Mentor Bisnis Perusahaan: Apakah Perlu?

Memiliki mentor bisnis merupakan sebuah keharusan bagi setiap pebisnis, apalagi pebisnis pemula yang baru memulai menapaki jalan bisnis yang berliku-liku.

Dengan memiliki setidaknya satu orang mentor bisnis, jalan menuju kesuksesan dapat kita tempuh dengan lebih cepat.

Pertanyaannya, apakah perusahaan juga memerlukan mentor bisnis?

Apa Arti Mentor?

Mentor adalah seseorang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan terhadap sebuah bidang keilmuan tertentu.

Kemudian kombinasi dari pengalaman dan pengetahuan tersebut berubah menjadi sebuah kebijaksanaan yang dapat membimbing orang lain yang lebih pemula untuk bisa berkembang dan berproses dengan lebih pesat, serta dengan langkah yang tepat.

mentor bisnis perusahaan

Mentor juga dapat diartikan sebagai sosok yang telah lama menggeluti sebuah bidang tertentu, dan terbukti berhasil meraih kesuksesan dari aktivitas apapun yang sudah dilakukan pada bidang tersebut.

Oleh karena itu, orang tersebut dipercaya untuk menjadi seorang guru yang mampu membagikan sebagian ilmunya untuk melatih serta mendorong orang yang baru saja memasuki suatu bidang dan masih minim akan pengalaman.

Sementara itu, hubungan antara seorang mentor dengan orang lain yang didukungnya disebut dengan istilah mentoring.

Lebih tepatnya, mentoring adalah sebuah hubungan antara seseorang yang berpengalaman dengan orang lain yang masih membutuhkan dukungan, motivasi, dan dorongan agar mampu mencapai sebuah keberhasilan dan kesuksesan.

Ciri Mentor Hebat yang Perlu Diketahui

Seperti yang sempat disinggung sedikit sebelumnya, mencari seorang mentor tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, memilih mentor yang salah malah mampu menjerumuskanmu dan menjauhkan jalan kesuksesan yang sebenarnya sangat mungkin untuk diraih. Oleh karena itu, kamu perlu memahami tentang ciri seorang mentor yang hebat dan layak untuk dipilih berikut ini.

  • Memberi Ruang untuk Belajar dari Kesalahan

Seperti yang kamu tahu, melalui pengalaman, seseorang akan lebih mampu memahami suatu hal secara nyata. Hal inilah yang dipahami oleh seorang mentor andal dan tak sekadar mencegah seseorang untuk melakukan kesalahan sebagai bagian untuk berproses dan belajar.

  • Tak Merasa Dirinya Sebagai Pahlawan

Meskipun secara ilmu dan pengalaman jauh lebih tinggi, seorang mentor tidak akan menganggap dirinya lebih hebat dari kamu. Hal ini mungkin saja terjadi karena mentor hebat memahami bahwa tugas seorang pembimbing adalah untuk memberikan saran dan mengarahkan.

  • Hanya Bertugas Sebagai Pendamping dan Pemberi Masukan

Pada proses mentoring, seorang guru tidak akan langsung memberi solusi pada setiap masalah yang sedang kamu hadapi. Ada kalanya ia akan memberikan ruang bagi kamu untuk berusaha menyelesaikan suatu masalah sendiri sembari mendampingi dan memberi masukan jika diperlukan.

Sebab, dengan cara seperti ini, kamu baru bisa berkembang dan menjadi individu yang lebih berkualitas dari sebelumnya.

Tips Mentoring Hasil Maksimal

Lantas, bagaimana cara agar proses mentoring dapat berlangsung dan memberikan hasil yang lebih optimal?

Pertama, kamu tentu harus bisa bersedia menerima kritik dan arahan secara terbuka. Jika terlalu sering membantah, apalagi menolak mentah-mentah masukan yang diberikan, selain tidak ada ilmu yang bisa didapatkan, relasi dengan mentor pun akan memburuk.

Ibarat seorang pelatih sepak bola yang berteriak untuk memberi arahan kepada para pemainnya agar mampu meraih kemenangan, mentor juga melakukan hal yang sama agar kamu bisa mencapai kesuksesan.

Tidak hanya berlaku pada proses mentoring, sikap terbuka pada kritik dan masukan sebenarnya amat penting untuk dipraktikkan di hampir semua situasi.

Tips lainnya, kamu perlu memiliki komitmen tinggi dalam menjalani proses mentoring. Perlu dipahami jika tidak ada satupun proses belajar yang dapat dipetik hasilnya secara instan tanpa perjuangan.

Selain memakan waktu yang relatif lama, proses mentoring juga seringkali membutuhkan tenaga serta biaya yang tidak sedikit.

5 Alasan Mentor Bisnis Perusahaan itu Penting

Mentor seringkali dicari oleh pebisnis pemula agar bisa mendapatkan bimbingan dan bantuan dari seseorang yang memiliki lebih banyak pengalaman. Peran seorang mentor dalam menjalani sebuah usaha sudah terbukti dengan banyaknya miliarder dunia yang berhasil meraih kesuksesan akibat arahan dari guru tersebut.

Selain itu, ada 5 alasan lain yang membuat berbisnis membutuhkan seorang mentor agar bisa sukses, seperti:

  • Memeroleh Pembelajaran Nyata

Semua orang pasti setuju jika salah satu aset paling berharga yang dimiliki oleh seseorang adalah pengalaman.

Daripada harus menunggu mengalami sendiri sebuah pengalaman dan mendapatkan pelajaran dengan cara yang berat, alangkah baiknya jika kamu mencari pengalaman, pengetahuan, saran, dan cara mengatasi sebuah kesalahan dari seorang mentor.

Dengan begitu, kamu akan lebih mampu untuk mengembangkan bisnis dengan lebih pesat dan kuat.

  • Peluang untuk Sukses Jauh Lebih Besar

Berdasarkan hasil penelitian dan survei, memiliki mentor dapat meningkatkan peluang seseorang meraih kesuksesan. Bahkan, riset Sage menguak fakta bahwa 93 persen founder startup mengaku mendapatkan pengaruh positif dari para mentornya.

Hal ini tentu tidak lagi mengherankan karena peran mentor mampu memberikan arahan, nasihat, dan koneksi sebagai batu loncatan menuju keberhasilan.

  • Memperluas Relasi dan Jaringan Bisnis

Kebanyakan investor umumnya akan memercayai perusahaan startup yang direkomendasikan oleh relasinya. Karena sudah terbukti andal di bidangnya, seorang mentor tentu memiliki jaringan koneksi yang luas dan mampu menunjang kariermu.

Nah, jika bisnis yang sedang kamu jalankan terlihat menjanjikan, bukan tidak mungkin mentormu akan mengenalkan investor untuk menyuntikkan dana dan mengembangkannya.

  • Menghilangkan Keraguan atau Rasa Takut Gagal

Seorang yang baru terjun di dunia bisnis pasti sering merasakan kekalutan, keraguan, dan rasa takut gagal.

Dengan memiliki seorang mentor, kamu akan lebih mampu untuk mendapatkan arahan tentang bagaimana cara mengatasi perasaan tersebut dan memberikan keyakinan untuk sukses melalui pengalaman yang mereka miliki.

Tak sedikit pula pengusaha pemula yang langsung merasa depresi ketika bisnisnya tak mampu mencapai target atau ekspektasi mereka.

Sebagai orang yang telah merasakan asam manis sebuah bisnis, mentor pasti akan mampu memberikan nasihat untuk menenangkanmu.

  • Mendorongmu untuk Terus Berusaha

Data menyebutkan bahwa 30 persen usaha baru tidak mampu bertahan di 24 bulan pertama.

Sedangkan 50 persen bisnis akan gulung tikar sebelum menginjak tahun kelima. Namun, bisnis yang mendapatkan arahan dari mentor umumnya bisa bertahan hingga 5 tahun lebih.

Jadi, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis Perusahaan?

Setelah mengetahui pentingnya memiliki mentor tersebut, pasti muncul pertanyaan di benakmu, bagaimana cara mendapatkan seorang mentor?

Umumnya, kamu dapat berkenalan melalui pelatihan atau pendidikan pada bidang yang ingin kamu pelajari.

Ada banyak lembaga terpercaya yang menawarkan pelatihan dari mentor ternama dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Nah, dari sinilah kamu mampu mendapatkan seorang mentor sebagai pembimbing menuju jalan kesuksesan.

  • Belajar Dari Kesuksesannya

Memiliki bisnis yang sukses tentu tidak semudah kelihatannya. Jika anda memiliki mentor bisnis perusahaan, anda bisa belajar dari pengalamannya, kiat-kiat yang ia lakukan untuk sukses, dan bahkan sampai dengan kesehariannya yang bisa saja anda tiru.

Ingat, sukses berawal dari sesuatu yang sangat kecil, sekecil keseharian seseorang. Belajarlah dari hal-hal kecil yang ia lakukan.

  • Mengetahui Lubang, Dan Menghindarinya

Mentor bisnis adalah seorang yang sudah berpengalaman di bidangnya. Semua rintangan dan tantangan telah berhasil ia lewati sampai akhirnya ia berada di posisi yang sekarang ini.

Dengan memiliki mentor bisnis perusahaan, kita dapat belajar dari kesalahan ataupun kegagalan mentor kita di masa lampau. Dari situ, kita bisa memetik pelajaran dan menghindarkan bisnis kita dari permasalahan serupa.

  • Menemukan Jalan Pintas

Bayangkan anda berada di pedalaman yang asing. Anda diminta untuk pergi ke suatu tujuan tertentu.

Tentu anda akan menghabiskan banyak waktu untuk bertanya sana-sini demi sampai tujuan, karena di pedalaman tersebut tidak tersedia sinyal internet untuk mengakses navigasi.

Nah, sekarang bayangkan bahwa mentor bisnis kita adalah seorang yang sudah sangat mengenal daerah tersebut. Belum lagi, ia adalah orang yang mengenal jalan pintas. Jika anda bersamanya, anda akan tiba di lokasi tujuan lebih cepat.

Nah, itulah kira-kira manfaat dari memiliki mentor bisnis khusus untuk perusahaan. Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan mentor bisnis? Kebanyakan dari kita kesulitan untuk menemukan mentor bisnis yang sesuai dengan bisnis kita.

Jawabannya adalah, perbanyak berkumpul dengan lingkungan pebisnis dan pemilik usaha atau perusahaan. Itu akan meningkatkan probabilita kita untuk bertemu mentor bisnis perusahaan kita lebih cepat!!!

Dan jika ingin masuk ke dalam lingkungan para pebisnis, ada baiknya anda bergabung ke dalam sebuah komunitas bisnis.

Selain Mentor Perusahaan, Tingkatkan Kinerja Aplikasi Perkantoran Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari adalah program akuntansi dengan kemampuan dan fitur lengkap termasuk fitur aplikasi stok gudang yang sangat diperlukan oleh perusahaan.

Yuk, coba Jurnal selama 14 hari, free trial!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo