Film tidak hanya bisa menjadi hiburan, tapi ternyata juga dapat memberikan motivasi bagi Anda di kehidupan nyata, terlebih saat menjalankan bisnis. Saat menjalankan bisnis akan selalu ada jatuh-bangun atau kesulitan yang sering kali membuat seseorang merasa terpuruk. Namun, tentunya hal tersebut adalah masa-masa lumrah yang pastinya akan dihadapi oleh semua pelaku bisnis.

Apakah Anda sedang merasa hilang semangat dalam menjalankan bisnis? Jika iya, Anda bisa coba untuk menonton film yang bisa menjadi inspirasi dan memotivasi. Berikut ini ada beberapa rekomendasi film yang bisa Anda tonton untuk membakar semangat dan memotivasi dalam menjalankan bisnis. 

a. Joy (2015)

Joy adalah salah satu film yang bisa Anda tonton untuk memotivasi dalam menjalankan bisnis. Joy adalah film drama komedi biografi Amerika Serikat yang rilis pada tahun 2015 dan disutradai oleh David O. Russell. Film ini digarap dari kisah nyata Joy Mangano yang menjadi seorang pengusaha sukses dalam menjual alat pengepel lantai (Miracle Mop). Alat pengepel lantai ini menjadi salah satu alat rumah tangga yang paling laris di Amerika.

Dibintangi oleh Jennifer Lawrence, sosok Joy digambarkan sebagai seorang tulang punggung keluarga yang mengalami jatuh-bangun dalam menjual produknya. Perjuangannya pun tidaklah mulus, di mana jualannya sempat sepi peminat dan diragukan oleh keluarga sendiri sampai akhirnya dia mengalami kebangkrutan. Film ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tontonan bagi Anda untuk tidak mudah menyerah ketika menghadapi kegagalan.

 

b. The Founder (2016)

The Founder adalah film drama biografi besutan sutradara John Lee Hancock yang di buat di Amerika Serikat pada tahun 2016. Film ini menceritakan kisah nyata seorang Ray Kroc dalam menjalankan bisnis fast food McDonald’s yang sekarang sudah sangat mendunia. Film The Founder dibintangi oleh Michael Keaton, Laura Dern, dan Nick Offerman yang menceritakan bisnis franchise McDonald’s dan dibumbui oleh drama. Film yang dirilis pada tanggal 7 Desember 2016 ini mendapatkan review positif dari sejumlah kritikus.

 

c. The Billionaire

The Billionaire adalah salah satu film asal Thailand yang menceritakan kisah perjalanan seorang pria dalam menjajakan bisnis camilan. Disutradarai oleh Songyos Sugmakanan dan dibintangi oleh Pachara Chirathivat, The Billionaire menceritakan perjuangan Itthipat Peeradechapat, seorang pria asal Thailand ini sejak 16 tahun sudah memiliki jiwa bisnis dengan berinvestasi melalui game online hingga akhirnya memutuskan untuk keluar dari universitas demi menjalankan bisnis.

Perjalanannya pun tidak semudah yang dibayangkan, yaitu mulai dari berjualan kacang goreng, tapi tidak lancar. Selanjutnya, dia beralih untuk menjalankan bisnis camilan rumput laut yang juga melalui banyak rintangan hingga mencapai kesuksesan. Di dalam film ini, Top digambarkan sebagai pribadi yang tidak takut mengambil risiko dan selalu berkomitmen dengan belajar dari kesalahan.

 

d. The Pursuit of Happyness (2006)

The Pursuit of Happyness adalah film drama biografi yang dirilis pada tahun 2006 dan dibesut oleh sutradara Gabriele Muccino. Film ini menceritakan kisah hidup Christopher Gardner, seorang pria yang merintis usaha dari nol. Seorang salesman yang mengalami kesulitan keuangan, tapi harus membesarkan anak laki-lakinya yang masih berusia lima tahun.

Chris diceritakan sebagai seorang tunawisma yang pada suatu kondisi membawanya pada peruntungan sebagai pialang saham. Melalui berbagai rintangan yang tidak semuah dibayangkan, Anda akan terbius dengan kegigihan sosok Chris dalam mencapai kesuksesan dan tidak pernah menyerah dengan keadaan. Dia berusaha untuk selalu memanfaatkan peluang dan kepercayaan hingga akhirnya mampu menjadi sosok yang sukses.

 

e. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Tidak hanya film barat saja, Indonesia juga memiliki sosok yang gigih dan tidak pernah menyerah dengan keadaan. Merry Riana adalah seorang pebisnis dan motivator wanita yang namanya sudah dikenal luas dan berasal dari Tanah Air. Namun, sebelum namanya dikenal seperti sekarang ini, dia telah melalui perjalanan hidup yang berliku, di mana hal tersebut dituangkan dalam sebuah buku Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar yang akhirnya juga diangkat ke film layar lebar dan dirilis pada tahun 2014.

Dibintangi oleh Chelsea Islan, film ini mengisahkan perjalanan hidup Merry Riana yang harus meninggalkan keluarganya ke Singapura karena terjadi kerusuhan tahun 1998. Film ini menggambarkan kegigihan Merry sebagai seorang wanita yang tidak pantang menyerah hingga akhirnya ia berhasil meraih kesukesan.

 

f. The Social Network (2010)

Satu lagi film biografi drama Amerika Serikat yang bisa menjadi tontonan menarik dan akan memotivasi Anda dalam menjalankan bisnis. The Social Network yang dirilis pada tahun 2010 (disutradarai oleh David Fincher) ini dibintangi oleh Jesse Eisenberg. Film ini menceritakan kisah Mark Zuckeberg dalam mendirikan Facebook. Dimulai dari setelah dia diputuskan oleh pacarnya, kemudian membuat situs Facemash.

Dari sini, Mark mulai dikenal luas dan diajak berkolaborasi oleh Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss untuk membangun Harvardconnection.com hingga akhirnya membawa Mark kepada ide untuk membangun Facebook, meskipun dituntut oleh Winklevoss bersaudara karena dianggap mencuri ide. Di film ini, Anda akan dihipnotis dengan kegigihan Mark dalam mengembangkan Facebook.

 

g. Jobs (2013)

Siapakah yang tidak kenal dengan Steve Jobs? Sosok pria yang berada di balik kesuksesan Apple Inc ini memang sudah dikenal luas di dunia. Jobs adalah film yang menceritakan kisah tentang kesuksesan Apple Inc yang didirikan oleh Steve Jobs. Diperankan oleh aktor tampan Ashton Kutcher, film ini memang menggambarkan bagaimana perjuangan seorang Steve Jobs dalam membangun Apple hingga dia harus dipecat dari perusahaan yang didirikannya.

Namun, keluar dari Apple tidak lantas membuatnya jatuh dan terpuruk. Steve mendirikan NeXT Computer, sebuah perusahaan IT yang mengembangkan perangkat komputer serta sistem operasi. Perusahaan ini terbilang cukup sukses yang membuat Steve membeli studio animasi Pixar dan mendulang kesuksesan luar biasa melalui film Toy Story. Di sisi lain, Apple hampir bangkrut dan beberapa produknya gagal di pasaran. Pada situasi inilah, Steve berhasil kembali ke posisinya di Apple dan membangkitkan kejayaan perusaahan tersebut hingga saat ini.

 

h. Startup.com (2001)

Startup.com adalah film dokumenter asal Amerika yang dibuat pada tahun 2001. Film ini menggambarkan kisah naik turunnya startup GovWorks yang berhasil meraih  $ 60 juta dari Hearst Interactive Media, KKR, Dana Investasi New York, dan Sapient. Film yang disutradarai oleh D.A. Pennebaker ini menjadi tontonan yang sangat menarik karean Anda bisa menyaksikan kemunculan awal dari dot com. Selain itu, film ini juga memperlihatkan bagaimana sebuah persahabatan dapat tercoreng karena kemitraan dalam menjalankan bisnis.

 

Itulah beberapa rekomendasi film yang dapat memotivasi Anda untuk terus giat dalam mengembangkan bisnis. Menjalankan bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan, tapi tentunya dengan kegigihan akan membawa Anda menuju kesuksesan. Semoga saja film-film di atas akan memberi kekuatan agar Anda terus menacri ide baru dan tidak mudah menyerah saat menemukan kegagalan.