Bundling Software Akunting + Jasa Konsultan Jadi Solusi Bagi PT Permata Berlian Untuk Membangun Bisnis Distribusi

PT Permata Berlian Perkasa atau yang dikenal sebagai PBP Group berdiri sejak tahun 2018. PBP adalah importir & distributor yang berfokus pada kategori personal care. Salah satu produk yang dijual PBP adalah  Pieras Propolinse, pembersih mulut yang sedang viral dikalangan remaja dan dewasa.

Permasalahan

Visibilitas stok dan arus kas menghambat keputusan bisnis

Solusi

Pergerakan barang dan uang yang tercatat secara real-time serta tertata rapi, memudahkan PBB untuk mengetahui perputaran modal dan mengambil keputusan untuk pengelolaan strategi bisnis kedepannya.

Sektor Industri

Trading & Distributor

Company Size

Medium Enterprise

Lokasi

Jakarta

Jumlah Gudang Partner

> 20

Berbicara tentang kesehatan mulut, mouthwash adalah salah satu produk utama pendamping yang dapat digunakan selain menggosok gigi. Mouthwash dapat menghilangkan bau mulut secara langsung dan memberikan sensasi nafas segar bagi penggunanya. Salah satu mouthwash yang sedang populer di masyarakat adalah Propolinse dari Jepang. Selain dapat memperkuat ketahanan gigi, produk ini juga dapat membantu meredakan sakit gigi, gusi berdarah, gusi bengkak / berdarah, batuk ataupun radang tenggorokan.

Jika kamu sudah pernah menggunakan Pieras Propolinse, saatnya berkenalan dengan PT. Permata Berlian Perkasa, perusahaan satu-satunya yang menjual Pieras Propolinse dengan BPOM dan memiliki tanggal kadaluarsa. Produk-produk yang dijual oleh PT Permata Berlian Perkasa dapat dibilang sebagai fast moving consumer goods di kategori personal care. Sebagai perusahaan distribusi yang tadinya menjual secara online namun mulai merambah ke supermarket premium, apotik dan toko-toko offline lainnya, perusahaan ini membutuhkan sistem dan tim yang handal untuk mengatur pergerakan barang dari gudang ke banyak lokasi store, mulai dari penerimaan barang setelah diimpor hingga pada akhirnya sampai ke tangan pelanggan.

 

Sekilas Tentang Permata Berlian Perkasa

PT Permata Berlian Perkasa atau yang dikenal sebagai PBP Group berdiri sejak tahun 2018. PBP adalah importir & distributor yang berfokus pada produk kecantikan, kebersihan dan kesehatan diri dari luar negeri. Kelebihan PBP Group dibanding perusahaan lain adalah produknya berasal dari brand internasional yang sudah melewati proses kurasi, sehingga kualitas produk terjamin baik dengan harga yang kompetitif.

Dengan bertambahnya kebutuhan akan produk kecantikan, perawatan diri dan kesehatan di Indonesia, PBP Group berharap dapat berkembang menjadi market leader di Indonesia. PBP Group memiliki misi untuk menyediakan kebanggaan dalam hidup dengan menyediakan perawatan kecantikan dan kesehatan agar penggunanya merasa lebih baik, terlihat lebih baik dan dapat menikmati hidup.

Produk yang dijual oleh PBP Group juga beragam, salah satunya adalah Pieras Propolinse, sebuah brand no 1 dari Jepang yang menjual pembersih mulut. Dengan berbagai rasa mulai dari Sakura, Matcha, Pure Honey hingga Yuzu Lemon , fungsi dari Pieras Propolinse adalah untuk membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut, mencegah pembusukan gigi karena gaya hidup, menyembuhkan sariawan, gusi bengkak, meredakan sakit gigi, menghilangkan bau mulut dan bakteri serta mencerahkan gigi.

Kelebihan produk ini adalah dibuat menggunakan bahan natural yaitu propolis dan ekstrak teh hijau Jepang, sehingga tidak ada rasa pedas atau sakit pada mulut setelah menggunakannya. Selain itu, Pieras Propolinse Mouthwash adalah satu-satunya mouthwash yang memperlihatkan sisa kotoran gigi yang nantinya bisa mengeras menjadi karang gigi setelah dipakai.

PT Permata Berlian Perkasa juga menjual pasta gigi dan electric toothbrush. Saat ini PT. Permata Berlian Perkasa sedang dalam persiapan untuk membawa produk brand ternama lainnya dari luar negeri agar dapat masuk dan dinikmati oleh masyarakat dalam negeri.

 

Pergerakan Stok Yang Cepat Menjadi Tantangan Yang Harus Dihadapi Permata Berlian Perkasa

Sebagai perusahaan distribusi yang produknya harus diimport, pergerakan barang mulai terjadi ketika barang datang dari negara asal import. Setelah diterima di gudang, maka tim PT Permata Berlian Perkasa akan mengecek kualitasnya sehingga lolos Quality Control (QC) untuk memastikan barang tidak rusak / tidak cacat. Setelah itu dilakukan proses persiapan lainnya sebelum akhirnya barang tersebut layak untuk distribusikan ke partner B2B seperti supermarket, klinik dokter gigi dan apotek sesuai dengan perjanjian kebutuhan barang yang telah disetujui.

PT Permata Berlian Perkasa memiliki gudang yang terletak di Jakarta, barang akan dikirim ke gudang partner sehingga partner B2B juga memiliki stok untuk produk Propolinse. Sistem yang dijalankan oleh perusahaan ini adalah penjualan langsung ataupun consignment alias titip jual. Pada awalnya, PT Permata Berlian Perkasa menjual dan distribusi produknya secara online selama masa pandemi, karena dirasa masyarakat masih berada di rumah dan bekerja di rumah. Namun, seiring dengan perkembangan kasus covid yang mulai menurun sehingga daya gerak masyarakat semakin meningkat, di akhir tahun 2021, perusahaan ini menjual secara ritel melalui klinik dokter gigi, apotek dan supermarket.

“Tantangan awalnya, kami dulu sering kekurangan stok. Stok di toko habis karena tidak tercatat pada sistem, sehingga pembukuan kurang akurat dan belum dilakukan pengadaan barang. Terkadang ada transaksi yang missed dan paperwork yang sangat banyak.”

Selain menjual produknya secara online lewat website pribadi, Instagram dan Tiktok Shop serta marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Zalora, hingga Blibli.

PT Permata Berlian Perkasa juga mendistribusikan produknya langsung di supermarket ternama seperti Hoki Supermarket Surabaya, Grand Lucky Superstore, Ranch Market hingga Food Hall, sehingga pembeli dapat melihat dan membeli langsung di toko fisik. Michelle Chyntia, Chief Marketing Officer PT Permata Berlian Perkasa, mengatakan, “Perusahaan kami sedang bertumbuh, dan kami berharap kami dapat ekspansi sampai ke luar negeri.”

Dengan penjualan produk yang cukup meroket per bulannya dengan total 18 jenis produk, membuat PBP Group merasa membutuhkan sistem yang dapat menunjang proses distribusi yang cepat. Hal ini dikarenakan produk Propolinse sudah cukup dikenal masyarakat dan memiliki peminat yang banyak.

Pantau bisnis Anda lebih mudah bersama Mekari Jurnal

Laporan keuangan yang real-time dan akurat tersedia dalam satu dasbor Mekari Jurnal.

Coba gratis

Visibilitas Untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Dirasakan Permata Berlian Perkasa Setelah Bundling Software + Jasa Konsultan

Sebelumnya, PT Permata Berlian Perkasa tidak memiliki tim Finance, Accounting, Tax. Namun pencatatannya dirasa berantakan karena banyak human error dan transaksi yang tidak tercatat. Perusahaan menggunakan Excel sebelumnya, dan banyak laporan keuangan serta neraca yang tidak balance, sehingga perlu dicek ulang posisi uang maupun posisi barang. Oleh karena itu, perusahaan ini memutuskan untuk membutuhkan solusi baru.

Dalam membuat pembukuan bisnis yang rapi sehingga dapat menghasilkan laporan yang akurat untuk menjadi dasar pengambilan keputusan, manajemen PT Permata Berlian Perkasa memutuskan untuk menggunakan software Mekari Jurnal dan jasa konsultasi partner dari Lisana Consulting. Selama kurang lebih hampir setahun, perusahaan merasakan perbedaan yang sangat signifikan dan puas dengan layanan dari partner konsultan Mekari Jurnal yang dirasa responsif dan cepat tanggap.

“Setelah memakai Mekari Jurnal, kami merasa manajemen stok menjadi lebih rapi dan tersistem. Secara laporan keuangan juga jauh lebih rapi, sehingga kami tahu uang yang kami miliki cukup untuk perputaran modal & pembayaran biaya marketing. Hal ini membantu kami mengelola strategi dengan lebih terarah.”

Sebelum memakai sistem akunting online dan jasa konsultan, PT Permata Berlian Perkasa sulit mendapat visibilitas mengenai arus kas dikarenakan belum ada pencatatan rutin untuk uang masuk dan uang keluar. Perbedaan yang sangat dirasakan oleh Michelle Chyntia, CMO PT Permata Berlian Perkasa, adalah dapat melihat arus kas dan pergerakan barang secara instan, sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Hal ini dikarenakan setiap pergerakan barang dan pergerakan uang tercatat lengkap dalam sistem. Jika perusahaan ingin melakukan pengadaan barang, Michelle Chyntia dapat melihat dasbor Mekari Jurnal dan mengecek cash flow sebelum mengimport barang dari luar negeri dan mengembangkan produk baru.

Saya dapat melihat laporan keuangan dan membuat forecast hingga dua tahun ke depan. Kami sudah tahu bisa ekspansi ke berapa toko, dan dengan uang sekian kami dapat merekrut berapa tim. Kita jadi tahu berapa total aset, total piutang, hingga total sales yang dapat membantu kami melihat masa depan lebih tajam dari sekarang. Saya jadi tahu harus berbuat apa untuk ekspansi bisnis ini.

Michelle ChyntiaCMO PT Permata Berlian Perkasa

Michelle Chyntia, CMO PT Permata Berlian Perkasa, juga dapat mengelola biaya marketing dengan baik berdasarkan data dari arus kas yang dimiliki untuk kegiatan aktivasi marketing seperti meng-endorse Key Opinion Leader (KOL) hingga biaya iklan.

Michelle memutuskan penggunaan Mekari Jurnal karena sistem dan fiturnya yang dirasa lengkap dan mudah dimengerti oleh tim konsultan. Selain itu Mekari Jurnal juga dilengkapi dengan tampilan yang user-friendly dan interface yang mudah untuk diaplikasikan.

Beliau juga merasa dapat memantau kinerja perusahaan darimana saja, sekalipun saat sedang pergi dinas diluar kota ataupun luar negeri, hal ini dikarenakan Mekari Jurnal memiliki sistem cloud based sehingga dapat menghasilkan data secara real-time. Pelaporan juga dirasa sangat baik oleh perusahaan karena tidak ada transaksi yang tidak tercatat dengan penggunaan Mekari Jurnal. Secara lingkungan juga lebih ramah karena tidak perlu mencetak dokumen secara fisik.

Seperti PT Permata Berlian Perkasa, Anda dapat mulai melakukan pembukuan otomatis yang lebih praktis dengan bantuan Mekari Jurnal. Dengan fitur laporan keuangan dan bisnis, Anda dapat menarik laporan per periode dalam hitungan menit. Anda juga dapat mencari data secara instan dalam hitungan menit dengan pengelompokan transaksi.

“Kami jadi memiliki visibilitas untuk melihat ‘nafas kehidupan’ dari sisi keuangan sampai kapan untuk perusahaan dalam jangka pendek dan panjang. Kami dapat mengalokasikan budget sesuai dengan kebutuhan perusahaan baik untuk rekrutmen, pengadaan hingga marketing. Kami tahu ‘exact amount’ dari arus kas perusahaan.”

Bantuan dari konsultan partner Mekari Jurnal juga memudahkan Michelle Cynthia dan tim PT Permata Berlian Perkasa untuk mendapat laporan keuangan dengan tepat waktu dan tanpa repot, Michelle Cynthia juga dapat menghemat biaya-biaya marketing dengan membandingkan laporan bulan sekarang dengan periode sebelumnya dengan breakdown operating expense, sehingga penghematan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Partner konsultan Mekari Jurnal juga dirasa sangat membantu dalam pembuatan laporan keuangan, pemanduan untuk penggunaan aplikasi hingga penyajian data yang dibutuhkan.

Temukan insight bisnis menarik secara instan dan buat inovasi bisnis distribusi dengan Mekari Jurnal. Pemantauan bisnis jadi lebih mudah karena didukung oleh laporan yang real-time dan akurat. Gunakan bantuan partner jasa konsultan dari Mekari Jurnal untuk solusi yang lebih lengkap.

Baca juga studi kasus lainnya

KLAR Smile - Jane Radianti

Mekari Jurnal Menjadi One Stop System Untuk KLAR Dalam Mengelola Stok Perapi Gigi (Aligner)

Senyum adalah bagian dari ibadah dan hal yang penting dalam menjalin hubungan baik profesional, maupun…

Eddo Kisan - Head of AccountingAkseleran

Mekari Jurnal Memangkas Waktu Pembuatan Laporan Keuangan Hingga 50% Untuk Akseleran

Berbicara tentang pemasukan pasif, terdapat beberapa cara untuk mendapatkannya, mulai dari investasi saham, reksadana, hingga…

Gamal Men - Skin Care Men

Gamal Men Pangkas Waktu Pembukuan 50% Untuk Kelola Toko Online Di Berbagai Marketplace

Membahas tentang perawatan diri seperti perawatan kulit, tidak hanya membahas tentang wanita. Sekarang, perawatan diri…

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-user-response.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-calendar.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami