Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor utama yang berkontribusi besar terhadap pembangunan negeri. Meskipun tidak terlihat secara langsung, namun hadirnya Sumber Daya Manusia yang andal dan cerdas merupakan bukti nyata kontribusi sektor pendidikan dalam pembangunan bangsa. Pemerintah juga terus mendorong agar sektor pendidikan di Indonesia tidak kalah jika dibandingkan dengan negara lain. Adanya program wajib belajar selama 12 tahun serta program beasiswa dari berbagai institusi negara untuk mahasiswa berprestasi, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membuat pendidikan lebih baik. Ada sejumlah peluang usaha yang dapat dimanfaatkan di sektor pendidikan karena permintaannya akan terus datang. Misalnya peluang usaha perlengkapan sekolah yang memiliki peluang keberhasilan yang besar dengan omset yang cukup menjanjikan. Bisnis yang satu ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk menjadi bisnis yang akan Anda jalankan. Simak cara memanfaatkan peluang bisnis perlengkapan sekolah berikut.

Tips Menjalankan Bisnis Perlengkapan Sekolah

Tips Memanfaatkan Peluang Usaha Perlengkapan SekolahSebelum benar-benar menjalankan bisnis yang satu ini, Anda harus mempersiapkan beberapa hal penting berikut ini:

1. Melakukan Analisis Bisnis

Dalam menjalankan sebuah usaha, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai peluang dari usaha tersebut. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa bisnis yang akan Anda jalankan tidak akan sia-sia atau pailit nantinya. Peluang usaha perlengkapan sekolah memang cukup besar. Mengapa demikian? Karena perlengkapan sekolah merupakan produk yang dibutuhkan masyarakat pada umumnya. Khususnya untuk keluarga yang memiliki anak yang bersekolah. Saat ini sekolah merupakan sebuah keharusan bagi setiap anak di Indonesia, bahkan pemerintah telah mencanangkan sekolah gratis selama 12 tahun. Dan untuk bersekolah, setiap orang tua dan peserta didik pasti membutuhkan perlengkapan sekolah seperti seragam sekolah, dasi, topi, ikat pinggang, kaos kaki, beberapa atribut pramuka dan lain sebagainya. Pastinya dengan kenyataan seperti itu saja, sudah cukup untuk meyakinkan Anda bahwa usaha dibidang ini memiliki prospek yang bagus.

2. Menentukan Lokasi Yang Strategis

Pemilihan lokasi yang strategis untuk menjalankan usaha perlengkapan sekolah menjadi salah satu kunci dari keberhasilan usaha. Dengan menempati lokasi usaha yang strategis dan cocok untuk menjalankan bisnis yang satu ini, toko atau tempat usaha Anda akan diketahui banyak orang. Jika toko atau tempat usaha Anda diketahui banyak orang, maka besar kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan bagi bisnis. Toko atau tempat usaha Anda bisa menjadi rujukan bagi setiap orang tua atau peserta didik yang membutuhkan perlengkapan sekolah. Lokasi yang strategis untuk menjalankan usaha perlengkapan sekolah adalah sekitaran pasar, pusat keramaian, di pinggir jalan yang padat kendaraan dengan kecepatan lambat dan lokasi lain di sekitar sekolah.

3. Menyiapkan Modal Yang Cukup

Sebelum menjalankan bisnis perlengkapan sekolah, Anda harus memiliki modal yang cukup. Berjualan perlengkapan dan peralatan sekolah tidak harus menggunakan modal yang besar. Namun Anda dapat memulainya hanya dengan modal sekitar Rp500.000 saja. Atau dapat disesuaikan dengan kesiapan modal yang telah Anda miliki. Sementara itu, harga jual produk dagangan Anda bisa menjadi hingga 2 kali lipat dari modal awal. Bahkan ada beberapa produk yang dapat mendatangkan keuntungan lebih dari 50%. Terutama produk peralatan sekolah yang unik dengan gambar serta desain yang sedang booming.

4. Menjalin Kerjasama Dengan Beberapa Produsen

Untuk menjaminkan pasokan barang ke toko perlengkapan sekolah Anda, maka Anda harus menjalin kerjasama dengan beberapa produsen. Kerjasama tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa pasokan barang akan stabil dan harga dari produk-produk yang akan Anda jual bisa lebih rendah dari biasanya. Namun dalam konteks kerjasama ini, biasanya pihak pemasok akan membuat persyaratan bagi Anda untuk selalu memesan dalam jumlah yang besar. Misalnya untuk seragam, pada umumnya harus dipesan dalam masing-masing ukuran per 2 lusin atau lebih. Dengan menjalin kerjasama dengan beberapa pemasok, Anda bisa mengetahui pemasok mana yang memiliki harga terbaik dengan cara membandingkan harga dan kualitas barang yang ditawarkan. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan.

5. Menjalin Kerjasama Dengan Pihak Sekolah

Selain bekerjasama dengan beberapa produsen atau supplier, Anda juga bisa mengajak pihak sekolah untuk bekerjasama. Biasanya sekolah telah menyediakan semacam koperasi untuk berjualan seragam atau perlengkapan sekolah lainnya. Nah, Anda bisa menjadi pemasok barang di sekolah tersebut. Dengan menjalin kerjasama semacam ini, Anda akan memiliki pembeli tetap yang memastikan bahwa Anda akan tetap menjual produk dagangan dalam skala yang besar. Karena sudah dapat dipastikan bahwa setiap tahun ada peserta didik baru yang masuk ke sekolah, dan mereka membutuhkan pakaian dan perlengkapan sekolah baru. Apalagi bagi sekolah-sekolah yang menetapkan perlengkapan harus dibeli dari koperasi sekolah tersebut.

6. Melakukan Promosi Secara Maksimal

Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan saat menjalankan bisnis perlengkapan sekolah adalah dengan melakukan promosi. Dengan melakukan promosi, maka toko dan produk perlengkapan sekolah yang Anda jual akan dikenal oleh lebih banyak orang. Anda dapat melakukan promosi mulai dari mulut ke mulut, menggunakan brosur, hingga memanfaatkan media online. Jangan lupa untuk membuat penawaran menarik seperti pemberian diskon, harga promo, dan lain sebagainya. Dengan begitu, masyarakat luas akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian di toko Anda.

7. Melengkapi Produk dan Tidak Perlu Banyak Stok

Meskipun toko perlengkapan sekolah milik Anda tidak terlalu besar, usahakan agar produk yang dijual stersedia secara lengkap. Isilah toko perlengkapan sekolah Anda dengan barang-barang yang lengkap meskipun kuantitasnya tidak terlalu banyak. Selain seragam sekolah, jangan lupa untuk menyediakan juga buku tulis, pulpen, pensil, penghapus, penggaris, kertas HVS, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu menyetok barang dagangan terlalu banyak. Karena memiliki stok barang dengan jumlah yang banyak akan membuat Anda terlambat untuk mendapatkan informasi terkini mengenai harga terbaru. Lebih baik Anda membeli barang dalam jumlah yang sedikit, sehingga barang akan cepat habis dan Anda akan lebih cepat dalam meraih keuntungan.

8. Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik dan ramah akan memberikan nilai tambah pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Setiap pembeli akan merasa nyaman untuk berbelanja perlengkapan sekolah di toko Anda karena pelayanan yang diberikan telah memuaskan. Jangan lupa untuk memastikan pelayanan di toko Anda juga cepat. Karena pada umumnya setiap pembeli cenderung malas jika harus menunggu terlalu lama.

Menjalankan peluang usaha perlengkapan sekolah tidak membutuhkan keahlian khusus seperti usaha lainnya. Karena yang Anda butuhkan untuk memulai usaha jenis ini hanyalah modal, keberanian dan action saja. Menjelang tahun ajaran baru, kebanyakan masyarakat mulai disibukkan dengan memikirkan tentang sekolah anaknya, mulai dari memikirkan biaya pendaftaran masuk sekolah hingga biaya untuk perlengkapan dan peralatan sekolah. Oleh karena itu, saat ini merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk memanfaatkan peluang usaha perlengkapan sekolah. Agar bisnis yang Anda jalankan dapat berjalan dengan lancar dan mudah, gunakan bantuan software akuntansi online. Jurnal hadir sebagai solusi tepat untuk para pelaku UKM di Indonesia. Jurnal telah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik sehingga dapat digunakan secara nyaman, aman, dan praktis. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga!