Pengertian Usaha Modal Ventura Beserta Penjelasannya

Pernah mendengar kata Ventura? Sudah tahu pengertiaannya?

Pengertian usaha modal ventura yang belum diketahui banyak orang yaitu sebuah modal yang diberikan kepada perusahaan lain sebagai bentuk investasi dan kerja sama. Modal jenis ini umumnya diberikan kepada start-up untuk mengembangkan bisnisnya.

Modal menjadi hal yang pokok untuk membentuk dan menjaga keberlangsungan sebuah bisnis karena tanpa adanya modal, suatu bisnis tidak akan bisa mengeksekusi rencana yang telah dibuat dan sulit untuk berkembang.

pengertian usaha modal ventura

Pengertian Usaha Modal Ventura

Saat hendak mengembangkan bisnis, salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah modal karena perannya yang sangat vital. Untuk mendapatkan modal bisa melalui banyak cara, contohnya di zaman dulu mengajukan modal melalui bank maupun lembaga keuangan lain seperti koperasi.

Namun kini pengajuan modal bisa lebih mudah melalui perusahaan modal ventura atau biasa disebut dengan PMV. Melalui modal ventura, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengajukan modal secara online, kapan saja dan di mana saja.

  • Pengertian Modal Ventura

Modal ventura sendiri adalah salah satu jenis pendanaan yang berbentuk pemberian bantuan modal kepada perusahaan swasta dalam rangka investasi.

Modal ventura memiliki tujuan untuk membantu sebuah bisnis agar berkembang dan secara bersamaan ketika perusahaan meraih kesuksesan. Pihak pemilik modal juga akan mendapat keuntungan.

Umumnya di Indonesia modal ventura adalah jenis pendanaan yang kerap kali diberikan kepada perusahaan rintisan atau startup. Hingga kini banyak startup tidak berhasil terlepas dari sumber dana modal ventura.

Karena investasi yang diberikan berupa uang tunai, sedangkan pihak perusahaan akan memberikan sebagian saham kepada pemilik modal yang memberikan pendanaan.

  • Pengertian Menurut UU

Menurut Pasal 1 angka 1 Peraturan OJK Nomor 34/POJK.05/2015 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Modal Ventura (“POJK 34/2015”), pengertian usaha modal ventura adalah usaha pembiayaan berupa pemberian modal atau pembiayaan dalam jangka waktu tertentu untuk mengembangkan sebuah usaha.

Investasi jenis modal ventura merupakan jenis investasi yang sangat berisiko tinggi karena kemungkinan kerugian yang bisa saja terjadi. Oleh karenanya, sebelum melakukan proses persetujuan, dilakukan presentasi atau pitch deck oleh pemilik usaha kepada pemberi modal.

Hal tersebut dilakukan agar perusahaan baru dapat memaparkan dan menjelaskan rencana bisnis yang akan dikembangkan. Apabila inovasi yang diajukan memiliki prospek bagus dan presentasi disampaikan dengan baik, maka pemilik modal juga akan tertarik untuk memberikan modal ventura.

  • Pengertian Menurut Ahli

Mengutip buku Seri Literasi Keuangan Tingkat Perguruan Tinggi – Pembiayaan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan modal ventura adalah badan usaha yang melakukan pembiayaan atau penyertaan modal ke sebuah perusahaan (investee company) untuk jangka waktu tertentu.

Modal ventura ini merupakan modal awal yang disediakan investor swasta (pemodal ventura) atau lembaga keuangan khusus (perusahaan modal ventura). Pengembangan bisnis startup sering kali dianggap potensial menjadi salah satu ladang utama bagi modal ventura untuk berinvestasi.

Sejarah Modal Ventura

Industri modal ventura pertama kali ditemukan oleh Georges Doriot pada tahun 1946. Doriot mendirikan American Research and Development Corporation (AR&D) lalu berinvestasi pada perusahaan Digital Equipment Corporation yang mendulang kesuksesan besar.

Kemudian pada tahun 1968, Digital Equipment Corporation melakukan penawaran saham kepada publik dan memberikan hasil investasi (return on investment-ROI) sebesar 101% kepada AR&D.

Industri modal ventura mulia berkembang pesat setelah Undang-undang investasi usaha kecil (Small Business Investment Act) diterbitkan di Amerika Serikat pada tahun 1958.

Undang-Undang ini secara resmi memperbolehkan Kantor Pendaftaran Usaha Kecil (Small Business Administration (SBA)) untuk mendaftarkan perusahaan modal kecil untuk membantu pembiayaan dan permodalan dari usaha wiraswasta di Amerika..

Jenis Modal Ventura

Dalam implementasinya, jenis pembiayaan modal ventura terbagi ke dalam tiga kategori yaitu berdasarkan bagaimana cara dana diberikan, kepemilikan serta bagaimana cara dana didapatkan. Berikut ini adalah pemaparan jenis-jenis pembiayaan modal ventura:

  1. Berdasarkan Bagaimana Dana Diberikan

Jenis pembiayaan modal ventura berdasarkan pemberian dana merupakan bagaimana sumber dana modal ventura diberikan oleh pemilik modal atau investor. Modal ventura kategori ini terbagi lagi menjadi dua jenis bantuan, yaitu:

    • Single Tier Approach

Single tier approach mengarah pada perusahaan modal ventura sebagai pihak yang menghimpun dana. Sedangkan, pengelolaan dana tersebut kemudian diinvestasikan dalam bentuk modal di suatu perusahaan.

    • Two Tier Approach

Two tier approach merupakan jenis pembiayaan modal ventura yang dikelola oleh dua badan usaha. Salah satu perusahaan akan berperan sebagai penghimpun dana (fund company) dan perusahaan lainnya akan berperan untuk mengelola dana yang telah dihimpun (management company).

  1. Berdasarkan Kepemilikan

Jenis kepemilikan modal ventura akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan kepada modal yang akan diberikan. Jenis pembiayaan modal ventura berdasarkan kepemilikan diantaranya adalah sebagai berikut:

    • Private Venture Capital Company

Private Venture Capital Company mengarah pada perusahaan tertutup dinamakan berarti perusahaan ini tidak membuka penjualan sahamnya di pasar modal Indonesia.

    • Public Venture Capital Company

Public Venture Capital Company adalah jenis perusahaan modal ventura yang telah menjadi bagian dari Bursa Efek Indonesia dimana saham mereka terbuka untuk publik.

    • Bank Affiliate Venture Company

Bank Affiliate Venture Company adalah jenis perusahaan pemilik modal ventura yang dikelola oleh beberapa pihak bank, karena terdapat surplus dana atau mempunyai tujuan tertentu terkait modal ventura.

    • Conglomerate Venture Capital

Conglomerate Venture Capital adalah perusahaan modal ventura yang didirikan oleh beberapa jenis perusahaan besar.

  1. Berdasarkan Bagaimana Cara Dana Didapatkan

Berdasarkan cara menghimpun dananya, modal ventura terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu:

    • Leverage Venture Capital

Sumber dana untuk modal ventura jenis ini berasal dari kumpulan pinjaman berbagai pihak yang dikelola oleh satu perusahaan modal ventura.

    • Equity Venture Capital

Sumber dana untuk modal ventura equity venture capital berasal dari perusahaan modal yang sebagian besar dananya berasal dari modal pribadi.

Pada intinya, modal ventura merupakan bentuk pendanaan berupa modal yang diberikan kepada sebuah perusahaan swasta dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, modal ventura termasuk dalam kegiatan investasi.

Persentase pengembalian modal ventura terbilang cukup besar namun juga dibarengi dengan resiko yang tinggi.

Jenis Pembiayaan Modal Ventura

Selain mengetahui pengertian usaha modal ventura, Anda juga perlu paham terkait jenis pembiayaannya. Dalam Peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2015 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Modal Ventura dijelaskan jenis pembiayaan modal ventura, yakni sebagai berikut:

  1. Penyertaan Saham

Penyertaan saham dilakukan dengan cara pembelian saham pada pasangan usaha yang belum diperdagangkan di bursa saham.

Terdapat 2 jangka waktu penyertaan saham, yaitu jangka waktu paling lama 10 tahun dapat diperpanjang sebanyak 2 kali dengan total jangka waktu perpanjangan seluruhnya paling lama 10 tahun dan jangka waktu yang telah disepakati dengan Pasangan Usaha yang sesuai ketentuan.

  1. Penyertaan Melalui Pembelian Obligasi Konversi

Cara ini dapat dilakukan dengan membeli sertifikat obligasi sebagai bukti kepemilikan obligasi konversi yang dituangkan dalam perjanjian dengan akta notariil. Obligasi Konversi dapat dikonversi menjadi penyertaan saham saat jatuh tempo untuk jangka waktu tertentu sesuai perjanjian yang disepakati.

  1. Pembiayaan Berdasarkan Pembagian Atas Hasil Usaha

Pembiayaan usaha jenis ini merupakan pembiayaan yang wajib dilakukan dalam bentuk penyaluran dana kepada perusahaan yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa untuk meningkatkan pendapatan bagi perusahaan.

Tujuan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura memiliki tujuan yang telah dipaparkan dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 1251/1988.

Di dalam Keputusan Menteri Keuangan tersebut telah dijelaskan bahwa perusahaan modal ventura bertujuan untuk membantu permodalan atau membantu secara teknis yang diperlukan kepada pengusaha maupun usaha yang sudah berjalan guna untuk:

  1. Pengembangan sebuah penemuan baru.
  2. Pengembangan perusahaan yang masih berada pada tahap awal, dimana usahanya mengalami kesulitan dana.
  3. Membantu perusahaan yang masih berada pada tahap pengembangan.
  4. Membantu perusahaan yang terjerumus ke dalam tahap kemunduran usaha.
  5. Pengembangan proyek penelitian dan rekayasa.
  6. Pengembangan berbagai penggunaan teknologi baru atau alih teknologi yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
  7. Membantu pengalihan kepemilikan perusahaan

Manfaat Modal Ventura

Secara singkat, modal ventura memberi manfaat berupa bantuan modal kepada perusahaan swasta untuk mewujudkan bisnis impian mereka. Di bawah ini adalah beberapa hal lain yang dapat menjadi manfaat modal ventura adalah:

  1. Pemasaran Produk Lebih Efisien

Secara umum proses pemasaran pada bisnis yang masih baru akan cenderung lebih sulit dan kurang maksimal. Maka dari itu, salah satu manfaat dari menerima modal ventura adalah untuk meningkatkan kredibilitas serta citra sebuah bisnis baru.

Hal tersebut terjadi karena, modal ventura yang diterima akan memiliki dampak pada strategi pemasaran produk yang telah berjalan agar menjadi lebih efisien dan optimal.

  1. Meningkatkan Potensi Usaha

Konsep inti dari pemberian modal ventura adalah investasi dan kerja sama, dimana hal ini akan memberi dampak dan manfaat tersendiri untuk kedua perusahaan melalui jenis pembiayaan modal venturanya.

Kedua pihak yang telah menjadi rekan kerja kemudian dapat saling membantu untuk mencapai target bisnis masing-masing. Dalam hal ini, perusahaan ventura adalah pihak yang tidak hanya memberikan dana namun juga menerima dan memberikan bantuan lain untuk kesuksesan bisnis.

  1. Meningkatkan Likuiditas Perusahaan

Karena konsep modal ventura yang berupa investasi, maka perusahaan yang proyeknya dibiayai oleh modal ventura tidak diwajibkan untuk membayar bunga atau angsuran hutang.

Hal tersebut tentu akan bermanfaat untuk meningkatkan likuiditas perusahaan karena modal ventura yang telah diperoleh dapat langsung digunakan untuk keperluan bisnis dan berpeluang untuk menambah jumlah modal.

Contoh Perusahaan Modal Ventura

Jika modal ventura adalah bentuk pendanaan yang diberikan untuk perusahaan, maka pengertian usaha modal ventura adalah perusahaan yang memberikan modal ventura tersebut. Perusahaan ini nantinya akan memberikan sejumlah pendanaan, namun hanya dalam kurun waktu tertentu.

Namun perusahaan modal ventura tidak akan dengan mudah memberikan suntikan dananya kepada perusahaan swasta, karena seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa investasi modal ini memiliki risiko yang tinggi tinggi.

Prospek perusahaan yang cerah serta potensinya untuk menghasilkan keuntungan dalam kurun waktu singkat adalah faktor utama yang diperhatikan oleh kebanyakan perusahaan modal ventura. Contoh perusahaan modal ventura yang ada di Indonesia di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. 500 Startup

Perusahaan ini adalah salah satu yang paling terkenal di seluruh dunia karena dibangun oleh para karyawan Google, Facebook dan PayPal. Perusahaan 500 Startup adalah salah satu investor resmi untuk e-commerce Bukalapak.

  1. Cyberagent Venture

Cyberagent Venture adalah perusahaan modal ventura asal Jepang yang melakukan ekspansi di Indonesia. Cyberagent Venture bersama dengan East Ventures merupakan perusahaan yang memberikan suntikan dananya untuk e-commerce Tokopedia.

Kegiatan Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura atau venture capital company adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan atau pemberian modal ke suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.

Modal yang diberikan dalam bentuk saham (equity participation), pembelian obligasi konversi (quasi equity participation), pembelian surat utang yang diterbitkan pada tahap rintisan awal (start–up) dan/atau pengembangan usaha, dan/atau pembiayaan usaha produktif.

Perusahaan modal ventura juga diperbolehkan melaksanakan kegiatan usaha lain yang berbentuk kegiatan jasa berbasis fee ataupun kegiatan usaha lain yang sesuai dan dengan persetujuan OJK.

Sasaran Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura seperti yang telah dijelaskan di atas, akan memberikan uangnya sebagai modal kepada bisnis startup yang dianggap memiliki potensi bagus terutama dalam pengembangan bisnis.

Perusahaan modal ventura cenderung selektif dalam memilih perusahaan yang akan menjadi target investasi. Biasanya hanya akan memberikan modal kepada industri dengan pertumbuhan yang tinggi dengan risiko bisnis yang juga jauh lebih tinggi.

Sebuah penelitian yang berasal dari US Small Business Administration, mengungkapkan bahwa bisnis yang berhasil mendapat pendanaan dari modal ventura kurang dari 0,1%.

Hanya sebagian kecil bisnis yang telah melewati tahap startup dan dapat menunjukkan produk atau layanan yang layak untuk menjadi penerima modal ventura. Karena kapitalis ventura tidak tertarik pada bisnis ritel kecil dan hanya memilih bisnis dengan pengembalian besar dari investasinya.

pengertian usaha modal ventura

Badan Hukum Modal Ventura

Menurut Pasal 2 ayat (1) POJK 34/2015, perusahaan modal ventura merupakan perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan usaha modal ventura, pengelolaan dana ventura, kegiatan jasa berbasis fee dan kegiatan usaha lain yang memiliki persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Di mana, perusahaan ini diperbolehkan mendirikan perusahaan modal venturanya dalam bentuk PT, Koperasi ataupun CV.

Berdasarkan Pasal 2 ayat (5) POJK 34/2015 yang menyebutkan bahwa perusahaan modal ventura dengan bentuk badan usaha perseroan komanditer paling banyak didirikan oleh 25 pesero.

Sedangkan, kepemilikan saham perusahaan yang berbentuk koperasi diharuskan mengikuti ketentuan perundang-undangan di bidang perkoperasian. Hal ini juga berlaku untuk kepemilikan saham perusahaan modal yang tercatat di bursa efek dan harus mengikuti ketentuan pasar modal.

Perusahaan modal ventura juga bisa dalam bentuk syariah dengan sistem sebagai badan usaha dengan kegiatan usaha modal ventura syariah, pengelolaan dana ventura dan kegiatan usaha lain dengan persetujuan OJK yang seluruh kegiatannya dilaksanakan berdasarkan prinsip Syariah.

Izin Usaha untuk Mendirikan Perusahaan Modal Ventura

Pasal 3 POJK 34/2015 menjelaskan bahwa izin usaha untuk perusahaan modal ventura telah dikeluarkan oleh OJK dan permohonan izin tersebut harus diajukan kepada direksi kepada OJK dengan melampirkan beberapa dokumen seperti:

  1. Akta pendirian badan usaha yang telah disahkan atau didaftarkan pada instansi yang berwenang serta perubahan anggaran dasar terakhir apabila ada yang disertai bukti pengesahan, persetujuan, surat penerimaan pemberitahuan, dan/atau pendaftaran dari instansi berwenang
  2. Daftar kepemilikan berupa:
    • daftar pemegang saham beserta rincian besarnya masing-masing kepemilikan saham
    • daftar anggota beserta jumlah simpanan pokok dan simpanan wajib bagi perusahaan modal ventura yang berbentuk koperasi
    • daftar pesero beserta dengan jumlah modal yang disetorkan untuk perusahaan modal ventura berbentuk perseroan komanditer atau CV
  1. Data anggota direksi, anggota dewan komisaris dan apabila ada anggota dewan pengawas syariah
  2. Data anggota atau pemegang saham
  3. Fotokopi bukti pelunasan dan fotokopi bukti penempatan modal yang disetor dalam bentuk deposito berjangka atas nama PMV atau PMV Syariah pada salah satu bank di Indonesia yang masih berlaku selama dalam proses pengajuan izin usaha
  4. Bukti kesiapan operasional
  5. Rencana kerja untuk 5 tahun pertama
  6. Fotokopi perjanjian kerja sama dengan pihak asing bagi perusahaan modal ventura yang di dalamnya terdapat keikutsertaan dari badan usaha atau lembaga asing
  7. Pedoman organisasi yang dilengkapi dengan susunan personalia, uraian tugas, wewenang, prosedur kerja serta tanggung jawabnya
  8. Pedoman pelaksanaan program anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan untuk aksi terorisme
  9. Pedoman untuk tata kelola perusahaan yang baik bagi perusahaan
  10. Bukti pelunasan pembayaran biaya perizinan untuk pemberian izin usaha

Ketentuan Permodalan Perusahaan Modal Ventura

Berdasarkan Pasal 9 ayat (1) POJK 34/2015, pendirian perusahaan modal ventura harus memenuhi kebutuhan permodalan sesuai dengan jenis badan usaha yang dipilih.

Badan hukum PT atau Perseroan Terbatas harus menyetorkan modal minimal Rp 50 miliar, koperasi paling sedikit Rp 25 miliar dan perseroan komanditer atau CV minimal Rp 25 miliar.

Biaya tersebut harus disetor tunai dan penuh dalam bentuk deposito berjangka atas nama perusahaan modal ventura kepada bank umum atau bank umum syariah di Indonesia.

Total kepemilikan asing dalam perusahaan modal ventura berbentuk badan hukum perseroan terbatas, baik yang langsung maupun tidak langsung paling tinggi hanya sebesar 85% dari jumlah modal yang telah disetor.

Demikian pembahasan mengenai usaha usaha modal ventura. Maksimalkan sistem akuntansi perusahaan dan manfaatkan fitur aplikasi pajak online.

Kategori : BisnisStartup

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo