Strategi Content Marketing untuk UKM Selama Social Distancing

Strategi Content Marketing untuk UKM Selama Social Distancing – Pemerintah Indonesia masih terus berusaha untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan aturan social distancing guna membatasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kerumunan orang banyak. Social distance adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Apa itu social distancing?

Arti social distancing adalah tindakan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Tujuannya adalah untuk menghindari penyebaran virus Corona melalui droplet atau percikan cairan tubuh. Bentuk social distancing bermacam-macam, contohnya adalah:

  • Menghindari keramaian
  • Mengurangi penggunaan transportasi publik
  • Beraktivitas di rumah saja, termasuk bekerja dan belajar.

Baca Juga: Apa itu Social Distancing dan Strategi Bisnis yang Harus Dilakukan

Di Indonesia, social distancing sudah diterapkan sejak tanggal 16 April 2020 dengan aturan bekerja dan belajar dari rumah. Sejak kebijakan ini diterapkan, banyak pelaku UKM yang mengeluhkan adanya penurunan omzet penjualan. Aktivitas bisnis menjadi terganggu dan permintaan menurun akibat berkurangnya interaksi antar orang. 

Dengan adanya kebijakan social distancing, Anda dapat melihat peluang penerapan strategi content marketing. Melalui strategi content marketing, Anda masih bisa mempromosikan bisnis tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen. Bagaimana caranya?

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Content Marketing?

Penggunaan Meme dalam Content Marketing

Content marketing adalah salah satu cara paling efektif  untuk memasarkan bisnis Anda secara online. Dengan berkurangnya interaksi fisik antar orang di luar rumah membuat aktivitas di internet meningkat. Menurut sebuah studi oleh Aberdeen Group menyatakan bahwa content marketing dapat meningkatkan conversion rate sebesar 6 kali lipat. Dengan adanya konten, komunikasi antara bisnis Anda dengan klien tetap terjaga walaupun sedang menerapkan social distancing. Content marketing dapat membantu brand awareness, SEO, dan brand loyalty

Baca Juga: Mengenal Content Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis Kecil

Strategi Content Marketing Paling Efektif saat Social Distancing

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus benar-benar memastikan agar strategi content marketing berjalan maksimal. Untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Menentukan Tujuan

Tahap pertama saat Anda akan melakukan strategi pemasaran konten adalah menentukan tujuan. Apakah tujuan Anda untuk meningkatkan penjualan atau hanya brand awareness. Dari tujuan ini nanti akan mempengaruhi konten seperti apa yang cocok dibuat. 

Buat rencana terperinci untuk merealisasikan strategi pemasaran konten Anda. Jangan lupa untuk menambahkan rencana cadangan, karena wabah Covid-19 ini adalah tantangan yang penuh ketidakpastian. 

2. Kenali Produk

Salah satu hal yang penting dalam membuat peamsaran konten adalah mengetahui produk yang Anda ingin jual; siapa target pasarnya, apa segmentasi pasarnya, apa nilai yang dipersepsikan konsumen terhadap produk Anda. Hal ini berguna agar Anda mampu membuat dan menyesuaikan konten yang akan dibuat.

3. Tunjukan Kepedulian, Jangan Hanya Fokus Berjualan

Bisnis tidak selamanya tentang penjualan, namun juga kepedulian terhadap sekitar. Covid-19 adalah ancaman bagi semua pihak dan lapisan masyarakat di seluruh dunia. Tunjukan kepedulian bisnis Anda dengan membuat konten yang berdampak baik bagi masyarakat. Inilah yang nanti akan membuat konsumen setia menggunakan produk Anda.

4. Distribusi Konten yang Tepat

Konten Anda hanya akan menjadi sebuah strategi tanpa adanya distribusi channel yang tepat. Anda bisa memilih platform media sosial, blog, website, atau forum yang sesuai dengan jenis konten dan bisnis Anda. Selanjutnya, kelola konten tersebut dengan kalender editorial agar persebarannya lebih merata dan tepat sasaran.

Saat ini melakukan strategi content marketing adalah waktu yang tepat untuk membantu penjualan produk Anda. Ketika sudah menerapkan strategi content marketing, Anda perlu memperhatikan stok barang. Kemungkinan permintaan barang akan naik seiring dengan keefektifan pemasaran bisnis Anda.

Pantau ketersediaan barang dengan bantuan software akuntansi Jurnal. Fitur stock barang yang ada di Jurnal membantu Anda mendapatkan pemberitahuan ketersediaan barang secara langsung. Anda juga dapat mengakses informasi barang mana yang akan habis masa berlakunya dan barang mana yang paling laris penjualannya.  Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung.


PUBLISHED04 May 2020
Risna
Risna

SHARE THIS ARTICLE: