Mekari Jurnal
Daftar Isi
13 min read

20+ Rekomendasi Peluang Bisnis Dropship Paling Menjanjikan

Tayang 08 Nov 2023
Diperbarui 24 November 2023

Peluang bisnis dropship bisa dikatakan sebagai contoh usaha yang tidak akan pernah surut permintaannya, mengingat tren belanja online saat ini yang semakin meningkat.

Selain tidak membutuhkan modal, fleksibilitas waktu menjadikan usaha dropship bisa dijadikan alternatif pekerjaan sampingan, termasuk bagi ibu rumah tangga.

Model bisnis yang dropship kembangkan juga cocok bagi pengusaha yang memiliki keterampilan dalam berjualan namun tidak perlu khawatir dengan pengelolaan stok atau pengiriman barang.

Kira-kira, apa saja tren maupun peluang bisnis dropship yang saat ini bisa Anda tekuni sebagai bisnis sampingan atau bahkan bisa saja menjadi pekerjaan utama Anda?

Simak selengkapnya dalam artikel Mekari Jurnal berikut ini!

Apa Itu Bisnis Dropship?

Bagi sebagian orang yang belum pernah terjun di dunia bisnis yang satu ini, agaknya sistem dropship ini sering disamakan dengan reseller. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas dan bisa dipahami dengan mudah.

Shopify melihat peluang bisnis dropship sebagai sistem usaha yang menggunakan konsep jembatan, yakni dropshipper jembatani antara pembeli dan supplier (orang yang memiliki stok dan logistik barang).

Dropshipper ini umumnya hanya dikerjakan oleh seorang individu saja, sehingga sistem bisnis ini sangat bergantung dengan pihak ketiga sebagai pemasok inventaris dan logistik. Terlebih, pihak ketiga ini biasanya terdiri dari satu entitas yang dikelola oleh banyak karyawan.

Hal ini membentuk jalinan simbiosis mutualisme, di mana seluruh pihak yang berkaitan saling menguntungkan. Supplier tidak perlu melakukan promosi produk secara langsung kepada pembeli, melainkan dropshipper yang akan melakukannya.

Serta, dropshipper akan menjual barang supplier tanpa perlu menyediakan barang tersebut dan pengiriman barang juga akan dilakukan supplier. Tentunya proses pencatatan transaksi bisa dilakukan secara mudah dengan aplikasi akuntansi dari Mekari Jurnal.

Tahukah Anda bahwa proses pencatatan transaksi bisnis saat ini dapat semakin mudah berkat sistem yang sudah terautomasi dalam software akuntansi Mekari Jurnal? Jika Anda tertarik, segera konsultasi dengan tim sales kami sekarang di sini!

Cara kerja bisnis ini juga tidak terlalu rumit, yaitu pelanggan yang tertarik dengan produk yang dipasarkan akan melakukan transaksi pesanan melalui rekening dropshipper.

Kemudian, proses pesanan yang sudah terjadi tersebut akan dilanjutkan ke pihak supplier mulai dari harga beli, jumlah pesanan, dan biaya ongkos kirim. Dropshipper juga memberikan informasi mengenai pelanggan untuk proses pengiriman seperti nama, alamat, dan nomor pelanggan yang bisa dihubungi.

Setelah semua kebutuhan transaksi sudah lengkap, supplier akan mempersiapkan pesanan barang, mengemasnya, dan mengirimkan ke alamat yang dituju.

infografis cara kerja bisnis dropship, peluang usaha yang sedang naik
Sumber: Forbes.com

Keuntungan Menjalankan Bisnis Dropship

Sedangkan reseller ini mengharuskan adanya stok barang sebelum dikirim ke pembeli, dan reseller mendapatkan barang tersebut dari supplier.

Jika dibandingkan dengan supplier, bisnis dropship ini memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

1. Tidak Perlu Modal

Salah satu hal yang membuat peluang dropship semakin diminati adalah sedikitnya modal yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha tersebut.

Sementara kita tahu bahwa keterbatasan modal biasanya membuat usaha yang akan dimulai menjadi tersendat.

Menjalankan usaha dropshipper hanya membutuhkan kuota internet yang lancar untuk melayani pembeli secara online.

Selain itu, promosi produk juga akan semakin lancar jika dilakukan secara online melalui platform belanja online.

Modal kuota internet ini tentunya tidak perlu dipikirkan terlalu berat, mengingat sekarang ini kuota internet menjadi kebutuhan setiap orang.

2. Banyak Pilihan Produk

Dibandingkan dengan berjualan di toko, bisnis dropship lebih menarik karena memiliki pilihan produk yang cukup banyak.

Misalnya, di toko mungkin penjual perlu membuat spesifikasi, seperti ‘Toko Pakaian’, ‘Toko Mainan’, dan lain sebagainya.

Namun, dengan bisnis dropship hal tersebut tidak perlu dipikirkan. Peluang dropship yang memberikan keuntungan besar terletak pada banyaknya pilihan produk yang bisa dijual dan tidak terbatas pada spesifikasi toko.

Jadi, tugas dropshipper di sini hanya memenuhi kebutuhan pembeli, misalnya menjual kebutuhan rumah tangga, furniture, peralatan sekolah, dan lain sebagainya hanya dalam satu nama toko dropship. Untuk stok barang akan disediakan oleh supplier yang bermitra dengan dropshipper tersebut.

3. Kerja Lebih Fleksibel

Alasan terkuat mengapa banyak orang memilih bisnis dropshipper adalah waktunya yang fleksibel.

Bisnis dropship tidak terikat dengan waktu karena usaha dilakukan sendiri, bukan dengan sistem kontrak maupun aturan tertentu yang mengikat seperti kerja di kantor.

Oleh sebab itu, pekerjaan ini banyak dijadikan pekerjaan sampingan oleh ibu rumah tangga yang tidak sempat atau tidak bisa bekerja di luar rumah.

Meskipun waktunya fleksibel, keuntungan yang didapatkan tidak perlu diragukan, terlebih jika usaha dropship yang dijalankan bisa berhasil.

peluang dropship jika melihat dari forecast market size hingga tahun 2025
Sumber: marketdataforecast.com

Rekomendasi Peluang Dropship Bisa Anda Coba

Peluang kerja dengan sistem dropship tampaknya tak akan pernah surut, karena kebutuhan belanja online kini semakin meningkat.

Berikut beberapa rekomendasi bisnis beserta contoh dropship yang bisa dijadikan usaha sampingan.

1. Outfit Kekinian

Perkembangan fashion baik untuk remaja dan dewasa semakin meningkat seiring berkembangnya arus informasi melalui internet. Outfit kekinian bisa menjadi inspirasi bisnis dropship yang sangat menjanjikan.

Anda bisa mencari supplier baju-baju kekinian, seperti fashion gaya korea atau bisa juga langsung dropship dari supplier baju-baju impor.

Jika supplier yang dipilih tidak punya mix and match outfit, perluas pengetahuan Anda mengenai cara memadu-padankan outfit.

pakaian, aksesoris dan jenis fashion lainnya sangat populer di kalangan anak muda

2. Skincare

Skincare tampaknya memberikan peluang dropship yang tak kalah menariknya dari dropship outfit kekinian.

Terlebih lagi, kini sudah ada banyak merek skincare di pasaran yang juga banyak diminati masyarakat terutama kalangan remaja dan dewasa.

Pilih merek skincare yang sekiranya memberikan harga murah namun kualitasnya bukan abal-abal.

Jika memilih merek mahal pun, Anda harus pandai dalam mempromosikannya, karena barang mahal biasanya cukup sulit mendapat perhatian bagi kalangan pelajar.

3. Produk Make-Up

Selain produk skincare, produk makeup juga tak kalah lakunya di kalangan remaja dan dewasa. Maraknya video berisi tutorial makeup membuat banyak orang berlomba-lomba belajar untuk berdandan sendiri.

Dengan adanya hal itu, tentu saja produk-produk makeup akan dibeli agar proses belajar bisa diaplikasikan alias praktik.

Oleh sebab itu, Anda bisa mempromosikan produk makeup dengan inspirasi makeup sederhana.

4. Perlengkapan Dekorasi Kamar

Peluang dropship berikutnya adalah barang-barang yang dipakai untuk dekorasi kamar. Akhir-akhir ini banyak orang yang tertarik dengan dekorasi kamar aesthetic bernuansa minimalis.

Manfaatkan tren dan saluran penjualan yang sedang naik daun tersebut untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat thread di Twitter (sekarang X) untuk mempromosikan usaha dropship, terlebih sekarang ada banyak base Twitter (X) yang bisa menjadi lapak dagangan Anda.

Selain itu, popularitas aplikasi TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pembeli.

5. Perabotan Praktis

Rumah-rumah minimalis kini sedang digemari banyak kalangan, terutama bagi mereka yang lebih suka sistem praktis di mana pun ia berada.

Peluang dropship berupa perabotan praktis bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Kini, sudah ada perabotan-perabotan ringkas yang bisa mempermudah orang-orang, bahkan orang yang sibuk sekali pun.

Rumah-rumah minimalis yang memiliki space kecil bisa membeli perabotan-perabotan yang tak banyak memakan tempat.

6. Produk Bayi

Bagi ibu-ibu rumah tangga yang tak sempat keluar rumah untuk membeli aneka produk bayi bisa menjadi salah satu inspirasi bagi Anda untuk memulai bisnis dropship.

Anda bisa mempromosikannya di WhatsApp atau aplikasi sederhana yang biasanya masih dipakai ibu-ibu.

Promosikan produk-produk bayi yang sekiranya menarik dan tidak banyak dijual di toko offline. Beberapa contoh produk yang cocok untuk dropship seperti baju-baju bayi kekinian yang unik, mainan bayi, dan masih banyak yang lainnya.

7. Peralatan Masak Kekinian

Aplikasi TikTok kini sedang mencapai popularitasnya dengan banyaknya pengguna biasa hingga para influencer yang memiliki banyak pengikut.

Dengan banyaknya video tutorial masak yang praktis dan mudah, secara tidak langsung juga telah menggiring penontonnya untuk ikut mencoba resep.

Peluang dropship peralatan masak kekinian bisa Anda coba, mengingat biasanya influencer juga mengambil endorse dari video yang ditampilkannya, seperti panci marmer, pisau warna-warni, dan lain sebagainya. Pasti ada banyak orang yang ingin memakai peralatan yang sama.

8. Aksesoris Smartphone

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kehadiran smartphone tampaknya menjadi kebutuhan setiap orang.

Bahkan sepertinya sekarang smartphone bukan barang mahal yang tidak bisa dibeli.

Karena ada banyak orang yang memiliki smartphone, menjual aksesoris smartphone bisa menjadi salah satu peluang dropship untuk Anda.

Contoh produk dropship yang bisa Anda jual antara lain phonecase unik, key ring, hingga wireless earphone.

9. Makanan Sehat

Dari sektor kuliner, makanan sehat menjadi salah satu dropship yang tak kalah saing dengan dropship lainnya.

Maraknya aplikasi yang menyediakan delivery order untuk makanan membuat kekhawatiran terhadap bahaya fast food kian membesar.

Oleh sebab itu, dropship makanan sehat bisa menjadi solusi dari kekhawatiran tersebut. Alasan-alasan seperti itu juga bisa menjadi kalimat promosi Anda untuk produk makanan sehat yang dijual.

Gunakan platform seperti Instagram yang banyak dipakai sekarang ini untuk media promosi.

tidak ketinggalan, salah satu contoh dropship yang sedang tren adalah snack dan makanan pedas

10. Jajanan Pedas

Jajanan pedas seperti makaroni, mie lidi, cimol kering, bakso goreng, dan lain sebagainya memang telah mendapat tempat tersendiri di kalangan masyarakat sejak beberapa tahun yang lalu.

Usaha ini memang sering dipakai untuk bisnis sampingan dengan keuntungan yang tidak bisa diremehkan.

Peluang dropship jajanan pedas juga sering dipakai para mahasiswa untuk mencari dana tambahan jika mereka hendak menyelenggarakan suatu event besar.

Hal ini bisa Anda jadikan inspirasi dan contoh peluang dropship, siapa tahu menjadi jalan Anda untuk memperoleh rezeki yang besar.

11. Stiker dan Washi Tape

Bagi para penggemar benda-benda yang imut dan menggemaskan, stiker dan washi tape ini menjadi harta karun yang berharga.

Tampaknya kata ‘aesthetic’ memang telah mengubah pandangan masyarakat mengenai banyak hal, termasuk catatan sekolah.

Banyak siswa yang tertarik untuk menulis pelajaran dengan catatan yang rapi dan aesthetic salah satunya dengan menambahkan stiker lucu dan washi tape sebagai hiasan.

Adanya minat besar dalam hal ini menjadi salah satu peluang dropship yang bagus untuk Anda coba.

12. Album K-Pop

Semenjak nama BTS melambung di kancah dunia tampaknya popularitas KPop kembali menjadi booming di mana-mana.

Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari pundi rupiah, yaitu dengan menjadi dropshipper album KPop.

Banyak fans KPop yang masih bingung bagaimana cara membeli album KPop yang original. Anda bisa membantu mereka dengan dropship album KPop di supplier terpercaya.

Pastikan untuk melihat review supplier tersebut terlebih dahulu agar Anda tidak dirugikan.

13. Aksesoris Laptop

Selain aksesoris smartphone, aksesoris laptop juga masih banyak dicari. Beberapa aksesoris laptop yang bisa menjadi peluang dropship menjanjikan untuk Anda di antaranya adalah keyboard aesthetic, stiker laptop unik, wireless mouse, hingga tas laptop dengan bentuk yang unik.

Anda juga bisa menambahkan daftar dropship aksesoris laptop dengan tren yang ada, contoh dropship tersebut seperti stiker keyboard warna pastel, mouse karakter chibi K-Pop, dan lain sebagainya.

Intinya, terus update mengenai tren terkini yang berkembang di masyarakat.

Anda juga dapat melakukan peluang usaha dropshipper untuk peralatan elektronik dan aksesorisnya

14. Furniture Aesthetic

Lagi dan lagi, kata ‘aesthetic’ menjadi senjata ampuh untuk menarik minat. Ternyata memang bukan hanya sekadar kata karena memang wujudnya benar-benar memanjakan mata, sehingga tak heran jika banyak yang menyukainya.

Peluang dropship furniture aesthetic bisa menambah daftar usaha sampingan untuk Anda. Hal ini juga bisa membantu para pecinta konsep minimalis dalam menemukan furniture yang cocok untuk ruangan yang mereka punya di rumah.

15. Barang-Barang Elektronik

Barang-barang elektronik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa dilepaskan dari keadaan sekarang ini.

Agar tetap bisa mengikuti perkembangan zaman, Anda bisa mencoba dropship barang elektronik yang sedang populer.

Contoh dropship barang elektronik bisa dengan menawarkan lampu-lampu tidur dengan bentuk cantik dan menarik, oven listrik, kompor listrik, panci listrik serbaguna, dan masih banyak yang lainnya.

16. Photo Card

Selain album KPop, photocard juga menjadi barang yang terus diincar para K-Popers. Hal ini karena biasanya photocard didapatkan secara acak, jadi jika ingin mengoleksi semua serinya harus membeli album yang banyak, belum lagi jika photocard yang didapatkan sama dengan sebelumnya.

Mengapa peluang dropship dikatakan menjanjikan, jawabannya sudah pasti karena tentunya banyak orang yang tidak mau membeli banyak album hanya untuk mendapatkan photocard. Mereka lebih memilih memburu pemilik photocard dengan seri yang tidak mereka punya.

Hal ini bisa Anda manfaatkan jika berminat dengan hal berbau photocard. Selain itu, photocard unofficial juga masih banyak yang mencari untuk koleksi.

Namun, perlu diperhatikan untuk tidak menjual photocard unofficial dengan mengaku bahwa itu adalah official.

17. Perlengkapan Olahraga

Adanya aplikasi yang menyediakan tutorial olahraga atau workout secara sederhana sesuai tujuan pengguna menjadikan banyak orang lebih memilih untuk olahraga sendiri di rumah.

Sebut saja aplikasi diet yang tentunya menyediakan rekomendasi olahraga sederhana untuk menurunkan berat badan.

Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka peluang dropship dengan menjual perlengkapan olahraga.

Beberapa contoh dropship perlengkapan olahraga yang bisa dijual antara lain matras yoga, baju olahraga, celana training, dan lain sebagainya.

18. Aksesoris dan Perhiasan

Meskipun toko offline masih mendominasi dalam penjualan perhiasan, Anda bisa menawarkan dropship perhiasan bukan emas dengan bentuk yang menarik.

Tentunya tidak semua orang mau membeli perhiasan emas setiap saat, bukan?

Untuk itu, peluang dropship perhiasan dan aksesoris kan semakin besar karena bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin tampil cantik dengan perhiasan tanpa harus berbentuk emas.

peluang usaha dropship sepatu dan tas

19. Sepatu dan Tas

Peluang dropship yang tak kalah menariknya dengan pakaian atau outfit adalah sepatu dan tas. Kedua benda ini menjadi pelengkap outfit yang dipakai, jadi biasanya akan dibeli satu paket dengan outfit.

Anda bisa memadu-padankan sepatu dan tas dengan outfit yang tadi sudah ditawarkan, jadi pembeli juga lebih ringkas tak perlu bingung memadukannya dengan outfit.

Baik model baru atau model lama, sepertinya tidak begitu mempengaruhi penjualan sepatu dan tas.

Untuk kedua barang tersebut tampaknya yang paling terpenting adalah bentuknya menarik dan cocok jika dipadukan dengan pakaian yang dipakai.

20. Perlengkapan Sekolah

Berbagai macam alat tulis dan tas-tas memang menjadi kebutuhan bagi setiap siswa yang masih sekolah.

Untuk mengambil peluang dropship dari kalangan ini, Anda bisa memilih perlengkapan sekolah sebagai barang jualan.

Carilah supplier perlengkapan sekolah atau alat-alat tulis yang terus menawarkan barang terbaru, sehingga nantinya pembeli tidak akan merasa bosan dan ingin terus mengoleksi.

Beberapa contoh barang-barang dropship perlengkapan sekolah yang lucu antara lain notebook, pulpen warna, pewarna aesthetic, dan sebagainya.

Berbagai macam koleksi tas sekolah dengan bentuk yang keren juga bisa memikat pelajar untuk membelinya.

21. Hadiah Wisuda

Untuk Anda yang masih pelajar atau mahasiswa, peluang dropship hadiah wisuda bisa diambil. Hal ini karena tentunya Anda memiliki lebih banyak relasi.

Karena membuat buket dan semacamnya memakan waktu, maka sistem dropship lebih praktis.

Anda hanya harus menjual dagangan orang lain dan mempromosikannya tanpa perlu memiliki barang tersebut di kost atau rumah.

Tantangan dalam Bisnis Dropship

Dalam membangun bisnis dropship tentu akan ada tantangan yang harus dijawab dan diselesaikan oleh para dropshipper.

Adapun beberapa tantangan yang harus dihadapi saat membangun bisnis dropshipper antara lain:

1. Memilih Supplier Terpercaya

Memilih supplier untuk dijadikan partner dropship mungkin cukup mudah, namun mencari yang benar-benar berkualitas juga bukan hal yang gampang dilakukan.

Hal ini karena pengiriman barang dilakukan secara langsung oleh supplier, sehingga kualitas barang tersebut tidak dapat dipantau oleh dropshipper.

Oleh sebab itu, agar dapat memaksimalkan peluang dropship yang dijalankan, dropshipper perlu memilih supplier yang terpercaya.

Dengan supplier yang terpercaya, dropshipper tidak perlu takut akan penipuan yang justru dapat membuat pembeli menuntut kerugian padanya, bukan pada supplier.

2. Keterbatasan Profit

Peluang dropship dalam memberikan penghasilan memang besar, namun tentunya keuntungan yang didapatkan tidak sebesar jika menjual barang dengan stok.

Umumnya dropshipper tidak memberikan harga barang terlalu tinggi demi menjaga pelanggan agar tidak beralih ke penjual lain.

Sedangkan harga yang ditawarkan supplier umumnya memiliki selisih yang tidak banyak dengan harga yang dijual di pasaran.

Oleh sebab itu, dropshipper biasanya mengakali hal ini dengan mengejar target penjualan agar lebih banyak.

3. Membangun Reputasi

Tantangan berikutnya yang pasti dialami oleh para dropshipper adalah sulitnya membangun reputasi.

Dengan reputasi yang bagus, bisnis yang dijalankan akan dapat mengundang banyak pelanggan yang mau membeli produk yang ditawarkan.

Para dropshipper bisa mulai membangun reputasi yang bagus dengan gencar melakukan promosi dan tentunya mempertahankan kualitas produk.

Masalah kualitas produk ini ada kaitannya dengan supplier, untuk itu kembali lagi pada tantangan memilih supplier tadi.

Tunjang Perkembangan Bisnis Dropship Anda dengan Aplikasi Akuntansi Mekari Jurnal

Demikian penjelasan mengenai peluang beserta contoh barang dropship yang bisa Anda terapkan. Peluang dropship dalam mendatangkan penghasilan memang cukup besar dan tidak bisa diremehkan.

Agar bisnis dropship bisa berjalan lancar, catat transaksi pembukuan usaha dengan lebih mudah dan akurat dengan aplikasi pembukuan keuangan Mekari Jurnal.

Selain itu, Anda juga dapat mengelola berbagai kebutuhan operasional bisnis dropship lainnya dalam satu platform.

Ini dirasa sangat penting bagi pebisnis dropshipper yang umumnya menjalankan usahanya secara sendiri.

Anda dapat mengelola rencana anggaran bulanan, membuat invoice online, menyusun laporan keuangan, dan memudahkan proses pembayaran dengan Mekari Pay.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal