Tidak seperti pemasaran produk perusahaan dagang atau produk online lainnya, mengatur strategi pemasaran bagi pebisnis salon mungkin agak sulit. Karena pelanggan harus tahu di mana lokasi salon Anda dan harus langsung mengunjungi tempat salon Anda untuk menikmati jasa yang Anda berikan. Lalu, bagaimana cara memulainya? Akankah strategi pemasaran yang dirancang benar-benar membuahkan hasil? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai lima tips dalam menjalankan strategi pemasaran online  dan ide praktis bagi para pengusaha salon dalam memasarkan bisnis salonnya.

 

Fokus pada Konsistensi Pelayanan yang Anda Tawarkan

Membangun brand salon yang kuat secara online sejatinya sama dengan melalui jalur offline. Aturannya sama, di mana Anda membutuhkan tampilan, pesan yang ingin disampaikan, dan bentuk nuansa yang jelas dan konstan. Setiap orang perlu tahu apa arti dari nilai brand salon yang Anda tawarkan.

 

Anda harus mengilustrasikan brand Anda secara konsisten di setiap saluran pemasaran. Jika pelanggan potensial melihat situs web atau akun social media salon Anda, mereka harus melihat bentuk dan penawaran yang Anda berikan secara sama.

 

Miliki Situs Web Salon yang Responsif di Akses Melalui Mobile

Ini adalah bentuk pemasaran yang penting jika bisnis salon Anda ingin ditemukan oleh pelanggan baru dan agar tetap bisa bersaing dengan kompetitor Anda. Karena saat ini, mayoritas pelanggan menggunakan mobile smartphone dalam mencari berbagai informasi termasuk khususnya kebutuhan mereka akan perawatan kecantikan. Jika situs web salon Anda tidak responsif secara mobile, maka bersiaplah bisnis Anda tidak akan dilirik oleh sebagian besar pelanggan. Dan jika pelanggan baru tidak dapat mengakses situs web salon Anda, bisa dipastikan mereka akan beralih ke salon kompetitor Anda.

Mulai Gunakan Blog Untuk Memperkuat Pemasaran Online Anda

Kualitas konten adalah “raja”. Selama delapan belas bulan terakhir situs Google telah menyatakan dengan jelas bahwa mereka akan menampilkan situs web dengan pasokan konten yang relevan dan menarik di laman pertama mereka. Menciptakan blog bulanan adalah cara pemasaran yang bagus bagi salon untuk membuat konten dan diharapkan terjangkau oleh mesin pencari Google. Jika ingin memulainya, Anda perlu membuat konten yang relevan dengan bisnis salon berupa tulisan artikel yang menarik dan baik. Ejaan, tata bahasa, dan penulisan yang tidak enak dibaca malah akan memperburuk citra salon Anda. Pembaca menginginkan artikel yang gemilang, penuh dengan tips, dan nasihat yang bermanfaat terkait perawatan kecantikan.

 

Gunakan Akun Social Media Secara Profesional

Hanya karena Anda dapat menggunakan akun social media secara pribadi belum tentu itu bisa dilakukan secara profesional. Lihatlah beberapa brand salon besar dan ketahuilah seberapa besar effort dan uang yang mereka investasikan untuk membuat tampilan Facebook atau akun social media lainnya terlihat profesional. Mereka memahami kekuatan strategi pemasaran social media yang kuat. Anda juga bisa seperti mereka dengan kiat-kiat berikut ini:

a. Investasikan anggaran Anda untuk mengikuti pelatihan penggunaan social media khusus pemasaran bisnis salon agar Anda memahami apa yang harus Anda lakukan, fokuskan, dan yang harus Anda hindari dalam penggunaan akun social media sebagai sarana pemasaran bisnis salon Anda.

b. Jangan berpikir bahwa Anda perlu memakai semua jenis social media. Pilih dua atau tiga jenis social media yang di mana Anda nyaman dan berpotensi menggaet banyak pelanggan baru.

c. Libatkan agen pemasaran online untuk me-manage dan mengorganisir aktivitas social media yang Anda gunakan. Juga minta mereka untuk memberikan beberapa grafis kinerja aktivitas social media dalam menjangkit para pelanggan, bisa berupa data rata-rata umur pelanggan yang mengakses, status pelanggan, dan lainnya.

 

Maksimalkan Penggunaan Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) adalah fitur yang bisa mendorong profil salon Anda secara online. Jika Anda ingin bisnis salon Anda dilirik oleh publik dan Anda menginginkan lebih banyak traffic, maka Anda perlu menggunakan fitur SEO ini. Dengan SEO, blog atau situs web bisnis salon Anda kemungkinan besar akan berada di top listed hasil pencarian terkait di Google. Banyak agensi yang menawarkan jasa SEO dengan menawarkan pembuatan artikel terkait tema bisnis salon Anda. Akan berbeda jika Anda mengelola konten sendiri. Anda harus sangat berhati-hati karena Anda dapat dengan mudah merusak penelusuran sehingga membuat situs web Anda terjun bebas di hasil pencarian Google.

 

Setelah mengikuti lima tips dalam membangun strategi pemasaran bisnis salon Anda tersebut, diharapkan bisnis salon Anda bisa mendatangkan banyak pelanggan dan tentunya menghasilkan profit lebih secara jangka panjang. Tidak lupa, Anda juga harus memperhatikan pencatatan dan pelaporan keuangan bisnis salon Anda.

Dengan Jurnal, segala permasalahan tersebut bisa teratasi. Jurnal adalah software akuntansi online yang menawarkan fitur-fitur akuntansi yang mempermudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis. Jurnal juga telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi yang membuat bisnis lebih efektif dan efisien. Untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai Jurnal, silahkan klik di sini.

Author