Kepatuhan Pajak dan Solusi Menyeluruh dari KlikPajak by Mekari

Berbicara dengan kepatuhan pajak seringkali beriringan dengan pertumbuhan dan perkembangan dari usaha pemilik bisnis. Namun untuk memenuhi kewajiban pajak itu terkadang pemilik usaha merasa terbebani atau jadi momok bahwa ini justru akan menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan usaha.

Dalam acara Mekari Conference 2021 (12/1/2021), Ryan Wibowo, Senior Product Manager Mekari, menyampaikan edukasi mengenai beberapa tantangan bagi pemilik bisnis dalam melakukan kepatuhan pajak.

Untuk memenuhi kewajiban pajak setidaknya ada tiga kriteria yang paling tidak perlu dicapai oleh atau perlu dipenuhi oleh pelaku usaha sehingga setiap bulannya atau setiap masanya.

Pertama dari segi akurasi untuk perhitungan pajak, kalkulasinya A dan sampai nilai yang dilaporkan ke DJP.

Kedua mengenai kelengkapan dokumen yang dilampirkan bersamaan dengan pelaporan SPT. Yang ketiga adalah setiap akhir bulan pemilik harus melaporkan atau membayarkan pajaknya tepat pada waktunya dan melaporkan juga tepat pada waktunya.

Tantangan Bisnis Untuk Mencapai Kepatuhan Pajak

Terdapat beberapa tantangan dari segi operasional untuk mencapai kepatuhan pajak tersebut:

Keandalan

Ketergantungan hardware: aplikasi dari beberapa aplikasi DJP masih memiliki ketergantungan yang tinggi untuk spesifikasi hardware-nya sesuai dengan komputer dari masing-masing penggunanya dan juga

Layanan pengguna: keterbatasan dalam hal support dari DJP sendiri yang sering menjadi kendala terutama pada saat mendekati tanggal batas-batas pelaporan pajak

Aksesibilitas

Ketersediaan aplikasi offline: beberapa aplikasi DJP mengharuskan penggunanya untuk menginstall secara offline di aplikasi komputer mereka dan

Keterbatasan jumlah pengguna: dalam jumlah pengguna bisa mengakses aplikasi tersebut

Efisiensi

Pengarsipan manual: beberapa dokumen baik pembayaran pajak ataupun pelaporannya bukti-buktinya

masih harus disimpan secara manual. ecara hot copy mungkin itu akan banyak tercecer ataupun kehilangan

Banyak aplikasi: dari si beberapa solusi yang diberikan oleh DJP untuk masing-masing jenis pajaknya itu harus diinstal atau menggunakan aplikasi yang berbeda-beda sehingga banyak username password ataupun kredensial yang harus kita simpan untuk menggunakan aplikasi

Satu Aplikasi Untuk Semua Solusi Perpajakan Anda

Oleh karena itu Mekari menghadirkan Klikpajak sebagai satu aplikasi untuk semua solusi perpajakan Anda,  dimana Anda bisa bisa membuat id-billing maupun melakukan pembayaran pajak secara langsung melalui modul e billing.

Untuk laporannya pun bisa dilakukan dengan mengupload file csv. Klikpajak by Mekari juga menyediakan faktual efaktur untuk mengatur pembuatan n SPT, faktur pajak sampai dengan ke pelaporan SPT masa PPN secara langsung.

Sama halnya dengan e-bupot, Klikpajak dapat membantu untuk pembuatan bukti potong sampai ke pelaporan SPT masa PPH 23 dan 26 secara langsung tanpa mengupload file csv nya terlebih dahulu.

“Kami juga mendukung hak untuk perusahaan dengan tim pajak yang lebih besar dengan menyediakan fitur multi NPWP dan multi-user dan mengatur user role.

Klikpajak memudahkan untuk pencarian dokumen kedepannya dan secara otomatis mengarsipkan bukti pembayaran dan pelaporan secara online sehingga bisa diakses kapanpun dan dimanapun,” kata Ryan Wibowo, Senior Product Manager Mekari

Beberapa fitur KlikPajak by Mekari:

E-Billing

Membuat semua jenis kode billing

Bayar pajak (virtual account)

E-Filling

Unggah CSV e-SPT dalam 1 klik

BPE resmi dari DJP

Tax Collaboration

Multi NPWP dan multi user

Pengaturan user role

E-Faktur

Pengaturan NSFP

Pembuatan faktur pajak

Prepopulated faktur masukan

Auto email faktur pajak

Rekonsiliasi faktur pajak

Validasi NTPN

Pelaporan SPT Masa PPN

E-Bupot

Pembuatan bukti potong

Validasi NTPN

Pelaporan SPT Masa PPH 23/26

Tax Archiving Management

Memudahkan pencarian dokumen

Pengarsipan BPE dan NTPN secara daring

Keunggulan Klik Pajak

Partner resmi DJP sebagai PJAP (KEP-169/PJ/2018)

Aplikasi pajak berbasis cloud sehingga memberikan fleksibilitas

Meningkatkan efisiensi dengan otomatisasi

Multi NPWP dan multi user

Alur approval untuk mengurangi kesalahan data

Memonitor aktivitas dan transaksi dengan mudah lewat dashboard

Pengelolaan data pajak yang lebih cepat dan aman dengan sertifikasi ISO 270001

Perkembangan KlikPajak

KlikPajak by Mekari juga akan segera menghadirkan eBupot Unifikasi, sesuai dengan PER-23/PJ/2020 dalam rangka mendukung kebijakan keuangan negara, mengharuskan pemungut pajak untuk melaporkan SPT Masa PPH Unifikasi yaitu  PPh pasal 4 ayat 2 ,15, 22, 23 melalui aplikasi eBupot Unifikasi.

Selain itu eSPT Tahunan Badan juga akan dirilis dimana para badan usaha dapat melaporkan SPT tahunan lewat formulir 1771 secara online tanpa perlu mengisi atau melaporkan melalui file csv, sehingga dapat dilakukan langsung melalui aplikasi KlikPajak.

Sesuai dengan PER-10/PJ/2020 mengatur dan mewajibkan penyedia jasa aplikasi pajak (PJAP) untuk menyelenggarakan layanan aplikasi SPT dalam bentuk dokumen elektronik.

Sebagai bagian dari ekosistem Mekari, Klikpajak juga sudah terintegrasi dengan Jurnal by Mekari, software  pembukuan online.

Klikpajak juga menyediakan fitur rekonsiliasi bagi para pengguna Jurnal by Mekari sehingga pengguna dapat terbantu.

Hal ini mempercepat proses rekonsiliasi dan meminimalisir apabila ada selisih perhitungan dari pajaknya dengan faktur penjualannya.

Integrasi API faktur untuk pada usaha yang memiliki volume transaksi yang lebih tinggi secara langsung.

Hal ini bisa membantu untuk efisiensi dan otomatisasi prosesnya.

Namun Klikpajak juga tetap bisa digunakan oleh usaha dengan skala yang lebih kecil dengan secara gratis atau tanpa dipungut biaya selama pembuatan faktur pajaknya atau bukti potongnya kurang dari 100 per bulan.

“Ada beberapa rencana pengembangan Klikpajak di 2022,  kami mau mengembangkan integrasi dengan jurnal untuk pembuatan bukti potongnya secara langsung. Lalu pengadaan bulk id-billing dan mensinkronisasikan faktur pajak sesama pengguna klikpajak. Lalu pendukung proses perpajakan untuk NPWP cabang dengan NPWP induk dan terakhir pada membantu pembuatan faktur pajak gabungan.” kata Ryan Wibowo, Senior Product Manager Mekari

KlikPajak juga menyediakan portal untuk mengetahui informasi perpajakan dan regulasi perpajakan langsung dari sumber tepercaya seperti Ditjen Pajak Indonesia.

“Jangan membuat perpajakan sebagai hambatan atau kendala dalam mengembangkan usaha anda. Biarkan proses-proses perpajakan yang mungkin kompleks atau sulit serahkan kepada klikpajak sehingga Anda bisa tetap fokus untuk mengembangkan usaha anda.” tutup Ryan Wibowo, Senior Product Manager Mekari.

KlikPajak juga terintegrasi dengan Jurnal by Mekari, software akuntansi online #1 di Indonesia.

Gunakan integrasi KlikPajak untuk mempermudah pencatatan pajak keluaran otomatis dari invoice  dengan bantuan Jurnal by Mekari.

Dengan delapan fitur unggulan lengkap mulai dari akuntansi hingga perpajakan, Jurnal by Mekari memberikan solusi pembukuan terotomasi.

Melalui sistem berteknologi cloud, Anda dapat memproses semua transaksi secara real-time. Dapatkan laporan keuangan dalam hitungan menit.

Dengan data dan sistem yang handal, Anda akan mengalami kemudahan untuk melakukan pengembangan usaha dan bisnis.

Coba Jurnal by Mekari sekarang. Gratis uji coba selama 14 hari.

 

Kategori : Past EventProduk

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo