Keuntungan jadi Reseller dalam Bisnis yang Menguntungkan

Keuntungan jadi reseller kini bisa didapatkan oleh para pemilik usaha dan beberapa konsumennya, sama-sama untung seperti referral.

Untuk saat ini tentunya anda sudah tidak heran lagi ketika semua bisnis bisa dijalankan secara online secara fleksibel dirumah. Catatan penting untuk tetap bisa menjalankan usaha online harus didukung dengan jaringan internet.

Saat ini juga banyak dari kalangan pemilik usaha yang memanfaatkan juga platform media sosial sebagai salah satu alat untuk melakukan pemasaran dari sebuah produk atau barang.

Tidak sedikit juga dari kalangan masyarakat yang lebih memilih mempunyai toko sendiri dan menjadi reseller. Sebagian dari masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan menjadi reseller.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai beberapa keuntungan jadi reseller yang harus anda ketahui. Untuk anda yang penasaran dengan beberapa keuntungan tersebut bisa langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

keuntungan jadi reseller

Pengertian Reseller 

Banyak orang yang sudah mengerti bahwa istilah kata reseller ini berasal dari bahasa inggris. Untuk kata “Re” mempunyai arti sebagai “kembali” atau “berulang”.

Sedangkan untuk kata-kata “seller” mempunyai arti sebagai penjual. Secara sederhana dari kata reseller ini mempunyai arti sebagai penjual yang menjual lagi beberapa produk dari para produsen maupun supplier.

Sedangkan, untuk pengertian reseller secara rinci adalah sebagai salah satu usaha yang dimiliki oleh seseorang untuk membeli produk dari para produsen dan akan diperjualbelikan secara ulang oleh konsumen. Bisnis yang berada di dalam ritel ini juga berada di sektor yang banyak dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat.

Pada saat proses penjualan kembali beberapa produk ini akan terjadi kenaikan harga yang lebih tinggi yang sudah disesuaikan, biasanya usaha yang besar sudah terbiasa dengan menggunakan aplikasi inventory dan aplikasi invoice untuk memudahkan bisnis online mereka, termasuk untuk para refferal, affiliate dan reseller. Untuk istilah yang satu ini sering disebut dengan mark up, proses mark up ini bisa dimulai dari pihak produsen, pedagang grosir, eceran sampai dengan konsumen di paling akhir.

Semua orang yang ada ada di dalam rantai penjualan ini akan mendapatkan keuntungan jadi reseller. Salah satu keuntungan yang sangat menonjol adalah tidak perlu membutuhkan modal besar, ketika akan memulai usaha atau penjualan produk.

Untuk sistem yang dipergunakan di dalam jenis ini adalah anda bisa mengambil produk dari mana saja secara bebas. Selain itu, untuk anda yang ingin mengambil di beberapa reseller lain juga diperbolehkan.

Untuk mendapatkan keuntungan jadi reseller ini terbilang sangat mudah dan tidak rumit. Selama anda mempunyai modal untuk membeli stok produk, anda sudah bisa langsung menjadi seorang reseller. Setelah anda mempunyai beberapa stok produk, langkah yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah melakukan kegiatan promosi.

Ketika membicarakan mengenai toko online, berarti anda bisa melakukan kegiatan promosi dengan melakukan pemotretan. Proses pemotretan sudah selesai anda bisa langsung membagikan beberapa informasi mengenai produk tersebut di beberapa media yang banyak dipergunakan oleh kalangan masyarakat.

Ada beberapa media sosial yang banyak dipergunakan oleh kalangan masyarakat, misalnya facebook dan instagram. Untuk sekarang dengan menggunakan beberapa media sosial ini dianggap sangat efektif untuk mendapatkan keuntungan jadi reseller.

Sedangkan untuk anda yang ingin menggunakan beberapa kanal lainnya, juga bisa dilakukan pada saat melakukan kegiatan promosi produk. Usahakan semua kegiatan promosi bisa berjalan secara lancar agar mendapatkan keuntungan jadi reseller secara lebih efektif lagi.

keuntungan jadi reseller

Ciri-Ciri Reseller 

Pada saat sebelum menjadi seorang reseller, anda juga harus memahami terlebih dahulu mengenai beberapa ciri-ciri reseller. Untuk beberapa ciri-ciri yang harus anda ketahui yaitu:

  • Supaya mendapatkan keuntungan jadi reseller secara cepat anda harus mempunyai modal awal yang cukup besar. Semua modal yang anda miliki ini berfungsi untuk membeli barang yang akan anda jual kembali.
  • Pada saat akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, para reseller bisa melakukan pembelian produk secara langsung terhadap para produsen. Tentu saja, ketika anda membeli langsung terhadap produsen akan mendapatkan harga yang berbeda dengan pembeli lainnya.
  • Ketika akan membeli barang bisa langsung membeli barang atau produk langsung dengan jumlah yang banyak. Tanpa disadari pada saat membeli barang dengan jumlah yang sangat banyak ini akan memberikan selisih harga besar. Untuk jumlah selisih harga yang anda dapatkan ini tentunya bisa menjadi salah satu ciri mendapatkan keuntungan jadi reseller.
  • Di saat anda akan mempunyai stok barang dagangan yang banyak lebih baik menggunakan bantuan dari aplikasi inventory dan aplikasi invoice yang dimiliki oleh Jurnal by Mekari. Pada saat anda menggunakan kedua aplikasi tersebut, pasti akan membantu dalam proses pendataan. ‘
  • Harus mempunyai strategi penjualan yang diterapkan secara langsung. Maksud dari ciri yang satu ini adalah anda bisa langsung menawarkan produk atau barang terhadap konsumen secara langsung.Selain itu, untuk anda yang tidak bisa menawarkan dengan menggunakan kata-kata bisa memanfaatkan teknologi secara online. Maksud dari teknologi secara online adalah menggunakan beberapa media sosial dan beberapa halaman lainnya.
  • Pada saat semua barang dagangan sudah didapatkan, anda bisa menentukan harga sesuai dengan keinginan. Ketika anda menetapkan harga tinggi, pasti anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Sebaliknya ketika anda menentukan harga yang tidak jauh dengan awal pembelian, maka untuk keuntungan tidak terlalu besar.

Semua barang yang anda miliki ini tidak terlalu laku dan diminati oleh kalangan masyarakat, akan memberikan risiko yang sangat tinggi. Biasanya hal tersebut bisa terjadi karena para penjual tidak melakukan riset barang apa saja yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

Selain itu, dengan hal tersebut juga akan memberikan dampak buruk terhadap keuntungan jadi reseller. Parahnya lagi dengan kejadian ini juga akan memberikan dampak buruk terhadap toko yang sudah anda bangun. Banyak dari para usaha yang sedang mengalami permasalahan tersebut, akan mengalami bangkrut.

  • Satu toko yang dimiliki oleh seorang reseller ini tentunya tidak hanya menjual satu produk saja. Pasti juga banyak beberapa produk yang bisa diperjualbelikan di dalam toko tersebut.

Tentu saja untuk semua barang-barang yang akan di jual di dalam toko tersebut akan berbeda-beda. Hindari penjualan produk dengan jenis yang sama. Pada saat anda menjual beberapa barang yang sama ini juga akan memberikan dampak buruk terhadap keuntungan jadi reseller.

keuntungan jadi reseller

Daftar Keuntungan Jadi Reseller

Pasti anda sudah tidak merasa heran lagi ketika menjadi seorang reseller akan memberikan banyak keuntungan. Hal tersebut bisa terjadi karena untuk keuntungan jadi reseller ini akan sangat menggiurkan. Untuk beberapa keuntungan yang harus anda ketahui yaitu:

1. Tidak Perlu Membutuhkan Banyak Modal

Keuntungan jadi reseller yang paling utama di dalam bisnis tersebut adalah tidak memerlukan banyak modal. Artinya untuk modal yang dibutuhkan hanya sedikit atau kecil. Dengan hal tersebut juga sangat cocok dipergunakan untuk anda yang ingin memulai usaha dan mempunyai keterbatasan modal.

Pada saat akan menjalankan usaha menjadi seorang reseller ini bisa dilakukan dengan cara online. Sehingga, hanya membutuhkan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet saja.

Ketika ada konsumen yang akan membeli produk di dalam toko online anda, hal yang bisa anda lakukan dalam memberlakukan sistem pre order. Maksud dari sistem pre order ini adalah para pelanggan diminta untuk membayar pesanan terlebih dahulu. Untuk pembayaran yang diberikan terhadap toko online ini, tidak harus penuh atau lunas.

Dengan anda memberlakukan sistem tersebut, anda tidak perlu mengeluarkan modal sedikit pun. Hal yang selalu anda butuhkan untuk mendapatkan keuntungan jadi reseller secara tinggi hanya membutuhkan atau menyediakan handphone dan jaringan internet atau kuota.

2. Risiko Kerugian yang Diberikan Terbilang Sangat Kecil

Setelah tidak membutuhkan modal yang banyak, untuk keuntungan jadi reseller selanjutnya adalah memberikan risiko kerugian yang sangat kecil. Hal tersebut bisa terjadi karena anda atau reseller ini tidak perlu melakukan proses produksi dari nol. Selain itu, tidak perlu bersusah payah untuk melakukan pemasaran bisnis terhadap kalangan masyarakat.

Pastinya sebelum anda menyediakan stok barang, lebih baiknya anda memperhitungkan terlebih dahulu beberapa jumlah produk yang sekiranya bisa dijual secara cepat. Dengan hal tersebut juga bisa mendapatkan kelebihan secara lebih banyak dan mengurangi penyebab terjadinya kerugian.

3. Mempunyai Proses yang Sangat Mudah

Untuk keuntungan jadi reseller kali ini menjadi salah satu alasan kenapa menjadi seorang reseller lebih banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Dengan menggunakan bisnis sistem reseller ini bisa dilakukan secara mudah dan tidak ribet sama sekali.

Pada saat akan memulai usaha atau menjadi seorang reseller ini tidak mengharuskan anda untuk memerlukan banyak persiapan yang sangat berarti. Maka dari itu, dengan hal tersebut juga tidak perlu masyarakat heran ketika para pebisnis pemula akan memilih atau mencoba untuk usaha menjadi seorang reseller untuk mengawali karirnya.

Untuk menjadi seorang reseller ini tentunya sangat berbeda dengan beberapa jenis usaha lainnya yang membutuhkan modal besar. Biasanya perusahaan yang membutuhkan modal besar ini harus menyiapkan alat, produk dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk keuntungan jadi reseller ini anda hanya diberikan tugas untuk menentukan harga jual yang sesuai dengan target pasar. Ketika ada salah satu konsumen yang ingin membeli produk yang ada di toko anda, hal yang bisa dilakukan adalah menghubungi supplier untuk meminta mengirimkan produk barang tersebut.

4. Membuat Anda Lebih Fleksibel Lagi

Para kalangan ibu rumah tangga yang ingin mempunyai usaha, sangat disarankan untuk memilih menjadi seorang reseller yang mempunyai sifat fleksibel. Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya bahwa untuk keuntungan didapatkan ketika menjadi seorang reseller adalah uang.

Sehingga dengan memilih usaha menjadi seorang reseller ini bisa dilakukan sembari mengurus anak anda. Selain itu, dengan anda memilih usaha yang mempunyai jam kerja fleksibel ini juga tidak membuat aktivitas rumah menjadi terganggu sama sekali.

Ada satu hal yang sangat penting dan harus dilakukan oleh ibu rumah tangga dengan rangkap menjadi seorang reseller. Untuk satu hal tersebut adalah harus pintar-pintar untuk mengatur manajemen waktu secara efektif. Sangat dipastikan, pada saat ibu rumah tangga yang pintar mengatur waktu akan tidak merasa terganggu ketika harus menjalani double pekerjaan.

5. Diberikan Celah Untuk Mendapatkan Produk Dengan Harga Murah

Keuntungan jadi reseller selanjutnya adalah anda bisa mendapatkan barang atau produk dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. Tentunya semua harga yang diberikan ini akan lebih murah dibandingkan normalnya.

Apalagi untuk anda yang sudah lama menjadi reseller di salah satu toko online, pasti pihak pemilik toko akan memberikan produk dengan harga paling istimewa. Semua harga yang diberikan ini akan berbentuk harga retail dan tidak eceran.

Dengan memberikan harga yang lebih murah ini juga memberikan satu manfaat penting bagi para reseller. Untuk keuntungan yang didapatkan oleh seorang reseller adalah bisa menjual barang kembali dengan harga sesuai dengan keinginan.

Akan tetapi untuk anda yang ingin memakai produk yang dibeli pada toko reseller secara sendiri, juga tidak terjadi masalah. Bahkan, anda bisa merasa lebih hemat lagi karena mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah lagi.

6. Tidak Harus Mengurus Beberapa Produk

Untuk memastikan proses produksi supaya bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan produk secara berkualitas juga bukan menjadi salah satu hal yang mudah. Bahkan, untuk mendapatkan semua hal tersebut juga membutuhkan lebih banyak waktu serta tenaga.

Apalagi ketika terjadi beberapa kendala, para produsen harus siap siaga untuk mengatasi semua permasalahan yang sedang dihadapi. Akan tetapi ketika anda menjadi seorang reseller, anda tidak perlu memikirkan hal tersebut.

Bahkan, anda tidak perlu memikirkan secara repot-repot mengenai permasalahan tersebut. Semua produk yang anda butuhkan sudah akan disediakan oleh pihak supplier. Untuk satu hal yang harus anda lakukan adalah mencari pelanggan.

Satu hal penting lainnya lagi adalah anda harus pintar-pintar melakukan kegiatan promosi. Tentu saja anda juga tidak heran lagi karena untuk saat ini banyak toko-toko online yang saling bersaing.

Pada saat anda lengah dan tidak memikirkan kegiatan promosi secara baik, akan memberikan dampak buruk terhadap toko yang anda miliki. Maka dari itu, anda selalu memanfaatkan saja semua media sosial atau beberapa platform untuk melakukan kegiatan promosi supaya mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

7. Tidak Harus Membangun atau Membuka Toko

Pada saat akan membuka atau membangun toko, tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Akan tetapi pada saat anda menjadi seorang reseller, tidak perlu memikirkan mengenai hal tersebut. Bahkan, mempunyai toko bukan menjadi satu hal yang wajib.

Ketika anda sudah menjadi seorang reseller anda bisa melakukan proses jual beli dengan menggunakan bantuan jaringan internet saja. Manfaatkan semua media sosial yang saat ini banyak dipergunakan oleh kalangan masyarakat.

Pada era perkembangan teknologi sekarang ini membuat kalangan masyarakat lebih suka berbelanja online dibandingkan harus datang ke toko. Maka dari itu, dengan celah tersebut bisa dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat yang ingin mempunyai usaha menjadi seorang reseller.

8. Berjualan dengan Cara Sendiri

Keuntungan reseller yang tak kalah penting adalah Kamu dapat bebas melakukan pemasaran dengan cara tersendiri. Akan tetapi, meskipun Anda mendapatkan kebebasan dalam menjual, namun Kamu biasanya tetap diberikan pengarahan dari supplier.

Nah, jika Anda adalah pebisnis pemula, ini tentu akan sangat membantu, bukan? Namun, bila memang Kamu memiliki cara sendiri, tak ada salahnya melakukan sesuka yang Anda mau.

Cara Menghitung Keuntungan Reseller

Menjadi reseller tentu memerlukan perhitungan juga, Kamu. Cukup penting untuk menentukan harga jual agar Anda dapat memperkirakan jumlah laba yang diperoleh dari setiap penjualan produk. Lantas, berapa persen keuntungan reseller yang bisa didapatkan?

Pertama, ketahui harga pokok barang yang Anda beli dari supplier. Kemudian, Kamu dapat menggunakan konsep perhitungan mark up harga berikut untuk menentukan berapa persen keuntungan reseller.

  • Konsep Mark Up Harga

Secara umum, rumus menghitung keuntungan reseller atau profit ialah harga jual dikurangi harga beli. Sehingga bila Anda membeli produk dengan harga Rp20.000, maka Kamu harus mematok harga jual yang lebih tinggi. Maka, untuk mengetahui berapa persen keuntungan reseller, Anda dapat menggunakan rumus berikut.

Profit = Harga jual – harga beli

Misalkan, harga jual ialah Rp15.000, sedangkan harga belinya Rp10.000, maka keuntungan reseller adalah Rp5.000.

Namun, jika Kamu ingin menghitung berapa persen keuntungan reseller, Anda bisa menggunakan rumus berikut.

Harga jual = Harga beli + (N x harga beli)

N adalah margin keuntungan (%) dari setiap produk yang dijual. Misalkan, harga beli produk ialah Rp30.000 dan margin yang Anda tetapkan sebesar 20%, maka 20% x Rp30.000 = Rp6.000.

Sehingga, harga jualnya adalah Rp30.000 + Rp6.000 = Rp36.000 (keuntungan 20%).

Nah, itu dia penjelasan mengenai keuntungan jadi reseller. Diharapkan dengan penjelasan diatas bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk kalangan masyarakat yang ingin mempunyai usaha dengan modal dan cara paling mudah.

Mendapatkan keuntungan dari Mekari bisa Anda dapatkan jika Anda bergabung mengikuti program referral Mekari. Atau ingin memanfaatkan bagaimana software akuntansi online membantu Anda? Yuk daftarkan dirimu, gratis coba!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo