Jurnal Enterpreneur

5 Literasi Keuangan Paling Utama

Literasi keuangan hingga saat ini tentunya menjadi suatu hal yang sangat penting karena berguna bagi kehidupan manusia. Manfaatnya sangat dibutuhkan oleh setiap orang terutama dalam hal pengelolaan keuangan sehingga keuangan Anda bisa selalu lancar. Literasi keuangan sendiri pada dasarnya merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh seseorang terutama saat harus membuat pilihan berkaitan dengan keuangan yang dimilikinya. Jadi hal ini berkaitan dengan pemahaman seseorang mengenai seluruh hal yang berkaitan dengan keuangan untuk kemudian diterapkan dalam rangka melakukan pengelolaan uang. Berdasarkan pemahaman tersebut maka literasi keuangan bisa dikaitkan dengan beberapa hal utama yakni sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan perbankan mungkin saat ini sudah bisa dipahami secara lebih baik. Perbankan pada dasarnya merupakan suatu industri yang aktivitasnya berkaitan dengan keuangan dan meliputi uang tunai serta kredit dan juga transaksi keuangan jenis lainnya. Jadi dalam perbankan ini terdapat suatu jenis kegiatan bisnis terutama dalam menerima dan menjaga uang milik individu untuk kemudian digunakan melakukan kegiatan ekonomi.

Perbankan atau bank memang merupakan tempat yang paling aman bagi setiap orang untuk menyimpan uang. Bukan hanya menyimpan uang saja namun bank juga bisa menjadi tempat untuk aktivitas keuangan lainnya yang berkaitan dengan penyimpanan uang. Dengan adanya pemahaman terhadap bank maka Anda sudah tentu bisa memanfaatkan bank untuk mendukung pengelolaan keuangan.

Anda bisa menyimpan uang Anda di bank baik dalam bentuk tabungan biasa atau mungkin dalam bentuk deposito dan sejenisnya. Maka Anda bisa memiliki simpanan di bank yang nantinya bisa digunakan sewaktu-waktu khususnya saat Anda membutuhkan simpanan tersebut.

  • Pemahaman terhadap investasi

Bukan hanya perbankan saja yang bisa memberikan layanan terbaik dalam melakukan pengelolaan keuangan melainkan juga investasi. Adanya investasi sebenarnya juga dapat mendukung Anda untuk bisa melakukan pengelolaan keuangan secara lebih efektif.

Investasi sendiri pada dasarnya merupakan suatu kegiatan yang meliputi penanaman modal baik secara langsung maupun tidak langsung dengan disertai adanya harapan bahwa pemilik modal pada akhirnya nanti bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan investasinya tersebut. Jadi investasi berkaitan dengan kegiatan menanam modal dalam jangka waktu yang bisa dikatakan cukup lama agar nantinya Anda yang menginvestasikan dana bisa memperoleh keuntungan.

Investasi atau penanaman modal ini bisa menjadi ide yang sangat bagus dan menarik untuk setiap Anda. Dengan adanya investasi maka Anda bisa memutar uang untuk kemudian memperoleh sejumlah keuntungan dari penanaman modal. Tentunya untuk bisa memanfaatkan layanan ini maka Anda harus tahu benar bagaimana cara memanfaatkan investasi. Penanaman modal memang bisa dipelajari agar Anda nantinya bisa benar-benar mendapatkan keuntungan sehingga kesempatan untuk mengalami pertumbuhan dan peningkatan keuangan semakin besar.

  • Manajemen keuangan pribadi

Selain dua hal di atas rupanya literasi keuangan juga bisa berguna bagi setiap orang untuk bisa melakukan manajemen atas keuangan pribadinya secara lebih baik lagi. Dengan memanajemen keuangan pribadi maka nantinya Anda bisa menggunakan uang Anda untuk pengeluaran yang bersifat penting. Selain itu memanajemen keuangan pribadi juga bisa membantu Anda untuk memiliki simpanan atau tabungan yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk berbagai keperluan urgent dan lainnya.

Tak hanya itu saja namun manajemen keuangan yang baik juga akan membuat Anda bisa melakukan investasi demi memperoleh keuntungan lebih besar. Adapun beebrapa hal yang bisa dilakukan dalam melakukan manajemen keuangan pribadi yaitu membuat catatan keuangan pribadi. Sementara untuk langkah yang lebih praktis dan efektif, gunakan accounting software yang tepat untuk aktivitas ini.

Maka nantinya Anda akan lebih mudah membuat anggaran dan mengatur pengeluaran secara lebih bijak. Bahkan setiap orang yang bisa memanajemen keuangan tentu akan terhindar dari jerat utang atau cicilan kredit dan sejenisnya. Sebaliknya setiap individu yang berhasil melakukan manajemen keuangan pribadi dengan baik akan memiliki keuntungan berlipat misalnya dari penyimpanan uang di bank dan dari penanaman modal.

 

  • Penganggaran keuangan

Manajemen keuangan sendiri pada dasarnya meliputi beberapa hal termasuk pula penganggaran keuangan yang harus dilakukan oleh setiap Anda secara bijak. Penganggaran bisa digambarkan sebagai suatu proses penyusunan rencana keuangan hingga pada akhirnya bisa mendapatkan laba atau keuntungan dengan jumlah tertentu.

Penganggaran biasa dilakukan dengan berbagai jenis periode misalnya saja bulanan atau bahkan tahunan. Untuk kebutuhan pribadi saja biasanya setiap individu akan melakukan penganggaran bulanan. Berbeda dengan suatu lembaga biasanya melakukan penganggaran baik secara bulanan maupun tahunan agar dapat melihat besarnya potensi untuk mendapatkan laba.

Bagaimanapun juga penganggaran ini penting dan perlu untuk dilakukan sehingga proses mengatur keuangan bisa dilakukan dengan baik. Penganggaran yang merupakan perencanaan keuangan akan membantu Anda untuk bisa melakukan kontrol terhadap pengeluaran. Perencanaan keuangan yang dibuat tersebut bahkan juga bisa membantu Anda untuk bisa melihat apakah di akhir periode Anda bisa memiliki simpanan dan bahkan mendapat sejumlah keuntungan.

  • Penerapan dalam kehidupan sehari-hari

Bagian lain dari literasi keuangan yang juga perlu untuk Anda ketahui adalah penerapan pengetahuan mengenai keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Literasi keuangan sudah seharusnya menjadi sumber bagi Anda untuk bisa menerapkannya dengan lebih mudah. Dengan adanya pengetahuan dan pemahaman terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan maka nantinya Anda diharapkan agar bisa melakukan penerapan pengelolaan keuangan dengan baik.

Beberapa hal yang meliputi hal ini misalnya pengeluaran yang sesuai dengan anggaran serta penyimpanan uang di lembaga keuangan serta menjalankan investasi untuk mendapatkan keuntungan lebih. Hal-hal tersebut tentunya menjadi langkah penerapan pengelolaan keuangan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya penerapan keuangan yang tepat dalam kehidupan sehari-hari maka nantinya pengelolaan keuangan Anda bisa membuahkan hasil terbaik.

Tentunya hasil terbaik ini bisa dicapai jika Anda memang telah berhasil menekan pengeluaran dan terbebas dari hutang serta mendapat keuntungan dari investasi atau semacamnya yang seluruhnya ini bisa diketahui dari literasi keuangan.

Literasi keuangan yang telah dibahas di atas diharapkan agar bisa berguna bagi setiap Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan. Dengan adanya pemahaman atau pengertian yang lebih terhadap dunia perbankan dan investasi maka diharapkan agar Anda bisa mengelolanya untuk kepentingan keuangan Anda. Begitu pula dengan keterampilan dalam hal memanajemen keuangan pribadi serta dalam hal menganggarkan keuangan juga sudah seharusnya dilakukan dengan tepat.

Penerapan dalam kehidupan sehari-hari juga sebaiknya cenderung mencerminkan hal yang mengarah pada pengelolaan keuangan dengan baik. Jika memang literasi keuangan yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik maka nantinya Anda akan menjadi pribadi yang melek finansial. Artinya Anda bisa memahami secara lebih lagi mengenai bagaimana caranya melakukan pengelolaan keuangan dengan baik misalnya seperti melakukan pelunasan hutang dan memiliki tabungan. Atau bisa juga memanfaatkan beberapa produk jasa keuangan dengan baik hingga pada akhirnya tercapai stabilitas ekonomi dan keuangan seperti yang diharapkan.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo