Mekari Jurnal
Daftar Isi

Download Contoh Worksheet Akuntansi Format PDF dan Excel Gratis

Tayang 13 May 2024

Pada pengelolaan akuntansi perusahaan, diperlukan sebuah format dokumen yang dapat membantu dalam penyusunan data keuangan agar dapat tersusun rapih dan detail.

Dokumen ini tidak bersifat wajib adanya, tapi dapat memberikan pengaruh yang signifikan dalam mempertahankan elemen penting dalam laporan keuangan.

Umumnya, akuntan dan praktisi keuangan lainnya sering mengenalnya dengan kertas kerja, neraca lajur, atau worksheet akuntansi.

Lalu, apa pentingnya dan manfaatnya? Bagaimana cara membuat dan contohnya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Worksheet Akuntansi?

Kertas kerja atau worksheet umumnya dapat Anda temukan dalam setiap aktivitas atau kegiatan yang berhubungan dengan akuntansi. Salah satu contohnya adalah kertas kerja audit yang berisikan catatan dan temuan data pada saat prosedur kegiatan audit dilakukan.

Lalu, pada konteks akuntansi, worksheet sendiri merupakan sebuah daftar atau dokumen yang terdiri dari banyak lajur atau kolom untuk membantu akuntan dalam mencatat dan menyampaikan data keuangan yang penting dalam siklus akuntansi.

Jika berdasarkan dari aturan yang tercantum dalam standar akuntansi keuangan, memiliki worksheet akuntansi bukanlah suatu kewajiban dalam menjalani bisnis. Namun sejatinya, adanya worksheet ini dapat membantu akuntan atau pengelola keuangan yang bertanggungjawab untuk melacak dan menyesuaikan jurnal di akhir periode akuntansi.

Sama seperti komponen dalam laporan keuangan, pada worksheet juga mencantumkan beberapa klasifikasi akun, mulai dari aset, kewajiban, dan ekuitas.

Pentingnya Worksheet Akuntansi bagi Pengusaha

Secara keseluruhan, adanya worksheet dalam pengelolaan akuntansi Anda dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi proses dan membuat keputusan yang lebih tepat.

Salah satu tujuan yang paling penting adalah menjaga penyampaian data keuangan tetap akurat, detail, dan sesuai dengan kondisinya yang ada di lapangan.

Adapun, dapat mengimplementasikan worksheet akuntansi yang ideal dalam bisnis Anda dapat memberikan beberapa manfaat, seperti:

  • Bantu memudahkan proses analisis dan mengidentifikasi pola tren serta kinerja keuangan untuk dasar keputusan strategis.
  • Mengkonsolidasikan data keuangan dari berbagai laporan seperti laba rugi, neraca, dan arus kas.
  • Meningkatkan akurasi perhitungan dan mengurangi kesalahan manusia.
  • Sebagai lembar yang memuat ringkasan data yang menyeluruh dan terstruktur untuk disajikan ke stakeholder yang mempunyai kepentingan.
  • Memastikan kepatuhan terhadap aturan standar akuntansi dan memudahkan auditor memeriksa ulang laporan keuangan.
  • Membantu mengidentifikasi adanya perubahan dari setiap akun dari satu periode ke periode lainnya.
  • Memberikan gambaran mengenai kesehatan dan kestabilan keuangan sebuah perusahaan.
  • Memangkas proses penyusunan laporan keuangan karena worksheet akuntansi sudah memuat berbagai data keuangan secara terperinci dan lengkap untuk dasar penyusunan.

Contoh Worksheet Akuntansi Format PDF dan Excel

Untuk membuatnya, terdapat tiga model worksheet akuntansi yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda, yaitu worksheet 6 kolom, 8 kolom, dan 12 kolom.

Ciri-ciri dari worksheet 6 kolom, yaitu:

  1. Nomor akun.
  2. Nama akun.
  3. Neraca saldo, debit dan kredit.
  4. Laba rugi, debit dan kredit.
  5. Neraca, debit dan kredit.

Kemudian, ciri-ciri dari model 8 kolom, yaitu:

  1. Nomor akun.
  2. Nama akun.
  3. Neraca saldo (debit dan kredit).
  4. Ayat penyesuaian (d/k).
  5. Laba rugi (d/k).
  6. Neraca akhir (d/k).

Terakhir, berikut ciri-ciri dari model 12 kolom atau 6 kolom berganda:

  1. Nomor akun.
  2. Nama akun.
  3. Neraca Saldo.
  4. Ayam Penyesuaian.
  5. Neraca saldo yang disesuaikan.
  6. Laba rugi.
  7. Modal atau laba ditahan.
  8. Neraca.

Salah satu contoh worksheet akuntansi dalam bentuk excel yang biasa dapat ditemukan pada suatu bisnis atau perusahaan adalah sebagai berikut.

contoh worksheet akuntansi keuangan

Download template gratis di sini!

Berikut adalah contoh template worksheet akuntansi yang bisa Anda download dalam bentuk PDF.

Sumber: Scribd.com

Download template gratis di sini!

Sumber: zulkarnain.imwi.ac.id

Download template gratis di sini!

Kesimpulan

Itulah definisi dari worksheet akuntansi serta peran penting dan manfaatnya. Tentunya salah satu peran penting dari adanya dokumen ini adalah membantu mengelola data keuangan yang penting dalam setiap siklus akuntansi.

Selain itu, dengan menggunakan worksheet atau kertas kerja, proses penyusunan laporan keuangan akan semakin mudah karena seluruh data yang dibutuhkan dapat ditemukan dengan mudah di sini.

Salah satu solusi lainnya yang dapat membantu mengefisiensikan proses kerja akuntansi dalam bisnis adalah dengan menunjang pekerjaan Anda dengan software akuntansi Mekari Jurnal.

Melalui Mekari Jurnal, Anda dapat mengelola berbagai kebutuhan akuntansi dan keuangan bisnis dengan mudah karena sudah menerapkan sistem berbasis otomatis.

Apabila Anda masih membutuhkan pertanyaan lain seputar Mekari Jurnal, silahkan konsultasi gratis kepada tim kami melalui tombol di bawah ini, ya!

Konsultasi Gratis Ke Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal