Jurnal Enterpreneur

5 Kiat Membangun Strategi Pemasaran Bisnis Salon atau Kecantikan

Berikut ini adalah 5 tips membangun strategi pemasaran bisnis usaha salon kecantikan yang efektif dan efisien. Selengkapnya baca disini, di blog Jurnal By Mekari!

Tidak seperti pemasaran produk perusahaan dagang atau produk online lainnya, mengatur strategi pemasaran bagi pebisnis salon mungkin agak sulit. Karena pelanggan harus tahu di mana lokasi salon Anda dan harus langsung mengunjungi tempat salon Anda untuk menikmati jasa yang Anda berikan.

Lalu, bagaimana cara memulainya? Akankah strategi pemasaran yang dirancang benar-benar membuahkan hasil?

Gunakan Jurnal untuk Bisnis Jasa Anda! Automasi Setiap Transaksi dan Terima Pembayaran dengan Cepat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

5 Tips Membangun Strategi Pemasaran Salon Kecantikan Yang Efektif Sebagai Berikut

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai lima tips dalam menjalankan strategi pemasaran online  dan ide praktis bagi para pengusaha salon dalam memasarkan bisnis salonnya.

Fokus pada Konsistensi Pelayanan yang Anda Tawarkan

Membangun brand salon yang kuat secara online sejatinya sama dengan melalui jalur offline. Aturannya sama, di mana Anda membutuhkan tampilan, pesan yang ingin disampaikan, dan bentuk nuansa yang jelas dan konstan.

Setiap orang perlu tahu apa arti dari nilai brand salon yang Anda tawarkan. Anda harus mengilustrasikan brand Anda secara konsisten di setiap saluran pemasaran.

Jika pelanggan potensial melihat situs web atau akun social media salon Anda, mereka harus melihat bentuk dan penawaran yang Anda berikan secara sama.

Baca Juga : Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi Bisnis Kecantikan

Miliki Situs Web Salon yang Responsif di Akses Melalui Mobile Sebagai salah Satu Strategi Pemasaran Usaha Salon Kecantikan Anda

Ini adalah bentuk pemasaran yang penting jika bisnis salon Anda ingin ditemukan oleh pelanggan baru dan agar tetap bisa bersaing dengan kompetitor Anda.

Karena saat ini, mayoritas pelanggan menggunakan mobile smartphone dalam mencari berbagai informasi termasuk khususnya kebutuhan mereka akan perawatan kecantikan.

Jika situs web salon Anda tidak responsif secara mobile, maka bersiaplah bisnis Anda tidak akan dilirik oleh sebagian besar pelanggan. Dan jika pelanggan baru tidak dapat mengakses situs web salon Anda, bisa dipastikan mereka akan beralih ke salon kompetitor Anda.

Baca Juga : 5 Kiat Membangun Strategi Pemasaran Online Bagi Pengusaha UKM UMKM

Mulai Gunakan Blog Untuk Memperkuat Pemasaran Online Anda

Kualitas konten blog atau website adalah “raja”, karena itu Anda harus mempertimbangkan kualitas konten pada strategi pemasaran usaha salon kecantikan Anda, khususnya terkait blog ini.

Selama delapan belas bulan terakhir situs Google telah menyatakan dengan jelas bahwa mereka akan menampilkan situs web dengan pasokan konten yang relevan dan menarik di laman pertama mereka.

Menciptakan konten blog bulanan adalah cara pemasaran yang bagus bagi salon untuk membuat konten dan diharapkan terjangkau oleh mesin pencari Google.

Jika ingin memulainya, Anda perlu membuat konten yang relevan dengan bisnis salon berupa tulisan artikel yang menarik dan baik. Ejaan, tata bahasa, dan penulisan yang tidak enak dibaca malah akan memperburuk citra salon Anda.

Pembaca menginginkan artikel yang gemilang, penuh dengan tips, dan nasihat yang bermanfaat terkait perawatan kecantikan.

Baca Juga : 4 Strategi Promosi Marketing untuk Bisnis Online Anda

Gunakan Akun Social Media Secara Profesional Pada Rencana Strategi Pemasaran Bisnis Salon Kecantikan Anda

Hanya karena Anda dapat menggunakan akun social media secara pribadi belum tentu itu bisa dilakukan secara profesional.

Lihatlah beberapa brand salon besar dan ketahuilah seberapa besar effort dan uang yang mereka investasikan untuk membuat tampilan Facebook atau akun social media lainnya terlihat profesional.

Gunakan Akun Social Media Secara Profesional Pada Rencana Strategi Pemasaran Bisnis Salon Kecantikan Anda

Mereka memahami kekuatan strategi pemasaran social media yang kuat. Nah, Anda juga bisa seperti mereka dengan kiat-kiat berikut ini:

  1. Investasikan anggaran Anda untuk mengikuti pelatihan penggunaan social media khusus pemasaran bisnis salon agar Anda memahami apa yang harus Anda lakukan, fokuskan, dan yang harus Anda hindari dalam penggunaan akun social media sebagai sarana pemasaran bisnis salon Anda.
  2. Jangan berpikir bahwa Anda perlu memakai semua jenis social media. Pilih dua atau tiga jenis social media yang di mana Anda nyaman dan berpotensi menggaet banyak pelanggan baru.
  3. Libatkan agen pemasaran online untuk me-manage dan mengorganisir aktivitas social media yang Anda gunakan. Juga minta mereka untuk memberikan beberapa grafis kinerja aktivitas social media dalam menjangkit para pelanggan, bisa berupa data rata-rata umur pelanggan yang mengakses, status pelanggan, dan lainnya.

Baca Juga : 5 Strategi Sukses Memasarkan Bisnis Kue

Maksimalkan Penggunaan Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) adalah fitur yang bisa mendorong profil salon Anda secara online, dan ini juga bisa menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis salon kecantikan yang efektif.

Jika Anda ingin bisnis salon Anda dilirik oleh publik dan Anda menginginkan lebih banyak traffic, maka Anda perlu menggunakan fitur SEO ini. Dengan SEO, blog atau situs web bisnis salon Anda kemungkinan besar akan berada di top listed hasil pencarian terkait di Google.

Banyak agensi yang menawarkan jasa SEO dengan menawarkan pembuatan artikel terkait tema bisnis salon Anda. Hasilnya akan berbeda jika Anda mengelola konten sendiri.

Baca Juga : Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM

Anda harus sangat berhati-hati karena Anda dapat dengan mudah merusak penelusuran sehingga membuat situs web Anda terjun bebas di hasil pencarian Google.

Setelah mengikuti lima tips dalam membangun strategi pemasaran bisnis salon Anda tersebut, diharapkan bisnis salon Anda bisa mendatangkan banyak pelanggan dan tentunya menghasilkan profit lebih secara jangka panjang.

Tidak lupa, Anda juga harus memperhatikan pencatatan dan pelaporan keuangan bisnis salon Anda. Dengan software akuntansi Jurnal by Mekari, segala permasalahan tersebut bisa teratasi.

Jurnal adalah software akuntansi online yang menawarkan fitur-fitur akuntansi yang mempermudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis.

Jurnal juga telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi yang membuat bisnis lebih efektif dan efisien.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai fitur dan solusi aplikasi Jurnal, silahkan klik aplikasi invoice.

Nah, diatas adalah adalah 5 tips membangun strategi pemasaran bisnis usaha salon kecantikan yang efektif dan efisien untuk Anda. Semoga informasi ini berguna, dan silahkan dibagikan di sosial media ya.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo