Jurnal Enterpreneur

Pentingnya Emotional Quotient Bagi Entrepreneur

Apakah selama ini Anda mengandalkan kemampuan dan pengetahuan Anda dalam bekerja? Jika ya, maka Anda harus mengubahnya sekarang. Kenyataannya, kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh 80% EQ (Emotional Quotient) dan 20% IQ (Intelligence Quotient). Hal ini membuktikan bahwa EQ berperan penting dalam menentukan masa depan Anda.

EQ atau emotional intelligence/emotional quotient adalah kemampuan seseorang dalam mengelola emosinya, khususnya ketika berhadapan dengan orang lain. EQ seseorang dipengaruhi sangat dipengaruhi oleh kualitas personal seperti ketekunan, pengendalian diri, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Cerdas tapi tidak bisa mengontrol emosi?

Ada dua orang yang sedang melamar pekerjaan pada perusahaan Anda. Setelah melalui beberapa tahapan tes, keluarlah 2 hasil yang berbeda. Orang pertama terbukti orang yang pintar, menarik, dan lincah. Sayangnya, dia sombong dan mudah sakit hati. Orang kedua juga terbukti pintar, meskipun tidak sepintar orang pertama. Kelebihannya, orang kedua dapat mengontrol emosinya dan terlihat rendah hati. Manakah yang Anda terima untuk bekerja? Tentu orang kedua, bukan?

Saat ini EQ sangat penting dalam dunia bisnis, baik dalam hubungan atasan-bawahan maupun sesama rekan bisnis. Mereka tidak lagi mengutamakan kecerdasan intelektual seseorang. Bagi mereka, kemampuan IQ seseorang lebih mudah ditingkatkan dibandingkan dengan EQ, yang merupakan pertumbuhan dalam diri seseorang. Orang dengan EQ tinggi dianggap dapat bekerja lebih baik dengan menjaga keseimbangan dalam dirinya, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarnya.

5 Kategori Emotional Intelligence

Dalam bukunya Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ dan Working With Emotional Intelligence, Daniel Goleman men-kategorikan 5 pilar yang dapat menjadi alat ukur untuk menentukan kondisi EQ seseorang. Anda dapat menjadikan 5 hal ini sebagai alat penilaian sejauh mana EQ Anda dan pegawai Anda.

Self-Awareness

Seseorang dengan kesadaran diri yang tinggi akan mengenal dirinya dengan baik. Dia akan tahu kekuatan dan kelemahan diri serta bagaimana tingkah lakunya berdampak bagi orang lain. Biasanya orang yang sadar diri dapat menangani dan belajar dari kritikan yang membangun dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Self-Regulation

Self regulation adalah kemampuan seseorang untuk mengontrol perasaan atau mood-nya. EQ yang tinggi akan membuat seseorang dapat dengan bijak menyatakan dan mengontrol emosinya. Anda tidak akan menemukan orang dengan self regulation yang tinggi bertengkar di depan umum. Mereka adalah orang-orang yang berpikir dahulu sebelum bertindak. Ciri-ciri orang dengan self regulation yang baik adalah dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan mereka, tetap tenang dan produktif di tengah kesulitan, serta dapat diandalkan.

Motivation

Orang dengan EQ tinggi adalah orang yang dapat memotivasi dirinya sendiri. Mereka tidak mudah didorong oleh uang atau gelar. Ambisi pribadilah yang membuat mereka tetap optimis. Self-motivation membuat mereka selalu berenergi dan persisten dengan usaha mereka sampai tercapai. Orang demikian merupakan pemimpin yang baik karena dia akan mendorong timnya dengan cara yang positif dan optimis.

Empathy

Empati adalah sifat seseorang yang dapat menempatkan dirinya di posisi orang lain. Seseorang dengan empati yang tinggi akan memiliki belas kasihan dan pengertian terhadap orang lain. Kemampuan untuk berempati ini membuat mereka memberikan pelayanan yang hebat dan respon yang tulus teradap orang lain.

People skill

People skill adalah kemampuan seseorang ketika berhadapan dengan orang lain. Seseorang dengan EQ yang tinggi dapat membangun hubungan yang baik dan bertahan lama dengan orang lain. Mereka dapat mengarahkan orang lain kepada tujuan yang diinginkan dan memiliki rasa percaya yang tinggi terhadap anggota timnya. Orang yang telah memiliki people skill atau social skill telah menguasai 4 kategori di atas dan merupakan seorang pemimpin yang tepat.

Baca juga: 10 Hal Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Anda

Peran EQ bagi Entrepreneur

Pada dasarnya, EQ adalah kemampuan untuk mengerti faktor-faktor serta orang di sekeliling Anda. Sebagai seorang entrepreneur, Anda akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan masalah. Memiliki EQ yang tinggi akan memampukan Anda untuk terus berjuang dan mencoba ketika mengalami kegagalan. Anda akan tahu bahwa kesuksesan dan kegagalan bagaikan kembar siam yang menyertai Anda selama perjalanan. Kemampuan Anda untuk mengelola emosi Anda akan menentukan waktu yang Anda perlukan untuk meningkatkan kemampuan diri.

Selain memampukan Anda untuk berjuang dalam bisnis, EQ juga memprediksi performa Anda. Berdasarkan penelitian 34 kemampuan/skill yang dilakukan oleh TalentSmart, kemampuan prediktor EQ lebih kuat 58% dibandingkan dengan 33 skill lainnya. EQ Anda adalah dasar dari berbagai kemampuan kritikal lainnya yang mempengaruhi perkataan dan tingkah laku Anda setiap hari.

Mereka yang ber-EQ tinggi akan menghasilkan lebih banyak uang. Berdasarkan penelitian dalam dunia pekerjaan, 90% dari pelalu bisnis yang hebat memiliki EQ yang tinggi. Rata-rata, mereka akan menghasilkan $29,000 lebih tinggi daripada orang ber-EQ rendah.

Latihlah EQ Anda dari sekarang!

Setelah Anda mengetahui pentingnya Emotional Quotient bagi seorang entrepreneur, maka penting bagi Anda untuk melatih Emotional Quotient Anda. Jika saat ini Anda sulit untuk mengontrol emosi Anda, cobalah untuk menulis buku harian. Sebuah penelitian menyatakan bahwa menulis pikiran dan perasaan Anda pada buku harian merupakan hal praktis paling efektif yang sangat membantu untuk mengeluarkan semua emosi Anda. Anda pun hanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk melakukannya.

[adrotate banner=”12″]

Kenali diri Anda sendiri. Cobalah untuk menghubungkan pikiran dan perasaan Anda. Jika Anda merasakan sesuatu yang tidak biasanya, maka akan terjadi kontradiksi pada perasaan Anda. Anda dapat membantu diri sendiri dengan menanyakan Mengapa Saya dapat memikirkan hal ini? Mendengarkan perasaan Anda adalah seperti mendengarkan saksi di pengadilan. Hanya dengan mengakui semua bukti yang ada, Anda dapat mengerti dan mencapai hasil terbailk. Jika Anda bukan orang yang hebat dalam mengenali emosi, cobalah tanyakan kepada orang lain. Beberapa orang sangat hebat dalam sangat memberitahu kondisi orang selain dirinya sendiri.

Ingatlah bahwa seorang entrepreneur sukses adalah entrepreneur yang mampu mengelola emosinya dengan baik. Apakah Anda sudah siap untuk menyambut keberhasilan dalam bisnis Anda?

Jurnal merupakan software keuangan yang dapat Anda andalkan sebagai pengatur keuangan bisnis Anda. Anda dapat mengatur transaksi, membuat laporan laba rugi, dan juga pembuatan invoice. Coba gratis 14 Hari Jurnal!

Sumber:

Psychology Today
Entrepreneur
Gaebler

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo