Mekari Jurnal
Daftar Isi
10 min read

Aspek Dalam Studi Kelayakan Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Tayang 02 Jun 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Memahami aspek dalam studi kelayakan bisnis merupakan sesuatu yang seharusnya Anda perhatikan dengan baik.

Hal ini karena ketika Anda memiliki sebuah niat untuk mendirikan ataupun memulai sebuah bisnis maka aspek dalam studi kelayakan bisnis adalah sesuatu yang adalah aspek yang akan membantu pengembangan bisnis yang akan Anda jalankan nantinya.

Tentu, memiliki sebuah ide yang cemerlang merupakan salah satu faktor yang juga penting ketika Anda ingin mendirikan bisnis agar bisa sukses dan berkembang dengan baik.

Akan tetapi, ada faktor faktor lain yang juga harus Anda perhatikan.

Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Oleh karena itu, adanya studi kelayakan bisnis ini merupakah salah satu faktor penting yang sebaiknya Anda perhatikan dengan baik untuk perkembangan bisnis Anda agar bisa semakin sukses dan berjalan dengan baik.

Hal ini karena hal yang ada pada aspek dalam studi ini bisa Anda gunakan sebagai acuan atau sebuah pedoman ketika akan menjalankan bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa mengetahui apakah sudah layak atau tidak untuk dijalankan. Dengan memahami aspek dari studi kelayakan bisnis, Anda bisa melakukan sebuah analisis bisnis yang akan Anda jalankan dari berbagai aspek aspek kelayakan bisnis yang sudah Anda pelajari.

Oleh karena itu, bisa dikatakan dengan mempelajari dan memahami aspek aspek mengenai kelayakan bisnis ini nantinya Anda bisa memahami apakah bisnis yang akan Anda jalankan atau rencanakan ini layak untuk direalisasikan atau tidak.

Akan tetapi, meskipun aspek kelayakan bisnis ini penting seperti yang sudah kita jelaskan di atas, masih cukup banyak pengusaha yang mengabaikan dan tidak memahami aspek aspek kelayakan bisnis ini.

Akibatnya, ketika Anda tidak memahami dan mempelajari aspek yang ada dalam studi kelayakan bisnis ini membuat usaha yang dijalankan kadang harus mengalami gulung tikar karena mengalami jalan buntu.

Jika Anda berniat untuk memulai bisnis atau tertarik mengetahui lebih banyak mengenai aspek di dalam studi kelayakan bisnis ini sebaiknya Anda mengikuti ulasan yang akan kami berikan berikut ini agar bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar.

Arti Aspek Dalam Studi Kelayakan Bisnis

Untuk sebagian orang atau seorang pebisnis mungkin ada yang belum begitu paham atau mengenal aspek ini sehingga aspek satu ini akan terdengar cukup asing menurut sebagian orang.

Padahal aspek dalam studi kelayakan bisnis ini memiliki peran yang begitu penting ketika Anda ingin menjalankan atau mendirikan sebuah usaha karena dengan Anda memahami aspek aspek yang ada dalam bisnis ini bisa membantu bisnis Anda berjalan dengan baik dan sukses.

Oleh karena itu, sangat penting seorang pemula yang baru ingin mendirikan bisnis mereka memahami dan mempelajari tentang aspek aspek yang ada dalam studi kelayakan bisnis.

Pada dasarnya aspek ini merupakan sebuah studi dari suatu kegiatan yang bisa memberikan arahan apakah bisnis yang Anda lakukan layak untuk dijalankan atau tidak.

Kegiatan dalam aspek kelayakan bisnis ini secara umum akan meliputi identifikasi mengenai masalah, peluang terhadap bisnis yang akan Anda jalankan, menentukan sebuah tujuan, hingga memberi sebuah gambaran terhadap situasi bisnis serta memberi nilai terhadap manfaat yang akan dihasilkan oleh bisnis tersebut.

Jika berkaitan dengan aspek aspek bisnis, bisa dikatakan aspek dalam studi kelayakan bisnis ini bisa Anda gunakan untuk membantu para pengusaha untuk bisa mengambil sebuah keputusan yang tepat.

Bagi seorang pemula yang baru memulai bisnis mereka, memahami dan mempelajari aspek studi kelayakan bisnis ini begitu penting untuk dilakukan dan terapkan agar bisnis yang Anda jalankan bisa terhindar dari kerugian.

Ketika Anda ingin menerapkan aspek kelayakan bisnis ini dalam bisnis yang Anda jalankan, ada sekitar lima bidang yang harus Anda teliti serta analisis. Berikut kelima bidang yang sebaiknya Anda pahami, antara lain:

  1. Deskripsi pasar
  2. Deskripsi bisnis
  3. Teknologi yang bisnis Anda perlukan
  4. Detail mengenai finansial bisnis serta struktur organisasi dari bisnis yang Anda jalankan
  5. Sebuah kesimpulan agar bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan dengan maju.

Aspek Dasar

Ketika Anda ingin mendirikan dan menjalankan sebuah bisnis baru dan merintisnya dengan menggunakan aspek aspek dalam studi kelayakan bisnis ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan teliti.

Hal ini karena pada dasarnya aspek aspek yang ada dalam studi kelayakan ini memiliki sifat yang begitu fleksibel sehingga aspek tersebut nantinya bisa ditambah maupun dikurangi sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan.

Walaupun begitu, ada beberapa aspek dasar dalam studi kelayakan bisnis yang harus dilakukan. Aspek aspek tersebut antara lain, yaitu:

Aspek Hukum Atau Legalitas

Ketika Anda pertama kali akan merintis dan menjalankan bisnis Anda maka aspek paling penting dan utama yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana aspek hukum serta aspek legalitas dari bisnis yang Anda jalankan.

Semua hal ini akan berhubungan dan menyangkut dengan semua legalitas serta ketentuan hukum ketika ingin mendirikan sebuah usaha.

Tentunya, aspek hukum serta legalitas ini sangat penting dan wajib untuk Anda perhatikan karena di dalam aspek hukum ini terdapat poin poin penting yang akan dianalisis.

Poin poin penting tersebut antara lain adanya izin dari lokasi usaha, surat daftar usaha milik Anda, adanya NPWP, akta dari pendirian usaha yang Anda jalankan dari seorang notaris, surat izin perdagangan (SIUP), dan lain sebagainya.

Aspek Ekonomi dan Budaya

Selain itu, di dalam aspek studi kelayakan bisnis ini juga terdapat aspek ekonomi dan budaya di mana aspek satu ini bisa Anda gunakan untuk melakukan analisis apa dampak yang bisa diakibatkan dari perusahaan yang Anda jalankan terhadap kondisi di sekitar perusahaan tersebut.

Jika dilihat dari sisi budaya, untuk studi kelayakan pada sisi satu ini Anda akan melakukan analisis tentang bagaimana perusahaan yang Anda jalankan dapat memberi pengaruh atau mempengaruhi adat istiadat dari daerah tersebut.

Tetapi, jika dilihat dari sisi ekonomi, aspek dalam studi kelayakan bisnis ini Anda perlu melakukan analisis tentang bagaimana sebuah perusahaan bisa memberikan sebuah dampak pada tingkat pendapatan per kapita yang dihasilkan pada wilayah di mana tempat perusahaan Anda didirikan.

Aspek Pasar dan Pemasaran

Aspek ini juga ada yang menyangkut soal aspek pasar serta aspek pemasaran. Pada dasarnya, aspek pasar serta aspek pemasaran ini merupakan sebuah aspek dasar yang harus Anda teliti.

Perhatikan dengan baik karena dengan Anda melakukan studi kelayakan bisnis yang satu ini akan membantu Anda untuk mengetahui apakah produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan Anda ini memiliki peluang pasar.

Agar Anda mengetahui potensi dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan Anda memiliki peluang pasar atau potensi sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal seperti bagaimana potensi pasar, jumlah konsumen yang ada.

Bagaimana daya beli masyarakat terhadap produk yang Anda jual, segmentasi, bagaimana kondisi persaingan yang terjadi pada industri tersebut, dan lain sebagainya.

Aspek Manajemen

Di dalam studi kelayakan bisnis ini Anda juga akan menemukan sebuah aspek bernama aspek manajemen yang mana aspek manajemen di dalam aspek dalam studi kelayakan bisnis adalah sebuah hal yang harus Anda perhatikan juga.

Hal ini karena aspek manajemen sendiri merupakan sebuah aspek dasar di mana Anda harus melakukan sebuah analisis. Aspek manajemen sendiri adalah satu satu aspek yang ada di dalam studi kelayakan bisnis dengan cangkupan yang begitu luas.

Aspek manajemen memiliki cangkupan yang luas karena semua hal memiliki hubungan dengan operasional sebuah perusahaan dan operasional perusahaan masuk ke dalam aspek manajemen ini di mana aspek tersebut mulai dari sumber daya hingga finansial sebuah perusahaan.

Aspek Keuangan

Tentunya, di dalam aspek dalam studi kelayakan bisnis ini Anda juga akan menemukan adanya aspek keuangan karena bagaimanapun modal merupakan sebuah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha yang ingin merintis atau menjalankan sebuah bisnis baru.

Oleh karena itu, adanya aspek keuntungan dalam aspek kelayakan bisnis ini merupakan hal penting yang bisa menentukan bisnis Anda apakah bisnis yang Anda jalani bisa berjalan dengan baik atau tidak kedepannya.

Adanya proses penganggaran yang Anda lakukan untuk perusahaan merupakan sebuah hal yang penting dilakukan jika Anda ingin perencanaan bisnis milik Anda berjalan dengan lancar dan matang.

Untuk memudahkan proses melakukan penganggaran rencana usaha keuangan Anda secara menyeluruh dan cepat kini telah ada software akuntansi. Software akuntansi terbaik satu ini memiliki fitur fitur yang lengkap dan tentunya sesuai dengan proses bisnis yang Anda rencana dan lakukan.

Tidak hanya, memudahkan Anda dalam melakukan proses penganggaran keuangan perusahaan, software akuntansi bisa memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan stok gudang.

Oleh karena itu, aplikasi akuntansi terbaik akan sangat cocok untuk Anda gunakan pada usaha yang Anda jalankan. Termasuk fitur aplikasi stok gudang dari mekari ini memiliki fitur fitur yang begitu lengkap sehingga memudahkan Anda dalam melakukan proses perencanaan anggaran keuangan usaha.

asspek dasar studi kelayakan bisnis

Tujuan

Seperti yang Anda ketahui bahwa aspek dalam studi kelayakan bisnis ini merupakan sesuatu yang memiliki peranan vital ketika Anda ingin memulai merintis atau mendirikan sebuah usaha.

Hal ini karena dengan memanfaatkan studi ini Anda bisa mengetahui serta menentukan keberhasilan dari bisnis yang Anda jalankan.

Akan tetapi, sebenarnya apa tujuan dari menggunakan dan menerapkan studi ini pada usaha yang Anda jalankan?

Secara umum, seorang pebisnis memiliki tujuan utama ketika menggunakan studi kelayakan bisnis ini yaitu aspek aspek yang ada di dalam studi kelayakan bisnis akan digunakan sebagai ukuran apakah bisnis yang sudah dijalankan berjalan dengan baik dan memiliki peluang.

Maksud dari peluang tersebut adalah bisnis yang Anda dirikan memiliki peluang kelanjutan atau malah harus berhenti pada titik waktu tertentu.

Tentunya, seorang pengusaha yang menjalankan bisnis pastinya ingin jika bisnis yang mereka jalankan dapat berjalan dengan sukses dan berhasil.

Akan tetapi, rasanya hal tersebut akan mustahil jika ketika menjalankan sebuah bisnis seorang pengusaha tidak mempelajari dan menerapkan aspek dalam studi kelayakan bisnis.

Hal ini bisa dikatakan seperti seorang pengusaha seperti menerobos sebuah medan tanpa adanya persiapan dan tidak memiliki petunjuk apapun.

Oleh karena itu, seorang pengusaha yang menjalankan sebuah bisnis tanpa menerapkan studi kelayakan bisnis pasti akan mengalami kesulitan.

Hal ini juga bisa menyebabkan bisnis yang sedang berjalan tersebut berakhir dengan kegagalan dan menyebabkan Anda menjadi rugi.

Akan tetapi, ketika Anda memulai bisnis dan segera melakukan antisipasi dengan menerapkan berbagai aspek yang ada di dalam studi kelayakan bisnis ini bisa meminimalisir kerugian atau kegagalan yang bisa terjadi.

Hal ini karena aspek yang ada di dalam studi kelayakan bisnis tersebut akan membantu Anda dalam menganalisis perusahaan dan menjadi sebuah bantuan bagi Anda untuk mengambil keputusan setelah melakukan analisis dan perhitungan.

Manfaat Melakukan Studi

Seperti yang Anda ketahui bahwa menerapkan aspek dalam studi kelayakan bisnis ini merupakan hal yang sangat vital sehingga peting untuk Anda lakukan.

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana seorang pengusaha yang menjalankan bisnis mereka dengan menerapkan berbagai aspek dalam kelayakan bisnis pasti akan sangat sangat berbeda dengan sebuah usaha yang tidak menerapkan aspek aspek tersebut karena seperti yang Anda ketahui ada begitu banyak manfaat yang diberikan oleh aspek studi kelayakan bisnis yang bisa Anda rasakan.

Beberapa manfaat dari aspek studi kelayakan bisnis yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

Dapat Memperkecil Resiko Kerugian Usaha

Ketika sedang menjalankan usaha tentu ada begitu banyak hal yang tidak bisa Anda prediksi. Untuk menghadapi hal hal tersebut tentunya Anda perlu menyiapkan segala sesuatu yang bisa mengantisipasi berbagai hal yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang.

Salah satu hal yang bisa membantu Anda untuk mengantisipasi risiko tersebut adalah dengan menerapkan aspek studi kelayakan bisnis dalam usaha yang Anda jalankan.

Hal ini karena dengan menerapkan aspek studi kelayakan bisnis pada usaha yang Anda jalankan, Anda bisa memperkecil risiko yang bisa saja terjadi pada sebuah perusahaan baik itu risiko yang bisa dikendalikan maupun risiko yang tidak bisa Anda kendalikan.

Dengan menerapkan aspek studi kelayakan bisnis ini, perusahaan yang mengalami risiko tidak akan rugi begitu besar karena Anda bisa mengendalikannya.

Dapat Memudahkan Anda Dalam Merencanakan Bisnis

Ketika Anda menerapkan aspek studi kelayakan bisnis pada usaha yang Anda jalankan, tentunya seorang pengusaha pasti akan melakukan sebuah analisis sesuai dengan aspek aspek yang ada di dalam studi kelayakan bisnis.

Dengan analisis yang dilakukan ini membuat pengusaha akan mendapatkan banyak sekali informasi mengenai bisnis yang Anda jalankan termasuk dengan kelebihan maupun kekurangan dari bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Dari analisis yang sudah dilakukan ini membuat Anda akan lebih mudah melakukan perencanaan perencanaan terhadap usaha yang Anda jalankan kedepannya.

Tidak hanya itu saja, dengan melakukan analisis menggunakan aspek dari studi kelayakan bisnis ini, Anda juta bisa merencanakan kira kira kegiatan apa yang bisa memberi atau menghasilkan keuntungan tambahan pada perusahaan.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa saja aspek yang ada dalam studi kelayakan bisnis. Dengan menerapkan aspek ini seorang pengusaha bisa terhindar dari risiko kerugian yang besar.

Semoga bermanfaat!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal