Mekari Jurnal
Daftar Isi

6 Hal Penting untuk Membuat Pembukuan Lebih Mudah

Tayang 15 Jun 2019
Diperbarui 03 November 2023

Bisnis yang baik tentunya harus mengiringi dengan pembukuan finansial yang memadai agar catatan pemasukan dan pengeluaran usaha dapat memonitori secara akurat.

Selain itu, pendataan yang benar juga akan bermanfaat dalam membantu mengambil keputusan dan pertanggungjawaban bisnis.

Dengan demikian, pendataan yang benar juga merupakan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis baru agar Anda dapat lebih menjamin keberlangsungan usaha barumu.

Bagaimana cara membuat laporan keuangan  yang baik agar bermanfaat bagi bisnismu? Simak hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat pendataan yang benar berikut ini!

1. Penggunaan dan penyampaian bahasa

Selain untuk penggunaan pribadi/internal, pembukuan juga bisa menunjukkan untuk pihak eksternal, seperti petugas pajak, investor, maupun kreditur.

Dengan demikian, penggunaan bahasa yang menggunakan pun harus dapat menjamin bahwa informasi yang tertuang dalam pembukuan akan tersampaikan secara tepat kepada pihak-pihak yang akan membacanya.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan terminologi pembukuan yang sesuai dengan makna dan fungsinya masing-masing secara tepat.

Pastikan juga Anda mengikutsertakan komponen-komponen yang membutuhkan secara lengkap. Jika Anda memiliki investor asing, pastikan juga Anda menggunakan bahasa yang dapat memahami oleh masing-masing pihak.

2. Mata uang yang dipakai dalam Membuat Pembukuan

Dalam membuat pembukuan, pastikan Anda menggunakan mata uang yang menggunakan perusahaanmu dalam menjalankan bisnis agar laporan yang Anda buat relevan dengan aktivitas keuangan yang menjalankan dan mencerminkan kondisi sebenarnya.

Namun, jika bidang usahamu melibatkan penggunaan berbagai macam mata uang dalam setiap transaksinya, seperti dalam bidang ekspor-impor, ada baiknya Anda menggunakan mata uang fungsional yang menggunakan oleh banyak kalangan.

Mengenal Aplikasi Pembukuan Online Untuk Kemudahan Bisnis

3. Update transaksi dalam Membuat Pembukuan

Pembaruan data transaksi merupakan salah satu hal paling penting yang harus selalu Anda lakukan dalam pembukuan.

Hal tersebut menyebabkan karena transaksi keluar masuknya uang perusahaan merupakan salah satu bagian utama dari pendataan perusahaan.

Pastikan Anda selalu menyimpan bukti transaksi, seperti nota, invoice, kuitansi, dan tidak lupa mencatat tanggal transaksi terkait agar transaksi tersebut dapat menganggap sah.

Hal ini harus melakukannya dengan saksama karena kelalaian dalam pencatatan detail transaksi dapat berakibat fatal terhadap hasil akhir pembukuan.

4. Klasifikasi pengeluaran

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan dalam membuat pembukuan adalah membedakan transaksi keuangan pribadi dan transaksi keuangan perusahaan.

Mencampur keuangan pribadi dan perusahaan merupakan kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian fatal karena pendataan tidak akan menggambarkan kondisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya.

Dengan demikian, pengambilan keputusan bisnis dan pertanggungjawabannya pun dapat menjadi kabur dan tidak relevan dengan kebutuhan perusahaan yang sesungguhnya.

5. Informasi komparatif

Pembukuan yang baik mencakup perbandingan dengan catatan keuangan pada periode-periode ataupun tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini menunjukkan agar Anda dapat melihat perubahan dari kecenderungan transaksi keuangan perusahaan.

Dengan mengetahui perubahan kecenderungan tersebut, Anda dapat menganalisa perubahan yang terjadi dalam usahamu beserta dengan kebutuhan bisnis yang mengakibatkannya.

Dengan demikian, Anda dapat memutuskan kebijakan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

6. Pertanggung jawaban isi pembukuan

Perlu memperhatikan bahwa memeriksa ulang pembukuan yang sudah membuat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan demi menghindari kesalahan input data.

Hal ini disebabkan pembukuan dapat saja dilakukan oleh pihak eksternal yang Anda pakai jasanya.

Namun demikian, pertanggungjawaban isi pembukuan tetaplah menjadi beban manajemen perusahaan terkait. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa data-data yang ada dalam pembukuan terkait adalah benar, ada baiknya untuk selalu melakukan verifikasi terhadap informasi yang tertera dalam pendataan usahamu.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat pembukuan yang benar.

Pastikan Anda selalu fokus saat sedang melakukan pembukuan untuk meminimalisir kekeliruan yang dapat membawa dampak fatal bagi pertumbuhan usahamu.

Perlu diingat juga kalau pendataan hanyalah langkah awal untuk memproses akuntansi perusahaan.

Pada akhirnya, seluruh data yang sudah Anda kumpulkan harus diterjemahkan melalui proses akuntansi agar kondisi finansial perusahaan terlihat dengan jelas.

Kombinasi pendataan yang benar dan proses akuntansi adalah kunci untuk mengambil keputusan-keputusan jitu berbisnis!

Untuk proses pengkombinasian tersebut, gunakan juga software pembukuan usaha, salah satunya adalah Jurnal.

Dengan fiturnya yang beragam, pilih mana yang paling cocok untuk jaga dan kembangkan performa bisnis Anda.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal