda punya. Mulai dari gambar, caption, subjek e-mail, konten, lama website dan lain sebagainya. Lakukan A/B testing dengan ketat dan terkontrol untuk benar-benar melihat bagian yang terbaik untuk digunakan bagi setiap elemen. Melakukan ini secara konsisten akan membuat upaya digital marketing Anda semakin efektif.

 

Hadir di Media Sosial

Anda mungkin sudah bisa membaca poin ini di setiap tips meningkatkan pemasaran. Namun anjuran penggunaan media sosial memang harus ada karena ini merupakan hal mendasar dalam strategi pemasaran digital apapun. Ini adalah metode paling awal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan bisnis Anda. Biaya murah dalam penggunaannya tidak membuat hasil yang didapatkan kurang memuaskan. Justru media sosial digadang-gadang menjadi wadah yang efektif untuk menjangkau semua kalangan.

Baca juga: Ketahui Aturan Dasar Dalam Strategi Penjualan Melalui Media Sosial

 

Optimalkan Kecepatan Memuat Laman Website

Banyak perusahaan yang mengisi website dengan berbagai grafik, video dan konten lainnya yang justru memperlambat kecepatan akses. Biasanya hal ini dilakukan agar website terlihat lengkap dan menyediakan segala kebutuhan informasi yang ditujukan oleh audiens.

Padahal menurut penelitian Akamai Technologies, 47% dari pengguna internet mengharapkan laman website dapat dimuat hanya dalam 2 detik saja. Ketika itu tidak terjadi, 47% audiens biasanya langsung meninggalkan laman tersebut. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan? Oleh karena itu buat laman website yang sederhana. Bukan hanya untuk mempercepat akses tetapi juga lebih rapi dan enak dipandang.

 

Konten yang Menarik

Bentuk pemasaran digital apapun menuntut Anda untuk menghasilkan konten yang menarik. Tujuan akhir membuat konten adalah untuk membujuk audiens agar menanggapi ajakan Anda dan membuat mereka melakukan tindakan yang diinginkan, seperti menyetujui tawaran iklan Anda, mengakses website Anda dan  membeli produk Anda.

Anda hanya memiliki sedikit dari waktu audiens. Oleh karena itu buatlah konten yang singkat namun mengena. Gunakan kata-kata yang kuat dan membangkitkan emosi dalam menarik perhatian dan mengomunikasikan pesan Anda kepada mereka.

Baca juga: Tips Branding Produk dengan Menggunakan Konten Video

 

Gunakan Heat Map

Heat map adalah salah satu alat visualisasi yang digunakan untuk mendata titik-titik yang padat. Heat map digunakan untuk memudahakan dalam pengidentifikasian bagian mana yang mempunyai konsentrasi aktivitas yang tinggi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui setiap detail perilaku audiens saat menavigasi laman website Anda.

Elemen apa yang paling mereka perhatikan? Di mana titik kebosanan mereka? Apakah mereka secara sistematis mengabaikan tombol CTA Anda? Serta pertanyaan lainnya. Informasi inilah yang nanti dapat digunakan sebagai evaluasi dan inovasi untuk setiap bagian.

 

Dapat Dijangkau

Setiap orang memiliki preferensi komunikasi masing-masing. Apa yang mungkin dianggap sederhana oleh salah satu orang, bisa jadi merupakan kerumitan bagi orang lain. Untuk memastikan Anda terhubung untuk setiap audiens, buatlah Anda dapat dijangkau melalui berbagai alat komunikasi baik itu telepon, pesan singkat, e-mail, dan lainnya.

 

Sertakan Call To Action

Audiens saat ini cenderung memilih sesuatu yang simpel, sesuatu yang langsung mengarahkan pada hal yang mereka butuhkan. Oleh karenanya calls to action menjadi salah satu elemen yang penting dalam digital marketing. Call To Action atau CTA merupakan metode yang menggunakan pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respon langsung dari orang yang membacanya.

Contoh CTA yang sering ditemui seperti “Baca lebih lanjut di sini”, “dapatkan sekarang juga, promo terbatas”, “tonton video ini” dan lain sebagainya. Penting untuk membuat tombol call to action menonjol dan mudah diliat. Buat teks yang besar, dapat dibaca, posisikan di tengah atau sisi kiri layar, dan gunakan warna yang kontras.

 

Berikan Rasa Urgensi

Menciptakan rasa urgensi untuk segera mendapatkan produk dapat dimanfaatkan sebagai upaya pemasaran yang cukup ampuh. Penawaran dengan kata-kata “Kesempatan Terakhir” atau “Persediaan Terbatas” dan pernyataan kuat lainnya akan menimbulkan rasa khawatir tidak mendapat produk dan akhirnya mendorong pembelian. Gunakan secara pada saat yang tepat dan lihat bagaimana cara ini akan meningkatkan konversi Anda.

 

Meningkatkan konversi memang sesuatu yang sulit, namun dengan konsistensi bukan tidak mungkin hasil maksimal dapat tercapai. Sama halnya dengan keuangan perusahaan. Sulitnya tahapan mengelola keuangan dan tidak adanya waktu dapat diatasi apabila Anda melakukannya secara rutin.

Apalagi kini pengelolaan keuangan telah dipermudah dengan adanya software akuntansi. Jurnal merupakan salah satu software akuntansi terkemuka yang dapat Anda andalkan. Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan laporan keuangan dan pembukuan yang rumit. Tunggu apalagi? Daftarkan bisnis Anda segera dan dapatkan gratis pemakaian selama 14 hari.

 

Author