Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena pada tanggal inilah Presiden pertama Republik Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Negara Indonesia. Di hari ini biasanya banyak rangkaian acara baik secara seremonial maupun acara biasa yang digelar untuk memperingati hari libur nasional ini.

 

Dibalik meriahnya acara peringatan Kemerdekaan 17 Agustus, ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Bagi Anda yang memiliki jiwa entrepreneur pasti akan lebih jeli melihat peluang bisnis di hari kemerdekaan RI yang ke-73 ini. Meskipun termasuk bisnis musiman, namun bila dikerjakan dengan serius penghasilan yang akan didapatkan bisa sangat besar. Berikut beberapa peluang bisnis yang dapat dilakukan menjelang hari perayaan kemerdekaan Indonesia.

 

Menjual Bendera Republik Indonesia

Karena momen ini dirayakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, maka menjual bendera merah putih merupakan salah satu bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Di hari ini biasanya semua orang akan memasang bendera merah putih di depan rumah dan ada juga yang merayakan Hari Kemerdekaan ini dengan melakukan upacara bendera di sekitar rumah. Namun, dalam menjalankan bisnis ini, Anda akan menemukan banyak pesaing. Jadi, persiapkan strategi penjualan yang tepat. Misalnya bekerja sama dengan RT setempat atau menjualnya ke sekolah-sekolah yang juga akan melaksanakan upacara bendera di hari tersebut.

 

Menyewakan Pakaian Adat

Di Hari Kemerdekaan ini biasanya banyak orang yang mengadakan kegiatan di sekitar rumah, salah satu kegiatannya adalah pawai atau karnaval dengan menggunakan pakaian adat. Jadi menyewakan pakaian adat di hari ini juga bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan. Cobalah untuk siapkan beberapa pakaian adat, mulai dari adat Jawa, Sunda, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan sebagainya. Semakin beragam pakaian adat yang Anda miliki, semakin besar juga peluang yang akan Anda dapatkan.

 

Menjual Pohon Pinang

Di Hari ini akan ada banyak perlombaan, mulai dari lomba tradisional sampai dengan lomba modern diadakan demi memeriahkan acara Agustus-an. Perlombaan panjat pinang adalah jenis perlombaan yang populer saat perayaan Hari Kemerdekaan. Bagi Anda yang mempunyai batang pinang tidak ada salahnya menawarkan batang pinangnya kepada warga sekitar. Atau apabila Anda tidak mempunyai batang pinang, bisa membelinya dari para petani di daerah Banten untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih mahal.

 

Jasa Fotografi

Peluang bisnis fotografi sangat menjanjikan pada hari perayaan kemerdekaan tersebut. Ketika ada perlombaan, pawai, atau acara lain. Contohnya ketika diselenggarakan pawai tingkat anak SD, banyak sekali orang tua yang meminta anaknya untuk difoto sebagai kenang-kenangan. Tawarkan jasa Anda ini kepada panitia perlombaan atau sekolah-sekolah yang sedang mengadakan pawai.

 

Itulah beberapa ulasan tentang peluang bisnis yang bisa dijalankan pada saat hari Kemerdekaan Indonesia. Sebagai seorang pengusaha yang andal, Anda harus memanfaatkan momen ini untuk meraih keuntungan yang besar. Selain mendapat keuntungan besar, Anda juga bisa ikut serta dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

 

Namun perlu diingat juga, ketika Anda menjalankan bisnis apapun, pembukuan tidaklah boleh untuk dilupakan. Catat semua pengeluaran dan pendapatan Anda. Untuk mempermudah dalam membuat pembukuan secara profesional, Anda dapat menggunakan Jurnal sebagai software akuntansi online. Dengan Jurnal, Anda dapat membuat pembukuan secara instan dengan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman. Tunggu apalagi? Daftarkan segera bisnis Anda di sini dan dapatkan free trial hingga 14 hari.

Author