Pengertian, Ciri, Penyebab, Kelebihan Kekurangan, Peran Pemerintah dan Contoh Efek Ekonomi Industri Monopoli

Efek ekonomi industri monopoli salah satu hal yang dipergunakan pada setiap perusahaan untuk memberikan pengaruh terhadap harga pasar. Tanpa disadari harga pasar juga bisa mengalami rendah ketika terdiri dari banyak para pemain dari produk yang relatif homogen.

Apalagi seiring perkembangan teknologi seperti sekarang membuat kegiatan pasar monopoli ini sering terjadi di setiap perusahaan. Akan tetapi untuk saat ini para perusahaan tidak perlu merasa bingung ketika akan melakukan pengelolaan, karena ada beberapa alat atau aplikasi pembantu.

Untuk alat yang sering dipergunakan oleh perusahaan dalam mengatasi efek ekonomi yang semakin kompetitif, bisnis yang semakin cepat dan kebutuhan proses yang cepat, maka beberapa software seperti inventory management system keluaran dari fitur Mekari Jurnal bisa membantu bisnis lebih mudah.

Lanjut, pasti anda semakin penasaran bukan mengenai penjelasan efek ekonomis industri monopoli. Untuk lebih rinci dan jelasnya anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

efek ekonomi industri monopoli

Pengertian Industri Monopoli

Sebelum membahas lebih jauh mengenai efek ekonomi dari industri monopoli, akan lebih baik ketika memulai dari pengertian terlebih dahulu.

Industri monopoli adalah salah satu jenis atau struktur dari pasar persaingan yang tidak sempurna.

Ada salah satu buku yang mengatakan bahwa untuk kata monopoli ini berasal dari “mono” dengan arti satu. Sedangkan, untuk kata “poli” ini mempunyai arti sebagai penjual.

Dengan gabungan dari beberapa kata tersebut, industri monopoli didefinisikan sebagai salah satu bentuk pasar yang terdiri dari hanya satu penjual. Satu penjual yang ada di dalam pasar ini mempunyai kekuasaan secara sepenuhnya.

Perusahaan yang ada di industri monopoli ini tidak punya barang pengganti atau substitusi yang mempunyai hubungan dekat. Selain itu, dengan adanya  industri monopoli ini bisa dijadikan sebagai alat untuk menentukan harga secara utuh tanpa adanya persaingan dari perusahaan lain.

Pada saat proses menentukan harga dan mengurangi jumlah produk, pihak perusahaan mempunyai kewenangan secara penuh. Ketika berhadapan semakin banyaknya jumlah pembeli, para penjual akan memiliki keterbatasan dalam proses penetapan harga.

Ketika perusahaan sudah menentukan harga yang terbilang lebih mahal, maka akan diberikan kemungkinan bahwa para konsumen akan menunda pembelian produk tersebut. Dengan hal tersebut juga akan memberikan pengurangan terhadap proses substitusi

Ciri-Ciri Industri Monopoli

Industri monopoli ini terdapat beberapa ciri-ciri yang harus diketahui secara lebih jelas dan detail. Untuk beberapa ciri-ciri yang harus anda ketahui adalah:

  • Pada saat terjadinya industri monopoli hanya mempunyai jumlah penjual satu saja.
  • Perusahaan yang terkena efek ini juga mengalami kenaikan jumlah pembeli. Sehingga, perusahaan juga harus memikirkan bagaimana proses untuk memenuhi kebutuhan produk tersebut
  • Semua produk yang ada di dalam pasar monopoli ini tidak mempunyai barang pengganti terdekat. Sehingga, pada saat efek ekonomi industri monopoli terjadi pada perusahaan akan merasa kesusahan untuk mencari produk atau barang pengganti dalam jangka waktu dekat.
  • Terdapat hambatan ketika akan masuk ke dalam dunia pasar. Hal tersebut bisa terjadi karena, tidak memiliki sistem monitor yang terstruktur seperti dengan bantuan aplikasi gudang yang dapat membantu di dalam proses operasional distribusi barang.

Setiap perusahaan yang sudah berdiri ini akan diberikan kesempatan untuk untuk melakukan monopoli di dalam suatu pasar. Untuk kegiatan monopoli ini bisa dilakukan secara langsung dan tidak langsung.

Selain itu, efek ekonomi industri monopoli akan membuat hambatan bagi para pendatang baru yang hendak memasuki pasar. Dengan hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai kompetitor. Hambatan yang dihadapi oleh kompetitor pada saat persaingan ini sangat tidak menguntungkan.

Beberapa hal yang tidak menguntungkan ini mulai dari segi harga sampai dengan biaya perusahaan ketika akan melakukan monopoli di saat posisi sudah mapan. Semua hambatan yang di maksud ini juga berupa penetapan harga serendah mungkin.

Sehingga dengan hal tersebut membuat para perusahan merasa kesulitan untuk bersaing ketika akan mendapatkan hak paten, hak cipta, hak eksklusif. Selain itu, untuk melakukan pengawasan pada agen pemasaran dan untuk mendapatkan sumber daya yang unik juga membuat perusahaan merasa kesulitan.

efek ekonomi industri monopoli

Penyebab Terjadinya Industri Monopoli

Efek ekonomi industri monopoli ini bisa timbul karena telah terjadi penetapan yang dilakukan oleh undang-undang. Pihak pemerintah akan memberikan hak sepenuhnya kepada suatu perusahaan untuk melakukan proses jual beli produk maupun barang tertentu.

Contoh mudahnya adalah pada perusahaan Pos Indonesia yang diberikan hak monopoli oleh pihak pemerintah untuk menjual barang atau benda di dalamnya. Selain itu, pemerintah juga memberikan izin penggabungan dari berbagai perusahaan untuk melakukan penghimpunan modal dalam jumlah besar.

Penghimpunan modal dengan jumlah besar ini juga berguna untuk memproduksi suatu barang dengan menggunakan teknologi canggih. Penyebab lainnya juga yaitu menimbulkan efek ekonomi industri monopoli. Pasar monopoli kini juga bisa hadir karena adanya hasil cipta atau karya dari seseorang.

Semua hasil karya ini akan sepenuhnya akan diberikan oleh pihak perusahaan tertentu. Setelah menentukan hasil cipta, perusahaan bisa langsung melakukan proses produksi.

Kelebihan Terjadinya Efek Ekonomi Industri Monopoli

Pada saat terjadinya efek ekonomi industri monopoli ini terdapat beberapa kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut adalah untuk menghindari beberapa produk-produk tiruan. Selain itu, dengan adanya efek tersebut juga menimbulkan persaingan yang kurang bermanfaat.

Ketika perusahaan yang sering terjadi persaingan, maka satu hal yang terjadi adalah pemborosan. Apalagi ketika suatu perusahaan tersebut membutuhkan atau menggunakan sumber daya yang langka pasti, pasti akan merasa kesusahan lagi. Ada beberapa kelebihan yang didapatkan ketika terjadinya efek tersebut adalah:

1. Dapat Menimbulkan Skala Ekonomi yang Berdampak Pada Penurunan Biaya Produksi

Perusahaan yang bisa melakukan kegiatan monopoli, tentu saja sudah besar dan  bisa menikmati beberapa skala ekonomis. Skala ekonomis yang ada di dalam perusahaan ini dapat dipergunakan untuk menurunkan biaya produksi, meskipun tidak langsung. Selain itu, dengan adanya skala ekonomis ini juga bisa dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan maupun masyarakat umum.

2. Saling Menjaga Kesinambungan Di Dalam Stabilitas Perusahaan

Bisa dikatakan atau sangat jarang ditemui perusahaan besar yang sudah mengalami monopoli akan mengalami kebangkrutan. Biasanya, perusahaan yang sudah masuk di dalam pasar monopoli akan mampu bertahan dan membuktikan diri.

Untuk proses mempertahankan dan membuktikan diri, tentu saja tidak bisa ketika tanpa adanya bantuan alat atau aplikasi lain. Alat atau aplikasi lain yang bisa dipergunakan untuk mempertahankan perusahaan adalah aplikasi gudang dan inventory management system.

3. Memberi Dorongan Untuk Menggunakan Mesin Generasi Baru

Setiap hari, minggu, bulan dan tahun pasti teknologi terus mengalami perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. Sama hal nya dengan perihal perusahaan, pasti akan memunculkan beberapa mesin di generasi terbarunya.

Dengan adanya sistem monopoli yang dilakukan oleh pihak perusahaan ini akan memberikan kemungkinan besar untuk membeli beberapa mesin yang mahal. Tentunya dengan mesin mahal yang akan dibeli ini bisa memberikan tingkat efisiensi yang sangat tinggi.

Sedangkan, untuk tingkat efisiensi yang diberikan oleh perusahaan ini bisa membantu dalam proses produksi banyak barang di dalam jangka waktu tertentu. Selain itu dengan adanya hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan yang sedang dibutuhkan oleh kalangan masyarakat.

4. Sebagai Alat Untuk Mendorong Peningkatan kerja Di Dalam Departemen Penelitian dan Pengembangan

Belum banyak masyarakat yang mengerti bahwa adanya pasar monopoli ini akan mendorong peningkatan kerja di dalam semua departemen penelitian dan pengembangan. Selain itu, dengan proses tersebut bisa menciptakan beberapa hal yang baru.

Semua hal baru ini, akan memberikan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bisa disimpulkan dengan hal yang satu ini tidak hanya memberikan dampak terhadap perusahaan saja, akan tetapi kalangan masyarakat pun juga terkena dampak positifnya.

Kekurangan Industri Monopoli

Dengan adanya pasar monopoli ini juga memberikan dampak buruk atau kekurangan. Salah satu kekurangan atau dampak buruk tersebut adalah banyak perusahaan yang menyalahgunakan kekuatan ekonomi.

Ada satu contoh mudah dari kekurangan terjadinya efek ekonomi industri monopoli yaitu perusahaan akan meningkatkan produksi barang atau produksi, ketika sedang mengalami permintaan yang meningkat. Selain itu, efek buruknya lagi adalah perusahaan akan cenderung menetapkan harga yang tinggi dan sehingga tidak melakukan suplai produk.

Dengan kejadian tersebut juga akan menjadi salah satu akibat kenaikan harga. Masih ada juga beberapa kekurangan efek yang harus anda ketahui secara lebih mendalam lagi yaitu:

1. Terjadi Pelecehan Pada Beberapa Posisi Konsumen

Pada saat terjadinya efek tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah kondisi konsumen yang lemah. Selain itu, dengan kondisi tersebut membuat para konsumen merasa tertekan karena harus menerima semua produk oleh produsen.

Dengan kejadian tersebut membuat para konsumen akan merasa terpaksa untuk menggunakan barang atau produk tertentu. Sangat dipastikan para konsumen hanya akan menggunakan barang atau produk tersebut satu kali saja dan esok harinya tidak ingin menggunakan lagi.

2. Terjadi Kesenjangan Terhadap Proses Pembagian Pendapatan

Semua perusahaan akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan di dalam jangka pendek maupun panjang. Untuk hal yang satu ini akan dikembalikan lagi oleh pihak perusahaan. Perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek, maka harus berusaha semaksimal mungkin agar semua keinginan bisa terwujud.

Berbeda lagi dengan perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan dengan jangka panjang, pasti akan lebih pelan-pelan dalam mencapai suatu tujuan. Akan tetapi dalam proses mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang maupun pendek ini tidak mempunyai perbedaan secara signifikan.

Pada saat perusahaan yang mempunyai persaingan secara sempurna, pasti keuntungan yang didapatkan bisa dilakukan secara normal dengan jangka waktu sangat panjang.

3. Tidak Terjadi Persaingan

Perusahaan bisa dikatakan mempunyai persaingan pasar secara baik ketika terjadi persaingan secara sehat. Akan tetapi, dengan adanya efek ini tidak akan terjadi persaingan pasar sama sekali.

Dengan hal tersebut juga akan mengakibatkan atau menimbulkan rendahnya kualitas dan kuantitas produk. Selain itu dengan hal tersebut membuat kalangan para pengguna dari produk atau barang tersebut merasa kurang yakin dan memilih menggunakan jenis lainnya.

4. Terjadi Pengurangan Kesejahteraan Konsumen

Para konsumen yang menggunakan produk dari perusahaan, mau tidak mau harus membayar dengan jumlah yang sangat tinggi. Selain itu, untuk biaya produksi dari komoditas tersebut juga akan mengalami peningkatan secara tinggi.

Tanpa disadari semakin semuanya meningkat akan memberikan dampak buruk terhadap kesejahteraan konsumen. Sebaliknya, dengan kejadian tersebut justru memberikan dampak baik terhadap pihak perusahaan.

efek ekonomi industri monopoli

Peran Pemerintah

Pada saat efek ekonomi industri monopoli ini tidak lepas dari peran pemerintah di dalamnya. Selain itu, dengan adanya peran pemerintah ini juga akan mengurangi beberapa dampak negatif ketika perusahaan terjadi monopoli. Beberapa peran pemerintah di dalam efek dan harus anda ketahui adalah:

1. Sebagai Alat Untuk Mencegah Timbulnya Monopoli Secara Individu

Negara Indonesia belum menerapkan undang-undang antitrust dan sangat berbeda dengan Negara Amerika Serikat. Untuk pengertian dari trust sendiri adalah gabungan dari beberapa perusahaan dan sehingga menjadi perusahaan yang besar. Dengan hal tersebut juga bisa menciptakan efek monopoli.

2. Selalu Memberikan Izin Kepada Perusahaan Baru

Pihak pemerintah akan memberikan izin terhadap semua perusahaan yang baru, meskipun mempunyai produk yang sama. Sehingga dengan kejadian tersebut akan menghasilkan efek monopoli perusahaan.

Selain itu, dengan hal tersebut juga membuat pihak perusahaan yang terkena monopoli harus bekerja secara lebih efisien. Dengan hal tersebut juga membuat perusahaan harus berpikir bagaimana untuk menyaingi para kompetitornya atau pesaingnya.

3. Dipergunakan Untuk Menambah Penawaran Barang Di Dalam Negeri Dengan Kegiatan Impor

Pasti untuk perusahaan juga tidak asing lagi ketika mendengar kata-kata impor. Dengan hadirnya barang impor ini dapat membuat perusahaan untuk melakukan kegiatan monopoli secara leluasa. Selain itu, dengan adanya kegiatan impor ini juga bisa dijadikan sebagai alat untuk menentukan harga.

Dampak buruknya ketika terjadi impor sendiri adalah para perusahaan yang terkena kegiatan monopoli harus mempunyai cara kerja lebih ekstra lagi. Cara ekstra yang dilakukan oleh perusahaan ini bertujuan untuk mendapatkan produksi atau hasil lebih efektif dan efisien.

4. Pihak Pemerintah Akan Menetapkan Harga Eceran Tertinggi atau (HET)

Pada saat proses menetapkan harga eceran tertinggi (HET) pihak pemerintah juga mempunyai peran yang sangat penting. Bahkan pihak perusahaan juga tidak bisa menentukan harga eceran tertinggi seenaknya sendiri, karena aturan tersebut juga sudah diatur di dalam peraturan perundang-undangan.

Dengan memberlakukan pembatasan harga ini juga membuat pihak perusahaan tidak bisa melakukan kegiatan monopoli lagi. Selain itu dengan hal tersebut membuat pihak perusahaan tidak memiliki kuasa penuh ketika akan menaikkan harga.

Contoh Dari Efek Ekonomi Industri Monopoli

Saat ini banyak sekali contoh dari perusahaan yang menggunakan pasar monopoli, termasuk juga di Negara Indonesia. Hampir semua perusahaan yang ada di Indonesia sudah menggunakan kegiatan pasar monopoli tersebut. Untuk salah satu contoh mudahnya dari efek ekonomi industri monopoli adalah pada perusahaan KAI.

Pihak perusahaan KAI saat ini juga menikmati pelayanan listrik yang diberikan oleh PLN. Tidak hanya itu saja, pihak perusahaan KAI juga menggunakan layanan telepon pesawat dari pihak Telkom.

Sedangkan, untuk contoh yang ada di luar negeri dan sering dikenal adalah perusahaan Google atau Facebook. Di dalam perusahaan tersebut semua perusahaan sudah mengalami proses monopoli. Sehingga, dengan terjadinya proses monopoli tersebut membuat semua perusahaan tersebut saling mempunyai hubungan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai efek ekonomi pada industri monopoli. Diharapkan dengan penjelasan diatas bisa membantu para perusahaan untuk menghadapi dampak dari perkembangan industri monopoli.

Kesimpulan

Dengan mengetahui lebih jauh pasar monopoli, Anda bisa mencari kesempatan dalam membangun bisnis yang memiliki ruang lebih luas untuk bisnis Anda berkembang. Pilihlah pasar dimana belum ada perusahaan yang memonopoli suatu produk, akan lebih baik jika Anda yang membuat pasar pada produk yang Anda jual.

Lakukan juga pembukuan yang benar pada bisnis Anda. Pembukuan yang baik akan membuat bisnis Anda menjadi lebih terencana dengan laporan keuangan yang berisikan arus keuangan perusahaan Anda.

Untuk solusi pembukuan yang mudah dan meminimalisir kesalahan pada penghitungan akhir, Anda bisa mencoba menggunakan Mekari Jurnal sebagai software akuntansi bisnis Anda. Mekari Jurnal adalah software akuntansi buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh ribuan pengguna dari berbagai jenis bisnis mulai dari UKM sampai perusahaan besar.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Mekari Jurnal secara gratis selama 14 hari.

Kategori : Industri

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo