Perusahaan tambang nonlogam PT Indobent 2x mempercepat proses rekonsiliasi bank dengan Mekari Jurnal

PT Indonesia Bentonite merupakan salah satu pionir perusahaan nonlogam di Indonesia yang berfokus sebagai produsen bentonit. Setelah 35 tahun beroperasi, didukung oleh sebuah tambang dan pabrik di Pacitan yang memproduksi hingga 7 ton bentonit setiap kali produksi, PT Indonesia Bentonite tumbuh semakin besar sebagai penyuplai bentonit untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri di Indonesia, termasuk di antaranya dalam pembangunan MRT, sektor perminyakan, hingga pembuatan pupuk.

Permasalahan

Pengelolaan dan proses akuntansi manual mempersulit PT Indobent untuk melancarkan proses bisnisnya.

Solusi

Didukung oleh berbagai fitur Mekari Jurnal meliputi laporan neraca, laba rugi, arus kas, daftar utang piutang, serta proses rekonsiliasi bank, PT Indobent mengalami peningkatan efisiensi dan produktivitas untuk pengambilan keputusan yang tepat. 

2x

lebih cepat rekonsiliasi bank

90%

lebih efisien manajemen akuntansi

Industri

Tambang nonlogam

Ukuran perusahaan

Medium enterprise

Lokasi

Jakarta, Pacitan

Jumlah cabang

2

Sebagai pelopor produsen bentonit di Indonesia, PT Indonesia Bentonite atau lebih dikenal sebagai PT Indobent mencari solusi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhannya demi pengelolaan proses bisnis yang lebih efektif. Berpindah dari proses akuntansi yang serba manual, PT Indobent mulai mengadopsi Mekari Jurnal ke dalam prosesnya dan telah mengalami peningkatan signifikan dalam efisiensi bisnis dan produktivitas tim.

Tantangan bisnis

Berdiri sejak tahun 1985, PT Indobent lebih banyak menggunakan proses manual menggunakan spreadsheet untuk melakukan akuntansi. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, didukung oleh tambang dan pabrik di Pacitan yang memproduksi hingga 7 ton bentonit setiap kali produksi, PT Indobent memutuskan untuk beralih dari proses manual yang memakan waktu ke solusi akuntansi berbasis cloud. Keputusan ini dilandasi dengan harapan untuk mendukung tim keuangan PT Indobent melakukan pekerjaannya dengan lebih mudah, cepat, dan akurat.

Mekari sebagai solusi

Dengan interface yang ramah, Mekari Jurnal menjadi solusi akuntansi ideal untuk PT Indobent. Fitur-fitur Mekari Jurnal yang bervariasi seperti fitur pembelian, penjualan, dan anggaran, telah membantu Dicky Karamoy memenuhi tanggung jawabnya selaku CFO PT Indobent. Sebagai bagian dari manajemen, Dicky menilai fitur laporan neraca, laporan laba rugi, arus kas, serta daftar utang piutang sangat membantu dalam memproyeksikan pendapatan dan potensi bisnis. Ia juga menyatakan bagaimana proses rekonsiliasi bank mengalami peningkatan efisiensi yang signifikan.

Setelah menggunakan Mekari Jurnal sejak tahun 2020, tim PT Indobent menjalani pelatihan produk yang dipandu oleh tim customer support Mekari Jurnal sebagai bagian dari layanan after-sales. Ketanggapan respon tim Mekari Jurnal membantu memastikan PT Indobent bisa melewati setiap masalah dengan baik dan menavigasikan software-nya dengan lancar selama proses pelatihan. Melalui beberapa sesi live chat dan pertemuan langsung, tim keuangan PT Indobent berhasil mengimplementasikan Mekari Jurnal sebagai sistem akuntansinya. Selain itu, PT Indobent yang tergabung dalam Community Mekari Jurnal mendapatkan banyak informasi dan pengalaman dari berbagai bisnis dalam industri lain, terutama ketika terdapat bisnis lain yang mengalami tantangan yang mungkin serupa dengan yang dihadapi oleh PT Indobent.

“Pertama, (Mekari Jurnal) cukup user-friendly. Kedua, sangat memenuhi kriteria (kebutuhan) dari perusahaan kami,” ujar Dicky Karamoy.

Hasil

Implementasi Mekari Jurnal dalam proses bisnis PT Indobent mendorong peningkatan efisiensi yang signifikan, terutama saat dibandingkan dengan proses manual yang sebelumnya dilakukan.

Mekari Jurnal mendorong proses rekonsiliasi bank menjadi 2x lebih cepat

Mekari Jurnal telah meringankan beban PT Indobent yang semula harus melakukan rekonsiliasi bank secara manual. Sebelumnya, PT Indobent menghabiskan waktu hingga satu hari penuh dan membutuhkan minimal 2 orang karyawan untuk melakukan rekonsiliasi bank. Dengan Mekari Jurnal, mereka dapat melakukan rekonsiliasi bank lebih cepat hanya dengan 1 orang karyawan. Secara keseluruhan, proses ini menjadi jauh lebih efisien dan tidak menghabiskan terlalu banyak waktu.

Mekari Jurnal mendukung PT Indobent untuk mengelola akuntansi 90% lebih efisien

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, PT Indobent dapat melakukan proses akuntansinya secara efisien, baik dalam konteks konsumsi waktu maupun jumlah sumber daya manusia. Hal ini mendorong pengelolaan akuntansi menjadi 90% lebih efisien, akurat, dan cepat. Selain itu, fitur yang beragam dan desain interface yang simpel juga memudahkan tim keuangan untuk beradaptasi dengan software Mekari Jurnal untuk membantu menyelesaikan tanggung jawab hariannya. Sebagai contoh, opsi untuk mengunduh laporan dalam format PDF atau Excel sangat membantu tim keuangan untuk memenuhi permintaan manajemen yang spesifik.

Dicky Karamoy menyatakan bahwa ia merupakan pelanggan Mekari Jurnal yang puas dan memberikan Mekari Jurnal penilaian sebesar “4,5 dari 5” karena telah mendukung PT Indobent dalam menjalankan proses bisnisnya sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga studi kasus lainnya

Claryn the Label Dapatkan Insight Bisnis Penting dari Laporan Keuangan Akurat & Kredibel

Sekilas tentang Claryn The Label Claryn The Label adalah sebuah brand fashion dari Indonesia yang…

Permata Berlian - Michelle CMO

Bundling Software Akunting + Jasa Konsultan Jadi Solusi Bagi PT Permata Berlian Untuk Membangun Bisnis Distribusi

Berbicara tentang kesehatan mulut, mouthwash adalah salah satu produk utama pendamping yang dapat digunakan selain…

KLAR Smile - Jane Radianti

Mekari Jurnal Menjadi One Stop System Untuk KLAR Dalam Mengelola Stok Perapi Gigi (Aligner)

Senyum adalah bagian dari ibadah dan hal yang penting dalam menjalin hubungan baik profesional, maupun…

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-user-response.svg
Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 7 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-calendar.svg
Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami