Search Engine Marketing atau yang biasa disingkat SEM beberapa tahun terakhir ini menjadi sangat populer di kalangan pebisnis online. Bagi para pebisnis yang baru terjun di dunia online istilah ini mungkin masih terdengar asing. Belum lagi istilah Search Engine Optimization (SEO) yang sering didengungkan oleh para marketer untuk mengembangkan sebuah usaha atau bisnis. Pada awalnya, istilah Search Engine Marketing digunakan untuk SEO dan aktivitas pencarian online berbayar atau paid search.

Namun seiring berjalannya waktu, industri internet kemudian mengadopsi istilah SEM secara khusus untuk menunjuk kepada pencarian berbayar saja. Search Engine Marketing dapat membuka peluang untuk mengembangkan sebuah bisnis dengan dengan iklan yang lebih efektif saat konsumen mencari produk atau jasa yang spesifik. Bagi para pebisnis online, kampanye SEM yang tepat dapat menciptakan traffic tertarget yang muncul di atas hasil pencarian organik.

Hingga saat ini, sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan para pebisnis melakukan riset untuk masalah yang sedang mereka hadapi, kemungkinan pembelian atau penjualan dan vendor online menggunakan mesin pencari atau search engine di dalam prosesnya. Semakin tinggi harga jual produk atau jasa yang ditawarkan, maka akan semakin awal mereka melakukan riset sebelum peluncurannya. Bagi kebanyakan bisnis, mendapatkan beberapa tambahan prospek konsumen yang serius akan meningkatkan omzet dan pendapatan. Jika Anda belajar menggunakan Search Engine Marketing dengan efektif, maka Anda akan mendapatkan tambahan pelanggan berkualitas secara lebih efisien.

 

Pengertian Search Engine Marketing

Memahami Pentingnya Search Engine Marketing (SEM)SEM merupakan suatu aktivitas marketing yang menggunakan iklan berbayar dan akan muncul pada mesin pencari atau search engine seperti Google. Search Engine Marketing  merupakan satu dari sekian banyak metode yang dapat digunakan di dalam internet marketing. Jika digunakan dengan baik dan benar, Search Engine Marketing dapat membantu bisnis untuk berkembang pesat di era digital yang semakin hari semakin kompetitif. Banyaknya bisnis di luar sana yang berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian dari audiens yang berada pada niche yang sama, membuat persaingan di dunia online menjadi sangat ketat.

Secara singkat, Search Engine Marketing dapat diartikan sebagai suatu kegiatan membeli traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google. Seorang marketer dapat melakukan bidding terhadap keyword yang mereka inginkan, dengan harapan bahwa setiap orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut, akan memilih website atau iklan mereka. Terdapat bermacam format dalam Search Engine Marketing, diantaranya adalah format berbentuk teks, dan Product Listing Ads/Shopping ads (PLAs) yang berbentuk produk, harga, review, dan rating yang bersifat visual. Search Engine Marketing dalam format teks biasanya menggunakan Google Adwords, Bing, serta Yahoo Gemini.

 

Manfaat Search Engine Marketing

Memahami Pentingnya Search Engine Marketing (SEM)Investasi untuk iklan berbayar dapat memastikan sebuah bisnis tampil di tempat yang tepat pada saat yang tepat. Search Engine Marketing dapat menghasilkan hasil yang cepat dengan cara men-target audience yang sudah tertarik dengan produk, informasi atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Dengan begitu, hal tersebut dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi pemilik bisnis online dalam menghadapi perusahaan yang lebih mapan serta dapat memberikan keuntungan investasi yang besar. Investasi untuk melakukan kampanye Search Engine Marketing mudah dikontrol untuk disesuaikan dengan budget atau jangka waktu tertentu. Hal ini merupakan salah satu strategi yang fleksibel dan murah sebuah bisnis. SEM jelas sekali sangat menguntungkan bagi para pebisnis untuk mendapatkan pelanggan baru.

Ada beberapa platform yang menawarkan Search Engine Marketing. Google AdWords merupakan salah satu platform yang paling populer digunakan untuk search engine marketing. Selain itu, para search marketer juga menggunakan Bing Ads, yang menjadi porsi mayoritas iklan di Yahoo. Ada juga platform PPC yang disebut-sebut sebagai Kelas Kedua dan pilihan-pilihan jasa iklan PPC di jaringan social media terbesar.

 

Dasar-Dasar Search Engine Marketing

Memahami Pentingnya Search Engine Marketing (SEM)Ada beberapa hal pokok yang menjadi dasar strategi Search Engine Marketing, yaitu riset keyword dan pengelompokan keyword. Riset keyword sangat penting untuk dilakukan sebelum menentukan kata kunci mana yang akan digunakan untuk strategi SEM. Langkah-langkah untuk melakukan riset keyword adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan identifikasi dan membuat list yang berisi kata kunci yang relevan dengan bisnis, dan yang mungkin digunakan oleh pelanggan ketika mencari produk Anda.
  2. Ketika melakukan riset keyword, Anda juga dapat menambahkan kata kunci yang berpotensi untuk melakukan pembelian seperti beli, diskon, kupon, promo, dan kata kunci lainnya yang memiliki intensi pembelian.

Setelah mendapatkan daftar kata kunci yang potensial dari riset keyword, langkah selanjutnya adalah membuat struktur kampanye dengan mengelompokkan kata kunci ke dalam beberapa kategori. Dalam membuat strategi SEM, Anda tidak boleh sembarangan dalam mendaftarkan keyword untuk iklan di hasil pencarian. Namun Anda harus mengelompokkan kata kunci dalam kategori tertentu. Misalnya, Anda memiliki toko online pakaian yang menjual berbagai macam pakaian seperti baju, celana, jaket, hingga topi. Maka Anda harus membuat kategori berdasarkan jenis produk Anda. Setiap kelompok kata kunci tersebut, Anda dapat masukkan kata kunci yang masih relevan. Misalnya, di kelompok kata kunci celana, ada beberapa kata kunci seperti celana panjang, celana jeans, celana jeans pria, celana jeans wanita, dan lain sebagainya.

 

Cara Menggunakan Search Engine Marketing

Memahami Pentingnya Search Engine Marketing (SEM)Di dalam Search Engine Marketing, Anda harus fokus untuk mendorong lebih banyak traffic ke area tertentu dalam website yang menjadi target. Search Engine Marketing digunakan untuk:

  1. Menciptakan lead baru  atau calon konsumen.
  2. Menjual suatu produk.
  3. Membangun merk atau brand tertentu.
  4. Mengalihkan traffic dari pihak pesaing atau kompetitor.

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus memastikan segala hal yang berhubungan dengan bisnis telah Anda kuasai dengan baik. Dengan begitu, bisnis dapat dikelola dan berjalan dengan lancar, dapat menghasilkan keuntungan dan mencapai target. Ada berbagai strategi bisnis yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda, salah satunya adalah SEM. Selain itu, Anda juga dituntut untuk memiliki sistem pengelolaan keuangan bisnis yang baik.

Oleh karena itu, sebaiknya daftarkan bisnis Anda pada software akuntansi Jurnal sekarang juga! Jurnal hadir untuk memberikan kemudahan bagi para pebisnis dan sangat cocok untuk UKM di Indonesia. Bagaimana tidak, Jurnal telah dirancang khusus dengan fitur-fitur terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Software akuntansi online Jurnal telah dirancang untuk memudahkan Anda dalam mencatat pembukuan keuangan. Meskipun Anda belum atau bahkan tidak pernah belajar ilmu akuntansi sekalipun. Jurnal dapat Anda digunakan melalui komputer atau laptop jenis apapun yang memiliki browser dan koneksi internet. Termasuk juga iPad, iPhone, handphone Android, Tablet, dan smartphone lainnya. agar prosesnya lebih mudah dan lancar, sebaiknya Anda menggunakan memakai koneksi Internet yang cepat, stabil, dan aman. Sehingga Anda akan merasakan pengalaman layanan yang terbaik.