Kemudahan yang ditawarkan teknologi sekarang ini bisa menjadi salah satu faktor penggerak banyak masyarakat Indonesia yang akhirnya memutuskan untuk memulai suatu bisnis. Salah satunya adalah dengan semakin banyaknya bisnis offline yang beralih menjadi bisnis online, dikarenakan dirasa lebih efisien dan memudahkan pelanggan atau pun pelaku bisnis itu sendiri.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat pertumbuhan bisnis di Indonesia semakin tinggi dalam berbagai sektor, salah satunya di sektor UMKM yang semakin menjamur pada berbagai lini bisnis seperti kuliner, fashion, otomotif, kerajinan tangan dan masih banyak lagi. Data yang didapat pada tahun 2017 menunjukkan bahwa perkembangan UMKM di Indonesia meningkat sebanyak 2,06% dari tahun sebelumnya dan sebanyak 59,2 juta pelaku UMKM yang ada di Indonesia sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya.

Dari data tersebut dapat dilihat bahwa perkembangan bisnis itu sendiri tidak terlepas dari teknologi yang sedang berkembang sekarang ini. Namun dari semua kemudahan yang diberikan oleh teknologi itu sendiri, suatu bisnis pasti memiliki permasalahan lain yang harus diselesaikan agar bisa semakin berkembang. Mulai dari permasalahan produk, pemasaran ataupun permasalahan keuangan. Berikut merupakan permasalahan umum yang biasanya terjadi di suatu bisnis atau UMKM di Indonesia.

Baca juga: 9 Tips Jitu Memulai Usaha Dari Nol

 

Tidak Tahu Cara Mengembangkan Bisnis

Banyak dari para pelaku bisnis yang telah menjalani bisnisnya selama bertahun-tahun tidak tahu bagaimana mengembangkan bisnis tersebut, hal ini bisa hal sederhana seperti tidak benar-benar mengenali kebutuhan pasar. Contohnya adalah saat bisnis Anda bergerak di bidang fashion dan Anda menjual dua jenis sepatu yang berbeda. Jika Anda tidak mengetahui jumlah penjualan produk yang terbanyak dari kedua produk sepatu tersebut, Anda bisa saja membuat keputusan bisnis yang salah dengan memproduksi lebih banyak produk sepatu yang tidak terlalu disukai pasar.

Jika Anda pernah mengalami permasalahan seperti ini, Anda bisa memanfaatkan fitur Stok Barang yang ada di aplikasi akuntansi untuk melacak penjualan produk terbanyak dari toko atau bisnis Anda sehingga keputusan bisnis yang Anda buat juga bisa lebih tepat dan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

 

Permasalahan Modal

Seperti yang Anda ketahui, modal merupakan salah satu faktor penting untuk bisa memulai suatu usaha. Namun, apakah jika Anda tidak memiliki modal maka Anda sama sekali tidak bisa memulai sebuah usaha? tentu saja tidak seperti itu. Sumber modal sendiri dapat dibagi menjadi dua yaitu modal internal yaitu modal yang didapatkan dari bisnis itu sendiri yang biasanya dari hasil penjualan ataupun modal eksternal yang berasal dari luar, modal eksternal bisa berupa pinjaman atau investor yang ingin berinvestasi di bisnis Anda.

Karena modal internal biasanya sulit digunakan untuk mengembangkan bisnis karena sifatnya yang terbatas dan sulit mengalami peningkatan signifikan, Modal eksternal merupakan kebalikannya. Pada modal eksternal, Anda harus bisa meyakinkan investor untuk mau berinvestasi ke bisnis Anda atau dalam lingkup yang lebih kecil, Anda harus bisa meyakinkan teman Anda untuk meminjamkan modal.

Salah satu faktor yang bisa meyakinkan para investor untuk mau berinvestasi di bisnis Anda adalah bukti bahwa keuangan bisnis Anda stabil dan untuk bisa mendapatkan data ini, Anda bisa menggunakan fitur Laporan di aplikasi akuntansi untuk dapat menunjukkan data keuangan bisnis Anda dengan lebih detail dan transparan.

 

Tidak Tahu Bagaimana Mengelola Utang

Utang dan bisnis merupakan suatu keterkaitan, yang pada satu sisi bisa membantu pengembangan bisnis Anda atau malah menjadi bumerang dan menghancurkan bisnis Anda. Untuk itu, penting bagi Anda memiliki pengetahuan bagaimana mengelola utang yang baik agar tidak memberikan atau berdampak negatif untuk bisnis.

Untuk mempermudah pengelolaan utang dan piutang bisnis, aplikasi akuntansi dapat membantu Anda mengotomatisasi proses ini. Anda dapat menjaga pengeluaran bisnis tetap terlacak, menyimpan bukti pembayaran utang, dan melacak utang yang belum Anda bayarkan.

Baca juga: Peran Penting Laporan Arus Kas dalam Kelangsungan Bisnis Anda

 

Jika Anda mengalami permasalahan-permasalahan di atas, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan menggunakan aplikasi akuntansi untuk bisnis Anda. Anda dapat mempercayakan pengelolaan keuangan bisnis dan stok pada Jurnal. Aplikasi akuntansi Jurnal memiliki berbagai fitur yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan bisnis Anda karena pengelolaannya diautomasi dan dengan sistem cloud. Ketahui lebih lanjut mengenai Jurnal di sini.

 

Author