Barang Substitusi Adalah: Pengertian Serta Manfaatnya

Barang substitusi adalah barang yang banyak dikenal sebagai barang pengganti. Hal ini umum diberikan di sebuah perusahaan apabila barang yang diperlukan tidak tersedia namun terdapat barang pengganti serupa dengan fungsi dan tujuan yang mirip. Adapun jenis barang substitusi ini sering kali terkesan sepele dan tidak penting, padahal dalam kondisi tertentu sering kali dibutuhkan untuk memastikan kegiatan bisnis tetap berjalan dengan baik. Lebih lanjut mengenai barang substitusi dapat dilihat pada penjelasan berikut di bawah ini.

Pengertian Barang Substitusi

Seperti yang telah disebutkan sekilas sebelumnya, barang substitusi merupakan istilah lain dari barang pengganti. Di mana dalam sebuah bisnis dan produksi umumnya ini meliputi barang yang memiliki desain hingga fungsi dan kegunaan yang mirip. Sehingga tidak heran jika sebuah perusahaan umumnya meluncurkan produk yang tipikal sebagai barang substitusi satu dengan yang lain.

Keberadaan jenis barang ini cukup penting, karena barang pengganti merupakan salah satu alternatif terbaik apabila terjadi kekosongan barang sementara produksi masih berlangsung namun permintaan barang di pasar cukup tinggi. Berkat adanya barang pengganti tersebut, maka kebutuhan konsumen tetap dapat terpenuhi oleh barang yang sejenis. Sehingga perusahaan tetap mendapatkan kepercayaan dari para konsumen pada akhirnya.

Maka dari itu tentu saja barang pengganti atau substitusi ini cukup penting. Sebagai contoh saat perusahaan memproduksi berbagai jenis kursi, tentu saja tidak hanya memproduksi satu jenis kursi kantor, melainkan biasanya ada berbagai macam tipe dan seri. Hal ini bukanlah tanpa tujuan karena ini merupakan salah satu strategi dalam memenuhi kebutuhan konsumen tatkala salah satu seri yang dibutuhkan masih belum tersedia. Umumnya saat terjadi kekosongan tipe tertentu maka tipe yang lain dapat ditawarkan pada konsumen. Sehingga dengan jalan seperti ini perusahaan tetap membukukan penjualan dan mendapatkan keuntungan.

Manfaat Menggunakan Barang Substitusi

Secara umum sejalan dengan pengertian yang telah dijelaskan di atas, tentu saja manfaat menggunakan barang substitusi cukup banyak. Terutama dalam mendukung keuntungan dan jalannya perusahaan secara optimal. Dengan memiliki barang substitusi sebagai pengganti untuk barang lainnya di dalam perusahaan, berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan barang pengganti tersebut.

Mempertahankan Loyalitas Konsumen

Salah satu hal penting yang banyak disasar oleh perusahaan saat memiliki barang pengganti dan memproduksinya serta yaitu untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Apabila barang yang dicari di pasaran memiliki barang pengganti, hal ini membantu konsumen untuk tetap menggunakan produk yang sama dan tidak beralih pada produk yang lain. Dengan demikian bisnis dan usaha yang dijalankan tetap memperoleh loyalitas dan kesetiaan konsumen pada akhirnya. Maka dari itu sangat wajar jika dalam memproduksi sebuah barang, akan tersedia beberapa alternatif barang pengganti yang tipikal. Sehingga hal ini dapat memiliki jalan keluar saat dibutuhkan.

Memberikan Alternatif Produk

Umumnya barang substitusi juga bisa bermanfaat sebagai alternatif pilihan untuk produk yang sejenis. Apabila terjadi kekosongan stok di pasar, maka barang pengganti akan mengambil peranan untuk menggantikan barang yang dicari tersebut. Hal ini secara tidak langsung juga menjadi solusi yang tepat bagi para konsumen jika menginginkan sebuah produk yang banyak peminatnya. Saat terjadi kekosongan barang yang diinginkan, maka memilih produk alternatif dengan fungsi yang sama merupakan opsi yang sering dipilih oleh sebagian besar konsumen. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa keberadaan barang pengganti ini cukup penting.

Menambah Keragaman Produk di Pasaran

Berkat adanya barang substitusi maka dapat membantu untuk menambah keragaman produk yang dijual di pasaran. Sering kali jika hanya ada pilihan maka pelanggan enggan untuk melakukan pembelian karena pilihan yang terbatas tersebut. Namun selalu menjadi hal yang menarik saat membandingkan produk satu dengan yang lain yang sejenis untuk memperoleh produk yang paling tepat dan optimal. Disinilah maka barang pengganti merupakan variasi yang dapat menjadi pilihan lain bagi banyak konsumen. Makin banyak variasi yang tersedia di pasaran tentu akan menambah geliat ekonomi pasar yang lebih tinggi juga.

Menjaga Keberlangsungan Aktivitas Perdagangan

Dengan adanya barang substitusi maka akan membantu keberlangsungan aktivitas perdagangan dan jual beli yang lebih aktif. Banyaknya barang pengganti membuat konsumen umumnya akan lebih tertarik untuk mencoba dan membandingkan produk satu dengan yang lain. Otomatis maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan ganda berkat produk dengan fungsi dan desain serupa yang diluncurkan bersama produk andalannya.

Manajemen Barang Untuk Menghindari Masalah Barang Substitusi

Barang substitusi merupakan barang yang biasanya akan dicari apabila terjadi kekosongan barang di pasaran. Salah satu hal yang memicu terjadinya kekosongan umumnya karena manajemen barang yang kurang optimal. Sehingga untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan manajemen barang yang lebih baik. Salah satu langkah yang bisa dipilih oleh para pebisnis yaitu dengan jalan menggunakan aplikasi stok barang yang jauh lebih efektif dan juga lebih efisien.

Dengan menggunakan sistem yang lebih baik dan lebih tepat seperti ini tentunya akan lebih mudah untuk perusahaan melakukan perhitungan dan analisa stok barang yang diproduksi. Apakah produk utama jumlahnya masih mencukupi, apakah produksi harus ditambah, apakah jumlah barang substitusi memenuhi kebutuhan konsumen. Semua ini dapat diketahui dengan cepat dan mudah berkat adanya sistem yang memadai dan berjalan otomatis. Karena itu tidak heran jika banyak perusahaan yang lebih memilih sistem tersebut untuk kemudahan pengecekan stok barang di perusahaan.

Melakukan manajemen barang juga merupakan hal penting yang bisa dilakukan dengan memastikan bahwa produksi berjalan sesuai dengan target. Ketahui kapan harus menyimpan barang dengan cukup dan kapan harus mulai memproduksi barang untuk memenuhi kebutuhan pasar. Hal ini sangat penting untuk menghindari resiko adanya masalah terhadap barang utama maupun pada barang substitusi yang akan menggantikan produk utama nantinya.

Yang terpenting jangan sampai perusahaan mengalami kekosongan stok produk akibat manajemen stok yang salah. Hal ini sering kali terjadi apabila melakukan pencatatan stok secara manual yang tidak terkoordinasi dengan baik. Namun berkat penggunaan sistem aplikasi yang sistematis dan tepat, pastinya hal semacam ini dapat dihindari. Sehingga barang yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen nantinya tidak akan mengalami kekurangan. Dan tentu saja usaha yang dijalankan tidak akan mengalami kerugian akibat kesalahan manajemen barang tersebut.

Dengan informasi di atas dapat dilihat bahwa penting sekali memastikan bahwa sebuah perusahaan selalu menyediakan alternatif barang substitusi atau pengganti. Setidaknya dengan fungsi dan manfaat yang serupa supaya jika terjadi kekosongan suatu barang maka tidak akan sulit menemukan penggantinya. Dengan demikian tentunya secara tidak langsung bisnis tetap berjalan sesuai harapan. Satu hal lagi yang cukup penting bahwa manajemen barang merupakan kunci yang terpenting dalam mengatasi berbagai masalah terkait hal tersebut. Supaya jika ada kendala maka dapat segera diatasi dengan baik.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo