Cara Menghitung Persentase Pertumbuhan

Cara menghitung persentase pertumbuhan tentunya perlu Anda ketahui dan pahami lebih lagi mengingat bahwa pertumbuhan menjadi suatu hal atau bagian yang penting termasuk dalam hal menjalankan bisnis atau usaha. Persentase pertumbuhan sendiri pada dasarnya merupakan perbedaan dari suatu hal dalam kurun waktu yang berbeda dan dinyatakan dalam persentase dari angka semula. Mengetahui tingkat persentase pertumbuhan ini dapat membantu Anda untuk bisa melakukan analisis dan evaluasi terhadap usaha atau bisnis yang Anda jalankan selama ini.

Usaha atau bisnis yang baik sudah seharusnya menunjukkan adanya tingkat pertumbuhan yang baik pula. Semakin besar tingkat pertumbuhan penjualan dan pendapatan maka usaha atau bisnis tersebut dinilai semakin sukses.  Pada dasarnya persentase pertumbuhan sendiri didefinisikan sebagai kenaikan dari suatu hal yang hadir dalam bentuk angka persentase tepatnya dari satu periode waktu ke periode waktu yang selanjutnya.

Persentase pertumbuhan ini dihitung dengan tujuan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan seperti misalnya kebutuhan mengetahui kinerja perusahaan atau mengetahui pertumbuhan di bidang apa saja. Untuk menghitungnya Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut.

Panduan Membuat Business Plan untuk Mendirikan Usaha

Cara Menghitung Persentase Pertumbuhan Dalam Setahun

Adapun mengukur pertumbuhan bisnis setiap tahun cukup penting. Maka dari itu diperlukan cara menghitung persentase pertumbuhan dalam setahun yang bisa dilakukan melalui langkah berikut ini.

Tentukan nilai awal

Persentase pertumbuhan salah satunya bisa dihitung dalam kurun waktu setahun saja. Upaya perhitungan ini bisa dilakukan di akhir tahun sehingga hasil yang dicapai selama setahun ini bisa tampak dan terlihat dengan jelas. Namun untuk melakukan upaya perhitungan ini sudah tentu setiap tahapan atau urutan diterapkan.

Seperti halnya langkah awal untuk melakukan perhitungan persentase pertumbuhan ini adalah dengan menentukan nilai awal. Maka untuk melakukan hal ini tentunya Anda harus tahu nilai yang akan dihitung yaitu nilai awal. Dari adanya nilai awal ini maka nantinya Anda bisa menghitung pertumbuhan yang telah terjadi dan persentasenya.

Tentukan nilai akhir

Langkah selanjutnya dari cara menghitung persentase pertumbuhan yang harus dilakukan adalah menentukan nilai akhir. Jadi bukan hanya nilai awal saja yang perlu Anda ketahui dengan lebih jelas. Namun nilai akhir juga harus Anda ketahui agar nantinya Anda bisa melakukan perhitungan persentase pertumbuhan dengan cara dan hasil yang tepat.

Jadi setelah menentukan nilai awal maka sebaiknya Anda juga menentukan nilai akhir dengan tepat. Jangan sampai nantinya nilai yang telah ditentukan itu ternyata salah dan sejenisnya. Penentuan nilai yang tidak tepat sudah pasti akan menimbulkan hasil perhitungan yang tidak tepat pula dan bahkan salah sehingga hasilnya bisa saja tidak sesuai.

HItung menggunakan rumus

Jika Anda sudah mengetahui dan menentukan berapa besar nilai yang harus dimasukkan di bagian awal dan di bagian akhir maka selanjutnya Anda hanya tinggal melakukan perhitungan. Tentu saja untuk melakukan perhitungan ini bisa digunakan rumus tertentu. Rumus untuk melakukan perhitungan tingkat pertumbuhan selama satu tahun yaitu (nilai akhir – nilai awal) / nilai awal X 100.

Jika rumus ini diuraikan maka bisa dikatakan bahwa perhitungan ini dilakukan dengan tahap awal menghitung selisih dari nilai akhir dan nilai awal. Setelah itu selisih nilai ini kemudian dihitung dengan cara dikali 100. Hasil perkalian antara selisih nilai dengan 100 itu kemudian dibagi dengan nilai awal. Dari seluruh perhitungan ini maka nantinya akan didapatkan persentase tingkat pertumbuhan tepatnya dalam kurun waktu satu tahun. Jika dirasa sulit, umumnya menggunakan program akuntansi juga dapat membantu menghitung kebutuhan tersebut.

Cara Menghitung Persentase Pertumbuhan Selama Beberapa Tahun

Apabila ingin melihat seperti apa kinerja bisnis dan pertumbuhannya setelah beberapa tahun ke depan, maka perlu dilakukan perhitungan persentase pertumbuhan juga. Adapun langkahnya yaitu sebagai berikut.

Tentukan nilai awal

Persentase pertumbuhan rupanya tidak hanya bisa dihitung dalam kurun waktu setahun saja. Namun persentase pertumbuhan ini juga bisa dihitung dalam waktu beberapa tahun. Untuk melakukan perhitungan ini juga bisa dilakukan cara yang tepat dengan langkah awal yang sama seperti halnya Anda melakukan perhitungan persentase pertumbuhan dalam kurun waktu setahun.

Jadi jika melakukan perhitungan persentase pertumbuhan dalam kurun waktu beberapa tahun Anda bisa lebih dulu menentukan nilai awal. Sama seperti sebelumnya maka penentuan nilai awal jangan sampai salah karena hal ini bisa berpengaruh pada proses perhitungan persentase pertumbuhan.

Tentukan nilai akhir

Setelah menentukan nilai awal maka cara menghitung persentase pertumbuhan selanjutnya yang harus dilakukan masih sama dengan bagaimana cara Anda dalam melakukan perhitungan persentase pertumbuhan  dalam kurun waktu setahun. Jadi setelah melakukan penentuan nilai awal maka selanjutnya Anda bisa melakukan penentuan nilai akhir.

Penentuan nilai akhir juga sudah seharusnya dilakukan dengan tepat agar nantinya pada waktu proses perhitungan bisa dihasilkan nilai yang tepat. Sebab kesalahan satu digit nilai saja pada akhirnya bisa membuat proses perhitungan persentase pertumbuhan mengalami salah hitung. Akibatnya nilai yang dihasilkan dari perhitungan tidaklah sesuai dengan kondisi perusahaan yang nyata dan sebenarnya.

Hitung jumlah tahun

Ada yang berbeda dalam melakukan perhitungan persentase pertumbuhan untuk kurun waktu beberapa tahun. Yang membedakannya dengan perhitungan persentase pertumbuhan dalam kurun waktu satu tahun adalah menghitung jumlah tahun. Jadi jumlah tahun yang perlu dihitung adalah jumlah tahun selama periode berjalan.

Misalnya saja jika Anda ingin menghitung persentase pertumbuhan selama periode 2015 sampai dengan 2020 maka Anda bisa memasukkan nilai 5 ke dalam jumlah tahun yang akan dihitung. Jadi jumlah tahun bergantung pada tiap personel atau perusahaan yang melakukan perhitungan. Artinya pertumbuhan selama berapa tahun yang ingin diihat sehingga Anda bisa memasukkan nilai lamanya periode tahun tersebut untuk selanjutnya dihitung dengan menggunakan rumus persentase pertumbuhan.

Hitung menggunakan rumus

Jika Anda telah berhasil memasukkan nilai awal dan nilai akhir serta jumlah tahun yang akan dihitung maka ini saatnya bagi Anda untuk melakukan proses perhitungan. Sama dengan cara sebelumnya tepatnya untuk menghitung persentase pertumbuhan setahun tentunya untuk menghitung persentase pertumbuhan selama beberapa tahun perlu digunakan rumus tertentu.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan rumus yang cukup berbeda dengan sebelumnya. Rumus yang bisa digunakan untuk menghitung persentase pertumbuhan selama beberapa tahun adalah ((nilai akhir / nilai awal) 1/t – 1) X 100. Dalam penggunaan rumus ini diketahui bahwa t adalah variabel jumlah tahun yang sebelumnya pada poin 3 telah dimasukkan.

Cara menghitung persentase pertumbuhan bisa dilakukan dengan dua cara seperti di atas. Perhitungan persentase pertumbuhan ini tentunya disesuaikan pada kebutuhan tertentu. Sebenarnya cara melakukan perhitungan ini bisa dibilang cukup mudah. Anda hanya tinggal menerapkan berbagai langkah yang telah tertera di atas secara urut maka tak lama kemudian Anda akan mendapatkan hasilnya. Dari hasil perhitungan persentase pertumbuhan tersebut nantinya Anda bisa mencapai tujuan tertentu. Misalnya saja tujuan untuk mengetahui berapa persen tingkat kenaikan penjualan selama ini atau sejenisnya.

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo