Mekari Jurnal

Gamal Men Pangkas Waktu Pembukuan 50% Untuk Kelola Toko Online Di Berbagai Marketplace

Bermula dari ingin membangun kesadaran mengenai pengembangan diri pada laki-laki, Gamal Men hadir sebagai produk perawatan diri khusus pria terutama pada kulit dan rambut.

Gamal Men - Skin Care Men
Permasalahan

Pengumpulan data stok, penjualan, dari order yang masuk ke marketplace juga memakan banyak waktu, apalagi data terpisah-pisah di setiap channel. Hal ini membutuhkan effort yang besar dan waktu yang lama.

Solusi

Pengelolaan bisnis toko online lebih mudah dengan fitur kalkulasi otomatis dan integrasi platform dari Mekari Jurnal, mempercepat waktu rekap karena dilakukan secara otomatis dan data dapat ditarik secara instan.

50%

Pangkas waktu pembuatan quotation

50%

Mempercepat durasi pembuatan laporan

5x

Mempercepat proses pembuatan invoice dibanding manual

Sektor Industri

Toko Online

Company Size

Medium Enterprise

Lokasi

Jakarta & Surabaya

Jumlah Cabang

2

Membahas tentang perawatan diri seperti perawatan kulit, tidak hanya membahas tentang wanita. Sekarang, perawatan diri pun dilakukan oleh pria untuk memperbaiki penampilan fisik. Bermula dari ingin membangun kesadaran mengenai pengembangan diri pada laki-laki, Gamal Men hadir melalui kanal Youtube GAMAL.

Tidak hanya membahas tentang perawatan diri, Gamal Men juga mengedukasi masyarakat Indonesia untuk memaksimalkan potensi diri. Gamal Men percaya semua pria berhak dan bisa mendapatkan nilai tertinggi dirinya. Dengan visi memaksimalkan potensi setiap pria untuk menjadi seorang GAMAL, Ganteng Maksimal, Gamal Men menghadirkan 10 brand terbaik hasil kurasi di pasaran.

Awal Mula Gamal Men Berdiri

Setelah mendapat respons yang luar biasa, Gamal Men mulai membangun basis bisnisnya sebagai perusahaan ritel dengan platform yang menjual produk perawatan kulit dan rambut untuk pria. Dengan lebih dari 10 brand baik lokal Haum, HMNS, Avoskin, dan Skin Game maupun internasional seperti USTRAA dari India, Gamal Men menjual produknya di platform aplikasi, website dan marketplace.

Gamal Men memiliki dua gudang di Jakarta dan Surabaya. Seluruh penjualannya berjalan secara online langsung ke end user. Produknya pun beragam mulai dari face wash, face scrub, face cream, face mask, toner, moisturizer, sunscreen, acne treatment hingga parfum. Sedangkan produk untuk rambutnya adalah hair cream, hair conditioner, shampoo dan hair serum.

Proses Rekapan Manual Menjadi Salah Satu Isu Bagi Gamal Men

Sebagai platform untuk memaksimalkan potensi pria, Gamal Men menjual langsung ke end customer secara online. Prosesnya dimulai dari pengambilan data dari e-commerce dan aplikasi dan website. Setelah itu, tim finance akan mengumpulkan data untuk membuat laporan penjualan, inventori, modal. Laporan yang dihasilkan akan digunakan sebagai dasar untuk target penjualan untuk bulan berikutnya.

Tantangan terbesar bagi Gamal Men adalah tim harus mengumpulkan data dari beberapa channel / platform. Setiap hari ada data penjualan dan data stok yang perlu ditarik dari website, aplikasi ataupun marketplace, sehingga membutuhkan effort yang besar. Pengumpulan data stok, penjualan, dari order yang masuk ke marketplace juga memakan banyak waktu, apalagi data terpisah-pisah di setiap channel. Gamal Men menggunakan excel / spreadsheet secara manual untuk pembukuan.

“Butuh waktu sekitar dua minggu untuk pengumpulan datanya. Jika manual, untuk mengetahui inventori yang keluar berapa, dan total penjualan keseluruhan, kita tidak bisa tahu secara real-time ataupun secara cepat. Jadi menghambat untuk membuat strategi planning untuk bulan berikutnya.” kata Wanda Zafirah, Finance Accounting Supervisor Gamal Men

Mekari Jurnal

Permudah pembukuan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal

Pembukuan lebih cepat dan praktis dengan automasi akuntansi dari Mekari Jurnal.

Coba gratis

Sistem yang Cepat Dibutuhkan Untuk Mendukung Pembuatan Strategi Penjualan

Gamal Men mulai menggunakan Mekari Jurnal pada bulan Agustus 2021. Gamal Men memutuskan untuk memakai paket Enterprise dari Mekari Jurnal, supaya tidak perlu rekap satu per satu dan total satu per satu dari setiap platform untuk toko onlinenya.

Bisnis toko online yang memiliki banyak produk dengan demand yang tinggi dari pelanggan, menyebabkan pace kerja di Gamal Men juga cepat. Manajemen merasa membutuhkan sistem yang dapat menghitung HPP secara cepat. Selain itu, tim juga ingin menggunakan sistem otomatis yang dapat menghemat waktu dalam merekap data di banyak platform.

Dengan fitur kalkulasi otomatis dan terintegrasi dengan berbagai macam platform, Gamal Men merasa penggunaan Mekari Jurnal mempercepat waktu rekap karena dilakukan secara otomatis dan data bisa ditarik secara instan.

Tim finance Gamal Men juga tidak perlu takut database rusak atau hilang, dan bisa dikerjakan dari komputer dan laptop yang berbeda. Dalam pengelolaan toko onlinenya, tim menggunakan fitur manajemen stock, gudang, tagging untuk membagi transaksi berdasarkan produk Gamal Men dan Mr Brewok.

Sedangkan untuk manajemen stok dan gudangnya, semua stok dikumpulkan di Jakarta secara fisik, setelah itu baru dikirim / transfer ke Surabaya. Untuk mempermudah pengelolaan stok dengan berbagai macam SKU, Gamal Men juga menggunakan sistem warehouse transfer list untuk mengelola stok di gudang Jakarta dan Surabaya. Sehingga, Gamal Men dapat mengetahui jumlah stok secara real-time di masing-masing gudang dan mengetahui posisi setiap barang.

Durasi Pembuatan Laporan Berkurang Hingga 50% Setelah Pakai Sistem

“Saya merasakan Jurnal sangat helpful untuk orang yang belum pernah pakai software online. Pertama dari sisi hemat waktu, saat manual pakai Excel kita buat jurnal satu-satu. Sedangkan untuk laporan HPP, Jurnal sangat membantu karena kita bisa langsung tau HPP berapa dari jurnal penjualan yang kita impor.” kata Wanda Zafirah, Finance Accounting Supervisor Gamal Men

Dengan adanya Mekari Jurnal, karena data penjualan lebih real-time, manajemen Gamal Men bisa melihat diskon, inventori, hpp produk dengan jelas. Sehingga tim dapat menentukan rencana target penjualan bulan selanjutnya. Perencanaan menjadi lebih akurat dengan adanya data dan laporan yang bisa diandalkan. Insight bisnis seperti produk terlaris juga membantu tim untuk membuat strategi bisnis yang lebih tepat.

Sedangkan fitur laporan keuangan dan bisnis digunakan untuk laporan laba rugi dan data transaksi yang dipisah berdasarkan kategori sehingga lebih terlihat jelas. Tadinya, Gamal Men membutuhkan waktu untuk pembuatan laporan dan rekapan sekitar 2 minggu setelah data dikumpulkan.

Data yang dikumpulkan adalah periode tanggal 1-30 dari awal sampai akhir. Sebelum memakai sistem, laporan siap digunakan di tanggal 15 bulan berikutnya, karena tim membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk mengolah transaksi yang ada di Excel menjadi laporan yang bisa dipakai.

Setelah ada Jurnal, pembuatan laporan dan rekapan data bisa selesai dalam waktu 1 minggu, sehingga menghemat waktu karena sudah bisa jadi di tanggal 7 bulan berikutnya. Kalau tidak banyak transaksi yang pending, bisa lebih cepat hingga 2-3 hari setelah tanggal closed book. Jurnal sangat membantu kami untuk menghemat waktu.

Wanda ZafirahFinance Accounting Supervisor Gamal Men

Selain itu, manajemen Gamal Men juga merasakan proses migrasi yang mudah dan respon dari tim CS yang cepat sangat membantu proses migrasi. Proses import data dari Excel ke Jurnal dibantu oleh tim after sales dengan panduan yang jelas.

Bisnis toko online yang masih menggunakan pembukuan manual dapat mengalami masalah serupa dengan banyaknya jumlah channel yang dimiliki. Proses pencatatan secara manual juga memiliki resiko kesalahan perhitungan. Selain itu, laporan yang tidak real-time dan tidak terintegrasi membuat manajemen sulit memantau tren penjualan.

Seperti Gamal Men, Anda dapat mulai melakukan pembukuan otomatis yang lebih praktis dengan bantuan Mekari Jurnal. Dengan fitur untuk manajemen stok yang dapat membantu Anda mengelola stok di berbagai gudang. Anda juga dapat mencari data secara instan dalam hitungan menit dengan pengelompokan transaksi. Data penjualan juga bisa didapatkan tanpa perlu rekonsiliasi manual dengan integrasi langsung ke marketplace seperti Tokopedia, Shopee hingga Forstok.

Temukan insight bisnis menarik secara instan dan buat inovasi bisnis toko online dengan Mekari Jurnal. Keputusan yang diambil jadi lebih tepat karena didukung data real-time yang handal.

Baca juga studi kasus lainnya

Bundling Software Akunting + Jasa Konsultan Jadi Solusi Bagi PT Permata Berlian Untuk Membangun Bisnis Distribusi

Berbicara tentang kesehatan mulut, mouthwash adalah salah satu produk utama pendamping yang dapat digunakan selain…

KLAR Smile - Jane Radianti

Mekari Jurnal Menjadi One Stop System Untuk KLAR Dalam Mengelola Stok Perapi Gigi (Aligner)

Senyum adalah bagian dari ibadah dan hal yang penting dalam menjalin hubungan baik profesional, maupun…

Eddo Kisan - Head of AccountingAkseleran

Mekari Jurnal Memangkas Waktu Pembuatan Laporan Keuangan Hingga 50% Untuk Akseleran

Berbicara tentang pemasukan pasif, terdapat beberapa cara untuk mendapatkannya, mulai dari investasi saham, reksadana, hingga…

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-user-response.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-calendar.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami