Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Contoh Lembaga Keuangan Bank dan Bukan Bank Serta Fungsi dan Tujuannya

Tayang 12 Feb 2022
Diperbarui 17 Oktober 2023

Lembaga keuangan adalah suatu lembaga yang aktivitas sehari-harinya menlayani jasa di bidang keuangan, yaitu sebagai perantara (intermediasi) dari pihak yang mempunyai dana (surplus) kepada pihak yang defisit dana baik sektor rumah tangga, pemerintah ,maupun swasta.

“Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 792 Tahun 1990, lembaga keuangan diberi batasan sebagai semua badan yang kegiatan utamanya dalam bidang keuangan, melakukan penghimpunan dana, penyalur dana kepada masyarakat dan terutama guna membiayai investasi perusahaan. Namun tidak berarti hanya membatasi pada investasi perusahaan saja. Pada kenyataanya kegiatan pembiayaan lembaga keuangan diperuntukkan bagi invstasi, kegiatan konsumsi serta distribusi barang dan jasa. “

Lembaga keuangan atau sering disebut sebagai lembaga intermediasai, berdasarkan kemampuannya menghimpun dana dari masyarakat secara langsung maka dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu lembaga keuangan depositori (depository financial institution) dan lembaga keuangan non depositori (non depository financial institution).

Jenis jenis lembaga keuangan lengkap

Pengertian Lembaga Keuangan Bank (Depository financial institution)

Pengertian Lembaga keuangan ini kegiatannya menghimpun dan dana secara langsung dari masyarakat dalam bentuk simpanan (deposits) contohnya : deposito, giro, tabungan. Lembaga yang menawarkan jasa-jasa seperti ini adalah bank.

Berdasarkan fungsinya, bank dibedakan menjadi 3 yaitu bank sentral, bank umum dan bank perkreditan rakyat. Berikut ini penjelasanyya:

Bank Sentral

Bank sentral adalah bank yang memegang fungsi sebagai bank sirkulasi, lender of the last resort dan bankers bank pada suatu negara. Bank Indonesia merupakan bank sentral bagi Negara Indonesia, dalam pelayannya lebih banyak kepada pihak pemerintah dan pihak lembaga perbankan.

Apa tujuan utama dari bank sentral ? Bank Indonesia sebagai bank sentral bertujuan untuk mencapai serta memelihara kestabilan nilai rupiah.

Upaya bank sentral untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem devisa serta mengatur dan mengawasi bank.

Bank Umum

Bank umum adalah bank yang tugasnya melayani seluruh jasa-jasa perbankan dan melayani segenap lapisan masyarakat, baik bagi masyarakat perorangan atau lembaga-lembaga lainnya.

Bank umum dikenal juga dengan nama bank komersil. Bank umum dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu:

Bank umum devisa, melayani jasa yang berhubungan dengan seluruh mata uang asing.
Bank umum non devisa, tidak melayani jasa yang berhubungan dengan mata uang asing.
Bank perkreditan rakyat (BPR) adalah bank yang secara khusus melayani masyarakat kecil contohnya di pedesaan. Sejarah bank perkreditan rakyat adalah berawal dari bank desa, bank pegawaim lumbung desa dan bank lain yang kemudian dilebur menjadi BPR (Bank perkreditan rakyat).

Jenis produk yang ditawarkan oleh BPR relative sempit bila dibandingkan dengan bank umum. Bahkan da beberapa jenis jasa bank, yang tidak boleh diselenggarakan oleh BPR, contohnya pembukaan rekening giro dan ikut kliring.

Pengertian Lembaga Keuangan Non Bank (Non depository financial institution)

Lembaga Keuangan Non Bank adalah semua badan yang aktivitasnya di bidang keuangan, yang secara langsung ataupun tidak langsung melakukan kegiatan menghimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan surat berharga dan menyalurkan kepada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan.

Apakah tujuan awal dari lembaga keuangan ? Lembaga keuangan sudah berkembang sejak tahun 1972 yang tujuannya mendorong perkembangan pasar modal dan membantu permodalan perusahaan-perusahaan ekonomi yang lemah.

Lembaga keuangan non bank atau juga disebut sebagai Lembaga keuangan non depositori dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu :

Lembaga keuangan kontraktual (contractual institutions) yaitu dengan menarik dana dari masyarakat dengan menawarkan kontrak. Contohnya polis asuransi dan prohram dana pensiun.
Lembaga keuangan investasi (investment institution), contohnya perusahaan efek, reksa dana.
Lembaga keuangan pembiayaan adalah lembaga yang menawarkan jasa pembiayaan sewa guna usaha, pembiayaan konsumen dan kartu kredit. Contohnya perusahaan modal ventura dan perusahaan pembiayaan (finance company).

Jenis Jenis Lembaga Keuangan di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis lembaga keuangan diantaranya:

Pasar Modal

Pasar modal adalah tempat pertemuan dan melakukan transaksi antara pihak pencari dana (emiten) dengan pemilik dana/penanam modal (investor). Dalam pasar modal yang diperjualbelikan adalah jenis efek seperti saham dan obligasi. Jika diukur dari waktu modal yang diperjual belikan merupakan modal jangka panjang.

Pasar Uang

Pasar uang adalah temapt memperoleh dana dan investasi dana, hampir sama dengan pasar modal. Bedanya adalah modal yang ditawarkan dalam pasar uang berjangka waktu pendek dan di pasar modal berjangka waktu panjang. Dalam pasa uang, transaksi banyak dilakukan dengan media elektronik sehingga kedua belah pihak / nasabah tidak perlu datang langsung.

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang kegiatannya menghimpun dana dari para anggotanya dan kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada para anggota dan masyarakat umum.

Perusahaan Pegadaian

Perusahaan pegadaian adalah lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu milik nasabah. Jaminan tersebut digadaikan yang kemudian ditaksir nilainya oleh pihak pegadaian untuk menentukan jumlah pinajaman.  Untuk sementara ini, usaha pegadaian masih dilakukan oleh pemerintah.

Perusahaan Sewa Guna (Leasing)

Perusahaan leasing adalah bidang usaha yang menekankan kepada pembiayaan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabahnya. Contohnya, seseorang ingin membeli sepeda motor secara kredit, maka kebutuhan ini pembayarannya dapat di tutup oleh perusahaan leasing.

Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah lembaga keuangan yang bergerak dalam usaha pertanggungan. Setiap nasabah akan dikenakan polis asuransi akan menanggung kerugian/resiko yang harus dibayar dan diterimanya. Besarnya polis asuransi akan mempengaruhi klaim yang akan diterima.

Perusahaan Anjak Piutang (factoring)

Perusahaan anjak piutang adalah perusahaan yang usahanya mengambil alih pembayaran kredit suatu perusahaan. Pengambilan kredit dilakukan dengan cara mengambil kredit bermasalah perusahaan lain dan dapat juga mengelola penjualan kredit perusahaan yang membutuhkan.

Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan Modal Ventura adalah perusahaan yang usaha utamanya mengendung resiko tinggi. Usahanya lebih banyak memberikan pembiayaan dalam bentuk kredit dan tanpa jaminan yang umumnya tidak dilayani oleh lembaga keuangan lain,

Selama ini sistem kredit dengan jaminan dirasa sangat menyulitkan, menghambat dan memberatkan nasabah untuk memperoleh modal.

Dana Pensiun

Perusahaan dana pensiun adalah perusahaan yang kegiatan utamany adalah pengelolaan dana pensiun pada suatu perusahaan. Dana pensiun diperoleh dari iuran yang dipotong dari gaji karyawan. Kemudian dana yang telah terkumpul selanjutnya diusahakan dengan menginvestasikannya ke sektor-sektor yang dapat menguntungkan perusahaan.

Perusahaan kartu plastik

Perusahaan kartu plastik adalah perusahaan yang menerbitkan kartu plastik/kartu kredit. Lalu apa fungsinya ? Fungsinya digunakan untuk sebagai pengganti uang tunai untuk menggunakan bank.

Atur Keuangan Lembaga Keuangan dengan Jurnal by Mekari

Jurnal.id merupakan aplikasi keuangan online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah aplikasi akuntansi Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Demikianlah pembahasan mengenai Jenis Lembaga Keuangan Bank dan Bukan Bank Beserta Fungsi dan Tujuannya. Semoga bermanfaat

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal