Contoh Etika Bisnis Yang Patut Untuk Anda Terapkan

Etika merupakan hal yang penting diterapkan di segala aspek kehidupan, termasuk dalam kantor kerja. Bagi para karyawan, menerapkan sejumlah hal seperti etika di kantor dapat melatih diri untuk bisa bersikap dan juga sangat mempengaruhi citranya.

Kemudian, manfaat lain dari menerapkan etika yang ada di kantor ialah mampu meningkatkan karier dari seorang karyawan itu.

Terlebih lagi adanya etika bisnis yang perlu dipahami dengan baik. Berikut kami paparkan contoh etika bisnis yang dapat kamu simak.

Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis menjadi poin penting bagi setiap pelaku usaha dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, pentingnya kamu mengetahui pengertian etika bisnis dari sejumlah ahli. Yaitu:

  • Menurut Bertens (2000), Menurut Bertens, etika bisnis itu lebih luas dari pada ketentuan yang diatur oleh undang-undang. Bahkan etika bisnis merupakan standar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan standar minimum ketentuan hukum. Karena dalam kegiatan atau kegiatan bisnis kita sering kali menemukan grey area yang tidak diatur oleh ketentuan hukum.
  • Menurut Hill dan Jones, Menurut Hill dan Jones, Pengertian Etika Bisnis merupakan ajaran dalam membedakan antara benar dan salah dalam memberikan bekal kepada setiap pimpinan perusahaan ketika mempertimbangkan pengambilan keputusan strategis terkait dengan masalah moral yang kompleks.
  • Menurut Sumarni (1998: 21), Pengertian etika bisnis terkait dengan masalah menilai aktivitas dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran dalam berbisnis.
  • Menurut Sim, Hal ini terkait dengan kepemimpinan yang efektif dalam suatu organisasi.
  • Menurut Velasques, Menurut Velasques, Pengertian Etika Bisnis merupakan kajian yang bertumpu pada akhlak yang benar dan salah.
  • Menurut Business & Society-Ethics dan Stakeholder Management, Etika Bisnis adalah disiplin yang berkaitan dengan baik buruknya suatu tugas dan kewajiban moral dalam konteks bisnis.
  • Menurut Steade et al: Menurut Steade dkk, Etika Bisnis adalah standar etika yang terkait dengan tujuan dan cara pengambilan keputusan bisnis.

Contoh Etika Bisnis

Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa contoh etika bisnis yang ada di tempat kerja yang patut anda terapkan di kantor.

contoh etika bisnis

Contoh Etika Bisnis Saat di Tempat Kerja Atau Kantor

1. Perhatikanlah Penampilanmu Anda Ketika Berada di Kantor

Salah satu hal yang menjadi bentuk penerapan contoh etika bisnis di tempat kerja ialah memperhatikan penampilan saat berada di kantor.

Ada baiknya, anda ketahui standar maupun aturan berpakaian yang tertulis di kantor anda. Bila kantor anda merupakan perusahaan formal, maka anda wajib memakai pakaian semacam celana kain, kemudian mengenakan kemeja putih, dasi, serta dilengkapi dengan jas.

Selain itu, bila anda bekerja di startup atau sebuah perusahaan kreatif, maka pakaian yang lebih informal semacam celana jeans, kemudian kaus, dan juga sweater, maupun dengan model lainnya dapat disandang.

Memperhatikan penampilan anda saat di kantor dapat membantu anda menyesuaikan diri dengan budaya dalam kantor, sekaligus juga menampilkan citra profesional anda.

2. Jaga Kerapian Diri dan Sekitar

Selain dengan memperhatikan pakaian, contoh etika bisnis lainnya adalah anda pun juga harus memperhatikan kerapian diri serta ruang pribadi, semacam meja kerja milik anda.

Terlepas dari apapun pakaian yang anda pakai (pakaian formal maupun santai), pastikan bila pakaian yang anda kenakan terlihat rapi di mata orang lain.

Hal serupa pun juga berlaku untuk meja kerja anda. Jangan sampai meja kerja anda berantakan dan tidak karuan.

Tatalah meja kerja anda serapi mungkin, baik sebelum sampai dengan setelah bekerja. Selain jadi terlihat lebih rapi, meja kerja yang rapi pun dapat membuat kerja anda menjadi nyaman.

3. Hormatilah Semua Orang di Kantor Anda

Setiap orang pasti selalu ingin dihormati, begitu pula dengan orang yang berada di kantor anda. Maka dari itu, contoh etika bisnis lain yakni cobalah untuk menghormati semua orang yang berada di dalam kantor.

Ada beberapa bentuk penghormatan yang dapat anda lakukan untuk bisa menerapkan etika dalam tempat kerja.

Contoh saja, dengan tidak mengganggu rekan kerja yang tengah sibuk bekerja. Bila anda malah mengganggunya, mungkin saja dia akan marah dan juga akan merusak hubungan anda berdua.

Dengan tidak menghormati dan juga tidak mengganggu kala bekerja akan membuat orang lain punya pandangan yang baik terhadap anda.

Tentunya akan membawa dampak positif dan manfaat untuk jenjang karier anda.

4. Pisahkan Urusan Pribadi dengan Pekerjaan

Contoh etika bisnis lain di tempat kerja ialah dengan tidak mencampur adukkan masalah pekerjaan dan juga kehidupan pribadi.

Dengan melakukan hal yang satu ini, karier anda pun akan meningkat pula. Anda dapat melakukannya dengan cara tidak memikirkan kehidupan maupun masalah pribadi anda kala bekerja.

Ketika tengah sibuk bekerja, cobalah untuk bisa memfokuskan pikiran pada pekerjaan anda. Jangan juga menceritakan masalah pribadi anda itu kala bekerja.

Apalagi, ke teman kerja anda. Jangan juga terlalu sering membahas mengenai pekerjaan anda di depan para kerabat maupun orang terdekat di keluarga anda.

5. Jadilah Seseorang yang Bisa Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab adalah sikap positif juga contoh etika bisnis di tempat kerja yang baik. Jika ingin karier anda meningkat, maka hal ini patut untuk anda terapkan.

Salah satu contoh dari bertanggung jawab ialah dengan mengerjakan suatu pekerjaan maupun projek dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu.

Anda pun juga bertanggung jawab kepada hasil dari pekerjaan maupun projek yang dikerjakan, terlepas dari hasilnya baik maupun buruk. Ketika hasilnya buruk, kamu juga tidak mencari alasan.

Bentuk lainnya ialah dengan tidak datang terlambat jika anda diundang ke sebuah tempat dan juga menyimak pembicaraan yang terjadi saat rapat berlangsung.

6. Jadilah Pribadi yang Punya Rasa Peduli

Contoh etika bisnis di tempat kerja ini tidak hanya diterapkan kepada sesama rekan kerja saja, namun juga kepada atasan anda.

Bentuk dari contoh etika bisnis kepedulian dapat anda lakukan dengan cara mematikan peralatan kantor jika sudah tidak dipakai.

Anda pun juga dapat memberikan dukungan moral kepada para rekan kerja jika rekan itu sedang merasa sedih, maupun mengalami sebuah masalah.

Melakukan hal ini, akan membuat orang-orang menjadi hormat kepada anda, dan tentunya akan membantu anda dalam perjalanan karier anda.

7. Jangan Sekalipun Memotong Pembicaraan

Contoh etika bisnis ini ketika saat mengobrol, ada baiknya jika anda menunggu orang lain sampai selesai menyampaikan apa pun yang menjadi pemikirannya.

Memotong pembicaraan akan dapat memberikan kesan bahwa anda berpikir jika opini anda lebih baik daripada pendapat yang lainnya dan tidak tertarik untuk mendengarkan opini dari orang lain.

Jika anda tidak setuju dengan apa yang dibicarakan oleh orang lain, ada kalanya anda mencatat apa yang dia bicarakan dan juga tetap diam sampai dengan orang tersebut selesai berbicara.

Dengan menuliskan apa yang anda dengar itu, maka anda dapat memberikan tanggapan yang lebih akurat dan tidak dirundung emosi semata.

Tentunya anda akan mendapatkan giliran dalam diskusi, jadi sabar saja dan dengarkan dengan baik merupakan kuncinya.

contoh etika bisnis

8.  Selalu Tepat Waktu

Menjadi seseorang yang datang tepat waktu adalah salah satu bentuk contoh etika bisnis di tempat kerja yang bisa membawa banyak sekali manfaat pada jenjang karier anda.

Bila anda selalu datang terlambat, akan dianggap sebagai sosok yang tidak profesional dan tidak menghormati aturan yang telah ada.

Usahakan untuk selalu rencanakan untuk datang lebih awal sehingga apabila jika ada suatu hal yang terjadi, semacam terkena macet, anda tidak akan terlambat.

Akan tetapi, bila anda mengalami sesuatu dan membuat anda tidak dapat datang tepat waktu, beritahu atasan anda maupun rekan kerja anda secepat mungkin.

9. Menjadi Pribadi yang Fleksibel

Menurut Northeastern University, anda kadang kala akan diberikan pekerjaan maupun suatu proyek yang membuat anda bekerja lembur dan lebih larut, maupun mengerjakan pekerjaan diluar job desc anda.

Nah bila hal ini terjadi, maka ada baiknya jika anda menjadi lebih fleksibel dan mencoba untuk menerapkan contoh etika bisnis memberikan yang terbaik pada saat anda bekerja.

Tanyakan saja apa yang tidak anda mengerti kepada rekan kerja maupun pada atasan. Hal ini akan menunjukkan bahwasanya anda memang serius untuk bisa menyelesaikan pekerjaan yang sudah diberikan.

Hal ini pun pula menunjukkan jika anda memang menghargai perusahaan serta juga menganggap serius peran yang menjadi pekerjaan anda.

10. Jangan Bermain Handphone Terus Menerus

Saat berada di kantor, ada baiknya jika anda tidak menatap gawai secara terus menerus. Hal itu akan menunjukkan jika anda tidak mau bersosialisasi dengan para rekan kerja anda. Selain daripada itu, melihat gawai saat sedang rapat pun akan membuat kesan yang negatif sebab anda dianggap tidak memperhatikan apa yang tengah dibahas.

Menerapkan sejumlah contoh etika bisnis di tempat kerja sangat layak diterapkan sebab hal itu akan melatih anda untuk bisa bersikap lebih baik saat di kantor.

Selain daripada hal itu, karier anda pun juga akan semakin meningkat dengan cara anda menerapkan contoh etika bisnis dan juga berperilaku yang baik ketika berada di kantor.

Aset dari perusahaan dan bisnis Anda perlu dipantau dan dijaga agar dapat terus punya nilai untuk jangka panjangnya. Temukan juga kemudahan dalam mengelola serta menghitung aset tetap Anda di aplikasi inventaris barang dalam integrasi software akuntansi online dari Jurnal.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo