Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Aplikasi Pajak Online Terbaik sebagai Solusi Perpajakan Usaha

Tayang 28 Dec 2023
Diperbarui 03 Januari 2024

Seiring transformasi digital dalam berbagai bidang, saat ini DJP sudah meluncurkan berbagai pelaporan melalui aplikasi pajak online.

DJP atau Direktorat Jenderal Pajak merupakan pihak pengelola pusat yang berfungsi mengelola penerimaan negara dari sektor pajak.

Adanya sistem pelaporan pajak online bertujuan untuk menyediakan fasilitas yang lebih fleksibel dan akses yang lebih mudah dalam perpajakan.

Untuk memberikan kemudahan dalam mengelola pajak, maka saat ini banyak ditemukan aplikasi pajak online yang berfungsi sebagai penyedia jasa aplikasi.

Hal ini pada dasarnya sudah diatur berdasarkan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-42/PJ/2017 mengenai sistem elektronik Application Service Provider (ASP) mitra resmi DJP.

Adanya aplikasi pajak online juga membantu pemilik bisnis agar semakin mudah dalam mengelola perpajakan yang cukup rumit dan menguras waktu serta tenaga.

Selain itu, bisnis juga merasakan banyak manfaat lainnya, seperti efisiensi waktu, perhitungan pajak yang akurat, ruang penyimpanan yang aman, adanya fitur pengingat, hingga akses multi-user.

mekari klikpajak solusi aplikasi pajak online

1. Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak merupakan Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan termasuk ke dalam ekosistem Mekari.

Sebagai pemilik bisnis atau pengurus pajak di suatu perusahaan, tentunya mengelola perpajakan secara manual akan sangat melelahkan dan menguras waktu.

Oleh karena itu, Anda dapat menunjang pekerjaan Anda dengan sebuah aplikasi pajak online yang memiliki fitur lengkap dan terintegrasi, sehingga Anda tidak perlu berpindah-pindah aplikasi.

Melalui Mekari Klikpajak, Anda dapat menemukan solusi lengkap yang dapat menjawab semua kebutuhan Anda dalam mengelola perpajakan, mulai dari mengisi, menghitung, membayar, dan melaporkan pajak.

Kemudahan ini semakin lengkap karena Mekari Klikpajak sudah terintegrasi dengan software akuntansi Mekari Jurnal yang mampu memberikan Anda pengalaman lebih untuk mengelola keuangan bisnis dan meningkatkan performa finansial perusahaan dengan lebih baik lagi.

Saya Akan Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Seluruh ekosistem dalam Mekari juga sudah berbasis cloud computing sehingga membantu Anda dengan melindungi data-data penting dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

cara lapor spt tahunan badan online dengan klikpajak

2. e-Registration: Daftar Online WP

Sistem dalam aplikasi e-Registration memberikan pelayanan untuk pendaftaran WP secara online.

Selain berfungsi sebagai platform untuk mendaftarkan WP, Anda juga dapat melakukan penghapusan NPWP, pengajuan penghapusan PKP, dan merubah data WP.

Pada dasarnya, e-registration terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung oleh perangkat komunikasi pada database.

Nantinya, sistem akan terbagi menjadi dua bagian. Pertama, sistem dapat WP gunakan untuk mendaftarkan diri secara online. Kedua, sistem akan petugas gunakan untuk memproses pengajuan WP.

3. e-Filing dan e-SPT

Anda tentunya sebagai perusahaan juga wajib melaporkan pajak tahunan secara berkala. Tentunya, hal ini akan cukup rumit juga prosesnya dijalankan secara manual.

Oleh karena itu, DJP mengeluarkan aplikasi e-filling dan e-SPT untuk memberikan Anda akses pajak online untuk melaporkan SPT Masa maupun SPT Badan Tahunan.

Melalui aplikasi yang juga dapat Anda temukan dalam aplikasi mitra resmi DJP lainnya, Anda dapat melakukan persiapan, pengisian, dan pelaporan secara lebih efektif tanpa harus berpindah-pindah aplikasi lagi.

Nantinya, setelah Anda telah menyampaikan SPT pajak, Anda akan memperoleh bukti lapor secara elektronik yang disebut Bukti Penerimaan Elektronik (BPE).

Adanya sistem yang dapat melakukan pengisian dan pelaporan secara online ini dapat membantu perusahaan untuk bekerja secara lebih produktif karena mengurangi beban waktu dan tenaga untuk mengelolanya secara manual.

4. e-Faktur: Buat Faktur Pajak Elektronik

Pengusaha Kena Pajak (PKP) biasanya akan membuat faktur pajak sebagai bukti atas penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP).

Untuk memudahkan PKP, maka DJP mengeluarkan aplikasi e-faktur yang berfungsi untuk membuat faktur pajak elektronik atau bukti pungutan PPn elektronik.

Wajib Pajak (WP) juga dapat mengajukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP). Bagi WP, Anda juga dapat mengakses aplikasi e-faktur melalui PJAP resmi yang sudah ditunjuk secara resmi oleh DJP.

5. e-Billing: Permudah Pembayaran Pajak

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan mudah secara online melalui aplikasi e-billing.

Melalui e-billing, Anda dapat mengakses halaman DJP dengan menggunakan kode billing (ID billing) dan mengisi SSE (Surat Setoran Elektronik).

Oleh karena itu, Anda harus mendapatkan ID billing terlebih dahulu, apa itu ID billing?

Kode billing atau ID billing adalah sebuah kode identifikasi dalam bentuk rangkaian angka sesuai status jenis pajak yang ingin Anda bayarkan.

6. Pajak IO

Pajak.io merupakan salah satu aplikasi pajak online yang bisa Anda gunakan selanjutnya untuk mengelola perpajakan perusahaan secara mudah.

Sama seperti manfaat dari aplikasi pajak lainnya, Pajak.io memiliki kelebihan untuk dapat mengelola pajak secara lebih cepat, mudah, dan praktis.

Fitur yang digarapnya juga umum dapat ditemukan pada aplikasi pajak online lainnya disertai dengan tingkat keamanan yang tinggi untuk saat ini.

Namun, salah satu kelebihannya adalah Anda dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus melakukan proses instalasi atau mengunduhnya.

Selain itu, Pajak.io mengangkat tema simplicity in design dengan menawarkan halaman antarmuka yang sederhana dan minimalis.

Melalui halaman yang intuitif, menggunakan bahasa yang efektif, serta navigasi yang jelas, membantu pengguna untuk mengelola pajak secara lebih mudah.

7. Ayo! Pajak

Ayo! Pajak merupakan salah satu aplikasi pajak online di Indonesia yang merupakan mitra resmi DJP sebagai penyedia jasa aplikasi perpajakan.

Melalui aplikasi ini Anda dapat menemukan berbagai fitur yang dapat mendukung pengelolaan perpajakan perusahaan Anda secara lengkap.

Anda juga bisa mengintegrasikan software akuntansi dan keuangan bisnis dengan Ayo! Pajak untuk memudahkan perhitungan besaran pajak.

Ayo! Pajak juga akan segera menghadirkan fitur konsultasi yang nantinya dapat memberikan Anda akses untuk berkonsultasi dengan konsultan pajak yang sudah bersertifikasi ahli.

FAQ Terkait Aplikasi Pajak Online

FAQ Terkait Aplikasi Pajak Online

Pada bagian ini berisikan pertanyaan yang sering muncul pada FAQ (frequently ask question) seputar aplikasi pajak online, seperti:

Apa Keunggulan Menggunakan Aplikasi Pajak Online?

Ada beberapa manfaat dan keunggulan penting yang dapat Anda rasakan jika menggunakan aplikasi pajak online, di antaranya:

  1. Perhitungan akurat: Meminimalisir kesalahan perhitungan jika dilakukan secara manual yang dapat merugikan bisnis dan menyebabkan masalah pajak.
  2. Lebih efisien: Bisnis dapat menjadi lebih produktif karena pengelolaan pajak yang rumit dapat diolah secara otomatis oleh sistem mengurangi waktu dan tenaga, dan Anda hanya melakukan pemantauan dan pengendalian secara berkala.
  3. Akses mudah: Aplikasi pajak online memberikan aksesibilitas yang lebih terjangkau dengan hanya melalui internet di manapun, dan kapanpun.
  4. Berbasis cloud: Umumnya, aplikasi pajak online sudah mengadaptasi sistem cloud yang membantu dalam menyimpan data secara teratur, lengkap, dan akses yang mudah bagi pemilik.
  5. Keamanan data: Data perpajakan juga penting untuk disimpan dan tetap terahasia, sehingga terhindar dari adanya kebocoran data.
  6. Integrasi: Biasanya aplikasi pajak juga sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi dan keuangan bisnis perusahaan, memungkinkan memantau posisi keuangan secara berkala.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Pajak Online Mekari Klikpajak?

Untuk menggunakan aplikasi pajak online Mekari Klikpajak, Anda sebelumnya dapat melakukan pengunduhan terlebih dahulu.

Bagi Anda yang belum memilikinya, Anda dapat masuk ke dalam menu Pengelolaan Pajak dan klik Coba Gratis.

Sebelumnya mungkin Anda sudah memiliki akun Mekari Jurnal untuk mengaksesnya, namun untuk dapat menggunakan Klikpajak juga harus mendaftarkan akun Mekari Klikpajak terlebih dahulu.

Setelah Anda mengklik tombol Coba Gratis, sebuah form pengisian profil akan muncul, isi kelengkapan profil pajak Anda secara lengkap, dan pilih jenis pajak badan yang Anda kelola.

Setelah itu, pilih jenis PKP dengan PKP, masukkan NPWP, lalu klik Mulai Gunakan Klikpajak.

Jika pengisian profil dan pendaftaran telah berhasil, Anda kemudian akan masuk ke tampilan halaman utama Mekari Klikpajak. Dengan ini, Anda sudah dapat mengelola perpajakan melalui aplikasi pajak online Mekari KlikPajak.

Apa Pentingnya eFIN Pajak?

eFin (Electronic Filing Identification Number) pajak merupakan nomor identitas berjumlah 10 nomor yang diterbitkan oleh DJP untuk Wajib Pajak.

Penggunaan utama dari eFIN pajak adalah sebagai identitas dan syarat wajib WP untuk dapat melakukan transaksi elektronik pajak seperti eFiling dan lapor SPT Badan.

Data dalam pelaporan pajak mempunyai keberadaan yang cukup penting, sehingga dengan adanya eFin, data akan terkelola secara rahasia dan aman.

Selain data terenkripsi dan terautentikasi, pentingnya eFin dalam pajak adalah kemudahan akses karena WP dapat melaporkan SPT secara online. Kemudian, data akan tersimpan dalam database sistem pajak, sehingga tidak perlu melakukan pengisian data ulang kembali.

Kategori : Tax Accounting
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal