Jurnal Enterpreneur

Manfaat dan Resiko Penggunaan Invoice App Gratis

Menggunakan aplikasi pada berbagai macam sistem merupakan hal yang umum dilakukan. Demikian pula aplikasi terkait invoice yang membantu memudahkan proses pembuatan hingga pengiriman dan pembayaran invoice tersebut. Adapun terkait hal ini ada banyak perusahaan mencoba untuk menggunakan invoice app gratis yang banyak tersedia di dunia maya. Apalagi untuk bisnis pemula dan perusahaan kecil yang memiliki dana terbatas, umumnya opsi ini merupakan hal sering dipilih.

Memang menggunakan aplikasi gratis memberikan keuntungan biaya yang lebih rendah. Namun, tentu saja ada banyak resiko lain yang juga harus dipertimbangkan. Oleh sebab itu ada baiknya melihat lebih jauh sebelum mempertimbangkan penggunaan aplikasi gratis terkait invoice tersebut. Lebih lanjut di bawah ini adalah beberapa manfaat sekaligus resiko penggunaan invoice app gratis yang banyak terdapat di pasaran.

pengertian jenis fungsi commercial invoice adalah 2

Manfaat Menggunakan Invoice App Gratis

Banyak pebisnis pemula mencoba untuk mengambil langkah paling mudah dan paling hemat dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu hal yang sering dilakukan yaitu menggunakan aplikasi gratis termasuk terkait dengan proses invoice. Tentunya ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh saat diputuskan untuk menggunakan aplikasi gratis untuk keperluan invoice. Berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan invoice app gratis tersebut lebih lanjut.

Proses Instal Cepat

Hal pertama yang banyak menjadi pertimbangan bagi perusahaan yaitu adanya proses install yang cepat pada aplikasi gratis termasuk untuk invoice. Umumnya dalam mengenalkan aplikasi baru maka sistem yang ditawarkan pada pengguna akan cukup sederhana. Sehingga tidak butuh waktu lama dan kesulitan untuk menggunakan atau menginstal aplikasi yang tidak berbayar ini.

Demikian halnya keputusan perusahaan saat menggunakan aplikasi gratis. Karena tentu saja tidak butuh waktu panjang untuk mendapatkan aplikasi tersebut. Cukup singkat dan butuh beberapa menit saja dalam mendapatkan aplikasi yang gratis termasuk untuk kebutuhan invoice.

Tidak Berbayar

Salah satu kelebihan utama dari menggunakan aplikasi gratis tentu saja gratis alias tidak berbayar. Otomatis banyak yang menyukai opsi ini karena dianggap lebih hemat. Sehingga banyak yang langsung tertarik begitu mendengar bahwa ada aplikasi invoice gratis di dunia maya untuk mendukung proses invoicing yang cepat. Padahal bisa jadi saat tidak perlu membayar apapun akan terdapat dana tersembunyi yang harus dibayarkan di akhir, sehingga harus cukup hati-hati jika terkait hal tersebut. Banyak aplikasi yang bersifat menjebak dan akhirnya merugikan bisnis dan perusahaan yang dikelola.

Mudah Dipahami

Kebanyakan aplikasi gratis yang ada di dunia maya saat ini mudah dipahami dan cukup sederhana saat digunakan. Sehingga pada akhirnya membuat proses invoice menjadi lebih cepat. Padahal bisa jadi hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya hal yang baik, karena bisa jadi ada kekurangan lain di balik kemudahan tersebut. Lebih lanjut simak juga resiko dari invoice app gratis berikut ini.

Resiko Menggunakan Invoice App Gratis

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tidak selalu seluruh manfaat di atas yang dianggap menguntungkan perusahaan adalah benar adanya. Menggunakan invoice app gratis rupanya juga dapat mendatangkan banyak resiko yang tidak diinginkan. Sehingga pada akhirnya justru merugikan perusahaan dan mendatangkan kebutuhan biaya tambahan lainnya. Oleh sebab itu sebaiknya pertimbangkan seluruh resiko yang terjadi apabila menggunakan aplikasi gratis tersebut.

Fitur Tidak Maksimal

Salah satu resiko saat menggunakan aplikasi gratis yaitu bisa jadi tidak seluruh fitur yang diperlukan akan diperoleh. Tentu saja saat aplikasi tidak berbayar apapun maka umumnya hanya terdapat fitur yang terbatas. Sehingga pada akhirnya perusahaan tidak bisa menggunakan hal tersebut secara maksimal. Pada akhirnya tetap dibutuhkan sistem invoice yang tepat supaya seluruh fitur penting dalam pembuatan invoice dapat diperoleh. Dengan menggunakan aplikasi yang jelas maka fitur-fitur tersebut akan tersedia sesuai dengan paket yang dibayarkan. Maka nantinya proses invoice tidak akan mengalami hambatan sama sekali pada pelaksanaannya.

Mengandung Banyak Virus

Hal yang cukup mengkhawatirkan saat menggunakan invoice app gratis yaitu adanya resiko banyak sekali virus yang akan mengganggu sistem komputer perusahaan. Biasanya aplikasi gratis ini ditunggangi banyak virus karena tidak memiliki sistem keamanan yang memadai. Berbeda dengan aplikasi berbayar yang menggunakan perlindungan maksimal untuk menghindari resiko serangan virus pada sistem. Sementara pada aplikasi gratis justru berbagai macam virus sangat mungkin untuk ditemukan.

Dengan hal tersebut tentu saja beresiko untuk mengeluarkan biaya lebih besar saat sistem komputer perusahaan terserang oleh virus yang berbahaya. Data perusahan bisa menghilang dan akhirnya dibutuhkan biaya lebih untuk memperbaiki kerusakan sistem akibat serangan virus. Oleh karena itu sebaiknya jangan gegabah memutuskan penggunaan aplikasi gratis pada bisnis dan perusahaan yang dikelola.

Kebocoran Data Perusahaan

Resiko berikutnya dari invoice app gratis yaitu adanya kebocoran pada data perusahaan yang mungkin terjadi. Bisa saja aplikasi gratis bekerja untuk menarik data rahasia yang cukup penting. Sehingga tanpa disadari bahwa hal tersebut membuat perusahaan kehilangan data-data yang cukup penting. Bahkan resikonya data tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab atau para pesaing.

Apabila data perusahaan jatuh ke pihak lain, hal ini tentu saja merugikan perusahaan. Bahkan bisa saja perusahaan mengalami kerugian dan pada akhirnya justru tidak berkembang. Maka dari itu penggunaan aplikasi gratis sebaiknya diwaspadai. Apalagi untuk urusan invoice yang terkait dengan keuangan perusahaan yang cukup penting.

Pentingnya Aplikasi Invoice Yang Sesuai

Dari informasi yang telah dijelaskan di atas, dapat menggambarkan bahwa sebenarnya menggunakan invoice app gratis tersebut lebih banyak beresiko daripada mendatangkan manfaat lebih pada bisnis dan perusahaan. Oleh karena itu ada baiknya mempertimbangkan penggunaan aplikasi yang resmi meskipun berbayar. Dengan demikian segala resiko yang mungkin terjadi dapat dihindari sejak dini. Karena hal tersebut jauh lebih bermanfaat daripada sekedar menghemat biaya di awal namun merugikan di akhir.

Tidak hanya itu saja namun tentu aplikasi yang valid akan memberikan hasil yang lebih jelas. Seluruh proses pencatatan berjalan lebih akurat serta fitur apapun yang dibutuhkan akan dapat digunakan dengan maksimal. Melalui aplikasi untuk invoice yang terpadu akan memberikan pelaporan yang tepat juga. Sehingga perusahaan dapat dengan mudah melakukan pelacakan hingga memastikan laporan keuangan yang terintegrasi dengan baik. Tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra akibat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian perusahaan dapat berjalan lancar tanpa hambatan dan pembengkakan biaya.

Itulah sedikit informasi terkait penggunaan invoice app gratis yang banyak dipilih pengusaha pemula akhir-akhir ini. Dengan melihat seluruh informasi di atas, tentu sudah cukup jelas bahwa ada banyak resiko yang dapat diperoleh. Yang mana akhirnya resiko tersebut justru merugikan bisnis dan usaha serta berujung pada pembengkakan biaya akibat hal tersebut. Oleh karena itu sebaiknya pikirkan dengan matang mengenai penggunaan aplikasi untuk invoicing perusahaan yang tepat. Sehingga nantinya dapat memberikan manfaat terbaik untuk bisnis dan usaha.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo