Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Mengenal Apa Itu Lisensi Bisnis: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Tayang 19 Apr 2022
Diperbarui 17 Oktober 2023

Apa itu lisensi bisnis? Di pembahasan kali ini kalian akan mengetahui apa yang dimaksud dengan lisensi bisnis. Yang meliputi pengertian, jenis-jenis dan manfaat lisensi bisnis dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Untuk lebih detailnya silahkan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Pengertian Apa Itu Lisensi bisnis

Apa itu lisensi bisnis? Lisensi bisnis adalah sebuah pemberian izin dalam melakukan suatu produksi mau itu dalam bentuk produk atau jasa tertentu, yang mana produk atau jasa itu tersebut sebelumnya telah dipatenkan oleh yang menciptakannya pertama kali.

Seringkali lisensi bisnis diartikan sebagai suatu bentuk dalam pemberian izin guna memanfaatkan pertama kali.

Tak hanya apa itu lisensi bisnis juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk dalam pemberian izin untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual, yang mana dapat diberikan pemberi lisensi bisnis kepada penerima lisensi bisnis yang bermaksud supaya penerima lisensi bisnis bisa melakukan aktivitas usaha atau memproduksi produk tertentu dengan memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual yang telah dilisensi bisniskan.

Dalam lisensi bisnis juga terdapat istilah perjanjian lisensi bisnis, yang mana perjanjian lisensi bisnis suatu perjanjian perjanjian antara dua pihak atau lebih dimana satu pihak itu bertindak untuk memberikan lisensi bisnis sebagai pemilik atau pemegang lisensi bisnis terhadap pihak yang bertindak sebagai penerima lisensi bisnis.

Sehingga pihak yang menerima lisensi bisnis bisa dengan legal untuk memproduksi dan memasarkan produk atau jasanya.

Untuk pihak yang memberikan lisensi bisnis disebut dengan Licensor sedangkan untuk pihak yang menerima lisensi bisnis disebut juga dengan License.

Secara tidak langsung, istilah lisensi bisnis telah mengarah terhadap penjualan atau izin memanfaatkan hak paten serta hak dalam menggunakan merek dagang.

Tentunya untuk pemegang lisensi bisnis atu tadi yang disebut dengan License yang telah diberi izin oleh pemberi lisensi bisnis (Licensor) harus memproduksi produk dengan menggunakan bahan yang sama persis, kecuali untuk variasi agar produk yang diproduksi tersebut sesuai dengan selera sehingga masyarakat yang mana pemegang lisensi bisnis memasarkannya.

apa itu lisensi bisinis

Apa Itu Lisensi bisnis Menurut Para Ahli

Sedangkan berikut merupakan beberapa pendapat dari para ahli Apa itu Lisensi bisnis akan didefinisikan sebagai berikut:

· Wilbur Cross

Menurut pendapat Wilbur Cross, Pengertian lisensi bisnis yakni suatu kontrak dalam menjelaskan mengenai satu pihak memastikan satu, dua, atau lebih dalam suatu operasi dari pihak lainnya. Operasi tersebut juga dapat dalam bentuk manufaktur, servis ataupun penjualan.

· PH Collin

Menurut pendapat PH Collin, pengertian lisensi bisnis adalah suatu perjanjian dalam memberikan hak milik maupun hak istimewa terhadap seseorang guna melakukan produksi dan memanfaatkan sesuatu.

· Betsyann Toffler dan Jane Imber

Menurut pendapat Betsyann Toffler dan Jane Imber, pengertian lisensi bisnis yaitu suatu kontrak dalam perjanjian dari dua entitas bisnis usaha, yang diberikan kepada seseorang yang memegang lisensi bisnis untuk hak paten, merek dan hak milik lainya terhadap suatu pertukaran biaya atau royalti.

Apa Itu Lisensi bisnis dan Jenis-Jenisnya?

Ada beberapa jenis dari Apa itu Lisensi bisnis, diantaranya yaitu sebagai berikut:

· Lisensi bisnis HKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Jenis lisensi bisnis hak atas kekayaan intelektual seperti lisensi bisnis terhadap software komputer. Pemberi lisensi bisnis juga akan memberikan hak kepada para user atau pengguna dalam memakai softwarenya.

Lisensi bisnis dalam hak kekayaan intelektual ini biasa memiliki peraturan di dalamnya seperti syarat serta ketentuan wilayah pemakaian, pembaruan dan syarat lainnya yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pemilik lisensi bisnis tersebut.

· Lisensi bisnis Massal

Biasanya, lisensi bisnis massal ada dalam lisensi bisnis software komputer, dimana lisensi bisnis tersebut diberikan dari pemilik lisensi bisnis pada perorangan untuk menenggunakan software komputer itu. Lisensi bisnis secara detail seringkali tertulis dalam UELA (End User License Agreement) dalam software tersebut.

· Lisensi bisnis Merek Barang atau Jasa

Pemegang lisensi bisnis juga bisa memberikan izin atau lisensi bisnisnya kepada seseorang atau perusahaan dengan tujuan agar seseorang atau perusahaan tersebut bisa menjual produk atau jasa dibawah pemilik lisensi bisnis merek dagang tersebut.

Dengan Adanya lisensi bisnis tersebut, maka pemakaian lisensi bisnis juga bisa menggunakan merek dagang atau jasa pemilik lisensi bisnis, tanpa ada rasa khawatir untuk dituntut secara hukum oleh pemilik lisensi bisnis sebab sebelumnya telah memperoleh persetujuan oleh pemilik lisensi bisnis.

· Lisensi bisnis Hasil Karya Seni dan Karakter

Pemilik lisensi bisnis juga bisa memberikan izin tersebut kepada seseorang atau perusahaan yang menjadikan bisa untuk menyalin dan menjual hak cipta yang mengandung material seni dan karakter.

Contohnya yaitu dalam suatu perusahaan yang memproduksi dan memasarkan mainan dengan karakter tsum-tsum, dalam melaksanakan produksi serta pemasaran mainan karakter itu yang mana sebelumnya sudah mendapatkan izin dari pencipta karakter tersebut.

· Lisensi bisnis Bidang Pendidikan

Biasanya, lisensi bisnis yang dalam suatu bidang pendidikan berupa gelar akademis.

Suatu perguruan tinggi atau universitas merupakan sebagai pemilik lisensi bisnis bisa untuk memberikan gelar terhadap seseorang untuk menggunakan gelar akademisnya setelah menimba ilmu dalam kurun waktu tertentu pada perguran tinggi atau universitas tersebut, atau dapat pula gelar akademis yang diberikan terhadap seseorang sebagai bentuk penghargaan.

Apa Itu Lisensi bisnis dan Manfaatnya

Apa itu Lisensi bisnis? Manfaat lisensi bisnis dalam penerima lisensi bisnis yaitu mereka jika menggunakan merek pemberi lisensi bisnis dengan aman dan juga legal.

Sehingga dapat menjadikan penerima lisensi bisnis bisa untuk menjalankan usahanya dengan lancar.

Terlebih lagi jika merek yang digunakan sudah sangat terkenal serta memiliki reputasi yang bagus di mata konsumen maka hal ini akan memperoleh banyak keuntungan dalam menjalankan usahanya.

Sedangkan keuntungan yang didapatkan untuk pemilik lisensi bisnis seringkali akan mendapatkan royalti yang besarnya sebelumnya telah disepakati oleh kedua pihak yaitu antara pemilik lisensi bisnis dan penerima lisensi bisnis.

Lisensi Bisnis terkait Kelebihan Kekurangan

A. Kelebihan

•  Apabila Anda sedang menetapkan merek dagang, dan selanjutnya Anda bisa menerima salah satu off lump sum untuk memperoleh kembali biaya pendaftaran. Yang memungkinkan Anda bisa menegosiasikan harga untuk tanda Anda, dengan pihak yang lain.

•  Tugas merek dagang juga bisa melupakan Anda dari tanggung jawab yang sedang berlangsung terhadap manajemen yang terus berkelanjutan serta penegakan merek dagang. Terdapat pula yang tidak bertanggung jawab yang mana hal ini sedang berlangsung.

•  Memungkinkan Anda untuk mempertahankan kontrol atas merek dagang Anda sebagaimana ia digunakan.

• Memungkinkan Anda untuk mendapatkan pembayaran royalti yang sedang berlangsung.

• Hal ini juga mungkin untuk memaksimalkan eksploitasi dalam hal wilayah, barang atau jasa tertutup serta volume dalam penjualan.

B. Kerugian

•  Apabila anda sedang menjual merek dagang Anda, Anda akan melepaskan semua kontrol atasnya.

• Hal ini juga bisa sulit untuk nilai merek dagang Anda dan memungkinkan untuk anda kalah dengan lisensi bisnis dalam jangka yang panjang.

•  Apabila terdapat kesepakatan antara pemberi lisensi bisnis serta penerima lisensi bisnis rusak, mantan penerima lisensi bisnis juga bisa menjadi pesaing dan mencari guna menantang keabsahan merek dagang tersebut.

•  Ada juga akan melanjutkan kewajiban terhadap lisensi bisnis merek dagang. Ini termasuk dalam kebutuhan guna menegakkan hak-hak atas nama lisensi bisnis seperti menegakkan pelanggaran merek dagang.

Bisnis dan Pengelolaan yang Makin Mudah dengan Jurnal by Mekari

Jurnal sebagai salah satu aplikasi perkantoran yang selalu berusaha membantu para pengusaha mengembangkan bisnis, kini hadir dengan banyak fitur manajemen usaha, termasuk fitur aplikasi kas yang siap memudahkan usaha Anda. Yuk coba gunakan Jurnal.id, gratis 14 hari.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal