Sistem Cloud CRM dan Call Center dari Barantum.com

Seiring perkembangan globalisasi, dunia bisnis ikut berkembang dengan munculnya model transaksi bisnis dengan teknologi tinggi (high-tech improvement). Salah satu teknologinya adalah CRM atau Customer Relationship Management yang merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, dengan menerapkan aplikasi CRM proses pemasaran produk dapat meningkat dan hasilnya akan otomatis meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Customer Relationship Management merupakan strategi bisnis yang memadukan proses, manusia, dan teknologi. CRM menarik proses penjualan dari target market kemudian mengkonversi menjadi pelanggan. Dengan CRM juga membantu mendapatkan pelanggan yang loyal. CRM sangat cocok diterapkan dengan industri apapun. Karena sistemnya yang mengutamakan pelanggan.

Awal Mula Menjalankan Bisnis

Di Indonesia, seiring kemajuan teknologi penerapan sistem CRM pada perusahaan sudah banyak dilakukan. Salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi ini adalah Barantum. Barantum mengembangkan sebuah software sistem informasi yang sangat berguna dalam memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan hubungan pelanggan (CRM) yang terintegrasi dengan sistem Cloud Call Center, yaitu sistem yang berfungsi untuk merekam data panggilan dan percakapan telepon berbasis internet yang akan menjadi solusi terbaik bagi perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada customernya.

Karena sistem ini akan memberikan kemudahan, dan meningkatkan efisiensi serta efektifitas kinerja perusahaan secara keseluruhan, dengan sistem Cloud Call Center pengguna dapat menghemat biaya dan mempunyai fleksibilitas waktu dan tempat karena semuanya dapat di akses lewat Internet hanya dengan menggunakan perangkat Laptop dan bahkan Smartphone.

Diungkapkan oleh Handri Kosada selaku CEO Barantum, pada mulanya sistem CRM yang dikembangkannya hanya digunakan untuk salah satu perusahaan miliknya di Singapura. Karena keberhasilan terhadap software yang dibuatnya, akhirnya pada tahun 2015 ia memutuskan untuk mendirikan sebuah bisnis yang produknya adalah software CRM tersebut. Menurutnya, di Indonesia belum banyak vendor serupa yang dapat mengintegrasikan sistem cloud CRM dengan Cloud Call Center.

Tantangan Membangun Bisnis

Namun, dalam membangun bisnisnya tersebut, Handri mengatakan banyak tantangan yang harus dihadapinya. Ia mengatakan kesulitan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia. Selain itu, karena tidak mengandalkan dana dari investor seperti  startup pada umumnya (bootstrap) dalam mendirikan bisnisnya ini. Barantum harus memakan waktu sekitar 2 tahun untuk tahap pengembangannya dan baru benar-benar melakukan pemasaran produk-nya pada awal tahun 2016.

Sebagai Perusahaan pengembang aplikasi CRM terbaik di Indonesia kini, dalam mewujudkan cita – citanya, Barantum terus memberikan inovasi dengan melakukan pembaruan sistem untuk mempermudah pelanggan atau penggunanya. Saat ini Aplikasi mobile CRM Barantum pun sudah tersedia di Android (Play Store) dan iOs (App Store / iTunes).

Mengedepankan Keunggulan Produk

Handri optimis dengan prospek Barantum ke depannya. Karena menurutnya banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Barantum dibandingkan dengan kompetitor lainnya khususnya di Indonesia. Yang pertama adalah dari segi harga yang relatif terjangkau dengan fitur serupa dengan aplikasi CRM enterprise. Barantum cocok digunakan oleh bisnis startup atau UKM.

Yang kedua adalah pelayanan, ia memberikan tutorial gratis untuk pelanggan yang ingin menggunakan produknya tersebut dan pelayanan kilat dan memuaskan. Dan yang terakhir tentunya dengan sistem Cloud CRM yang terintegrasi dengan Cloud Call Center akan memberikan keuntungan bagi kient sehingga kient tidak perlu membeli perangkat keras / server untuk beroperasi. Strategi ini akan menghemat CAPEX customer melalui OPEX yang murah dan ringan.

Pentingnya Pembukuan Perusahaan

Selain meningkatkan kualitas dan penjualan, Handri sadar akan pentingnya masalah keuangan perusahaan. Untuk masalah pembukuan perusahaan, Handri memercayakan pada aplikasi akuntansi online Jurnal. Dengan Jurnal, ia dapat membuat laporan keuangan dengan mudah dan cepat.

Bukan hanya itu, Jurnal juga membantu Handri memonitor kondisi perusahaan kapan dan di mana saja. Dengan kemudahan yang ditawarkan Jurnal, Handri dapat mengelola bisnisnya lebih terorganisir sehingga bisa lebih fokus pada perkembangan bisnisnya.

Artikel telah diedit dan mendapat revisi.

 

Kategori : Marketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo