Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Strategi Sukses Buttonscarves Menembus Pasar Internasional

Tayang 23 Nov 2023

Simak bagaimana tips & trick menyusun strategi ekspansi bisnis untuk menembus pasar internasional dengan sukses!

Belakangan ini bisnis fashion muslim di Indonesia terus berkembang. Bahkan tak sedikit merek-merek lokal Indonesia yang mulai melakukan ekspansi bisnis ke pasar global dan berusaha menjadikan Indonesia sebagai kiblat tren fashion muslim dunia.

Harapan ini tentu harus diiringi dengan strategi menembus pasar internasional yang tidak sembarangan.

Lalu, apakah kalian sudah mengenal dengan perusahaan Buttonscarves sebelumnya?

Buttonscarves adalah salah satu merek lokal Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional yang mengusung luxurious lifestyle product dengan produk utama scarf (kerudung).

Berdiri di tahun 2016, Buttonscarves mengawali bisnisnya dengan menjual produk secara online melalui situs buttonscarves.com.

Peluncuran produk-produk Buttonscarves ini disambut baik oleh pasar Indonesia dan terus berkembang hingga kini.

Banyaknya permintaan juga membuat Buttonscarves memutuskan untuk membuka toko fisik dan mengekspansi bisnisnya ke luar negeri.

Hingga saat ini Buttonscarves telah melakukan ekspor produknya ke negara-negara besar seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Buttonscarves tidak dapat berkembang sampai seperti sekarang tanpa keyakinan pemilik bisnis.

Linda Anggreaningsih sebagai pemilik bisnis Buttonscarves percaya bahwa Indonesia memiliki potensi yang baik di pasar fashion muslim internasional.

Tidak hanya itu, keberhasilan bisnis Buttonscarves juga didukung dengan strategi pasar internasional yang baik.

Dalam artikel ini akan membahas beberapa strategi pasar yang dilakukan Linda dalam mengembangkan bisnisnya untuk menembus pasar internasional.

1. Melakukan Analisis Pasar

Menurut Linda selaku owner Buttonscarves, hal penting pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis pasar.

Dengan menganalisis pasar, Anda akan mengetahui apa saja tren yang sedang berkembang, yang disukai dan dibutuhkan oleh pasar.

Terutama bila ingin melakukan ekspansi ke pasar internasional, Anda perlu memahami target pasar di negara-negara tersebut. Hal ini bisa dilakukan melalui riset pasar.

Misalnya dengan mengadakan survei pada pelanggan atau target pasar, melihat rekaman pembelian untuk melihat produk seperti apa yang laku di pasar, dan membaca laporan tren fashion dunia.

Buttonscarves mengumpulkan data dari riset-riset tersebut dan menjadikannya kelompok hasil riset untuk dianalisis.

Hasil analisis kemudian diturunkan untuk masukan dan perkembangan produk kedepannya.

Analisis produk sangat penting bagi Buttonscarves untuk menyediakan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Strategi Buttonscarves dengan menerapkan analisis riset pasar dan menciptakan produk universal

 

2. Membuat Produk Universal

Berdasarkan hasil temuan dari analisis pasar, Anda bisa melihat produk seperti apa yang dibutuhkan target pasar secara luas.

Hal ini dapat membantu Anda dalam menciptakan produk yang tidak hanya dapat diterima oleh pasar lokal, namun juga disukai oleh pasar global.

“Untuk mencapai pasar internasional kita harus membuat suatu produk yang bisa diterima secara global, tidak hanya market lokal. Jadi buatlah suatu produk yang bisa universal diterima market secara internasional”. – Linda Anggreaningsih

Melalui riset yang telah dilakukan, Buttonscarves pun mengeluarkan produk universal yang bisa digunakan untuk semua kalangan dari berbagai karakteristik dan juga latar belakang.

Dimana meskipun pengguna produk utamanya adalah wanita berhijab, produk scarf-nya juga dapat digunakan oleh wanita yang tidak mengenakan hijab.

Baca Juga: 8 Hambatan Bisnis Internasional dan Solusi untuk Mengatasinya

3. Up-To-Date dengan Segala Perubahan

Menurut Linda, industri fashion sangat cepat berubah, dan perkembangannya tidak dapat dihindari. Untuk itu, sebagai pelaku bisnis fashion, ia harus selalu up-to-date dengan segala perubahan yang ada.

Linda menyarankan, sebaiknya selalu memonitor tren fashion dunia dan mendengarkan pelanggan. Mendengarkan pelanggan bisa menjadi cara yang baik untuk mengetahui kebutuhan terkini pelanggan.

Buttonscarves sendiri memanfaatkan Instagram dan nomor customer care untuk selalu terhubung dan mendengarkan pelanggan mereka.

Sehingga pelanggan dapat memberikan saran melalui media-media tadi yang akan menjadi masukan untuk perkembangan kedepannya.

4. Produk Fokus pada DNA Merek

Dalam persaingan bisnis, semakin berkembang bisnis maka akan semakin banyak merek yang mencoba meniru bisnis Anda. Apalagi ketika produk Anda telah sukses menembus pasar internasional.

Hal ini juga dialami oleh Linda, pemilik Buttonscarves, dimana mulai muncul merek-merek dengan desain yang hampir sama, pun kampanye pemasarannya.

Namun, tantangan persaingan ini dapat diatasi oleh Buttonscarves dengan memperkuat brand DNA.

DNA brand merupakan kumpulan karakteristik dan nilai sebagai inti dari merek itu sendiri yang akan membedakannya dengan merek lain.

Linda berujar, kekuatan brand DNA Buttonscarves dapat terlihat secara langsung melalui desain dan warnanya.

Oleh sebab itu, pada setiap kegiatan produksi, Buttonscarves selalu menitik beratkan pada desain motif yang kuat dan memiliki ciri warna tersendiri.

Sehingga loyal customer akan langsung mengenali produk Buttonscarves meskipun logo atau nama merek tidak terlihat.

menerapkan program Free Shipping atau gratis ongkos kirim

 

5. Free Shipping

Di sisi lain, Buttonscarves menyadari salah satu hal yang bisa menghambat kegiatan ekspor adalah biaya pengiriman yang mahal.

Oleh karena itu, Buttonscarves memberikan layanan free shipping atau pengiriman gratis ke luar negeri.

Strategi ini membuka peluang target pasar yang tertarik, untuk mencoba dan membeli produk.

“Ketika mereka menyukai produknya, mereka akan repurchase again and again, kemudian mereka akan merekomendasikan kepada teman, kepada saudara, dan begitulah Buttonscarves berkembang di market luar negeri”, cerita Linda.

Terbukti, dengan memberikan layanan kirim gratis, target pasar di luar negeri tertarik untuk membeli dan mulai merekomendasikannya pada orang lain.

6. KOL Internasional

Untuk mengenalkan dan memasarkan merek lebih luas lagi di pasar internasional, Buttonscarves melakukan kampanye khusus.

Di awal ekspansinya, Buttonscarves bekerja sama dengan KOL (Key Opinion Leader) yang berdomisili di luar negeri.

Menurut Linda, hal ini dapat membantu bisnisnya dikenal di negara yang bersangkutan, dan lebih mudah diterima oleh target pasar di negara tersebut.

Sebelum melakukan strategi ini, Anda harus mencari KOL yang tepat. Dibutuhkan riset sebelum melakukan kerja sama dengan KOL, agar produk Anda dipasarkan sesuai target yang tepat.

Selain itu, Linda membocorkan tips lain, yaitu pemilihan produk yang akan dikampanyekan juga harus diperhatikan.

Ia menyarankan, pilihlah produk-produk yang kemungkinan disukai oleh target pasar di luar negeri untuk dikampanyekan oleh KOL.

Baca juga: Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat sebagai Strategi Pemasaran

strategi buttonscarves menembus pasar internasional dengan pengelolaan keuangan yang efektif dan canggih

7. Mengelola Keuangan Bisnis

Mengembangkan bisnis hingga ke pasar global tentu menjadi impian bagi para pebisnis.

Untuk mewujudkannya, tentu Anda memerlukan strategi menembus pasar internasional yang baik. Mulai dari perencanaan produknya, kegiatan distribusi, hingga pemasarannya.

Strategi yang telah dibagikan Buttonscarves di atas setidaknya dapat menjadi acuan untuk segera mulai mengekspansi bisnis.

Selain cara-cara tadi, salah satu yang membuat Buttonscarves bisa berkembang dengan cepat ialah dengan mengelola pembukuan dengan lebih rapih dan sistematis menggunakan Mekari Jurnal.

Dengan melakukan pencatatan keuangan melalui Mekari Jurnal, Linda dapat memonitor profitnya setiap hari secara instan melalui laptop ataupun ponsel di mana saja dan kapan saja.

“Saya bisa mengontrol transaksi bisnis dari mana pun. Misalnya saya sedang dinas di luar negeri, saya tetap bisa melakukan itu dan Mekari Jurnal menawarkannya, user-friendly juga. Itu sangat mempermudah saya mengambil keputusan keuangan dari laporan keuangan yang disajikan Mekari Jurnal”, tutur Linda.

Software akuntansi Mekari Jurnal telah memudahkan Linda sebagai owner Buttonscarves dalam pencatatan keuangan dan mengontrol keuangan bisnisnya dari mana saja.

Sehingga ia dapat membaca laporan keuangan kapan saja, serta mengambil keputusan penting meskipun ia sedang mengurus bisnisnya di luar negeri.

Ingin memiliki bisnis yang berkembang seperti Linda? Sudah lebih dari 20.000 pemilik bisnis dan perusahaan sudah berkembang bersama dengan Mekari Jurnal.

Baik, Saya Ingin Berkonsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Jangan sampai ketinggalan, Ayo, bergabung bersama sekarang juga! Daftarkan bisnis atau perusahaan Anda ke Mekari Jurnal sekarang dan dapatkan free trial untuk mengeksplorasi lebih lanjut berbagai fitur unggulannya!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal