Jurnal Enterpreneur

Pengertian Barang Jasa Secara Umum

Pengertian barang jasa mungkin secara sekilas sudah banyak diketahui oleh Anda, karena bisa dibilang baik barang maupun jasa akan ditemui dan dijumpai oleh setiap orang di setiap harinya. Bahkan berbagai barang dan jasa ini menjadi konsumsi bagi setiap orang sehingga hadirnya barang dan jasa di tengah masyarakat selalu dinantikan.

Terlebih lagi jika barang dan jasa tersebut memang dibutuhkan oleh seseorang sehingga sudah tentu kehadiran barang atau jasa yang diperlukan tersebut memang ditunggu-tunggu. Bahkan keberadaan software untuk perusahaan jasa sudah umum digunakan untuk bisnis lebih mudah.

Tak heran jika kehadiran barang dan jasa ini sudah bukan menjadi suatu hal yang asing bagi setiap orang. Sebab baik barang maupun jasa tak pernah lepas dari kehidupan siapapun. Bahkan dengan adanya barang dan jasa inilah maka setiap orang bisa melakukan pemenuhan kebutuhan.

pengertian barang jasa

Hingga pada akhirnya barang serta jasa tersebut bisa disebut bermanfaat. Untuk mengetahui lebih lagi mengenai pengertian barang jasa, maka Anda bisa terus mengikuti ulasan berikut.

Pengertian Barang Jasa: Pengertian Barang

Agar Anda lebih paham mengenai pengertian barang jasa, maka akan dibahas terlebih dahulu mengenai definisi, jenis-jenis, dan kegunaan dari barang. Anda bisa jadi lebih paham, setelah membaca ulasan berikut

Definisi Barang

Banyak dari kita yang selalu melihat barang dimanapun berada namun mungkin definisi dari barang itu sendiri belum secara sepenuhnya Anda pahami. Barang pada dasarnya merupakan suatu alat pemuas kebutuhan manusia yang memiliki wujud nyata sehingga dapat dilihat dan dapat dipegang atau diraba. Jadi kehadirannya bisa tampak secara fisik sehingga semua orang bisa merasakannya dengan jelas.

Selain itu Anda juga bisa meletakkan barang dimana saja termasuk di dalam suatu wadah hingga menyimpannya dan memberikan perlakuan fisik yang lainnya. Barang terdiri dari berbagai macam bentuk dan warna serta ukuran sehingga setiap orang harus memilih barang dengan tepat agar bisa bermanfaat bagi dirinya.

Jenis-Jenis Barang

Pada dasarnya barang jika dilihat dari cara memperolehnya dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu barang bebas dan barang ekonomi. Yang dimaksud dengan barang bebas adalah barang yang berguna sebagai pemuas kebutuhan dan untuk mendapatkannya tidak diperlukan suatu pengorbanan.

Barang bebas ini misalnya saja seperti air dan udara serta sinar matahari yang sudah tentu jumlahnya tak terbatas dan akan terus hadir di sekitar kita karena barang bebas ini memang diciptakan oleh Sang Mahakuasa. Jenis yang kedua adalah barang ekonomi yang bisa didapatkan dengan adanya pengorbanan dari manusia. Misalnya saja perabot dan kendaraan serta makanan dan lainnya.

Kegunaan Barang

Sedangkan kegunaan barang juga terbagi menjadi dua jenis yaitu barang substitusi dan barang komplementer. Barang substitusi bisa juga diartikan sebagai barang pengganti sehingga bisa dibilang bahwa kegunaannya adalah untuk menggantikan barang. Misalnya saja bis yang dinaiki oleh Anda untuk menggantikan transportasi kereta api.

Jenis lainnya yaitu barang komplementer yang memiliki arti sebagai barang yang dapat melengkapi barang lainnya. Jadi barang komplementer ini akan berguna dan bermanfaat jika barang tersebut digunakan secara bersama-sama dengan barang yang lainnya. Misalnya saja seperti kendaraan dengan bensin atau bisa juga tinta dengan pena. Jadi antara barang substitusi dan barang komplementer merupakan jenis yang berbeda karena pengertiannya pun berbeda.

Proses Produksi Barang

Proses produksi barang rupanya juga berbeda karena pada dasarnya ada barang yang produksinya hanya sebatas barang setengah jadi saja namun ada pula barang jadi. Jika dilihat dari proses produksinya maka barang ada yang masih berupa barang mentah dan biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat barang setengah jadi dan barang jadi.

Sedangkan barang setengah jadi umumnya berarti barang yang telah mengalami proses produksi namun belum dapat digunakan oleh konsumen. Sedangkan barang jadi adalah barang yang sudah siap digunakan untuk memenuhi keperluan dan kebutuhan konsumen. Sebab barang ini telah diproduksi secara tuntas hingga hasilnya sempurna dan dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya. Contohnya saja software akuntansi yang dapat digunakan pada perusahaan.

Pengertian Barang Jasa: Pengertian Jasa

Setelah Anda paham mengenai barang, maka dalam bagian pengertian barang jasa berikutnya, akan dibahas mengenai definisi, jenis-jenis, dan kegunaan dari jasa. Anda bisa jadi lebih paham, setelah membaca ulasan berikut.

Definisi Jasa

Jasa memiliki definisi sebagai suatu kegiatan ekonomi yang hasilnya tidak berwujud. Dengan kata lain, siapapun tidak akan dapat memegang dan merabanya sebab jasa memang tidak dapat disentuh secara fisik. Umumnya tindakan yang dinamakan jasa ini merupakan suatu jenis kegiatan yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lainnya sekalipun apa yang ditawarkan tersebut tidak memiliki wujud secara fisik.

Pada hakikatnya memang apa yang disebut dengan istilah jasa ini memang tidaklah dapat diraba namun bisa berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Jasa cenderung merupakan sebuah produk yang tidak nyata dan dapat diterima oleh orang yang memang sedang membutuhkannya.

Ciri-Ciri Jasa

Beberapa ciri jasa antara lain bersifat intangible yaitu tidak mampu untuk dilihat dan dirasa serta tidak dapat diraba dan juga dicium. Bahkan jasa ini juga terkadang tidak dapat didengar sebelum Anda membelinya. Selain itu apa yang disebut dengan istilah jasa ini juga tidak dapat dipisahkan dan diwakilkan sehingga saat jasa tersebut diproses maka konsumen atau pembeli haruslah ada di tempat dan di waktu yang bersamaan dengan terjadinya proses produksi jasa.

Ciri jasa yang selanjutnya adalah sifatnya yang tidak tahan lama sehingga hal ini tidaklah dapat disimpan seperti halnya barang. Ciri yang terakhir dari jasa adalah beraneka raga, dan keanekaragaman ini bergantung pada siapa yang menyediakannya serta kapan dan dimana jasa tersebut diberikan.

Jenis-Jenis Jasa

Beberapa jenis jasa mungkin perlu Anda ketahui agar Anda bisa mengenal bermacam jenis jasa. Salah satunya seperti jasa rumah tangga yang umumnya mencakup jasa untuk merawat kebun atau jasa memperbaiki rumah serta lainnya yang berhubungan dengan rumah atau kediaman seseorang. Selain itu ada pula jasa perumahan yang biasanya berbentuk penyewaan apartemen atau rumah atau kost. Selain itu ada pula jasa di bidang hiburan ataupun rekreasi dan biasanya hal ini meliputi pula penyewaan sarana atau peralatan. Masih ada pula jenis lainnya dari jasa yang tentunya dibutuhkan oleh setiap orang.

Perbedaan Pengertian Barang Jasa

Pengertian barang jasa, pada dasarnya memang berbeda seperti yang telah Anda ketahui berdasarkan pada ulasan di atas. Jika barang bisa disentuh secara fisik maka jasa hanya bisa dirasakan saja manfaatnya dan tidak bisa disentuh secara fisik. Sebab barang memiliki wujud yang tidak sama halnya dengan jasa. Hal inilah yang kemudian membuat barang bisa disimpan sedangkan jasa tidak bisa disimpan.

Selain itu perbedaan utama dari pengertian barang jasa, juga terdapat pada proses produksinya. Sudah bukan menjadi hal yang patut diragukan lagi bahwa yang disebut barang selalu diproduksi dengan menggunakan sarana peralatan tertentu misalnya dengan menggunakan mesin. Lain halnya dengan jasa yang umumnya diproduksi dengan menggunakan pikiran ataupun tenaga manusia saja.

Dari semua penjelasan ini jelas tampak bahwa pengertian barang jasa, merupakan dua hal berbeda. Meskipun pada akhirnya kedua hal tersebut sama-sama bermanfaat bagi manusia dalam memenuhi seluruh kebutuhan dan keperluan hidupnya.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo