Jurnal Enterpreneur

Pengertian Piutang Wesel dan Kegunaannya

Piutang wesel atau yang dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai promissory notes receivable adalah sebuah aset piutang bagi sebuah perusahaan  yang memiliki hak untuk menerima sejumlah pembayaran seperti yang tertera dalam dokumen (wesel) dari perusahaan lain yang belum memiliki ketersediaan uang kas saat melakukan transaksi. 

Contohnya adalah saat Anda membeli sebuah mobil secara kredit, maka akan keluar sebuah surat yang harus ditandatangani. Dari sudut pandang Anda sebagai pembeli, surat tersebut disebut dengan wesel bayar.

Dari sudut penjual mobil atau dealer, surat tersebut disebut wesel tagih. Wesel tagih ini penting untuk dicatat dalam pembukuan karena dapat menambah harta atau aset perusahaan. 

Perbedaan Piutang Wesel dengan Piutang Dagang

Piutang wesel bersifat lebih formal dibandingkan dengan piutang dagang, karena terdapat perjanjian tertulis yang mengikat antara pihak debitur dan kreditur untuk membayar sejumlah uang pada waktu tertentu.

Terkadang piutang wesel dibuat dengan menggunakan jaminan berupa kekayaan atau aset perusahaan dan menambahkan beban bunga. Selain itu, piutang wesel bisa dipindahtangankan kepada bank sebelum piutang tersebut jatuh tempo.

Akuntansi untuk Piutang Wesel

Wesel Tagih

Wesel tagih merupakan wesel yang dapat ditagihkan kepada perusahaan lain yang memiliki utang kepada perusahaan kita. Dengan kata lain, wesel tagih ini adalah dokumen piutang yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan lain yang belum bisa membayar pada saat penyerahan barang terjadi.

Dokumen wesel tagih ini dapat menjadi dasar posting piutang pada perusahaan kita. Karna status perusahaan merupakan pemberi utang. Berdasarkan pembebanan bunga, wesel tagih dibagi menjadi dua macam yaitu wesel tagih berbunga dan wesel tagih tanpa bunga.

 

Pertimbangan untuk membebankan bunga tergantung pada pihak manajemen perusahaan. Jika harta yang dipinjamkan tersebut memiliki nilai nominal yang dapat memberikan dampak kerugian, maka biasanya pihak perusahaan pemberi pinjaman akan membebankan bunga untuk mengantisipasi munculnya hal tersebut.

Besaran bunga yang akan dikenakan pada wesel tagih biasanya akan disesuaikan dengan besaran suku bunga bank yang terkait dalam transaksi.

Wesel Bayar

Sebetulnya piutang wesel bayar ini sama dengan wesel tagih. Bahkan dokumennya pun sama. Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada penerima wesel tersebut. Jika wesel tagih diberikan pada perusahaan pemberi pinjaman maka wesel bayar diberikan pada perusahaan yang meminjam uang.

 

Wesel bayar ini jika masa perjanjiannya akan dilunasi dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun, maka akan dimasukan pada neraca saldo dengan nama akun kewajiban lancar. Namun, jika pelunasannya lebih dari 1 tahun, maka akan dilaporkan sebagai kewajiban jangka panjang.

 

Saat wesel bayar mengalami jatuh tempo, adakalanya perusahaaan yang berutang tidak dapat dapat membayar tepat waktu. Jika hal tersebut terjadi, maka wesel tersebut dapat masuk dalam perkiraan utang dagang dan pihak penerima wesel bisa memberi beban tambahan berupa biaya administrasi.

 

Dengan adanya piutang wesel ini, maka pihak perusahaan pemberi utang akan mendapatkan kepastian pencatatan laporan keuangan dan juga akan merasa aman memberikan pinjaman kepada perusahaan lain.

Hal ini dikarenakan adanya surat perjanjian yang mengikat disertai jaminan berupa aset yang bisa digunakan jika terjadi masalah dalam pembayaran dikemudian hari.

 

Jurnal software akuntansi online merupakan software yang dapat membantu Anda dalam pencatatan utang dan piutang. Selain itu, Jurnal juga dapat membantu Anda menagih piutang secara online kepada seluruh pelanggan Anda.

Jurnal juga membantu bisnis Anda untuk lebih mudah memiliki semua pembuatan laporan keuangan, contohnya seperti aplikasi pajak online. Sehingga strategi bisnis berjalan dengan lancar dan optimal.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo