Apakah Anda termasuk orang yang senang dengan hewan dan memeliharanya di rumah? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis bagi Anda. Dengan membuka bisnis pet shop, Anda tidak hanya dapat meraih keuntungan, tapi juga bisa menjalankan hobi Anda sekaligus. Berbekal ilmu merawat hewan peliharaan, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis pet shop. Tertarik untuk memulai bisnis ini? Ikuti beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis pet shop di bawah ini.

 

Lokasi Pet Shop

Sebelum memulai bisnis pet shop, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi bisnis. Cobalah pilih lokasi yang mudah diakses dan strategis oleh pelanggan. Namun, pilihlah tempat yang agak menjorok ke dalam, sehingga tidak terlalu dekat dengan jalan raya, karena suara bisik kendaraan akan membuat hewan menjadi lebih mudah stres. Usahakan untuk memilih tempat yang nyaman bagi pelanggan maupun hewan peliharaan.

 

Tentukan Jenis Layanan

Ada berbagai jenis layanan dalam bisnis pet shop, mulai dari jual-beli kebutuhan hewan, jual-beli hewan, menjual aksesoris, mainan, dan sebagainya. Untuk memberikan image positif bagi pet shop, Anda juga bisa memberikan layanan dengan sistem one stop service atau semua jenis layanan. Anda juga bisa menambahkan layanan jasa titip atau salon bagi hewan peliharaan. Dengan begitu, target pasar Anda akan semakin besar karena layanan yang Anda berikan begitu lengkap.

 

Minta Izin Lingkungan

Setelah Anda memilih lokasi bisnis dan lokasi tersebut berada di kawasan yang cukup ramai, Anda harus meminta izin kepada warga sekitar. Selain untuk menghindari konflik di kemudian hari, dengan meminta izin, Anda sudah menghargai orang sekitar, karena tidak semua orang nyaman ada di dekat hewan tertentu. Sebelum meminta izin kepada warga di sekitar lingkungan tempat bisnis, ada baiknya Anda mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota.

 

Tentukan Jenis Hewan yang Dilayani

Semakin banyak jenis hewan yang dilayani di pet shop Anda, semakin besar juga keuntungan yang bisa didapatkan. Namun, Anda juga harus melihat fasilitas dan kemampuan Anda dalam penanganan. Pelajari dengan baik bagaimana cara merawat hewan yang Anda pilih. Di awal permulaan bisnis, Anda bisa memilih untuk memelihara dan memberi pelayanan untuk kucing dan anjing. Karena, di Indonesia, banyak orang yang suka dan tertarik dengan kedua hewan ini.

 

Siapkan Peralatan & Perlengkapan Pet Shop

Hal selanjutnya yang harus Anda siapkan adalah peralatan dan perlengkapan untuk pet shop, seperti kandang besi, kolam pemandian, stok makanan dan obat-obatan, aksesoris, animal toys, dan sebagainya. Dengan peralatan dan perlengkapan yang lengkap, Anda akan lebih mudah dalam merawat dan memelihara hewan peliharaan dengan baik dan benar.

 

Rekrut Karyawan Pet Shop

Dalam menjalankan bisnis pet shop, akan lebih baik jika Anda memiliki partner kerja yang bisa membantu Anda merawat hewan peliharaan yang Anda miliki. Cobalah pilih karyawan yang juga mencintai hewan dan memiliki pengetahuan serta keterampilan tentang cara memelihara hewan tersebut. Dengan memiliki pengetahuan tentang masing-masing hewan, Anda dan karyawan Anda dapat lebih mudah memahami karakter hewan tersebut, sehingga akan lebih mudah mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi hewan-hewan tersebut.

 

Lakukan Promosi Pet Shop

Jika bisnis pet shop Anda telah siap dan berjalan dengan baik, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah mempromosikan bisnis tersebut. Anda bisa mempromosikan pet shop dengan berbagai cara, mulai dari memberikan harga diskon di awal perjalanan bisnis, memberikan layanan gratis untuk memandikan hewan, dan sebagainya. Media promosi yang bisa Anda pilih pun beragam, mulai dari website, social media, brosur, dan sebagainya.

 

Rencanakan Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis merupakan hal penting yang harus Anda rencanakan sejak awal memulai bisnis. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memprediksi ke mana arah bisnis Anda berjalan. Manajamen bisnis yang harus Anda tentukan mulai dari jam operasional, tarif, paket pelayanan, jenis layanan, solusi pembuangan kotoran hewan, kerja sama dengan dokter hewan, dan sebagainya.

Selain manajemen bisnis, Anda juga harus merencanakan manajeman keuangan. Karena, tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, bisnis Anda tidak akan mudah untuk berkembang. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan manajemen keuangan sejak awal perjalanan bisnis Anda. Jurnal merupakan software akuntansi online, yang dapat membantu Anda melakukan manajemen keuangan bisnis dengan baik. Dengan Jurnal, Anda dapat membuat laporan keuangan secara instan dengan data yang dapat diakses secara realtime kapan dan di mana saja. Temukan berbagai informasi lain mengenai Jurnal di sini.

Author