11 Tips Mental Bisnis Agar Bisnis Sukses Terjaga

Menjaga mental bisnis sangat penting untuk diperhatikan, metal ini seperti mindset yang harus tetap tajam agar pengusaha bisa tetap fokus dalam usaha.

Banyak orang percaya bahwa menjadi pengusaha akan memberikan mereka kebebasan yang tidak bisa mereka peroleh dengan menjadi pekerja kantoran.

Meskipun dalam beberapa kasus, hal tersebut benar, tapi kenyataannya, pilihan menjadi pengusaha seringkali menghadirkan tuntutan yang lebih berat daripada menjadi karyawan biasa.

Menjalankan bisnismu sendiri seringkali berdampak pada kesehatan secara umum, dan juga kesehatan mental bisnis.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Michael Freeman, psikiater yang memiliki spesialisasi menangani masalah kesehatan dan penyakit mental dalam dunia bisnis dan kewirausahaan, menunjukkan bahwa 49 persen dari 242 pengusaha menyatakan memiliki satu atau lebih kondisi kesehatan mental seumur hidup.

Selain itu, pengusaha juga memiliki kemungkinan lebih tinggi menyatakan mengalami depresi seumur hidup (30 persen), gangguan defisit hiperaktif (29 persen), gangguan spektrum bipolar (12 persen), dan penyalahgunaan zat terlarang (11 persen).

Hasil penelitian Freeman saja seharusnya membuat kita secara sadar untuk melakukan perbaikan kesehatan mental kita.

Kombinasi dari sifat dan kebiasaan yang akan mendorongmu ke puncak juga dapat menjerumuskan ke dalam kegelapan. Semakin tinggi kamu mendaki, semakin dalam kamu mungkin akan jatuh.

11 Tips Mental Bisnis Agar Bisnis Sukses Terjaga

Kamu adalah aset utama bisnismu. Hanya kamu yang punya kemampuan untuk terlibat dalam strategi meningkatkan kesehatan mental, dan membantu memenuhi tantangan dalam memimpin bisnis dan/atau timmu menuju sukses.

Berikut 11 tips menjaga mental bisnis untuk pengusaha

1. Jangan Terlalu Mengagungkan Kesibukan

Ingat lagi, berapa kali kamu mengatakan kamu sibuk. Sudahkah kamu berusaha mengurangi kesibukan? Atau, jangan-jangan itu semua terjadi karena kamu memberi dirimu sendiri terlalu banyak pekerjaan?

Dalam budaya startup dan wirausaha, punya kesibukan yang berlebihan seringkali diagung-agungkan dan dianggap keren, padahal itu tidak selalu baik. Coba lakukan pendelegasian. Tidak semua beban harus ada di pundakmu. Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

2. Memecah Pekerjaan

Kita semua punya banyak tujuan dalam bisnis yang ingin kita capai, dan ada banyak langkah untuk mencapainya. Pikiranmu mungkin sering terasa berantakan, dan ini adalah salah satu alasan banyak orang mengalami kecemasan saat menjalankan bisnis sendiri.

Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mental bisnis dan membuat pikiran tetap teratur adalah dengan memecah-mecah pekerjaan.

Misalnya, ketika kamu sedang mengerjakan sebuah pekerjaan, fokuslah pada hal itu saja dalam periode tertentu, misalnya satu hari, satu minggu, atau satu bulan.

3. Sempatkan Istirahat

Waktu istirahat, misalnya tidur, adalah hal penting yang dibutuhkan tubuhmu, terutama pikiranmu. Manfaatnya bukan hanya kamu bisa menjalani hidup yang lebih seimbang, tetapi juga memicu ide-ide segar.

Beristirahatlah sebentar secara berkala di sepanjang hari. Ambillah waktu libur setidaknya seminggu sekali. Beristirahat bukanlah kegiatan yang buang-buang waktu, karena jika kamu istirahat secara cukup, kamu akan lebih produktif dan mampu menggunakan waktumu lebih baik lagi.

Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

4. Jaga Kesehatan Jiwa

Lakukan perawatan tubuh dari dalam secara teratur untuk mengelola stres, kecemasan, dan kesehatan mental. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan misalnya, meditasi, yoga, atau menulis jurnal.

Meditasi adalah salah satu cara untuk meredakan stres, kecemasan, dan secara umum meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Saat melakukan meditasi, pikiranmu menjadi lebih tenang. Ini yang akan membuka lebih banyak ruang untuk ide-ide cemerlang.

Yoga juga bisa menjadi alternatif yang lain untuk menenangkan kecemasan dan sekaligus merasa sehat dan bahagia sesudahnya.  Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

5. Redakan Stres Setiap Hari

Jangan menunggu stres menumpuk hingga meledak suatu hari nanti. Usahakan untuk meredakannya setiap hari. Pilihlah hobi yang kamu bisa nikmati dan dan cobalah melakukannya di malam hari, dan jadikan bagian rutinitasmu sesudah selesai berkutat dengan urusan bisnis setiap harinya.

Misalnya menonton film, bermain musik, mewarnai pola, belajar menyulam, atau apa saja yang bisa membantu melepaskan pikiranmu dari urusan pekerjaan.  Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

11 Tips Mental Bisnis Agar Bisnis Sukses Terjaga

6. Tekad dan Niat yang Kuat

Saat pertama kali memulai usaha atau bisnis. Tentu kamu akan berhadapan dengan berbagai macam hal baru yang belum pernah kamu alami sebelumnya.

Hanya saja dengan niat dan tekad yang tangguh, tentu hal ini bisa menjadi pendorong kamu untuk tetap tangguh dan menghadapi tantangan dan permasalahan yang ada.

Apabila kamu merasa belum memiliki niat dan tekad yang penuh, ada baiknya kamu mempersiapkan diri lebih baik dengan menundanya terlebih dahulu. Daripada terjun langsung dengan semangat yang setengah-setengah.

Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

7. Memiliki Disiplin yang Tinggi

Jelas hal ini akan menjadi modal penting dalam karakter kamu yang harus dimiliki. Entah dunia kerja sebagai karyawan dan pengusaha. Disiplin menjadi poin plus jika kamu bisa menjadikannya pegangan dalam setiap pekerjaan yang kamu lakukan. Dan dengan disiplin kamu akan terlihat sebagai sosok pekerja yang profesional. Disiplin bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

8. Berani Mengambil Risiko

Dalam menentukan segala hal yang berkaitan dengan usaha atau bisnis kamu. Tentu kelak ada risiko yang harus dihadapi, entah nanti akan memajukan usaha atau ternyata bisa merugikannya. Apa pun itu, tentu saat kamu mengambil risiko.

Kamu sudah melakukan riset dan mempertimbangkan segala hal yang bisa terjadi. Termasuk jika keputusan kamu ambil tidak berjalan rencana.

Ambil pelajarannya dan langsung mempersiapkan diri dengan strategi untuk bangkit. Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

9. Kreatif dan Inovatif

Persaingan dunia bisnis begitu ketat. Untuk bisa bertahan dan sukses, kamu wajib untuk kreatif dan juga inovatif dalam berusaha.

Hal seperti memiliki produk yang beda dan unik atau yang sedang  banyak dibutuhkan merupakan salah satu contoh yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian konsumen.

Termasuk salah satunya strategi pemasaran atau penjualan  yang kini semakin beragam untuk bisa kamu gunakan dan maksimalkan. Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

10. Percaya dengan Kemampuan Diri Sendiri

Berpengalaman atau masih baru, kamu tidak boleh puas dan tetap memberikan ruang untuk belajar hal baru yang kelak berguna dalam bisnis kamu. Dan jangan lupa untuk yakin dan percaya dengan kemampuan diri sendiri saat melakukannya.

Kegagalan atau penolakan merupakan sukses yang tertunda, yang memiliki peran menjadikanmu pribadi yang lebih matang dalam berbisnis. Yakinlah dengan kemampuan diri sendiri untuk semakin berkembang menjadi seorang yang sukses.

Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

11. Cerdas Secara Emosional

Selain itu, kamu juga perlu memiliki kecerdasan secara emosional. Dimana bisa menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol semua emosi yang dimiliki dan orang di sekitarnya.

Karena individu yang cerdas secara emosi, bisa lebih tegas dan mampu mengendalikan tindakannya sehingga terbebas dari perilaku negatif.

Sebagai pengusaha, sangat mudah untuk larut dalam kesibukan bisnis dan mengesampingkan kesehatan mental.

Padahal dengan begitu, kamu akan kehilangan kesempatan mengembangkan bisnis lebih dari imajinasimu. Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga mental bisnis Anda.

11 Tips Mental Bisnis Agar Bisnis Sukses Terjaga

Selain Mental Bisnis, Tingkatkan Performa Bisnis dengan Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari memiliki fungsi terbaik sebagai aplikasi laporan keuangan untuk menunjang kesuksesan pebisnis. Didalamnya termasuk fitur program inventory barang, dimana dengan fitur ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola seluruh produk yang ada secara optimal. Free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari, sekarang.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo