Teks Konsultan dan Cara Membangun Karirnya

Dari sekian banyak jenis pekerjaan yang ada di dunia ini, konsultan adalah yang paling sering dijadikan impian bagi sebagian orang. Jika diartikan secara garis besar, staf konsultan bisa diibaratkan sebagai individu yang memberi pelayanan berupa saran yang bersifat profesional.

Saran atau masukan yang diberikan oleh seorang konsultan seperti ini dapat berkaitan dengan suatu bidang yang dikuasainya.

Biasanya, masukan-masukan seperti ini akan diberikan oleh pihak konsultan kepada suatu individu, perusahaan, atau organisasi tertentu yang memang membutuhkannya.

teks konsultan

Pengertian Konsultan

Pada dasarnya, seorang konsultan memang dibayar untuk menyampaikan pendapatnya terkait suatu permasalahan yang sedang dialami oleh pihak kliennya.

Umumnya, klien konsultan seperti ini berharap masukan yang diberikan oleh pihak konsultan dapat mendatangkan dampak yang positif.

Jadi, bisa dikatakan bahwa konsultan adalah pihak ketiga yang bekerja dengan cara memberikan saran kepada suatu individu, perusahaan, atau organisasi tertentu yang sedang mengalami permasalahan tertentu di dunia pajak.

Kendati demikian, saran atau masukan yang akan diberikan pihak konsultan kepada pihak klien ini harus bersifat objektif.

Sebab, klien pasti ingin mendapatkan solusi yang paling terbaik, agar permasalahan yang dialaminya bisa segera teratasi dengan baik.

Sementara itu, umumnya konsultan akan memiliki perusahaannya sendiri, meski ada juga beberapa di antaranya yang memilih untuk bekerja secara mandiri atau sebagai freelancer.

Biasanya, perusahaan konsultan seperti ini akan membentuk biro tertentu yang menawarkan jasa konsultasi profesional kepada banyak pihak.

Nantinya, pekerjaan ini tidak selalu berkaitan dengan dunia perpajakan dan hukum saja, karena di dalamnya akan tersedia beberapa jenis tertentu.

Jenis-Jenis Konsultan

Sesuai dengan apa yang sudah kami katakan di paragraf sebelumnya, pada dasarnya pekerjaan sebagai konsultan tidak akan selalu berkaitan dengan dunia hukum dan pajak.

Tapi, di dalam pekerjaan ini akan tersedia beberapa jenis bidang lainnya yang memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

Untuk membantu Anda dalam mengenali apa saja jenis konsultan yang ada di dunia ini, berikut kami sampaikan beberapa di antaranya, yaitu:

  1. Konsultan Pajak atau Tax (Teks) Konsultan

Dari sekian banyak jenis konsultan yang ada di dunia ini, konsultan pajak adalah yang paling populer di kalangan publik. Ya, sejak dulu hingga sekarang, profesi ini memang sering dijadikan sebagai mimpi bagi sebagian besar orang.

Pekerjaan ini juga sering disebut dengan nama teks konsultan.

Namun, untuk bisa menjadi seorang konsultan pajak seperti ini, Anda tidak hanya perlu berbekal ijazah saja. Tapi konsultan pajak juga harus mengantongi izin praktik yang berupa sertifikat resmi dari Direktorat Jenderal Pajak.

Nantinya, untuk mendapatkan sertifikat resmi dari Direktorat Jenderal Pajak seperti ini Anda perlu mengikuti Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP).

Jika Anda tertarik untuk mengikuti ujian ini, Anda bisa mendaftarkan diri melalui Komite Pelaksana Panitia Penyelenggara Sertifikasi Konsultan Pajak.

Seperti yang sudah banyak orang tahu, dunia perpajakan memang termasuk salah satu bidang peminatan yang bisa ditempuh dalam jurusan akuntansi. Sehingga, untuk bisa menjadi seorang konsultan pajak, Anda harus bisa melalui berbagai macam proses yang tidak mudah.

  1. Konsultan Bisnis

Tidak semua pelaku usaha akan memiliki ilmu yang memadai untuk menjalankan usahanya di sepanjang waktu.

Maka dari itu, untuk membantu para pelaku usaha yang mengalami kesulitan dalam hal ini, muncullah pekerjaan konsultan bisnis profesional.

Jenis konsultan yang satu ini memiliki cakupan yang lebih luas dibanding jenis sebelumnya. Pada dasarnya, untuk jenis konsultan dalam bidang ini diharapkan dapat membantu 5 perkembangan area bisnis yang mencakup beberapa manajemen tertentu.

Mulai dari manajemen dan strategi, operasional, teknologi atau IT, human resources, dan pemasaran atau marketing.

Dengan menggunakan jasa konsultasi dari pihak konsultan yang profesional seperti ini, bisnis yang Anda jalankan bisa semakin berkembang dengan baik.

  1. Konsultan Komunikasi

Cukup berbeda dengan jenis konsultan yang sebelumnya, untuk konsultan komunikasi sendiri masih belum familiar di telinga masyarakat umum. Namun, jika Anda pernah mengambil jurusan Public Relations, maka pekerjaan ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Pada dasarnya, jenis konsultan yang satu ini juga sering disebut dengan nama konsultan PR, yaitu pihak konsultan yang memiliki tugas dalam menangani kebutuhan branding sang klien, seperti mengurus event, menjaga relasi media, menyusun strategi media sosial, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, seorang konsultan PR seperti ini juga akan memiliki tugas dalam membuat konten komunikasi yang baik dan benar, dengan tujuan opini publik dapat lebih berkembang ke arah yang lebih positif lagi.

  1. Konsultan Hukum

Dari beberapa jenis konsultan lainnya, konsultan pajak (teks konsultan) dan hukum memang yang paling sering digunakan jasanya.

Bagaimana tidak? Melihat dunia pajak dan hukum itu sendiri sering didukung dengan beberapa istilah yang tidak akan diketahui secara tepat oleh masyarakat umum.

Maka dari itu, salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang konsultan adalah memberikan saran atau masukan yang bersifat objektif.

Sebab, alasan klien menggunakan jasa konsultan seperti ini tentu karena mereka tidak mengetahui secara jelas tentang bidang yang sedang digelutinya itu.

Untuk konsultan hukum sendiri memiliki tugas utama dalam memberikan saran atau masukan yang berkaitan dengan dunia kebijakan, kewajiban, maupun permasalahan dalam perhukuman.

Umumnya, seorang konsultan hukum akan memiliki keahlian di bidang yang lebih spesifik.

Sebagai contoh, konsultan hukum di bidang perbankan, konsultan hukum di bidang real estate, konsultan hukum di bidang kebijakan korporat, dan lain sebagainya.

Kriteria Menjadi Seorang Teks Konsultan

Seiring berjalannya waktu, pekerjaan teks konsultan semakin sering dipilih oleh kebanyakan orang.

Namun, untuk bisa memulai karir ini Anda tidak hanya perlu mengikuti Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) saja, tapi ada beberapa kriteria lainnya yang juga perlu Anda penuhi dengan baik.

Menjadi seorang konsultan profesional memang tergolong tidak mudah. Sebelum Anda berhasil meraih mimpi ini, Anda harus melalui beberapa proses yang rumit.

Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kriteria yang diberikan ini dengan mudah. Lalu, apa saja kriteria untuk menjadi seorang teks konsultan?

  1. Mengantongi Kemampuan Teknis yang Memadai

Seorang konsultan, tidak hanya teks konsultan saja, harus bisa memiliki kemampuan teknis yang memadai di bidangnya masing-masing.

Nantinya, kemampuan teknis yang diminta ini pasti akan terhitung secara spesifik dan tidak bisa dimiliki oleh setiap individu.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke dunia teks konsultan seperti ini, maka Anda harus bisa memahami segala jenis informasi yang berkaitan dengan dunia perpajakan.

Dalam hal ini, Anda tidak hanya perlu mengetahui segala jenis informasi itu saja, tapi harus menjadi seorang ahli dalam bidang tersebut juga.

Selain itu, portofolio yang Anda miliki juga harus menyiratkan kualitas yang paling terbaik, agar klien bisa mempercayai jasa yang akan Anda berikan kepada mereka.

Dengan begitu, akan ada lebih banyak klien yang memilih Anda ketika hendak berkonsultasi tentang dunia pajak.

  1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Karakter dan kemampuan lain yang harus dimiliki oleh seorang teks konsultan adalah mampu berkomunikasi dengan baik.

Hal ini perlu dilakukan agar hubungan antara seorang teks konsultan dan klien bisa selalu terjaga hingga jangka waktu yang panjang.

Ketika Anda memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang baik seperti ini, maka target yang sejak awal dipasang dapat dicapai secara lebih mudah. Sebab, tidak akan terjadi kesalahpahaman antara pihak konsultan dan klien itu sendiri.

Dengan demikian, hubungan kerja yang optimal juga bisa lebih mudah untuk Anda dapatkan.

Apalagi, pekerjaan utama dari seorang konsultan itu adalah memberikan saran yang tepat kepada klien dan menjadi solusi terbaik bagi permasalahan yang sedang dihadapinya.

  1. Selalu Menghormati Deadline yang Ada

Pada dasarnya, pekerjaan konsultan pasti akan selalu identik dengan yang namanya deadline. Jadi, kriteria ini tidak hanya berlaku bagi seorang teks konsultan.

Umumnya, seorang klien akan memberikan jangka waktu tertentu kepada pihak konsultan, untuk menyelesaikan tugasnya tersebut.

Bahkan, sebagian besar klien dalam hal ini juga akan memberikan permintaan-permintaan khusus tertentu, yang harus dipenuhi dengan baik oleh seorang konsultan itu sendiri.

Dengan begitu, jasa konsultasi yang diberikan oleh seorang konsultan pajak tersebut bisa semakin terlihat berkualitas.

Maka dari itu, salah satu hal yang harus dilakukan oleh semua konsultan adalah selalu menghormati deadline atau batas waktu yang telah diberikan oleh pihak klien.

  1. Memenuhi Permintaan Klien dengan Tepat

Seperti yang sudah kami katakan di beberapa paragraf sebelumnya, seorang klien umumnya tidak hanya memberikan batas waktu tertentu kepada pihak konsultan.

Tapi, mereka juga akan memberikan permintaan-permintaan khusus tertentu yang harus dipenuhi dengan baik oleh pihak konsultannya.

Dalam hal ini, Anda yang berperan sebagai teks konsultan di sini tidak boleh mengabaikan permintaan khusus tersebut begitu saja. Anda wajib memenuhi dan mengerjakan permintaan dari klien tersebut dengan sebaik mungkin.

Hal ini perlu dilakukan karena pada dasarnya teks konsultan akan lebih memahami dan berpengalaman dalam dunia perpajakan yang menjadi kesulitan bagi pihak klien.

Jadi, untuk menjadi seorang teks konsultan yang profesional, Anda harus bisa memenuhi keempat kriteria ini dengan baik.

Tips Membangun Bisnis Konsultan di Bidang Perpajakan

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis konsultan di bidang perpajakan seperti ini. Anda tidak perlu khawatir beberapa tips yang dimaksud di sini akan sulit untuk dilakukan, karena pada dasarnya beberapa tips ini akan sangat mudah untuk dilakukan.

Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membangun bisnis teks konsultan terpercaya dan profesional, yaitu:

  1. Pahami Kemampuan dalam Diri Anda dengan Baik dan Benar

Sebelum Anda membangun bisnis di bidang ini, Anda wajib mengenali skill atau kemampuan yang ada dalam diri Anda terlebih dahulu. Ada beberapa pertanyaan yang bisa memudahkan Anda dalam melakukan tahapan ini.

Dengan menanyakan kelima pertanyaan ini ke diri Anda sendiri. Anda bisa semakin mengenal kemampuan Anda dengan sangat baik, dan kelima pertanyaan tersebut adalah:

  • Apakah jasa, produk, dan kemampuan dalam diri Anda bisa menyelesaikan masalah klien?
  • Apakah Anda memiliki gambaran yang jelas tentang sosok yang membutuhkan jasa, produk, maupun kemampuan yang ada dalam diri Anda tersebut?
  • Apa yang menjadi keunikan tersendiri bagi jasa, produk, maupun kemampuan yang Anda miliki tersebut? (Jika sudah ada orang lain yang juga menawarkan jasa, produk, maupun kemampuan yang sama dengan Anda.)
  • Apakah Anda sudah mengecek jasa kompetitor, dan apa yang membuat Anda berbeda?
  • Apakah jasa, produk, maupun kemampuan yang Anda tawarkan bersifat penting dan membantu?

Jawablah kelima pertanyaan ini dengan jujur, agar Anda bisa mengenali kemampuan Anda dengan sebaik mungkin.

  1. Terapkan Strategi Call to Action

Di dalam dunia bisnis, strategi call to action seperti ini memang sangat disarankan untuk dilakukan oleh para pelaku usaha.

Nantinya, akan ada beberapa jenis call to action yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha yang bersangkutan tersebut.

Sementara itu, jika Anda ingin membangun bisnis di bidang konsultan seperti ini, maka Anda bisa menerapkan strategi call to action yang mampu menarik perhatian klien untuk bertanya lebih jauh lagi mengenai jasa yang sedang Anda tawarkan.

Tujuan utama dari strategi ini adalah untuk membuat klien mencari informasi lebih lanjut tentang jasa konsultasi yang sedang Anda tawarkan.

Jadi, strategi ini tidak bertujuan untuk membuat klien langsung menggunakan jasa konsultasi yang sedang Anda tawarkan.

  1. Lakukan Survei dan Tentukan Harga dengan Tepat

Untuk membangun bisnis konsultan yang terpercaya dan profesional, Anda perlu melakukan survei yang tepat terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan survei di sini adalah mencari tahu segala jenis informasi yang berkaitan dengan permasalahan klien.

Nantinya, untuk bisa mencari tahu tentang permasalahan klien dan apa perkiraan strategi yang bisa diambil, Anda dapat melakukan riset konsumen terlebih dahulu.

Susunlah pertanyaan dengan cara yang tepat, sehingga Anda bisa tahu seberapa jauh komitmen klien untuk menyelesaikan masalah itu.

Selain itu, seorang konsultan juga perlu mengetahui tentang apa pencapaian yang ingin diraih pihak klien, apa poin yang sebenarnya mereka butuhkan, apa yang menjadi rintangan bagi pihak klien, dan beberapa jenis informasi seperti ini lainnya.

Ketika Anda sudah bisa mendapatkan hasil survei yang sesuai harapan klien, maka Anda akan lebih mudah untuk menentukan harga yang masuk akal.

Pastikan harga yang Anda tetapkan ini sudah sesuai dengan kualitas dan nilai dari jasa yang Anda berikan kepada pihak klien.

  1. Pasang Iklan dengan Semenarik Mungkin

Agar Anda bisa membuat iklan yang baik untuk bisnis konsultan Anda, Anda perlu menentukan target audience yang spesifik terlebih dahulu.

Pastikan target audience yang Anda tentukan sudah sesuai dengan kriteria klien potensial yang Anda harapkan.

Setelah itu, Anda bisa membuat iklan jasa konsultasi ini dengan semenarik mungkin. Buatlah konten yang menarik, untuk bisa memikat hati banyak klien dalam menggunakan jasa konsultasi pajak yang sedang Anda tawarkan.

Konten yang Anda buat ini tidak perlu panjang-panjang, yang penting isi dari konten tersebut sudah bisa membuat calon klien mengenal bisnis Anda dengan baik.

Jadi, buatlah konten iklan yang singkat, padat, jelas, sederhana, dan menarik.

teks konsultan

Keuntungan Menjadi Seorang Teks Konsultan

Ada beberapa jenis keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi seorang teks konsultan yang handal. Nantinya, beberapa jenis keuntungan ini dapat memberi jalan yang lebih mudah untuk Anda mengembangkan karir Anda tersebut.

Berikut adalah 3 keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi seorang teks konsultan di sebuah perusahaan tertentu maupun bekerja secara mandiri, yaitu:

  1. Sarana Belajar untuk Menimba Ilmu

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan konsultan yang terbukti profesional, maka pengalaman ini bisa menjadi sarana belajar untuk Anda menimba ilmu yang lebih banyak lagi.

Jadi, karir ini bisa dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat mengiringi perjalanan hidup manusia secara lebih baik lagi. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mencoba masuk ke dunia konsultasi pajak seperti ini.

  1.  Memperluas Koneksi dan Relasi

Dengan berkarir di bidang jasa konsultasi seperti ini, Anda juga bisa memperluas koneksi dan relasi yang ada dalam kehidupan Anda. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat menjadi seorang konsultan itu sendiri pasti mengharuskan Anda untuk berkomunikasi dengan banyak orang.

Bahkan, tak jarang dari beberapa konsultan yang bisa langsung berkomunikasi dengan petinggi suatu perusahaan tertentu. Maka dari itu, karir konsultan seperti ini bisa menjadi jalan yang terbaik untuk kehidupan Anda di masa depan.

  1. Upah Tergolong Besar

Sudah banyak orang yang tahu bahwa seorang konsultan umumnya memiliki gaji yang tergolong besar. Maka dari itu, tidak mengherankan jika semakin ada banyak orang yang tertarik untuk bekerja di bidang ini.

Upah konsultan yang tergolong besar ini terjadi bukan tanpa alasan, mengingat untuk menjadi konsultan yang handal Anda memerlukan kemampuan dan pengalaman yang memadai.

Jadi, upah ini akan sebanding dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorang konsultan profesional.

Ingin berkarir sebagai tks konsultan yang handal? Pahami kriteria dan tips yang sudah kami paparkan di atas. Penggunaan aplikasi akuntansi biasanya akan memudahkan proses pencatatan untuk akuntansi dan banyaknya fitur yang tersedia seperti untuk pembukuan usaha.

Semoga bermanfaat!

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo